Cara Check In Hotel Secara Langsung: 4 Tahapan yang Benar

Cara Check In Hotel Secara Langsung
Cara Check In Hotel Secara Langsung

Akan merepotkan jika sedang keluar kota, lalu lupa booking penginapan sebelumnya. Tapi tenang saja. Berikut akan dijelaskan cara check in hotel secara langsung tanpa perlu pesan terlebih dahulu. Biasanya disebut dengan sistem walk-in. 

Sebenarnya memesan kamar hotel secara walk-in itu tidak sulit. Hanya saja Kamu harus teliti dan benar-benar tahu informasi tentang hotel tersebut. Selain itu, ada beberapa dokumen yang perlu dipersiapkan. Inilah panduannya secara jelas. 

Cara Check In Hotel Secara Langsung

Cara Check In Hotel Secara Langsung
Cara Check In Hotel Secara Langsung

Check in hotel dengan datang langsung memang mudah. Tapi Kamu harus tahu tahapan berikut ini agar tidak salah pilih kamar. Berikut tahapannya:

1. Masuk ke Lobi

Apabila Kamu bingung harus pesan kamar di bagian mana, masuk dulu ke lobi. Tentunya setelah memarkirkan kendaraanmu di tempatnya. Saat di lobi, Kamu bisa lihat bagian meja resepsionis dan staff hotel yang tengah bertugas. 

Pada meja resepsionis itulah Kamu akan memesan kamar. Jadi, arahkan kakimu ke bagian tersebut. Jika tidak dapat menemukannya, coba tanya ke staff yang ada di lobi. Selain itu, di hotel berbintang biasanya sudah ada papan penunjuk. 

2. Buat Pesanan dan Isi Formulir

Cara check in hotel secara langsung berikutnya yaitu memesan kamar. Kamu bisa tanya-tanya dulu apakah ada kamar yang tersedia. Kalau memang ada yang tersisa, pastikan tipe kamar tersebut, fasilitas yang diberikan, harga per malam, dan informasi lainnya. 

Baru setelah cocok, bisa melakukan check in. Petugas resepsionis akan memintamu untuk mengisi formulir. Pastikan mengisinya dengan lengkap dan sesuai identitas diri yang Kamu bawa. 

Terkait:  Cara Bebas Ongkir di Tokopedia

Apabila ada bagian di formulir yang tidak dipahami, bisa tanya ke petugas. Kamu pun bisa mengisinya manual sendiri atau menyerahkan data agar diisi oleh resepsionis. Tergantung pada kebijakan masing-masing hotel. 

3. Menyerahkan Dokumen

Berikutnya ini cara check in hotel secara langsung yang tidak boleh Kamu abaikan. Jadi, serahkan dokumen yang diperlukan oleh petugas dan menjadi aturan dari hotel tersebut. Biasanya, yang dibutuhkan adalah identitas diri. 

Untuk warga Indonesia diminta menyerahkan KTP asli, SIM, atau kartu pelajar. Sedangkan syarat bagi tamu WNA menunjukkan KITAS dan paspor. Dokumen tersebut dipakai petugas sebagai bahan validasi dan memverifikasi keakuratannya. 

Petugas hotel umumnya meminta tamu untuk meninggalkan identitas tersebut di front office. Pastikan Kamu menyelesaikan semua administrasi sebelum check in. Pembayaran tergantung kebijakan, ada yang full saat check in atau ketika check out. 

4. Masuk ke Kamar

Jika seluruh administrasi sudah selesai, petugas hotel akan memberimu kunci kamar sesuai yang dipesan. Bawa semua barangmu ke kamar. Tapi kalau di hotel berbintang, terkadang petugas mengantarkanmu sekaligus membawakan barang tersebut. 

Kelebihan dan Kekurangan Check In Hotel Secara Langsung

Pesan kamar hotel dengan walk-in itu punya kelebihan dan kekurangan. Jika datang langsung, Kamu bisa melihat sendiri kondisi hotel tersebut, baik dari sisi eksterior maupun interior. Bahkan beberapa hotel tidak keberatan untuk menunjukkan kondisi kamar. 

Karena itulah, Kamu bisa memastikan kenyamanan menginap sebelum check in. Dengan datang langsung dapat mengetahui dan cek sendiri bagaimana kebersihan semua kamarnya. Termasuk melihat fasilitas yang diberikan kepada tamu. 

Tapi kekurangannya, Kamu harus terima risiko kehabisan kamar. Mencari hotel lain pun tidak mudah, terlebih saat high season atau musim liburan. Selain itu, room rate yang ditawarkan saat check in langsung terkadang lebih mahal dibandingkan booking dulu dan jarang diberi potongan harga. 

Terkait:  Cara Bermain Yoyo

Jadi, cara check in hotel secara langsung itu mudah. Kamu cukup masuk ke lobi, mendatangi resepsionis, memastikan keberadaan kamar, lalu menyelesaikan administrasi. Tapi akan merepotkan jika tidak ada kamar yang tersisa. 

Related posts