Cara Hemat Baterai Iphone

Kamu pengguna apple yang batreinya cepat habis ?? pas banget karena pada artikel kali ini akan membahas bagaimana cara hemat baterai iphone dengan baik dan dipastikan dapat dipercaya.

Tidak dipungkiri bahwa baterai memang menjadi salah satu komponen paling penting di handphone, apalagi apple yang sering digadang-gadang jika baterainya cepat habis meskipun pihak apple sendiri memang senantiasa selalu meningkatkan daya tahan baterai.

Read More

Jika diamati lebih jauh, sebenarnya hal yang membuat baterai iphone cepat habis yaitu karena banyaknya aplikasi yang dijalankan, padahal belum tentu aplikasi tersebut dapat menambah produktivitas kita. Nah untuk itu berikut adalah cara hemat baterai iphone dengan mudah dan pastinya ampuh 100%

Cara Hemat Baterai Iphone

Cara Hemat Baterai Iphone
Cara Hemat Baterai Iphone

Nyalakan Power Mode Hemat

Biasanya cara ini paling sering digunakan karena paling mudah untuk menghemat baterai iphone. Pasalnya jika kamu menggunakan cara ini tinggal menyalakan low power mode alias mode daya rendah yang sudah diperkenalkan sejak iOS 9 dan saat dihudupkan, iphone kamu hanya melakukan tugas yang paling penting, sehingga aktivitas pada latar belakang seperti mengunduh dan mengambil pesan akan dinonaktifkan.

Ketika daya baterai sudah turun mencapai 20%, maka nanti akan muncul tampilan untuk mengaktifkan mode ini akan tetapi kamu juga bisa mengaktifkannya secara manual. Berikut caranya:

  • Masuk ke menu Settings
  • Lalu pilih baterai
  • Selanjutnya nyalakan Low Power Mode
  • Setelah semua langkah diatas kamu selesaikan maka secara otomatis low power mode akan bekerja mengurangi aktivitas background dan mengurangi kecerahan layar sehingga bisa menghemat pemakaian baterai agar tidak boros.
Terkait:  Cara Hemat Kuota Zoom

Menyesuaikan Kecerahan Layar

Cara yang kedua dengan menyesuaikan kecerahan layar, mungkin sudah hampir semua model layar iphone dan smartphone yang lain semakin besar dan cerah, namun pada fitur ini akan menyebabkan ponsel menghabiskan lebih banyak baterai.

Maka jika untuk menghemat baterai kamu perlu menyesuaikan kecerahan layar secara otomatis dan iphone akan menyesuaikan kecerahannya berdasarkan situasi pencahayaan kamu saat ini. Jika kamu ditempat yang memiliki cukup cahaya maka layar akan meredup sendiri untuk menghemat maka pakai baterai, berikut langkah-langkahnya:

  • Langkah pertama kamu bisa buka pengaturan
  • Lalu pilih aksesibilitas kemudian layar & ukuran teks
  • Setelah itu kecerahan otomatis dan Nyalakan
  • Kamu bisa menyesuaikan tingkat kecerahan secara manual di pusat kontrol

Menonaktifkan Download dan Update Aplikasi Otomatis

Aplikasi iPhone sering kali menyediakan pembaruan secara berkala dan memboyong beragam fitur terbaru yang lebih canggih. Namun kamu mempunyai pilihan untuk mendownload atau mengupdtae aplikasi tersebut atau tidak.

Nah di iPhone sendiri mempunyai fitur otomatis download sendiri jika kamu tidak mematikan fitur tersebut dan hal itu akan mempengaruhi kecepatan dalam menggunakan baterai. Dengan melakukan update aplikasi tentu bisa semakin menguras daya baterai dan membuatnya cepat habis.

Maka dari itu, kami sarankan untuk menonaktifkan download dan update secara otomatis untuk menghindari iPhone melakukan update ketika baterai dalam kondisi lemah.

Menonaktifkan Personal Hotspot Jila Tidak Diperlukan

Kamu juga perlu mematikan personal hotspot untuk  menghemat baterai, pasalnya pengguna terkadang lupa mematikannya setelah digunakan yang membuat baterai iPhone menjadi cepat boros.

Nah untuk cara mematikannya  cukup mudah, kamu tinggal buka Settings lalu pilih Personal Hotspot dan lakukan Switch Off untuk  mematikannya.

Terkait:  Cara Pause Video di iPhone

Perhatikan Penggunaan GPS Pada Aplikasi

Kita memang dianjurkan untuk mengatur aplikasi GPS ini karena secara default beberapa aplikasi menggunakan GPS secara aktif terus menerus dan biasanya pada pengaturan aplikasi, mode GPS yang dipakai adalah mode Selalu maka kamu perlu mengubahnya ke While Using suapaya GPSmu tidak terpakai secara terus menerus dan dapat boros baterai.

Kamu bisa mengaturnya melalui Setting lalu Privacy lalu Location Service. Lihat pada daftar aplikasi dan pilih mode While Using. Secara otomatis dengan mode tersebut iPhone hanya menggunakan GPS saat aplikasi tersebut dibuka.

Matikan Siri Apabilal Tidak Digunakan

Jika kamu sudah jarang memakai siri, maka kamu perlu mematikan siri supaya untuk menghemat baterai. Dengan mematikan siri dapat bermanfaat bagi pengguna iPhone yang jarang membutuhkan asistensi dari siri.

Untuk mematikan siri, kamu bisa buka Settings > Siri and Search > matikan fitur Hey Siri. Selain itu kamu perlu menonaktifkan Press Home For Siri jika kamu jarang sekali memakai Siri dalam penggunakan harianmu.

Persingkat Auto-Lock

Tau gak sih apa manfaat saat kamu meauto0lock iPhonemu ? Dengan kamu me auto-lock atau waktu menunggu sebelum smartphone standby ternyata dangat berpotensi menjadi cara supaya baterai iPhone awet lebih lama.

Jikalau kamu ingin benar-benar hemat baterai disarankan pilih waktu yang paling singkat, yaitu sekitar 30 detik. Dengan begitu iPhone akan mengunci sendiri. Namun untuk penggunaan normal sehari-hari lebih nyaman menggunakan waktu sekitar 2 menit dan kamu bisa saja menyesuaikan saja dengan kebutuhan. Kamu bisa mengaturnya dengan membuka Settings > General > Auto-Lock.

Matikan Mode Jaringan 4G/LTE (Jika diperlukan)

Sesuaikan jaringanmu baik ditempat maupun paket data untuk tidak dalam posisi 4G terus menurus. Kamu bisa menggunakan cara dengan mematikan LTE di iPhone apabila tidak ada sinyal 4G.

Pasalnya hal ini dapat menghemat baterai, namun jika di tempat kamu mendukung akan sinyal 4G dan tidak terjadi masalah sengan baterai yang cepat habis, maka biarkan saja fitur ini berfungsi.

Terkait:  Cara Mengatasi HP Panas

Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu membuka Settings, pilih Cellular Selanjutnya pilih Cellular Data Options > Voice & Data kemudian pilih mode 3D atau sesuaikan tempatmu.

Matikan Background Aplikasi Refersh

Background refersh adalah salah satu fitur iPhoen yang mengatur otomatis refresh pada konten aplikasi dengan metode background. background app refersh ini juga memiliki tujuan dan berfungsi untuk membuat konten baru di aplikasi terus terupdate dan siap digunakan, akan tetapi ini akan memboroskan baterai.

Fitur ini memang tidak disarankan bagi pengguna yang mencari keawetan abterai pada iPhone, maka dari itu sebaiknya kamu menonaktifkan saja fitur ini atau bisa diatur untuk beberapa aplikasi yang dibutuhkan saja.

Nah, untuk caranya jug aterbilang cukup mudah yaitu hanya perlu buka Settings dan pilih General setelah itu pilih Background App Refresh dan pilihlah Off untuk mematikan fitur secara penuh. Kamu juga bisa mematikan hanya untuk beberapa aplikasi saja yang jarang digunakan.

Nonaktifkan Vibrate ( Matikan Getar)

Kamu juga bisa loh mematikan getar atau vibrate ini untuk menghemat baterai iPhonemu jika dirasa tidak penting untuk digunakan.

Untuk cara mematikannya kamu tinggal buka Setting kemudian pilih Sound & Haptic, lalu kamu dapat matikan getar dengan pilihan Vibrate on ring. Dengan menggunakan mode ini, kamu bisa mengetahui telepon atau notifikasi melalui peringatan suara saja. Dengan mengurangi atau mematikan vibrate ini bia membuat hemat bateraimu yang boros.

Nah itu lah beberapa cara hemat baterai iPhone yang kamu gunakan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan jangan lupa share, coment dan like artikel ini ya!

Sampai jumpa di artikel selanjutnya, see u!

Related posts