Cara Aktifkan GPS di HP Samsung

Global Positioning System (GPS) hampir sering dipasangkan untuk mengetahui keberadaan seseorang dari ponsel pribadinya, lho. Meski begitu, cara aktifkan GPS di HP Samsung sebenarnya tidak terlalu sulit seperti asumsi banyak orang.

Aktivasi GPS melalui HP Samsung bertujuan supaya kalian bisa mencegah sesuatu yang tidak diinginkan nanti. Beberapa bentuk kejahatan tersebut mulai dari penyalahgunaan alamat email sampai kehilangan ponsel di tempat tertentu. Jangan heran kalau GPS punya peran cukup penting untuk semua smartphone.

Read More

Jika kamu sedang pergi ke suatu tempat asing yang baru pertama kali dikunjungi, terkadang kamu akan merasa takut ponselmu akan hilang. Selain itu, tidak menutup kemungkinan penggunaan aplikasi ojek online akan selalu dilakukan saat berada di tempat tersebut.

Kalau kamu sedang menggunakan HP Samsung, sebaiknya hidupkan GPS nya untuk mengamankan ponsel kesayanganmu. Cara aktifkan GPS di HP Samsung sendiri sebetulnya tidak terlalu rumit, di mana kamu hanya perlu melewati beberapa langkah cepat dan mudah.

Cara Aktifkan GPS di HP Samsung
Cara Aktifkan GPS di HP Samsung

Cara Setting GPS Supaya Akurasi Tinggi di Android

Secara umum Android merupakan salah satu ponsel pintar yang paling dominan digunakan banyak orang di seluruh dunia. Kendati demikian, kinerjanya tidak akan berjalan maksimal tanpa memakai GPS untuk mengamankan ponsel itu sendiri.

Sayangnya, banyak sekali pengguna Android mengeluh kalau tingkat akurasi yang didapatkan cenderung rendah. Jika kamu ingin memperoleh hasil pemindaian lokasi lebih tinggi, ikuti cara setting GPS agar akurasinya lebih tinggi di Android sebagai berikut:

  • Pertama, buka menu Pengaturan atau Setting melalui Android kamu.
  • Pilih menu Lokasi atau Location.
  • Klik Mode.
  • Kemudian, aktifkan mode Saturasi Tinggi atau High Accuracy.
  • Kalian bisa mencoba pindah ke aplikasi maps atau peta untuk melihat perbedaan akurasi penguncian lokasi saat ini.
  • Jika lingkaran bagian luar memiliki diameter kecil, maka GPS bisa dipastikan sudah melacak lokasi lebih akurat dan tepat.
Terkait:  Cara Mengaktifkan GPS di HP Vivo

Cara Setting GPS Supaya Akurasi Tinggi di HP Samsung

Pengguna HP Samsung semua tipe tidak perlu khawatir kalau hasil deteksi GPS yang diberikan tidak akurat. Pasalnya, kalian dan para pemilik smartphone Samsung mana pun bisa mengikuti cara setting GPS supaya akurasi tinggi di HP Samsung semua model dan tipe di bawah ini:

  • Pertama, buka menu Pengaturan atau Setting melalui Android kamu.
  • Pilih menu Lokasi atau Location.
  • Jika sudah muncul laman Location, klik Location Service yang sudah berada dalam posisi aktif.
  • Pilih menu Improve Accuracy.
  • Kalau sudah muncul halaman selanjutnya, biasanya muncul tulisan Bluetooth Scanning serta WiFi Scanning yang bisa diaktifkan.
  • Kalau keduanya sudah kalian aktifkan, akurasi GPS di HP Samsung akan lebih tinggi daripada sebelumnya.

Manfaat GPS

GPS sering disebut sebagai salah satu bagian penting untuk sebuah smartphone, di mana perannya sangat membantu memantau dan mengawasi lokasi keberadaanmu maupun ponsel yang sedang digunakan.

Kini, GPS pada smartphone mempunyai berbagai macam manfaat penting yang tidak bisa dipandang sebelah mata, lho. Walaupun memakan daya baterai cukup banyak, namun kinerjanya jangan dianggap main-main.

Simak beberapa manfaat GPS untuk suatu smartphone sebagai berikut:

  • GPS mampu melacak ponsel ketika tertinggal bahkan hilang di suatu tempat.
  • Kalau kamu sering membuka Marketplace di Facebook, GPS bisa melacak produk yang dijual di sekitarmu.
  • Bisa mendeteksi lokasi teman maupun suatu tempat dengan menggunakan Google Maps.
  • Memudahkan berbagai macam aplikasi transportasi online dalam menemukan lokasimu saat ini.

Cara Aktifkan GPS di HP Samsung

Jika kamu baru pertama kali menggunakan smartphone Samsung, tapi tidak tahu cara aktifkan GPS di HP Samsung maka bisa menemukan jawabannya melalui artikel ini. GPS sudah menjadi sesuatu yang sangat penting dalam dunia teknologi, lho.

Terkait:  Cara Mengatasi HP Lemot Samsung

Kamu bisa mendeteksi dan mencari gadget yang lupa simpan, bahkan hilang di tempat tertentu. Selain itu, fungsi pentingnya membuat GPS hampir sering diaktifkan oleh para pengguna ponsel pintar. Kalau GPS tidak digunakan, kamu akan sulit mengakses aplikasi tertentu yang membutuhkan lokasi saat ini.

Langkah 1: Buka Menu Pengaturan HP Samsung

Cara aktifkan GPS di HP Samsung pertama adalah membuka menu Pengaturan atau Setting melalui smartphone kamu dulu. Kamu bisa menemukannya melalui halaman utama, kemudian tekan dan kamu akan diarahkan ke semua layanan yang terdapat pada HP Samsung.

Langkah 2: Klik Opsi Lokasi

Jika kamu sudah masuk ke dalam menu Pengaturan, cara aktifkan GPS di HP Samsung berikutnya adalah menekan tombol Keamanan dan Lokasi atau Security and Location. Menu ini biasanya ditampilkan dengan icon gembok. Kalau sudah ketemu, maka bisa memilih menu Lokasi atau Location.

Langkah 3: Aktifkan GPS

Jika kamu sudah menekan tombol Lokasi, maka bisa memperhatikan dua menu berbeda yang terdiri dari Aktif dan Nonaktif. Berdasarkan tujuan sebelumnya, kalian ingin menghidupkan GPS pada HP Samsung. Maka dari itu, kamu bisa menggeser tombol di samping tulisan Aktif ke arah kiri, sedangkan ke mode Off untuk menonaktikan layanan tersebut.

Langkah 4: Gunakan Mode

Cara aktifkan GPS di HP Samsung selanjutnya adalah memanfaatkan atau menggunakan Mode yang tersedia. Bagi kalian yang belum tahu, mode merupakan sebuah opsi di mana perannya bisa menyesuaikan dengan pilihan pada HP Samsung kalian. Kamu bisa memakainya berdasarkan kebutuhan masing-masing.

Langkah 5: Klik Akurasi Tinggi

Cara aktifkan GPS di HP Samsung berikutnya adalah memaksimalkan hasil pemindaian lokasinya. Kamu harus menekan tombol Akurasi Tinggi atau High Accuracy. Alhasil, penentuan lokasi akan selalu didasarkan pada jaringan WiFi, data seluler maupun Bluetooth guna melacak lokasimu maupun ponsel yang hilang dengat akurat dan tepat.

Terkait:  Harga Samsung Galaxy A20S Terbaru

Langkah 6: Uji Coba GPS

Jika kamu sudah mengikuti semua langkah di atas, maka bisa menguji coba hasil pemindaian GPS pada HP Samsung. Kamu bisa menggunakan Google Maps maupun aplikasi transportasi online untuk memintai tempat keberadaanmu saat ini. Kalau hasil pemeriksaan lokasinya benar, maka opsi Akurasi Tinggi benar-benar aktif dan bekerja dengan baik.

Cara Aktifkan GPS di HP Samsung J7

Samsung J7 menjadi salah satu tipe smartphone besutan perusahaan gadget asal Korea Selatan ini, sedangkan keberadaannya sudah lama booming dan disukai banyak orang di dunia. HP ini dibanderol berkisar Rp.2 jutaan dan menawarkan berbagai macam fitur menarik, lho.

HP Samsung J7 didukung RAM dan ROM cukup besar, sedangkan kameranya juga sekitar 16 MP (depan) dan 13+5 MP (belakang). Jika kamu tidak tahu cara aktifkan GPS pada HP Samsung J7, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Pertama, scroll atau tarik panel layar ponsel kamu dari atas ke bawah hingga muncul panel.
  • Kamu akan melihat beberapa icon pengaturan, klik icon menyerupai Google Maps.
  • Tekan lagi icon tersebut.
  • Kemudian, tunggu beberapa saat sampai icon tersebut berubah warna dengan sendirinya.
  • Jika warnanya sudah berubah, segera kembalikan panelnya seperti semula dengan scroll lagi ke atas atau menekan tombol Kembali atau Back.
  • Terakhir, cobalah memesan transportasi online untuk memastikan GPS di HP Samsung J7 sudah bekerja dengan baik.

Demikian pembahasan mengenai cara aktifkan GPS di HP Samsung dan cara mengatur setelan lokasi untuk dapatkan akurasi lebih tinggi dengan mudah. Semoga membantu!

Related posts