Cara Melacak iPhone Melalui GPS

Cara Melacak IPhone Melalui GPS

Mungkin saat ini kamu sedang mencari informasi seputar cara melacak Iphone melalui GPS. Baca artikel ini sampai selesai untuk tahu semua infonya. Check it out!

iPhone, salah satu merek ponsel cerdas yang dirancang dan dipasarkan oleh perusahaan Apple Inc, merupakan salah satu smartphone yang banyak diminati di Indonesia. Ponsel cerdas ini memiliki sistem operasinya sendiri, yaitu iOS.

Perusahaam iPhone menawarkan sistem keamanan yang sangat terjamin untuk penggunanya. iPhone memberikan fitur keamanan internal yang dapat melindungi data dan privasi pemiliknya sehingga membantu mencegah orang lain agar tidak mengakses data di iPhone dan di iCloud milik penggunanya. Fitur privasi ini membatasi jumlah informasi yang tersedia bagi orang lain, dan pengguna dapat menyesuaikan informasi apa saja yang dibagikan dan di mana Anda membagikannya.

Meskipun fitur keamanan privasi yang ditawarkan oleh iPhone sangat baik, lalu bagaimana jika ternyata iPhone milikmu hilang atau mungkin dicuri? Langkah apa saja yang harus dilakukan jika iPhone hilang?

7 Hal Harus Dilakukan Saat iPhone Hilang

Jika iPhone milikmu hilang, lakukan 7 hal dibawah ini supaya tidak terjadi pencurian data penting yang ada di iPhonemu. Berikut ini langkah yang harus kamu lakukan:

  1. Cari perangkat iPhone di peta. Gunakan aplikasi Lacak di perangkat Apple lain yang kamu miliki atau kunjungi https://www.icloud.com/find.
  2. Tandai sebagai hilang. Kunci perangkat Apple dari jarak jauh dengan kode sandi untuk menjaga keamanan informasi. Langkah ini juga akan menonaktifkan Apple Pay di perangkat yang hilang. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan informasi khusus berisi informasi kontak di perangkat yang hilang.
  3. Laporkan perangkat yang hilang kepada pihak berwajib setempat. Biasanya, pihak berwajib akan meminta nomor seri dari perangkat iPhone milikmu. Cek nomor seri iPhonemu disini.
  4. Ajukan klaim pencurian dan kehilangan. Jika perangkat iPhone milikmu yang hilang dilindungi oleh AppleCare+ dengan pencurian kehilangan, ajukan klaim untuk penggantian iPhone.
  5. Hapus perangkat dari jarak jauh. Hapus perangkat dapat dilakukan dengan menggunakan iPhone versi iOS 15, iPadOS 15, atau versi lebih baru yang ter-install menggunakan aplikasi Lacak untuk menemukan perangkat atau memutar bunyi di perangkat.
  6. Hubungi operator nirkabel. Mintalah operator nirkabel yang kamu gunakan di perangkat iPhone yang hilang untuk menonaktifkan akun kamu agar mencegah panggilan, teks, dan penggunaan data.
  7. Hapus perangkat yang hilang dari akun. Jika kamu memiliki AppleCare+ dengan Pencurian dan Kehilangan, jangan hapus iPhone yang hilang dari akun hingga klaim disetujui. Buka appleid.apple.com untuk menghapus perangkat yang hilang dari daftar perangkat tepercaya.
Terkait:  Cara Hotspot di iPhone

7 langkah dasar tersebut akan membantu kamu melindungi seluruh data yang ada pada perangkat iPhone jika terjadi kehilangan atau pencurian ponsel.

Mengenal ID Apple

Saat membeli iPhone, kamu disarankan untuk segera membuat ID Apple. ID Apple adalah akun pribadi yang dibuat pada layanan Apple dan dapat digunakan untuk mengakses seluruh layanan Apple seperti App Store, iCloud, Pesan, Apple Online Store, FaceTime, dan lain sebagainya. ID Apple mencakup informasi yang digunakan untuk masuk, serta semua rincian kontak, pembayaran, dan keamanan yang akan kamu gunakan untuk semua layanan Apple.

Dengan membuat ID Apple, kamu akan memegang penuh kendali akunmu. Selain itu juga privasi serta keamanan data menjadi terjaga karena Apple membantu menjadi akun tetap aman.

Selain membuat akun ID Apple, ternyata iPhone juga menyediakan aplikasi bawaan yang mampu melacak keberadaan posisi iPhonemu. Aplikasi Find My Phone yang memungkinkan pengguna untuk mencari iPhone yang hilang. Bagaimana cara kerja aplikasi tersebut di iPhone? Berikut penjelasannya!

Cara Melacak iPhone Melalui GPS

Cara Melacak iPhone Melalui GPS
Cara Melacak iPhone Melalui GPS

Metode yang dapat digunakan untuk melacak iPhone yang hilang atau dicuri bisa dengan bantuan fitur bawaan yang ditawarkan oleh iPhone, Find My IPhone. Fitur ini dapat digunakan untuk melacak iPhone yang hilang dalam kondisi online (GPS menyala). Selain itu juga fitur atau aplikasi bawaan ini dapat memudahkan penggunanya untuk melakukan backup data.

Cara Mengaktifkan Fitur Find My IPhone

Sebelum masuk ke cara melacak iPhone menggunakan fitur Find My IPhone, berikut ini langkah yang bisa kamu ikuti untuk mengaktifkan fitur tersebut:

  • Nyalakan iPhone milikmu.
  • Pilih menu Pengaturan di iPhone.
  • Masukkan Apple ID dan Log In.
  • Pilih menu Find My iPhone dan klik Find My iPhone.
  • Centang posisi ON.
  • Geser toggle switch Send Last Location ke posisi aktif.
  • iPhone akan mengirimkan lokasi ke pihak Apple ketika baterai perangkat sudah sangat lemah dan mendekati mati.
  • Selesai. Fitur Find My iPhone sudah aktif dan bisa digunakan dalam situasi darurat baik hilang ataupun dicuri.
Terkait:  Cara Hapus Akun Gmail

Jika fitur Find My IPhone sudah aktif, maka iPhone milikmu dapat dilacak keberadaan lokasinya menggunakan cara dibawah ini.

Cara Melacak iPhone Melalui GPS via Fitur Find My IPhone

  • Langkah pertama, kunjungi situs https://www.icloud.com/find.
  • Selanjutnya masukkan alamat Apple ID dan password.
  • Setelah itu fitur Find My iPhone akan menampilkan keadaan ponsel. Apakah ponsel berada di kondisi mati total atau hanya offline.
  • Jika kondisi ponsel aktif atau hanya offline, segera klik Action.
  • Notifikasi GPS akan menunjukkan lokasi keberadaan iPhone secara otomatis.
  • Pilih Play Sound supaya ponsel mengeluarkan suara.
  • Jika iPhone hilang di tempat dengan sinyal lemah, maka GPS akan menunjukkan titik terakhir ketika ponsel masih berada di tempat dengan sinyal kuat.
  • Jika iPhone hilang karena dicuri dan masih dalam area yang memiliki sinyal, kamu bisa memilih mode hilang (lost mode).
  • Mengaktifkan mode hilang akan membuat ponsel terkunci dan tidak bisa diatur ulang tanpa kode kunci yang sudah ditetapkan sebelumnya.
  • Perubahan lokasi ponsel juga dapat diakses jika ponsel dibawa ke tempat yang berbeda. Namun jika lokasi iPhone tidak jauh dari tempat kamu berada, iPhone akan mengeluarkan suara.

Satu hal yang perlu kamu tahu adalah bahwa cara ini hanya dapat digunakan jika aplikasi Find My IPhone aktif di perangkat iPhone yang hilang. Jika aplikasi tersebut tidak aktif karena tidak ada jaringan atau ponsel dalam kondisi mati, maka cara ini tidak akan bekerja dalam memberi tahu lokasi terbaru iPhone.

Lalu bagaimana cara mengamankan data di iPhone yang hilang dalam iPhone tersebut dalam kondisi mati?

Fitur Find My IPhone sebenarnya masih bisa berguna pada kasus ini. Fitur ini akan mengirimkan lokasi terakhir ke Apple dari posisi iPhone sebelum kehilangan jaringan atau iPhone mati total.

Terkait:  Cara Melacak iPhone yang Offline atau Mati dengan Mudah

Cara Melacak iPhone Melalui GPS Saat IPhone Offline

  • Kunjungi situs https://www.icloud.com/find
  • Selanjutnya masukkan alamat Apple ID dan password.
  • Pilih aplikasi Lacak atau Find My iPhone.
  • Pilih perangkat iPhone kamu.
  • Setelah itu akan muncul lokasi terakhir iPhone sebelum dalam kondisi mati.
  • Pilih Mode Hilang atau Lost Mode.
  • Masukkan nomor telepon dan pesan singkat untuk permintaan mengembalikan iPhone milikmu.
  • Nomor telepon dan pesan singkat akan muncul di layer iPhone pada kondisi layar terkunci.
  • Centang Pembaruan Email.
  • Klik Selesai. IPhone secara otomatis mengirimkan lokasi terkahir ke emaul aktif yang digunakan sebagai Apple ID.

Demikianlah informasi mengenai cara melacak iPhone melalui GPS. Meskipun iPhone dilengkapi dengan sistem keamanan data, kamu sebagai pengguna iPhone tetap harus berhati-hati ya dear. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa. Bye..

 

 

Similar Posts