cara pasang WiFi di rumah

Cara Pasang WiFi di Rumah

Teknologi yang berkembang semakin canggih membuat kebutuhan masyarakat akan koneksi internet pun semakin tinggi. Apalagi jika kamu memiliki berbagai perangkat di rumah yang membutuhkan internet, memasang WiFi adalah salah satu opsi terbaik. Untuk cara pasang WiFi di rumah sendiri bisa kamu ketahui informasi selengkapnya berikut ini.

Pasang WiFi di Rumah, Mudah Loh!

Memasang WiFi di rumah menjadi solusi terbaik apabila kebutuhan akan koneksi internet kamu dan keluarga itu besar. Apalagi jika memiliki berbagai perangkat yang mengharuskan untuk terhubung ke internet. Paslanya, WiFi dapat digunakan untuk mengakses koneksi internet pada berbagai perangkat di waktu yang sama.

Perkembangan teknologi yang begitu pesat membuat koneksi internet menjadi kebutuhan utama bagi banyak orang. Sebut saja cara menonton televisi dahulu dengan sekarang. Menonton televisi yang awalnya berbekal antena kini telah bergeser menjadi smart TV sehingga perlu menonton televisi dengan koneksi internet.

Sama halnya dengan menelepon, mendengarkan musik, dan menonton video di berbagai platform menjadi lebih mudah dengan adanya koneksi internet.

Semua aktivitas dengan internet ini apabila menggunakan mobile data atau koneksi lewat HP maka akan cukup menguras kuota. Selain itu, HP yang sering digunakan untuk personal hotspot terus menerus akan membuat baterai cepat habis dan juga cepat panas. Oleh karena itu, menggunakan WiFi menjadi pilihan terbaik untuk mengatasi semua ini.

Tidak hanya mudah dan cenderung lebih hemat, WiFi juga menyediakan kuota internet yang lebih besar dan tidak terbatas berbeda halnya dengan paket data telepon.

Terkait:  Cara Bayar Indihome Lewat M Banking BCA 👓 (Yang Mudah) Akurat!

Nah, jika kamu berencana ingin memasang WiFi di rumah, pastikan kamu mengerti beberapa poin di bawah ini, antara lain:

Jangkauan area layanan

Salah satu poin utama dalam memilih layanan internet adalah jangkauan area apakah sinyalnya tetap kuat di daerah kamu tinggal atau tidak. Sebab, ada beberapa provider yang hanya menjangkau kota-kota besar dan beberapa provinsi saja.

Selain itu, kamu dapat memeriksa ulasan pengguna yang menggunakan provider internet tersebut atau bertanya ke orang lain yang tinggal di dekat kamu dan sudah menggunakan layanannya. Tanyakan kepada mereka bagaimana kualitas koneksi internetnya.

Hal ini dikarenakan bisa saja provider A mengatakan jangkauan koneksi sudah sampai di kota ini tapi pada kenyataannya tidak demikian atau koneksinya lemot.

Biaya paket langganan

Poin lain yang tidak kalah penting kamu perhatikan adalah biaya paket langganan bulanan WiFi.

Apabila budget yang kamu miliki untuk alokasi dana koneksi internet tidak besar, maka kamu pilih layanan paket dengan harga ekonomis. Umumnya kisaran harga untuk kecepatan internet yang biasa saja atau 20 Mbps sekitar Rp200 ribuan.

Semakin tinggi kecepatan koneksi maka semakin besar juga budget yang harus kamu siapkan. Jadi, sesuaikan pilihan harga paket dengan budget dan kebutuhan koneksi internet kamu dan keluarga di rumah.

Kecepatan download dan upload

Apabila pekerjaan kamu dituntut untuk sering upload atau download file dengan bantuan internet, maka kamu juga harus memperhatikan kecepatan koneksinya.

Untuk kecepatan 15-20 Mbps, WiFi di rumah kamu bisa menampung hingga 4 perangkat dan tetap nyaman meskipun digunakan untuk streaming.

Adanya fitur tambahan

Jika kamu memiliki budget yang cukup, maka bisa memilih paket layanan dengan berbagai fitur tambahan.

Cara Pasang WiFi di Rumah

cara pasang WiFi di rumah
cara pasang WiFi di rumah

Untuk memasang WiFi di rumah, pastikan kamu sudah menentukan dan memilih provider internet yang sesuai dengan budget dan kebutuhan. Setelah itu, kamu bisa mengikuti langkah-langkah selanjutnya seperti berikut ini.

  • Menyiapkan persyaratan dokumen seperti kartu identitas (KTP/ SIM/ Paspor), asli dan fotokopi.
  • Mendatangi langsung ke kantor pelayanan provider internet yang kamu inginkan atau melakukan pendaftaran secara online sesuai dengan nomor layanan Customer Service atau lewat Official Website.
  • Memilih paket layanan produk internet sesuai keinginan, lalu mengisi formulir pendaftaran.
  • Saat proses registrasi, petugas akan meminta KTP asli kamu untuk mengisi dan melengkapi berkas formulir pendaftaran.
  • Petugas akan memberitahukan mengenai metode pembayaran dan informasi biaya pemasangan WiFi.
  • Kamu akan diminta untuk melunasi tagihan internet pertama, biaya pasang, serta administrasi, (jika ada).
  • Petugas akan menginformasikan mengenai jadwal kedatangan teknisi ke rumah untuk pemasangan. Mereka akan datang sesuai dengan alamat yang didaftarkan WiFi dan menghubungi nomor telepon sesuai yang tertera di formulir.
  • Silakan tunggu teknisi sesuai dengan jadwal pemasangan. Setelah pemasangan selesai, WiFi di rumah sudah dapat digunakan dengan lancar.
Terkait:  4+ Cara Pasang Dasi Sekolah dan Kantor yang Benar

Rekomendasi Layanan Wifi di Rumah

Untuk yang masih bingung memilih provider WiFi murah dan berkualitas, berikut ada beberapa rekomendasi yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan.

IndiHome

IndiHome adalah salah satu perusahaan layanan internet ternama dan banyak sekali pelanggannya. IndiHome merupakan produk dari salah satu perusahaan pelat merah, yaitu PT Telkom. Kantor layanan IndiHome hampir bisa ditemukan dengan mudah di sebagian besar kota di Indonesia. Tidak heran jika banyak sekali pelanggan yang menggunakannya.

Selain itu, layanan paket WiFi yang ditawarkan juga bervariasi, mulai dari Rp200 ribuan hingga Rp900 ribuan. Paket internet yang disediakan oleh IndiHome, diantaranya adalah 1P, Paket 2P (Internet +Phone), 2P (Internet+TV), 3P (Internet+TV+Phone), Paket Guru, serta Paket Gamer.

First Media

Rekomendasi layanan WiFi di rumah selanjutnya adalah dari First Media. Paket internet yang ditawarkan perusahaan ini pun beragam, yaitu mulai dari Rp384 ribu dengan biaya pemasangan sekitar Rp200 ribu. Kamu bisa memilih paket mana yang sesuai dengan kebutuhan internet di rumah.

Indosat GIG

Rekomendasi selanjutnya adalah Indosat GIG yang menawarkan paket internet mulai dari Rp280 ribuan untuk kecepatan 20 Mbps. Harga tersebut belum termasuk dengan biaya sewa perangkat dan pemasangan. Akan tetapi, pihak Indosat GIG memberikan layanan bebas biaya pemasangan untuk customer.

MNC Play

MNC Play adalah layanan paket internet milik MNC Media, salah satu perusahaan media terbesar di tanah air. Layanan internet milik MNC Group ini menggunakan internet berbasis fiber dengan penawaran harga yang lebih murah dibanding kompetitornya. 

MNC Play menawarkan paket internet mulai dari Rp369 ribu /bulan yang sudah termasuk dengan berbagai layanan tambahan, seperti  IPTV dan MNC Now. Untuk harga tersebut, kamu akan mendapatkan kecepatan internet sebesar 30 Mbps plus. Sedangkan biaya pemasangan sekitar Rp200 ribu (belum termasuk dengan PPn 10%).

Terkait:  Cara Cek Pemakai WiFi IndiHome (6 Metode), Valid!

MyRepublic

MyRepublic cukup banyak peminatnya di Indonesia karena berbagai paket internet yang ditawarkan harganya lumayan terjangkau. Layanan internet ini milik perusahaan asal Singapura yang mulai masuk ke Indonesia sejak 2015. 

MyRepublic menyediakan layanan WiFi dengan kecepatan mencapai 30 Mbps dengan kisaran harga Rp336 ribuan /bulan tanpa layanan TV. Sedangkan untuk layanan 30 Mbps lengkap dengan TV sebesar R367 ribu /bulan.

Salah satu kelebihan dari layanan internet MyRepublic adalah adanya IPTV dan internet yang khusus diperuntukkan bagi para streamer dan gamer. Layanan gaming yang ditawarkan ini membuat para gamer merasa puas karena didukung kecepatan download dan upload 1:1. Selain itu, IP static yang digunakan juga lebih stabil jika dibandingkan dengan IP dynamic standar.

Setelah mengetahui cara pasang WiFi di rumah dan kisaran harga layanannya, apakah kamu sudah menemukan provider internet yang sesuai?

Similar Posts