Cara Menonaktifkan Nada Sambung Telkomsel

Telkomsel adalah salah satu perusahaan penyedia layanan telekomunikasi seluler di Indonesia yang ternama. Tentnya, Telkomsel selalu memberikan layanan terbaik agar pelanggan merasa puas. Namun, beberapa hal mungkin membuat beberapa pelanggan kurang nyaman, contohnya seperti layanan NSP sehingga banyak yang mencari tahu cara menonaktifkan nada sambung Telkomsel.

Untuk mengetahui tentang nada sambung atau NSP, hingga cara menonaktifkan layanan tersebut, yuk simak informasi selengkapnya berikut ini.

Read More
Cara Menonaktifkan Nada Sambung Telkomsel
Cara Menonaktifkan Nada Sambung Telkomsel

Apa Itu Nada Sambung Telkomsel (NSP)

Nada sambung atau NSP (Nada Sambung Pribadi) merupakan sebuah layanan berbayar yang disediakan oleh provider telekomunikasi seluler, salah satunya adalah dari Telkomsel untuk nada sambung nomor pelanggan. 

Jika berlangganan layanan NSP, maka nada sambung pelanggan akan diganti dengan lagu yang diinginkan ketika ada panggilan masuk. Layanan ini dapat memberikan pengalaman musik menggantikan nada tunggu ketika menunggu panggilan telepon diangkat. 

Sang penelepon tidak hanya mendengar suara tut tut tut tapi layaknya mendengarkan mp3 musik sehingga tidak membosankan. Baik pelanggan prabayar atau pascabayar dapat memanfaatkan layanan nada sambung/ NSP melalui SMS ke nomor 1212. Pelanggan Telkomsel juga dapat menentukan pilihan lagu yang tersedia untuk dijadikan NSP.

Cara Mengecek NSP Telkomsel

Jika kamu belum mengetahui cara mengecek NSP Telkomsel, silakan ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka menu panggilan telepon di handphone
  • Kemudian, ketik *121*9# dan tekan Call/ OK
  • Pada pop up menu Telkomsel yang muncul, kamu pilih opsi nomor 2 (NSP yang aktif) dengan mengetikkan 2 dan tekan Kirim
  • Tunggu hingga muncul notifikasi mengenai informasi NSP yang digunakan oleh nomor Telkomsel milikmu.
Terkait:  Cara Aktivasi Kartu Telkomsel

Selain lewat menu Dial Up, kamu juga bisa memeriksa nada sambung kamu apakah masih aktif atau tidak melalui Call Center. Lakukan panggilan ke Call Center Telkomsel 188 untuk menanyakan langsung.

Setelah pihak Call Center Telkomsel menerima telepon kamu, katakan saja keperluan untuk mengetahui NSP yang masih aktif di nomor Telkomsel yang sedang digunakan saat ini.

Cara Mengaktifkan Nada Sambung Telkomsel

Apabila kamu tertarik ingin menggunakan layanan dari provider Telkomsel ini, kamu bisa mengaktifkannya dengan mudah melalui menu Dial Up. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Pertama, buka menu panggilan yang ada di handphone
  • Kemudian, ketik *121# dan tekan Call/ OK
  • Pada pop up menu Telkomsel yang ditampilkan, kamu bisa melihat daftar lagu NSP
  • Pilih lagu mana yang ingin kamu gunakan sebagai nada sambung pribadi (NSP)
  • Ketik nomor dari salah satu daftar NSP yang diinginkan dan tekan Kirim
  • Tunggu beberapa saat hingga muncul notifikasi yang menyebutkan bahwa NSP nomor kamu telah berhasil diaktifkan. Selesai!

Cara Menonaktifkan Nada Sambung Telkomsel

Nada sambung pribadi ini memang salah satu layanan yang sangat diminati pada masanya. Seiring waktu berjalan, layanan tersebut mulai ditinggalkan banyak orang. 

Alasan mereka untuk tidak menggunakan NSP pun beragam. Ada yang malu karena sudah ketinggalan zaman, tidak menggunakan layanan telepon biasa, hingga harga berlangganan yang lumayan tinggi. 

Kini panggilan telepon biasa sudah digantikan oleh panggilan dengan berbagai platform media sosial, seperti WhatsApp, Line, Telegram, Instagram, dan lainnya. Oleh sebab itu, tidak heran jika banyak yang ingin berhenti dari layanan satu ini.

Cara Menonaktifkan Nada Sambung Telkomsel Lewat SMS

Berikut langkah-langkah menonaktifkan nada sambung Telkomsel untuk semua lagu.

  • Pertama, buka menu pesan atau SMS
  • Lalu, buat pesan baru dengan menuliskan kata OFF dan kirim ke nomor 1212
  • Tunggu beberapa saat hingga muncul notifikasi yang menginformasikan bahwa layanan nada sambung kamu sudah tidak berlaku.
Terkait:  Cara Menonaktifkan Kartu Kredit

Selain cara di atas, kamu juga bisa menghentikan layanan NSP Telkomsel melalui SMS dengan cara berikut:

  • Buka menu pesan atau SMS
  • Lalu, buat pesan baru dengan mengetik OFF (spasi) judul NSP  kirim ke 1212
  • Tunggu beberapa saat hingga mendapatkan notifikasi SMS konfirmasi bahwa layanan nada sambung kamu sudah dihentikan

Cara unreg nada sambung Telkomsel melalui SMS ini terbukti berhasil dan tidak sulit untuk dilakukan. Untuk cara yang kedua direkomendasikan untuk kamu yang memiliki nada sambung lebih dari 1 NSP. Selain itu, cara kedua juga digunakan untuk yang ingin menghentikan NSP lebih spesifik dibandingkan menghapus semuanya.

Kamu tidak perlu khawatir karena penggunaan layanan 1212 Telkomsel tidak menyedot pulsa atau gratis. Jadi, kamu tetap bisa melakukan penonaktifan meskipun sedang tidak ada pulsa.

Cara Menonaktifkan Nada Sambung Telkomsel Via USSD

Berikutnya adalah cara menonaktifkan NSP Telkomsel melalui USSD yang juga tidak kalah mudah. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Pertama, buka menu Panggilan di handphone
  • Ketik kode USSD *121*9# dan tekan Call
  • Selanjutnya, akan muncul menu dengan pilihan Berhenti Langganan NSP
  • Kamu langsung saja klik menu tersebut
  • Setelah itu, kamu akan menerima SMS konfirmasi yang memberitahukan bahwa nada sambung Telkomsel telah dihentikan.

Cara Menonaktifkan NSP Telkomsel dengan Menghubungi Call Center

Selain via SMS dan kode USSD, kamu juga bisa menghentikan langganan nada sambung Telkomsel dengan menghubungi Call Center. Caranya adalah kamu menghubungi nomor Call Center Telkomsel, yakni 188.

Lakukan panggilan ke 188 dan sampaikan tujuan kamu ke pihak Call Center bahwa kamu ingin menonaktifkan layanan NSP atau nada sambung. Nantinya, mereka akan menjelaskan dan memberikan konfirmasi lewat SMS ke nomor milikmu.

Terkait:  Cara Perpanjang Masa Aktif Kartu AS

Cara Menonaktifkan Nada Sambung Telkomsel dengan Mendatangi Grapari

Untuk yang masih bingung atau kurang yakin dengan 3 cara di atas, maka kamu bisa menggunakan cara yang keempat. Caranya dengan langsung mendatangi kantor Grapari yang dekat dengan tempat tinggal kamu. Pegawai Telkomsel yang ada di Grapari akan siap melayani keluhan kamu dengan baik.

Untuk yang tempat tinggalnya dekat dengan kantor layanan Grapari mungkin akan menyenangkan. Namun, jika tempat tinggalnya lumayan jauh dari Grapari sebaiknya kamu menggunakan cara pertama, kedua, atau ketiga. Cara-cara di atas telah terbukti sukses dilakukan oleh banyak pelanggan Telkomsel.

Trik Kosongkan Pulsa untuk Menghentikan NSP Telkomsel

Ada satu cara lagi yang bisa kamu gunakan untuk menonaktifkan anda sambung Telkomsel, yakni  dengan trik mengosongkan pulsa. Untuk kamu yang malas menggunakan metode unreg dalam menghentikan NSP, bisa banget pakai cara satu ini.

Selain itu, jika kamu merasa mengirim SMS atau melakukan panggilan lewat menu dial up itu merepotkan maka gunakan saja trik ini.

Caranya sangat mudah, yaitu membiarkan pulsa habis sesuai dengan masa berlaku NSP sehingga pulsa tidak akan tersedot sendiri. Sebab, biaya langganan NSP akan secara otomatis memotong pulsa (jika ada pulsanya). Nantinya, kamu akan menerima notifikasi bahwa langganan nada sambung telah dihentikan.

Akan tetapi, perlu kamu ketahui bahwa jika mengaplikasikan cara mengosongkan pulsa ini dapat membuat paket internet Telkomsel kamu berhenti apabila memaketkannya dengan pulsa.

Dari kelima cara menonaktifkan nada sambung Telkomsel di atas, manakah yang menurut kamu paling mudah dan tidak ribet?

Related posts