Cara Iklan Di Instagram

Apakah kamu punya bisnis online di Instagram? Pas banget nih, karena pada kesempatan kali ini kan membahas bagaimana cara iklan di Instagram. Yuk manfaatkan platform ini untuk meningkatkan penjualan online kamu. Nah, penasara bagaimana caranya? Simak dibawah ini ya!

Apa Itu Instagram Ads?

Kira-kira siapa sih yang gak kenal aplikasi Instagram? aplikasi yang mempunyai banyak pengguna selain facebook dan tiktok. Selain itu aplikasi ini memiliki fitur beriklan yang disebut dengan Instagram Ads. Apa itu Instagram Ads?

Read More

Jadi Instagram Ads ialah sebuah platform iklan meia sosial yang ada pada aplikasi Instagram, pada platform ini akan memungkinkan kamu untuk membuat iklan di feed maupun stories instagram.

Platform ini mendapat respon baik bagi para pelaku bisnis online, tidak hanya facebook ads maupun google ads. Instagram ads juga memiliki keuntungan yang sangat menguntungkan bagi para pengguna. Terbukti pada tahun 2016 bahwa Instagram telah memiliki 200 ribu pengiklanan, mungkin hingga pada saat ini instagram telah memiliki jutaan pengiklanan. Untuk itu platform ini juga sangat dicintai oleh para pelaku bisnis.

Keuntungan Instagram Ads

  • Instagram Ads telah memiliki banyak keuntungan yang tidak kalah dengan platform pengiklanan yang lain. Berikut beberapa keuntungan yang dimiliki oleh Google Ads.
  • Instagram ads menyediakan beberapa format ads mulaui dari Gambar, Video, atau Caraousell. Dengan berbagai jenis iklan yang ditawarkan oleh instagram seperti berkomentar pada postingan, menyukai bahkan ngefollow akun sehinggahal ini sangat menguntungan bagi pertumbuhan interaksi antara akun dengan brand atau pelaku bisnis online dengan target market.
  • Instagram ads menggunakan target ads yang menyerupai facebook ad sehingga memungkinkan kamu untuk mendapat informasi pengguna yang sesuai target. Mulai dari lokasi, usia hingga jenis kelamin. Kamu nanti juga akan mendapatkan data pengguna instagram berdasarkan hobi, kepentingan, koneksi para pengguna. Hal ini sangat menguntungkan karena memungkinkan kamu untuk mendapatkan iklan langsung sesuai target market yang telah kamu incar sehingga kamu merasakan mendapatkan keuntungannya.
  • Instagram ads juga dapat memberikan ajakan kepada para penggunanya untuk meningkatkan engagement. Nah kamu dapat menggunakan tombol ajakan seperti Follow, mengunjungi Situs Website kamu hingga Download Apps brand kamu. Di instagram terdapat arahan seperti Lihat Link di Bio untuk meningkatkan engagement yang lebih jauh.
  • Instagram ads juga dapat mengarahkan pengunjung akun instagram untuk mengunjungki website kamu. Tidak hanya berkomentar dan like, tapi dengan disetiap postingkan kamu memberikan link untuk berkunjung ke website maka tidak lain agar dapat mengarahkan pengguna instagram mengunjungi website kamu.
Terkait:  Cara Gestun Akulaku

Cara Iklan Di Instagram

Cara Iklan Di Instagram
Cara Iklan Di Instagram

Nah setelah mengetahui apa itu Instagram ads dan juga keuntungannya, kini saatnya masuk pada pembahasan utama yaitu bagaimana cara iklan di instagram. Berikut langkah-langlahnya:

Login Ke Facebook Ads Manager

Caranya cukup mudah, kamu tinggal membuka halaman resminya dan login menggunakan akun yang juga terhubung ke Instagrammu. Kamu dapat membuka link ini untuk dapat login ke facebook ads manager.

Mengatur Tujuan Iklan

Asiknya nih kamu dapat mengatur lebih spesifik lagi tujuan beriklan. Pilihan ini dapat mempromosikan untuk berjalan lebih tepat sasaran dan masing-masing tujuan tersebut memiliki pengaturan. Berikut adalah pilihan yang tersedia, antara lain:

  • Brand Awarness: Tujuan yang paling umum adalah brand awarness, dengan adanya ini kamu tidak perlu ribet karena semua pekerjaan akan dilakukan oleh algoritma instagram.
  • Reach: Kemudian ada rich, apabila iklan kamu ingin dilihat oleh banyak orang maka kamu harus memilih tujuan ini. Selain itu kamu dapat memanfaatkan fitur Instagram Split Testing untuk melihat iklan mana dari berbagai model yang palik efektif.
  • Traffic: Apabila kamu ingin membuka web atau halaman tertentu maka tujuan ini pilihannya. Karena kamu tinggal pilih yang sesuai kemudian masukkan URL dan Voila maka Traffic pun akan berdatangan.
  • Apps Install: Apps Install ini bertujuan untuk meningkatkan angka instalasi pada aplikasi, di pengaturan kamu tinggal memilih aplikasi yang sudah ada.
  • Engagement: Pada bagian ini kamu dapat melihat jumlah likes, shares, dan elemen engagement lainnya. Kamu dapat meningkatkan engagement dalam postingan.
  • Video Views: Ketika kamu melakukan pilihan ini kamu akan dapat meningkatkan jumlah penayang video. Untuk melakukannya kamu juga tidak butuh oengaturan tambahan hanya tinggal klik-klik saja.
  • Lead Generation: Untuk dapat menarik perhatian audiens kamu dapat melakukan hal ini. Karena pada opsi ini kamu akan memperoleh kolom email, nama lengkap, nomor seluler dan gender. Yang nantinya diisi oleh pengguna tertarget.
  • Conversions: Nah pada pilihan terkahir ini akan mendorong konversi aksi, baik itu di website maupun di toko aplikasi. Kamu perlu untuk mengatur sesuatu yang ingin di promosikan sehingga tingkat konversinya bisa dilacak.
Terkait:  Cara Mengganti Nama Instagram

Mengatur Audiens Menjadi Target

Apabila kamu sudah mengatur rujuan iklan, kini saatnya kamu perlu masuk ke menu menentukan target audiense. Nah dengan ini kamu dapat memastikan bahwa iklan mu akan tayang pada akun pengguna yang tepat. Lalu apa saja sih yang dapat diatur?

  • Lokasi: Jadi kamu dapat menargetkan lokasi audiensmu ke semua wilayah, baik itu negara, kota hingga kode pos bahkan kamu dapat mengecualikan atau memprioritaskan lokasi tertentu saja.
  • Usia: Kamu dapat mengatur audiens kamu berdasarkan usi untuk menargetkan audiens kamu, mulai dari usia 13 sampai 65+ semua dapat dijadikan sasaran iklan.
  • Gender dan Bahasa: Kamu juga bisa mengatur gender dan bahasa untuk menargetkan audiens pada produkmu.
  • Minat: Untuk dapat lebih spesifik lagi dalam menargetkan audiens, kamu perlu mengatur minat para pengguna akun. Misalnya filem horor, sepeda gunung, fashion, dan sebagainya.

Mengatur Lokasi Penempatan Iklan

Kenapa sih harus mengatur lokasi penempatan iklan? Karena kamu semisal tidak diatur, iklan kamu akan tampil di facebook juga tidak hanya instagram. Berhubung kamu ingin mengiklankan di instagram ads maka kamu mesti mengaturnya agar tampil di Instagram. Nah kamu dapat mengaturnya di bagian Olacement dan mengeklik pilihan Edit Placements.

Mengatur Budget dan Menjadwalkan Penayangan Iklan

Pada periklanan digital sebenarnya kamu bebas menentukan biaya untuk beriklan. Mualai dari baiaya yang kecil hingga yang besar semuanya bisa diatur. Namun kamu perlu perhitungan yang matang supaya yang kamu pasang dapat mencapai tujuan sesuai target kamu.

Tidak hanya mengatur budget saja, melainkan kamu juga dapat mengatur kapan iklan kamu akan ditaangkan jadi pilih saja mana yang paling sesuai dengan kebutuhan.

Terkait:  Cara Catok Rambut Curly

Untuk beriklan yang tayang seharian akan dikenakan biaya mulai dari 10 ribu rupiah, tentu jumlah jangkaunya juga sedikit. Karena semakin besar biaya yang kamu keluarkan maka akan semakin luas juga jangkauanmu dan hal ini akan berdapampak pada kenaikan audiens.

Nah itu lah penjelasan mengenai bagaimana cara iklan di Instagram, semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih sudah membacanya hingga selesai. Sampai jumpa di artikel selanjutnya ya! See u!

Rate this post

Related posts