Cara Menonaktifkan Kredivo

Cara Menonaktifkan Kredivo

Kredivo adalah aplikasi kredit digital yang lumayan terkenal di Indonesia. Banyak pengguna memilih Kredivo sebagai salah satu solusi finansial mereka. Namun, tidak sedikit juga pengguna yang memilih untuk tidak lagi menggunakannya dan melakukan cara menonaktifkan Kredivo. Alasan pengguna ingin menonaktifkan atau menghapus akun Kredivo karena tidak ingin berurusan dengan pinjol (pinjaman online), memiliki pengalaman buruk dengan penagih utang, dan lain sebagainya.

Lantas, apakah bisa menghapus akun Kredivo dan bagaimana cara menghapus riwayat Kredivo? Yuk temukan jawabannya di sini.

Cara Menonaktifkan Kredivo

Cara Menonaktifkan Kredivo
Cara Menonaktifkan Kredivo

Dalam dunia paylater dan pinjaman online, nama Kredivo sepertinya sudah tidak asing lagi. Kredivo adalah aplikasi pinjaman online dan paylater dari perusahaan keuangan berbasis teknologi atau fintech. Selain dapat digunakan untuk transaksi pembelian dulu bayar nanti, Kredivo juga menyediakan limit pinjaman online hingga Rp5 juta.

Disamping itu, cara mengajukan pinjaman serta proses pencairan di Kredivo juga sangat mudah. Kamu hanya perlu membuat akun dan mengajukan pinjaman di Kredivo. Untuk itu, tidak heran jika banyak orang tergiur dan memilih Kredivo sebagai salah satu cara mengatasi masalah finansial. Akan tetapi, kemudahan tersebut juga tetap beresiko terutama jika telat mengangsur pinjaman.  

Bunga pinjaman di Kredivo diklaim lumayan rendah jika dibandingkan dengan beberapa perusahaan kompetitor, yakni 2,95%. Meskipun begitu, bunga tetaplah memberatkan terutama jika tidak segera dibayarkan tepat waktu.

Alasan Menonaktifkan Akun Kredivo

Berikut beberapa hal yang sering dijadikan alasan pengguna tidak ingin menggunakan Kredivo lagi, antara lain:

Terkait:  Cara Menonaktifkan WA Sementara di HP Vivo Tanpa Aplikasi

Bunga yang Memberatkan

Namanya juga layanan pinjaman tentunya ada bunga yang dikenakan apabila ingin mendapatkan pinjaman. Namun, suku bunga yang dibebankan Kredivo dianggap terlalu besar sehingga memberatkan para pengguna terutama jika dibandingkan dengan besaran suku bunga pinjaman di bank atau sejumlah lembaga keuangan lainnya.

Sebenarnya, hal tersebut tidak bisa dibandingkan jika hanya melihat konteksnya. Akan tetapi, banyak pengguna baru yang sudah terlanjur mengambil pinjaman dan merasa suku bunga tersebut lumayan memberatkan.

Tidak Ingin Lagi Mengajukan Pinjaman Online

Alasan lainnya yang juga sering digunakan adalah sudah kapok dan ingin terbebas dari meminjam di layanan pinjaman online seperti Kredivo. Cara kerja layanan pinjaman online hampir mirip seperti kartu kredit. Jadi, jika kamu tidak segera membayar tepat waktu, maka bisa saja ditagih terus oleh para penagih utang dan nantinya bisa merugikan diri sendiri.

Adanya Tindak Kejahatan Digital

Ingin menghindari tindak kejahatan digital juga menjadi salah satu alasan pengguna ingin menonaktifkan Kredivo. Banyak kasus tindak kejahatan yang menimpa pengguna di sejumlah aplikasi pinjaman online. Oleh karena itu, beberapa pemilik akun memilih untuk menghapus akun Kredivo secara permanen agar terhindar dari hal-hal demikian.

Namun, apapun alasan kamu ingin menonaktifkan atau menghapus aplikasi Kredivo tersebut sah-sah saja asalkan utang telah dibayarkan secara penuh.

3 Syarat Menghapus Akun Kredivo

Sebelum melakukan cara menghapus akun Kredivo, kamu harus memenuhi beberapa persyaratan. Hal ini bertujuan agar kamu tidak memiliki reputasi dan catatan buruk dalam perbankan. Sebab, ada namanya BI checking yang bisa digunakan untuk mengecek track record seseorang di dunia perbankan.

Apabila kamu ingin menonaktifkan Kredivo tapi ternyata belum lunas, maka perusahan atau layanan perbankan dan keuangan lainnya pun bisa mengetahuinya. Ke depannya, jika kamu ingin KPR atau meminjam di layanan perbankan maka akan sangat sulit bahkan kemungkinan besar akan ditolak karena skor BI Checking yang buruk. Adapun syarat menghapus akun Kredivo adalah sebagai berikut:

Terkait:  Cara Menonaktifkan Pulsa Safe Indosat

1. Tidak Punya Tagihan 

Apabila kamu menggunakan Kredivo untuk pay later di e-commerce, seperti Tokopedia, JD.id, Shopee, atau lainnya, maka pastikan sudah tidak ada lagi tunggakan. Lunasi dan hentikan segera untuk menggunakan Kredivo pay later apabila kamu ingin proses penonaktifan akun berjalan lancar tanpa kendala.

2. Tidak Memiliki Pinjaman

Selain tagihan di e-commerce yang lunas, pastikan juga kamu tidak memiliki beban pinjaman di Kredivo. 

3. Melunasi Tagihan dan Utang

Pastikan bahwa kamu sudah tidak memiliki tagihan pay later atau pinjaman uang dan telah melunasi semuanya. Setelah dipastikan lunas, kini kamu bisa melakukan cara menonaktifkan atau menghapus Kredivo secara permanen.

Inilah 3 Cara Menonaktifkan Kredivo

Dikutip dari laman resmi Kredivo, kamu bisa menghapus akun dan semua riwayat di dalamnya dengan cara menghubungi Customer Service Kredivo lewat email. Setelah proses berhasil, akun kamu akan dihentikan secara permanen. 

Di sana juga dijelaskan bahwa jika tidak ada hambatan dan pihak Kredivo membutuhkan waktu kurang dari 30 hari setelah email permintaan diterima untuk melakukan penghapusan dan penonaktifan semua informasi data akun.

Lebih lanjut, pihak Kredivo bisa menyimpan salinan data serta catatan riwayat kamu sebagaimana kebijakan hukum yang berlaku. Hal tersebut dilakukan untuk tujuan melindungi hak perusahaan serta pengguna.

Selain itu, email [email protected] juga dapat digunakan untuk meminta instruksi bagaimana cara mengubah preferensi pribadi. Kamu juga bisa bertanya mengenai bagaimana cara mengakses informasi pribadi, cara memperbarui informasi, hingga pertanyaan lain yang berhubungan dengan keamanan, kerahasiaan, atau perlindungan data milikmu di akun Kredivo.

Cara Menonaktifkan Kredivo Lewat Email

Sedangkan langkah-langkah cara menghapus akun Kredivo secara permanen lewat email adalah sebagai berikut:

  • Pertama, buka layanan email seperti Gmail atau lainnya.
  • Kemudian, buat email kepada [email protected].
  • Pada bagian subject bisa kamu tulis dengan permintaan menghapus akun.
  • Pada badan email, sertakan username dan password Kredivo kamu.
  • Kemudian, jelaskan tujuan email ini adalah untuk permintaan hapus akun atau penutupan akun secara permanen.
Terkait:  Cara Menonaktifkan Link Google Form

Setelah itu, kamu tunggu hingga mendapat balasan email dari pihak Kredivo. Apabila setelah dilakukan pengecekan dan terbukti tidak ada lagi tagihan ataupun tunggakan, pastinya akan segera diproses. Seperti yang telah kami singgung di atas, proses tersebut memakan waktu kurang dari 30 hari. Jadi, kamu bisa bersabar hingga akun Kredivo kamu dan riwayat di dalamnya berhasil dihapus secara permanen.

Cara Menonaktifkan Kredivo Via Call Center

Kamu juga bisa mencoba menghubungi Call Center Kredivo untuk melakukan penghapusan akun. Nomor Call Center Kredivo adalah 0807-1-573348.

Setelah berhasil menghubungi Call Center Kredivo, sampaikan tujuan kamu menghubungi adalah untuk menonaktifkan atau menghapus akun Kredivo secara permanen. Jangan lupa untuk menyiapkan username atau email akun Kredivo milikmu.

Nantinya, pihak CS Kredivo akan memastikan terlebih dahulu bahwa akun Kredivo tersebut aman dan tidak memiliki tunggakan sama sekali. Setelah itu, kamu akan diberitahu informasi terkait proses penghapusan akun dan sebagainya oleh CS.

Menghapus Aplikasi Kredivo

Menghapus aplikasi tidak membuat data akun Kredivo kamu pada sistem pun ikut terhapus. Namun, jika kamu tetap ingin melakukannya maka bisa ikuti langkah-langkah berikut:

  • Pertama, logout akun dari aplikasi Kredivo
  • Kemudian, buka menu Pengaturan di handphone
  • Pilih aplikasi Kredivo, dan klik Uninstal.

Nah, demikian beberapa cara menonaktifkan Kredivo yang bisa kamu coba. Semoga membantu!

Similar Posts