Cara Mengetahui HP Support MHL

Cara Mengetahui HP Support MHL
Cara Mengetahui HP Support MHL

Bagaimana cara mengetahui HP support MHL yang benar dan mudah? Mobile High Definition Link (MHL) adalah fitur antar muka alias interface standar pada semua perangkat Android. Fitur ini dapat membantu HP Android kamu untuk mendistribusikan sinyal berbasis video modern lho.

Walaupun cara kerjanya keren, tapi ternyata tidak semua perangkat Android menunjang layanannya. Maka dari itu, kamu harus tahu apakah smartphone kamu sudah mendukung fitur MHL atau tidak, supaya kamu bisa memanfaatkan layanannya.

Read More

Fitur MHL memang bermanfaat untuk mengubah tampilan layar semakin lebar, sehingga kamu dapat melihat gambar atau video pada ponsel semakin nyaman. Jika ingin menikmatinya, cek ponselmu dengan cara mengetahui HP support MHL yang akan kamu ketahui melalui artikel ini.

Cara Mengetahui HP Support MHL
Cara Mengetahui HP Support MHL

Pengertian MHL

MHL alias Mobile High-Definition Link adalah interface untuk suatu peralatan audio video. Teknologi ini akan membantu untuk tetap tersambung dengan televisi maupun perangkat lainnya. Fitur ini pun dapat melakukan transfer data maupun memperoleh kualitas terbaik.

Contohnya penyaluran data tampilan pada HP Android, supaya bisa ditampilkan secara jelas dan proporsional saat kamu sedang menonton sebuah tayangan di TV. Selain itu, kualitas gambarnya tajam dan tidak pecah saat HP disambungkan ke televisi lho.

Fungsi MHL

Smartphone yang sudah mendukung fitur MHL biasanya akan merasakan berbagai macam manfaat luar biasa, salah satunya adalah bisa menikmati screen mirroring. Fitur ini memungkinkan penggunanya untuk menampilkan berbagai macam tayangan dari HP ke layar televisi lho.

Terkait:  Cara Mengetahui Password IG yang Lupa

Kamu pun dapat menggunakannya untuk menonton film, game sampai konten menarik lainnya. Teknologi MHL yang canggih dan keren akan membuat tampilan yang semakin besar, jernih serta lebar saat mengakses fitur apa saja dari HP kamu.

Versi MHL

Fitur MHL pertama kali dikenalkan pada tahun 2010 silam, serta hadir dengan versi 1.0 yang akhirnya dipasarkan setahun setelahnya. Usai kesuksesannya itu, versi 2.0 akhirnya mengikuti jejak versi lawasnya dengan performa lebih maksimal lho.

Kedua versi tersebut hanya bekerja untuk menampilkan video dengan kualitas mencapai Full HD 1080p saja. Jika kamu punya HP atau TV berkelas 4K, kamu bisa menggunakan versi 3.0 untuk mendapatkan hasil sempurna dengan kualitas tayangan lebih jernih dan tajam.

Cara Menggunakan MHL

Kalau HP kamu mendukung teknologi ini, langkah berikutnya yang dapat dilakukan adalah menyiapkan semua peralatan untuk menghubungkan HP ke TV. Kamu cukup menggunakan kabel atau MHL Adapter yang digunakan sebagai connector (penghubung) ke televisi.

Adapter tersebut harus memiliki konektor berjenis Micro USB, serta dilengkapi dengan port HDMI untuk memasang kabel HDMI ke port HDMI pada TV kamu. Jika sudah disiapkan, kamu sudah siap menggunakan MHL dan pastikan perangkat televisi nya pun mendukung fitur MHL.

Cara Mengetahui HP Support MHL

Kamu pasti masih belum tahu cara mengetahui HP support MHL, kan? Jika ingin mengenalinya lebih lanjut, maka bisa mengikuti dan menyimak pembahasan artikel kami sampai selesai. Kami sudah menyiapkan beberapa panduannya, sehingga kamu dapat mengetahui ponselmu mendukung fiturnya atau tidak.

Walaupun demikian, sebagian besar HP Android versi terbaru biasanya sudah menunjang fitur MHL untuk melakukan screen mirroring ke TV. Kamu harus mengecek perangkat televisi yang akan dipakai, pastikan mendukung teknologi HP juga.

Terkait:  Biaya Berlangganan Zoom

Langkah 1: Download Aplikasi MHL Checker

Cara mengetahui HP support MHL yang pertama adalah mengunduh aplikasi MHL Checker melalui Google Play Store terlebih dulu. Kamu bisa mengetik nama aplikasinya ke kolom pencarian, lalu tekan tombol Install dan tunggu beberapa saat sampai proses instalasi selesai.

Langkah 2: Pilih Menu Check

Jika aplikasinya sudah terpasang dan dibuka, cara mengetahui HP support MHL berikutnya adalah mengetuk opsi Check pada halaman utama. Tombol ini ditandai dengan kotak berwarna orange di bagian tengah.

Langkah 3: Mulai Proses Pemeriksaan

Cara mengetahui HP support MHL selanjutnya adalah memulai proses pemeriksaan, biasanya membutuhkan waktu selama 3-5 menit saja. Pastikan jaringan internet kamu stabil agar prosesnya dapat berjalan cepat dan lancar.

Langkah 4: Lihat Hasil Pemeriksaan

Cara mengetahui HP support MHL yang terakhir adalah segera lihat hasil pemeriksaan aplikasi MHL Checker. Jika ponselmu mendukung layanannya, maka bisa mengecek tanda centang pada layar dan kalau sebaliknya, biasanya akan terlihat logo silang berwarna merah yang berarti tidak mendukung MHL.

Cara Mengetahui HP Support MHL Lewat Situs MHLtect.org

Situs MHLtect.org sudah menjadi website yang dapat kamu gunakan untuk memeriksa perangkat smartphone, apakah sudah mendukung teknologi MHL atau belum. Kamu bisa menggunakannya dengan cara mengetahui HP support MHL melalui situs tersebut di bawah ini:

  • Siapkan HP yang akan kamu periksa support MHL nya terlebih dulu.
  • Kalau HP kamu sudah disiapkan, akses laman mhltect.org melalui peramban browser laptop atau PC.
  • Pada halaman utamanya, terlihat perangkat yang dapat diakses untuk memeriksa support MHL nya.
  • Jika ponselmu ingin diperiksa, tekan tombol Mobile.
  • Geser ke bawah sampai menemukan menu Narrow Your Results.
  • Jika opsinya sudah ketemu, tekan tombol tersebut.
  • Layar akan menampilkan 3 menu berbeda yang terdiri dari Device Brand, Device Type dan MHL Version.
  • Pilih menu Device Type.
  • Klik Mobile.
  • Pilih menu Device Brand.
  • Kemudian, tentukan merk smartphone yang support MHL nya akan diperiksa. Akan tetapi, perlu kamu tahu bahwa website ini hanya mendukung pemeriksaan untuk brand tertentu saja seperti Samsung, HTC, Fujitsu dan Sony.
  • Kalau HP kamu di luar salah satu brand tersebut, maka kamu tidak bisa melakukan pemeriksaan lebih lanjut lewat website ini.
  • Jika brand smartphone sudah ditentukan, klik MHL Version.
  • Pada halaman selanjutnya, muncul dua pilihan berbeda yang terdiri dari MHL 3 dan Previous Version, pilih salah satu yang diinginkan.
  • Kalau semua pilihan sudah diisi dengan benar, proses pemeriksaan support MHL akan dilakukan.
  • Terakhir, tunggu beberapa saat sampai muncul pemberitahuan tentang hasil support MHL untuk ponselmu di bagian bawah layar.
Terkait:  Cara Mengetahui Password Wifi Tanpa Aplikasi

Cara Mengatasi HP yang Tidak Support MHL

Kalau HP kamu tidak mendukung teknologi MHL, masalah ini dapat diselesaikan dengan cara mengatasi HP yang tidak support MHL di bawah ini:

  • Download aplikasi Drongscreen melalui Google Play Store terlebih dulu.
  • Klik Install.
  • Jalankan dan buka aplikasinya.
  • Kemudian, buka aplikasi Pengaturan atau Setting.
  • Pilih menu Bluetooth.
  • Aktifkan fiturnya dengan menggeser toogle nya ke kanan, pastikan warnanya berubah secara otomatis.
  • Jika Bluetooth sudah diaktifkan, aktifkan Mode Pengembang pada setelan ponselmu.
  • Sambungkan HP ke TV dengan menggunakan kabel HDMI.
  • Terakhir, tunggu beberapa saat hingga proses screen mirroring tanpa fitur MHL selesai.

Kamu tidak perlu repot untuk melakukan screen mirroring di HP, asalkan sudah paham cara mengetahui HP support MHL lewat aplikasi atau website. Jika ponselmu tidak mendukung fiturnya, maka bisa memanfaatkan alternatif lain melalui panduan kami di atas. Selamat mencoba!

Related posts