Cara Komplain di Shopee

Cara Komplain di Shopee
Cara Komplain di Shopee

Bagi siapa saja yang selalu belanja online di Shopee, konsumen pasti pernah mendapatkan pesanan tidak sesuai deskripsi dan gambar. Tapi, banyak orang belum tahu cara komplain di Shopee agar dapat mengembalikan barang yang salah dengan produk baru atau bahkan uangnya dikembalikan lagi.

Tak hanya itu, masalah ini selalu terjadi yang diakibatkan seller kurang teliti saat pengemasan barang pesanan setiap konsumen. Kondisi ini mengakibatkan pesanan tertukar bahkan salah pengiriman saat telah diambil kurir.

Shopee sudah menjadi salah satu marketplace terbaik dan terpercaya di Indonesia. Namun, setiap penjual tidak bisa menutup masalah atau kelalaian yang disebabkan dirinya sendiri. Konsumen berhak mengajukan komplain mengenai pesanan yang tidak sesuai dengan keinginannya.

Kalian bisa hubungi call center Shopee melalui email, telepon sampai aplikasi media sosial, lho. Pihak Shopee akan selalu memastikan pusat bantuan mereka sangat responsif dan bertanggung jawab terhadap kendala transaksi yang dilakukan semua pelanggan setianya.

Cara Komplain di Shopee
Cara Komplain di Shopee

Tugas Customer Service Shopee

Pihak Shopee mempunyai beberapa customer service yang selalu siaga mendengar dan menjawab semua keluhan maupun pertanyaan setiap konsumennya. Meski begitu, mereka punya tanggung jawab lain yang perlu kalian tahu sebagai berikut :

  • Menjalin hubungan baik dengan semua pengguna Shopee, baik pembeli maupun penjual.
  • Menjawab keluhan dan pertanyaan yang berhubungan dengan transaksi maupun pemakaian aplikasi Shopee.
  • Memberi informasi yang diperlukan pembeli maupun penjual dengan benar dan jelas.
  • Membantu menjawab semua pertanyaan yang diajukan pembeli maupun penjual melalui aplikasi Shopee.
Terkait:  Cara Retur Barang di Shopee

Bagaimana Jika Penjual Tidak Merespon Komplain di Shopee?

Apabila kalian sudah mengajukan komplain kepada penjual dan tidak ditanggapi, maka kalian bisa menghubungi call center Shopee untuk menegaskan bahwa pesanan yang sudah dibeli benar-benar tidak sesuai dengan deskripsi atau gambar.

Pihak Shopee akan meminta beberapa bukti transaksi dan pemesanan, serta nama toko yang menjadi lokasi pembelian barang tersebut. Apabila kalian meminta pengembalian dana, pembeli harus mengembalikan produk yang dipesan sebelum menerima uang kembali dari Shopee.

Pihak Shopee akan selalu memberikan keputusan adil dan tepat untuk pembeli maupun penjual dengan mengumpulkan bukti-bukti yang menjadi penilaian pada mereka. Selain itu, pembeli dan penjual tidak bisa menolak keputusan yang telah ditetapkan oleh Shopee.

Bagaimanapun Shopee selalu mengutamakan kenyamanan dan kepuasan semua pihak yang terlibat dalam kegiatan transaksi di sana. Kalian tidak akan menelan kerugian besar seperti uang raib dan pesanan tidak sesuai selama belanja di Shopee.

Cara Menukar Barang di Shopee

Bagi konsumen Shopee yang ingin mengembalikan barang pesanan karena tidak sesuai, kalian harus mengukuti tata cara pengajuan pengembalian produk yang dipesan agar dapat direspon oleh penjual sebagai berikut :

  • Pertama, buka aplikasi Shopee melalui smartphone kalian.
  • Jika sudah masuk halaman utama, klik Saya.
  • Pilih menu Pesanan Saya.
  • Kemudian, pilih salah satu produk yang ingin dikembalikan pada laman rincian pesanan.
  • Silakan tulis alasan pengembalian barang kepada seller, serta melampirkan foto dan keterangan yang menyatakan bahwa produk tersebut tidak layak atau tidak sesuai.
  • Berikutnya, pastikan alamat email yang digunakan aktif untuk mengetahui proses pengajuan dana maupun produk.
  • Klik Kirim.
  • Terakhir, ikuti prosedur selanjutnya sampai pengembalian barang atau dana sudah selesai.
Terkait:  Cara Melihat Nomor ShopeePay Kita Lewat HP dan PC

Siapa yang Menanggung Ongkir Pengembalian Barang di Shopee?

Apabila barang sudah dikembalikan dari pembeli kepada penjual, maka salah satu pihak bisa dikenakan tagihan ongkos kirim sesuai kesepakatan bersama tentang keduanya yang bakal menanggung biaya pengiriman produk. Kedua belah pihak kemudian harus setuju terhadap keputusan Shopee atas pihak yang menanggung ongkir nya.

Jika penjual tidak berkomunikasi dengan pembeli maka Shopee bisa menentukan siapa yang bakal menjadi penanggung jawab atas ongkos kirim terhadap barang tersebut. Alhasil, pembeli dan penjual tidak boleh menolak keputusan yang sudah ditetapkan pihak Shopee.

Cara Komplain di Shopee

Secara umum cara komplain di Shopee hampir sama dengan mengajukan keluhan di Lazada, Tokopedia dan e-commerce mana pun. Maka dari itu, kalian harus benar-benar memastikan penjual dan produk yang dipesan benar-benar resmi serta terpercaya agar dapat mencegah hal tersebut.

Jika masalahnya sampai terjadi, kalian harus langsung menghubungi penjual supaya bisa menerima produk yang dikembalikan, bahkan menanggung ongkir nya. Selain itu, gunakan komunikasi yang baik dan benar agar penjual dapat bertanggung jawab terhadap kesalahannya tersebut.

Cara Komplain di Shopee via Chat

Apabila kalian ingin mengajukan komplain yang cepat dan simpel, gunakan layanan obrolan langsung di Shopee. Kalian akan terhubung langsung dengan customer service dan penjual terkait, sedangkan panduannya adalah :

  • Buka aplikasi Shopee melalui smartphone kalian.
  • Pilih menu Saya.
  • Geser layar ke bawah, klik Chat dengan Shopee.
  • Apabila kalian ingin terhubung secara luas, kembali ke beranda Shopee.
  • Pilih menu Message atau Pesan di samping kanan atas.
  • Kemudian, cari nama toko dan penjual yang menjual barang baru kalian beli di Shopee.
  • Silakan kirim pesan berisi keluhan atau pertanyaan sesuai keinginan kalian.
Terkait:  Cara Jadi Dropship di Shopee

Cara Komplain di Shopee via Telepon

Jika keluhanmu tak kunjung ditanggapi, gunakan nomor telepon agar dapat menyampaikan masalah seperti pesanan tidak sesuai atau belum tiba ke alamat tujuan. Kalian bisa menghubungi nomor telepon 1500702 atau (021) 3950-0300, sedangkan kedua nomor tersebut aktif setiap hari, lho.

Namun, kedua nomor tersebut bukanlah kontak pusat bantuan resmi Shopee, melainkan nomor kantor lantaran Shopee tidak menyediakan nomor WhatsApp. Kalian tidak boleh percaya bila ada nomor WhatsApp yang mengatasnamakan Shopee, karena mereka berniat jahat dengan mengirim pesan penipuan.

Cara Komplain di Shopee via Email

Pembeli bisa mengajukan keluhan akibat barang yang dipesan tidak sesuai gambar melalui email. Shopee mempunyai email resmi yang nyaris aktif selama 7×24 jam dan bisa dihubungi dengan prosedur sebagai berikut :

  • Buka aplikasi Shopee melalui smartphone kalian.
  • Pilih menu Saya.
  • Klik Pusat Bantuan.
  • Pilih menu Email.
  • Tulis keluhan atau pertanyaan yang bakal disampaikan, sedangkan pesannya akan terkirim ke email Shopee secara otomatis.

Cara Komplain di Shopee via Call Center Shopee Express Standard

Shopee bukan sekadar menjadi tempat setiap penjual menawarkan produk dagangannya, serta tidak hanya menjadi lokasi para pembeli mencari barang berkualitas. Namun, e-commerce ini berkomitmen untuk memberi pelayanan jual beli online terbaik melalui jasa ekspedisi Shopee Express Standard.

Tak hanya itu, pembeli mana pun bisa mengajukan keluhan atau pertanyaan terkait pembelian item apapun dengan menghubungi nomot (021) 150-0702 atau email via [email protected] yang terhubung langsung dengan Shopee Express Standard.

Demikian pembahasan mengenai cara komplain di Shopee yang wajib kamu tahu. Kalian bisa memilih salah satu media komunikasi sehingga keluhan atau pertanyaan dapat direspon pihak Shopee dan penjual. Lampirkan bukti-bukti pembelian supaya barang yang dipesan bisa dikembalikan dan diganti dengan barang baru atau dana.

Related posts