Cara Siaran Langsung di FB Lite

Kamu pasti belum tahu cara siaran langsung di FB Lite, bukan? Facebook sudah menjadi salah satu aplikasi media sosial legendaris yang hadir sejak tahun 2007 silam. Facebook sempat mengalami masa kejayaannya sekitar awal tahun 2010-an yang mana sebagian besar orang punya banyak akun di sana.

Facebook sekarang tidak ingin kalah saing dengan berbagai macam media sosial yang baru. Pasalnya, aplikasi besutan Mark Zuckerburg ini sudah menghadirkan layanan siaran langsung untuk memberi pengalaman baru kepada semua penggunanya di seluruh dunia.

Read More

Siapa sangka cara siaran langsung di FB Lite masih belum diketahui banyak orang, lho. Secara umum orang-orang hanya bisa melakukannya melalui Instagram saja. Padahal, kamu sebenarnya bisa mencoba live streaming via Facebook Lite.

FB Lite sendiri merupakan aplikasi di bawah naungan Facebook. Namun, perbedaannya terletak pada jumlah memori dan kuota pemakaian yang digunakan. Facebook Lite menawarkan pengalaman asyik menjelajahi dunia maya tanpa memakan paket data terlalu banyak.

Cara Siaran Langsung di FB Lite
Cara Siaran Langsung di FB Lite

Cara Siaran Langsung di FB Lite

Jika kamu belum pernah melakukan live streaming melalui Facebook Lite, sebaiknya ikuti dan simak panduan cara siaran langsung di FB Lite ini dengan seksama. Siapa saja sekarang tidak selalu pakai Instagram untuk menyampaikan kabar terkini kepada semua teman atau pengikut.

Kamu cukup gunakan Facebook Lite yang pemakaian kuotanya lebih rendah. Selain itu, kualitas gambar yang dihasilkan cukup jernih dan kamu bisa live streaming hingga berjam-jam tanpa khawatir paket data habis dengan cepat.

Terkait:  Cara Menonaktifkan Komentar di Facebook

Langkah 1: Unduh dan Pasang Facebook Lite

Popularitas Facebook memang tidak diragukan lagi sebagai salah satu media sosial terbesar di dunia, bahkan sampai sekarang. Facebook berhasil mengantongi lebih dari 1 miliar pengguna dari negara mana pun, termasuk Indonesia.

Kamu bisa melakukan siaran langsung dengan menggunakan media sosial tersebut, sedangkan pemakaian kuotanya terbilang irit. Namun, semuanya hanya bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi Facebook Lite yang mana pemakaian kapasitas ruangnya sekitar 2 MB saja, lho.

Kamu bisa mengikuti panduan cara siaran langsung di FB Lite pertama adalah mengunduh aplikasi Facebook Lite terlebih dulu. Silakan unduh aplikasinya melalui Google Play Store (Android) atau App Store (iPhone), kemudian klik Install.

Apabila sudah dijalankan, tunggu beberapa saat hingga aplikasi Facebook Lite terpasang secara otomatis. Selanjutnya, buka aplikasi tersebut sampai kamu diarahkan melakukan login dengan menggunakan username dan password berdasarkan akun Facebook yang sedang digunakan sekarang.

Langkah 2: Login ke Akun

Apabila aplikasi Facebook Lite sudah terpasang ke dalam smartphone kamu, cara siaran langsung di FB Lite selanjutnya adalah masuk ke akun kamu terlebih dulu. Kamu harus menggunakan email/username beserta password relevan yang masih aktif dan digunakan sampai sekarang.

Jika kamu sampai lupa kata sandi, maka bisa memilih menu Lupa Sandi atau Forgot Password. Kemudian, pihak aplikasi akan mengarahkanmu ke laman pembuatan kata sandi asalkan nomor ponsel aktif masih tersambung dengan akun Facebook tersebut.

Apabila kamu lupa alamat email dan nomor ponsel dari akun Facebook tersebut, maka bisa membuat akun FB yang baru. Caranya adalah memilih menu Sign Up atau Daftar, kemudian masukkan nama depan dan belakang beserta data-data yang diperlukan.

Jangan lupa masukkan alamat email baru beserta nomor ponsel aktif yang bisa dihubungi. Jika semuanya sudah benar, tekan tombol Daftar dan tambahkan teman-teman baru untuk segera memulai siaran langsung yang bakal ditonton banyak orang.

Terkait:  Cara Menutup Akun Facebook

Langkah 3: Cari Menu Live Streaming

Facebook Lite memang diusung dan diciptakan untuk memanjakan para penggunanya dalam berselancar di dunia maya. Selain itu, kamu tidak perlu menghabiskan memori dan paket data ekstra untuk tetap terhubung dengan teman-teman melalui Facebook.

FB Lite mempunyai tampilan lebih simple, sedangkan semua fitur-fitur berat tidak pernah dihadirkan di sana. Jangan heran kamu hanya butuh kapasitas penyimpanan kurang dari 5 MB, agar aplikasi Facebook Lite dapat terpasang ke dalam ponsel.

Jika kamu ingin melakukan siaran langsung, maka bisa mencari menu atau icon live streaming pada beranda atau halaman utamanya. Secara umum tampilannya hampir sama seperti aplikasi Facebook utama yang biasa digunakan setiap hari.

Kamu biasanya akan menemukan icon atau menu live streaming di bagian bawah kolom pembuatan status. Apabila kamu sudah melihat opsi tersebut, maka bisa melakukan persiapan sebelum benar-benar yakin melakukan live streaming yang akan disaksikan semua orang.

Langkah 4: Klik Icon Live Streaming

Cara siaran langsung di FB Lite berikutnya adalah menekan icon atau tombol Live Streaming sesuai dengan informasi yang disampaikan sebelumnya. Namun, Facebook memberikan layanan lainnya selama kamu melakukan siaran langsung, lho.

Pengguna akan diberikan pilihan di mana para audience tidak selalu berasal dari publik (semua orang). Kamu bisa menentukan siapa saja yang berhak menonton acara live streaming nanti seperti semua orang, teman kecuali dan teman sesuai dengan keinginanmu.

Jika kamu hanya ingin ditonton oleh semua orang yang sudah menjadi teman-temanmu di Facebook, maka bisa memilih menu Teman dan orang lain bahkan tidak dikenal akan sulit bergabung dalam siaran langsung tersebut.

Apabila siaran langsung tersebut ingin ditonton beberapa orang saja, yakni teman-teman tertentu saja maka bisa memilih menu Teman Kecuali. Kemudian, kamu harus memilih nama-nama penonton yang bisa melihat langsung video tersebut sambil mendapatkan notifikasi untuk mereka saja.

Terkait:  Cara Download Video Di Facebook Lite

Langkah 5: Tambahkan Keterangan

Jika kamu sudah menekan icon live streaming, cara siaran langsung di FB Lite selanjutnya adalah menambahkan deskripsi atau keterangan supaya para penonton bisa paham dan tahu maksud dari siaran langsung yang sedang berlangsung.

Apabila kamu ingin melakukan live streaming sambil endorsement produk tertentu, maka bisa menambahkan deskripsi Endorse A (nama produk) dan lainnya. Jangan sampai kamu mengosongkan kolom deskripsi, dikhawatirkan orang lain akan langsung berhenti menonton tayangan kamu nanti.

Walaupun menawarkan layanan lebih praktis dan ringan, sayangnya Facebook Lite masih kalah saing dengan aplikasi Facebook utama. Meski begitu, pemakaiannya mulai dominan dan banyak diakses siapa saja di seluruh dunia.

Kamu tidak akan merasa lag bahkan hang selama proses siaran langsung dimulai nanti. Di samping itu, pemakaian deskripsi harus jelas dan ringkas agar siapa saja dapat memahami tujuanmu melakukan live streaming. Mereka pun tidak segan menonton siaran langsung sejak awal hingga akhir.

Cara Siaran Langsung di FB Lite dengan Filter

Simak cara siaran langsung di FB Lite dengan filter lucu dan menarik sebagai berikut:

  • Pertama, buka aplikasi Instagram melalui smartphone kamu.
  • Apabila kamu baru pertama kali punya akun IG, daftarkan dengan akun Facebook yang aktif.
  • Kemudian, tekan icon titik tiga di samping kanan atas.
  • Pilih menu Pengaturan.
  • Cari pilihan akun yang sudah tersambung dan pengguna lain hanya memilih Facebook.
  • Pengguna lainnya bakal langsung diarahkan untuk masuk ke akun Facebook masing-masing, sehingga dapat menghubungkan antara akun FB dan Instagram mereka.
  • Pengguna bisa login ke akun FB seperti biasa.
  • Klik Setuju.
  • Terakhir, cari filter yang lucu sesuai dengan keinginanmu sebelum siaran langsung dimulai.

Demikian panduan cara siaran langsung di FB Lite dengan atau tanpa filter yang wajib kamu tahu. Semoga bermanfaat!

Related posts