Cara Reset Mesin Cuci Samsung

Bagaimana cara reset mesin cuci Samsung apabila mesin cuci tersebut mengalami masalah, seperti tombol-tombol pada mesin cuci tidak merespon saat ditekan dan lainnya. Mungkin saja kamu sedang mengalami masalah ini pada mesin cuci Samsungmu. Mimin akan menjelaskan cara-caranya yang tentunya dengan langkah-langkah yang mudah.

Samsung merupakan salah satu dari merek elektronik, seperti hp, mesin cuci, kulkas, AC, dan lain sebagainya. Yang namanya barang elektronik mungkin saja akan mengalami kerusakan atau masalah jika sudah lama digunakan atau jika tidak dirawat oleh pemiliknya.

Salah satunya adalah masalah yang terjadi pada mesin cuci. Pada artikel ini juga mimin hanya khusus akan menjelaskan mengenai masalah pada mesin cuci Samsung. Jika kamu mengalami masalah tersebut, kamu bisa melakukan reset mesin cuci kamu agar kembali ke pengaturan awal seperti pada saat pertama kamu membelinya.

Mungkin bagi kamu pengguna baru Samsung atau pun pengguna lama dari mesin cuci Samsung, tentu masih ada yang belum mengetahui cara reset mesin cucimu. Kalau asal pencet dikhawatirkan akan semakin serius kerusakannya. Maka dari itu mimin akan menjelaskan mengenai cara mereset mesin cuci Samsung.

Cara Reset Mesin Cuci Samsung

Cara Reset Mesin Cuci Samsung
Cara Reset Mesin Cuci Samsung

Cara reset mesin cuci Samsung sebenarnya bisa dilihat pada buku panduan yang memang didapatkan ketika kamu membeli mesin cuci. Buku tersebut memang disediakan untuk pembeli dan bisa menjadi solusi ketika mesin cuci bermasalah.

Kamu bisa melakukan reset mesin cuci dengan beberapa langkah. Silakan dibaca cara-cara di bawah ini dan ikutilah langkah-langkahnya. Cara pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan melihat pada buku panduan mesin cuci Samsungmu dan berikut ini langkah-langkah detailnya.

Langkah-langkah Cara Reset Mesin Cuci Samsung

Berikut ini merupakan langkah-langkah untuk mereset mesin cuci Samsung. Silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini sampai selesai ya.

  • Membaca Buku Panduan Terlebih Dahulu
Terkait:  Cara Upgrade HP 3G ke 4G

Cara pertama yang harus kamu lakukan adalah membaca buku panduan terlebih dahulu. Pada buku panduan, kamu akan menemukan banyak cara dan solusi ketika mesin cuci kamu bermasalah. Pastikan juga kamu mengetahui fungsi-fungsi dari tiap tombol pada mesin cucimu ya.

  • Pasang Jek Power ke Stop Kontak

Selanjutnya adalah dengan memasang jek power atau kabel pada mesin cuci ke stop kontak di rumahmu agar mesin cuci teraliri listrik. Dengan memasang jek power, mesin cuci milikmu akan menyala. Jika sudah kamu pasang, tunggu beberapa saat sampai mesin cuci benar-benar menyala.

  • Tekan Tombol Khusus pada Mesin Cuci

Pastikan kamu menyolokkan kebel jek power ke stop kontak dengan cara yang tepat dan pastikan juga mesin cuci sudah menyala. Langkah selanjutnya adalah kamu bisa menekan tombol khusus yang ada pada mesin cuci di mana tombol khusus tersebut adalah untuk mereset yang memang khusus juga untuk mesin cuci Samsung.

Tombol khusus tersebut merupakan tombol kombinasi yang ada pada mesin cuci. Untuk tombol kombinasinya adalah tombol Rinse, Spin, dan Power, kamu bisa menekan ketiga tombol tersebut secara bersamaan. Jika caramu ini berhasil maka akan ditandai dengan menyalanya lampu indikator yang ada pada mesin cuci.

  • Matikan Mesin Cuci Sebentar

Jika lampu indikator sudah menyala, kamu bisa melakukan langkah selanjutnya, yaitu dengan mematikan mesin cuci terlebih dahulu. Mematikannya cukup hanya sebentar. Untuk caranya, kamu bisa menekan tombol Power. Kamu bisa mematikan mesin cucimu selama 30 menit saja.

  • Hidupkan Kembali Mesin Cuci

Selanjutnya apabila sudah 30 menit mematikan mesin cucimu, kamu bisa menyalakannya kembali seperti biasanya yaitu dengan menekan tombol Power, tombol yang sama seperti yang kamu gunakan untuk mematikan mesin cuci.

  • Mesin Cuci Bisa digunakan Kembali

Perhatiakan kinerja mesin cuci apakah sudah kembali seperti semula saat awal kamu menggunakannya atau tidak. Jika belum, silakan lakukan reset ulang dengan cara seperti yang sudah dijelaskan di atas. Namun, apabila mesin cuci sudah berhasil direset. Maka, kamu sudah bisa menggunakannya kembali secara normal.

Terkait:  Cara Koneksi HP ke TV Samsung

Itulah cara mereset mesin cuci Samsung. Alangkah lebih baiknya kamu bisa mengetahui kerusakan apa yang terjadi pada mesin cucimu, apakah saluran airnya mampat, terjadinya eror pada Water Level, mesin cuci tidak berbunyi saat dinyalakan dan saat mesin cuci selesai mencuci, dan lain sebagainya.

Nah, untuk mengetahui keusakannya biasanya akan muncul kode pada layar yang biasanya berisi angka untuk mencuci. Kode-kode tersebut memiliki artinya sendiri-sendiri. Mimin akan menjelaskan kode-kode sebagai tanda eror yang muncul pada mesin cuci di bawah ini.

Kode Error pada Mesin Cuci Samsung

Berikut ini merupakan kode eror yang biasanya muncul ketika mesin cuci Samsung sedang bermasalah. Dengan kamu mengetahui kode-kode yang mungkin muncul pada mesin cucimu adalah kamu bisa segera mengatasi kerusakannya.

Kode eror pada mesin cuci Samsung:

  • DE (Door Error): kode ini jika muncul pada mesin cuci kamu, maka kamu harus memperhatikan pintu atau tutup mesin cuci. Karena kode ini menandakan bahwa pintu atau tutup mesin cuci belum tertup rapat.
  • 4E (Water Supply Error): jika kode ini muncul, kamu harus memastikan bahwa ada tekanan air 50-800Kpa ke mesin cucimu. Silakan untuk mengeceknya.
  • 5E (Drain Error): kode ini muncul untuk menandakan bahwa saringan pembuangan kotor atau selang mesin cucimu tidak terpasang dengan benar. Jika terlaku kendur, maka kencangkanlah sehingga kamu bisa mencuci dengan sempurna.
  • UE (Unbalance Error): jika kode ini yang muncul, maka pastikan bahwa mesin cucimu berdiri sempurna, yang artinya mesin cucimu tidak berdiri secara seimbang. Jika kamu menggunakan alas penyangga mesin cuci, segera untuk memperbaikinya agar posisi mesin cuci seimbang kembali.
  • SUD: jika kode ini yang muncul, hal ini menandakan bahwa sabun yang kamu masukkan ke tempat sabun di mesin cuci terlalu banyak.
  • UC: kode ini menandakan tegangan listrik di rumah tidak stabil sehingga proses pencucian akan ditunda.
  • LE?LE1: kode ini menandakan beberapa kemungkinan, yaitu busa dari sabun yang kamu gunakan terlalu banyak, penutup filter terlepas, atau kebocoran di selang pembuangan.
  • OE: kode ini menandakan bahwa pasokan air terlalu banyak dan pendeteksi level air tidak bekerja.
  • 4C: kode ini menandakan bahwa suplai air tidak tersedia, segera periksa keran air yang terhubung dengan mesin cucimu.
  • 4C2: kode ini menunjukkan bahwa selang pasokan air tidak tersambung secara kuat pada keran air. Segeralah untuk mengencangkan keran air tersebut sehingga bisa mengalirkan air dengan sempurna ke mesin cuci.
  • 5C: kode ini menunjukkan bahwa air yang berada di tabung mesin cuci tidak mengering.
  • DC: kode ini menandakan bahwa pintu pengering tetap terbuka saat mesin cuci bekerja.
  • HC: jika kode ini yang muncul, maka menandakan bahwa terdapat gangguan pada heater control.
  • LC?LC!: kode ini menandakan terdapat gangguan pada selang pembuangan.
  • UB: kode ini menunjukkan bahwa kipas tidak berfungsi.
  • 1E: ini merupakan kode yang menunjukkan ada gangguan paada sensor level air.
  • 5D: kode ini menandakan bahwa saluran pembuangan air tersendat.
Terkait:  Cara Kunci 4G HP Samsung

Itulah kode error yang terdapat pada mesin cuci Samsung yang wajib kamu ketahui sehingga bila muncul kode tersebut dan apabila kamu bisa memperbaikinya sendiri tentu mengetahui kode-kode error di atas sangat membantumu.

Kesimpulan

Itulah cara reset mesin cuci Samsung yang sudah mimin jelaskan langkah-langkahnya. Sebelum kamu mereset mesin cucimu alangkah lebih baiknya untuk mengetahui kode eror yang muncul, sehingga kamu bisa mengetahui apa yang bermasalah dari mesin cucimu. Selamat mencoba.

Rate this post

Related posts