Cara Iklan Di Facebook

Kamu punya usaha online di facebook dan ingin mempublikasikan tapi masih bingung caranya? Weitts, tenang aja guys karena pada kesempatan kali ini akan membahas bagaimana cara iklan di Facebook untuk meraup pundi-pundi rupiah lebih dalam. So, simak artikel ini sampai habis ya!

Apa Itu Facebook Ads?

Facebook Ads merupakan layanan beriklan yang mana pengguna Facebook sebagai audiensnya.  Beriklan di facebook dapat meningkatkan bisnis kamu secara online terlebih aplikasi Facebook memiliki banyak pengguna di Indonesia.

Read More

Indonesia berada di urutan ke dua sebagai negara yang memiliki pengguna facebook terbanyak di dunia loh. Untuk itu sangat disarankan bagi pelaku usaha online memanfaatkan tools ini. Iklan yang muncul di platform media sosial banyak bermacam-macam. Akan tetapi memiliki kesaman tujuan dan mandaatnya, salah satunya ialah untuk mengejar traffic, impression, lead, atau lainnya. Bentuk dari iklan facebook ini berupa gambar maupun video.

Keuntungan Beriklan di Facebook

Beriklan di facebook memiliki keunggulan dalam berbisnis loh, mau tau apa saja? Simak dibawah ini ya.

Iklan Akan Tertarget

Maksutnya dari iklan akan tertarget ialah iklan yang akan kamu tawarkan jadi lebih mudah dikenali oleh para customer dan juga akan memperhatikan customer berdasarkan usia ataupun kebutuhan mereka. Nah dengan begitu kamu akan mendapatkan calon pembeli (target) yang sesuai dan jelas. Sehingga iklan yang ditampilkan lebih maksimal dan tentunya sangat berpotensi mendatangakan customer.

Mendapatkan Banyak Cuan

Siapa sih yang ga mau bisnisnya mendapatkan keuntungan yang maksimal? Tentunya hal ini daambaan bagi semua pebisnis online bukan? Dengan adanya keuntungan tentunya akan semakin banyak cuan yang didapat.

Terkait:  Cara Kerja Forex

Biaya Layanan yang Murah

Jika dibandingkan dengan tools yang lain, beriklan di facebook terhitung lebih murah. Hanya dengan Rp. 10.000 per hari kamu bisa memanfaatkan tools ini. Meskipun harganya murah akan tetapi facebook ads berpotensi untuk mencapai tujuan marketing kamu.

Remarketing

Maksudnya ialah dengan adanya remarketing ini maka target audiens dapat melihat iklan kamu di fscebook dan di website maupun diaplikasi lain yang telah bekerja sama dengan facebook.

Meningkatkan Brand Awarness

Semua pengguna antar jaringan di media sosial semakin banyak yang menggunakan, hal ini dapat dimanfatkan untuk meningkat brand usahamu. Nah setelah mendapatkan branding yang sesuai harapan maka tentu kamu akan semakin mudah untuk menawarkan produk dan akan dikenal oleh pengguna facebook dengan jumlah yang banyak.

Cara Iklan Di Facebook

Cara Iklan Di Facebook
Cara Iklan Di Facebook

Nah setelah kamu mengetahui informasi dan keunggulan yang dimiliki oleh facebook ads ini, maka selanjutnya akan dijelaskan mengenai cara membuat fanspage facebook dan cara beriklan di facebook sesuai dengan pembahasan kali ini.

Cara Membuat Fanspage Facebook

Sebelum kamu memulai untuk beriklan di facebook, alangkah baiknya jika kamu membuat halaman facebook atau fanspage terlebih dahulu. Karena hal ini akan menjangkau lebih banyak customer. Berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama, kamu bisa bukan akun facebook yang kamu miliki.
  • Kemudian kamu bisa login lalu kamu bisa melihat tombol Creats pada sidebar yang ada dibagian atas halaman.
  • Setelah itu kamu bisa klik tombol Creat dan pilih opsi Page.
  • Pilih kategori halaman yang kamu busat, jika untuk bisnis kamu bisa pilih Business or Brand dan klik tombol Get Started.
  • Kemudian kamu bisa isikan nama perusahaan atau bisnis online kamu dan masukkan kategori bisnis yang sesuai agar dapat mendiskripsikan halan facebook milik kamu.
  • Jika sudah kamu bisa klik Continue.
  • Langkah selanjutnya kamu bisa memasukan foto profil untuk bisnis yang kamu miliki dengan mengklik tombol Upload a Profile Picture.
  • Nah kamu juga bisa untuk mengupload foto cover pada halamanmu. Caranya tinggal klik dan Upload a Cover Photo, akan tetapi kamu bisa melewatkan hal ini kok jika tidak ingin memasang foto cover halaman sekarang.
  • Selesai dan kamu bisa memiliki halaman facebook dan bisa membuat Facebook ads untuk berilklan di facebook.
Terkait:  Cara Facebook Ads

Cara Membuat Facebook Ads

  • Pertama, ketika kamu sudah membuat halaman facebook yang sudah dijelaskan diatas, maka kamu bisa langsung masuk ke halaman facebook Ads manager untuk membuat iklan melalui akun facebook.
  • Jangan lupa pastkan bahwa kamu login menggunakan facebook yang tersambung dengan facebook page ya.
  • Selanjutnya kamu bisa tentukan kampanye iklan melalui 3 alur dasar, yaitu campaign, ad set, dan ad. Untuk campaign berisi satu tujuan yang spesifik, untuk ad set berisi target audiens yang akan di tuju dan untuk ad akan berisi gambar, link, maupun teks yang ingin kamu promosikan
  • Terakhir kamu bisa langsung melakukan pembayaran setelah mengikuti langkah-langah diatas, kamu dapat memilih metode pembayaran secara kredit maupun debit. Caranya juga cukup mudaha, tinggal isi data kartu yang ingin digunakan dan ikuti langkahnya sesuai prosedur

Cara Iklan di Facebook Menggunakan Facebook Ads

Nah setelah kamu mempunyai akun facebook ads dan sudah berhasil, sekarang saatnya kamu mengetahui bagaimana cara iklan di facebook. Berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama, kamu bisa buka aplikasi browser melalui PC maupun HP dan kamu bisa langsung masuk ke laman Facebook Ads Manager. Oh iya, pastikan terlebih dahulu kamu sudah masuk ke akun fanspage seperti yang sudah di jelaskan diatas.
  • Kemudian setelah berhasil kamu bisa langsung masuk tab Campaigns dan klik tombol Create Ad.
  • Terdapat 2 pilihan untuk membuatk iklan, yaitu iklan terpadu dan iklan cepat.
  • Tentukan pula tujuan iklan yang kamu inginkan karena facebook akan menyediakan tujuan iklam melalui 3 kategori yaitu Awarness, Consideration, dan Conversation.
  • Pililah yang paling sesuai dengan bisnismu, akan tetapi jika kamu pemula maka disarankan untuk memilih Traffic terlebih dahulu.
  • Setelah itu facebook akan menyediakan dua pilihan iklan yaitu Campaign Budget Optimaztion dan Creat Z/B Test, kamu bisa memilih salah satunya. Nah yang membedakannya adalah jika Uji Plit  kamu akan diminita untuk membuat dua iklan dengan konten yang mirip yaitu konten A dan konten B sehingga target audience akan menjadi 2 dan akan melihat iklan yang berbeda. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan banyak trafic dan kamu bisa melihat iklan mana yang lebih menarik.
  • Lanjut, kamu bisa pilih Campaign Budget Optimaztion. Yang mana hal ini kamu bisa menentukan anggaran iklan di Facebook Ads secara bebas.
  • Tentukan lokasi bisnis dan ini nama bisnis yang ingin kamu iklankan.
  • Kemudian tulis nama agar kamu dapat mengecek performa iklan di facebook ads.
  • Tentukan pula spesifikasi target audience kamu berdasarkan faktor lokasi, umur, jenis kelamin dan lainnya.
  • Jangan lupa untuk pilih penempatan iklanmu, sebaiknya sih kamu pilih penempatan otomatis supaya iklan kamu berada ditempat terbaik.
  • Tentukan pula jadwal iklan kamu dan kasih waktu berapa lama iklan tersebut akan dimunculkan.
  • Buatlah iklan semenarik mungkin sesuai keinginan kamu untuk dapat melakukan modifikasi atau personalisasi pada iklan yang akan dibuat. Kamu dapat menentukan nama iklan, media, formatnya bagaimana, teksnya dan linkya bagaimana sesuai gambar iklan yang akan kamu pasang.
  • Setelah semua kamu edit, saatnya kamu melakukan pembayaran melalui Biaya Facebook Ads yang sudah ditentukan.
  • Jika sudah maka iklan kamu akan terpasang secara otomatis.
  • Selesai!
Terkait:  Cara Kerja Binomo

Nah itulah penjelasan mengenai cara iklan di facebook, semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih sudah membacanya hingga selesai. Sampai jumpa di artikel ini selanjutnya, see u!

Related posts