Cara Setting Smart TV Samsung

Cara Setting Smart TV Samsung

Bciara tentang cara setting smart tv samsung, mungkin hal ini menjadi topik yang cukup banyak dicari orang-orang yang memang baru saja membeli Smart TV, untuk kebutuhan rumah tangga, apartemen, atau bahkan yang mungkin sering kita temukan di beberapa tempat menginap seperti hotel. Tentu saja hal ini menjadi topik yang baru, karena memang Smart TV sendiri bukan sekedar tv biasa yang sering kita temukan sehari-hari. Karena Smart TV sendiri memang memiliki fitur yang tak kita temukan pada TV biasa.

Smart TV sendiri merupakan sebuah gadget berupa TV pintar yang bisa digunakan untuk menonton tayangan dari beberapa channel yang terhubung atau ada di smart tv itu sendiri, dan juga menikmati beragam tayangan lain dari Youtube, atau bahkan layanan streaming film lainnya. Karena memang kebanyakan smart tv yang kita temukan saat ini berbasis android, sehingga bisa digunakan untuk menginstall aplikasi Android melalui TV.

Cara Setting Smart TV Samsung

Cara Setting Smart TV Samsung
Cara Setting Smart TV Samsung

Hanya saja, kurangnya edukasi dan informasi mengenai layanan Smart TV saat ini, membuat pengguna yang mungkin baru saja membeli smart tv tidak mengetahui cara setting smart tv samsung, ataupun merk lain yang mungkin menjadi vendor daripada Smart TV di kehidupan kita sehari-hari.

Untuk itu, pada kesempatan kali ini mimin akan mengulas sedikit cara ataupun metode yang bisa kamu gunakan untuk melakukan setting pada Smart TV, terutama dengan merk Samsung.

Apa saja langkah-langkahnya?

1. Setting Pengaturan Awal

Sebagaimana kita ketika membeli gadget berupa smartphone baru, tentu kita harus melakukan setting atau pengaran awal untuk perangkat yang nantinya akan kita gunakan. Nah, hal ini juga sama dengan Smart TV yang mungkin dibeli untuk kebutuhan pribadi.

Terkait:  Cara Setting APN Telkomsel Tercepat dan Stabil, Cek Disini!

Untuk pengaturan awal sendiri, biasanya hal ini akan mencakup beberapa hal. Namun untuk instruksi yang diberikan biasanya akan muncul pada layar Smart TV kalian, biasanay kamu akan diminta untuk menekan tombol sesuai instruksi, untuk mengetahui apakah tombol dari remote tersebut bekerja dengan baik atau tidak.

Ikuti semua step yang muncul, sampai kamu diarahkan ke laman selanjutnya.

2. Menghubungkan Smart TV dengan Internet

Kemudian untuk langkah yang kedua, kamu akan diminta untuk menghubungkan Smart TV samsung kamu dengan jaringan internet. Nah, untuk menghubungkan jaringan internet ini, kamu bisa menggunakan beberapa metode yang berlaku pada Smart TV kalian, seperti

  • WiFi Direct – Biasanya digunakan untuk kamu menghubungkan kabel LAN dari Router Internet langsung ke Smart TV
  • WiFi Wireless – Kamu bisa mendeteksi jaringan internet dari Router yang memancarkan jaringan WiFi, untuk ditangkap menggunakan Smart TV

Baik dari kedua pilihan jaringan WiFi di atas, tentu masing-masingnya memiliki kekurangan ataupun kelebihan. Semisal kamu menggunakan jaringan WiFi Direct, kamu akan mendapatkan jaringan yang lebih stabil memang, namun tentunya kamu harus mengatur cable management dari Router menuju ke Smart TV.

Kemudian jika kamu menggunakan WiFi Wireless, tentu kendala yang sering terjadi ialah kamu akan sering kali mengalami jaringan yang kurang stabil, terlebih jika jaringan WiFi kamu sedang mengalami gangguan. Namun, kamu bisa menyesuaikan untuk memilih salah satu cara yang menurutmu paling efektif.

3. Login dengan Akun Samsung

Selanjutnya, kamu juga akan diminta untuk login dengan menggunakan akun Samsung yang biasanya digunakan untuk login pada smartphone merk Samsung itu sendiri. Nah, fungsi dari kamu login ke Smart TV menggunakan akun Samsung adalah kamu bisa melakukan backup baik untuk channel ataupun data yang sudah kamu simpan di Smart TV, agar tersinkronisasi di akun samsung kalian masing-masing.

Terkait:  Cara Video Layar HP Samsung Semua Tipe Tanpa Aplikasi

Tetapi jika kamu tidak memiliki akun samsung, kamu bisa melakukan pendaftaran terlebih dahulu melalui smartphone, ataupun komputer dan juga laptop untuk membuat akun Samsung baru yang nantinya akan terhubung ke Smart TV Samsung kalian masing-masing.

4. Konfigurasi Smart TV Samsung

Jika semua langkah sudah dilakukan, maka kamu akan sampai di step terakhir dari pengaturan Smart TV Samsung, yakni menyetujui syarat dan juga ketentuan dari Smart TV Samsung, dan kamu bisa melakukan konfigurasi pada Smart TV Samsung.

Adapun untuk konfigurasi smart TV yang bisa kamu lakukan di sini ialah

  • Memilih atau Menambahkan Channel – Biasanya hal ini sering kali digunakan para pemilik Smart TV jika mereka berlangganan dengan layanan TV Box atau TV Streaming yang bisa di akses melalui layanan internt.
  • Mengatur Pengaturan Smart TV – Untuk pengguna yang memang tidak berlangganan dengan layanan TV Box atau TV Streaming, kamu bisa langsung saja melewati langkah terakhir tadi, dan melakukan pengaturan tambahan pada Smart TV. Ntah untuk melakukan proyeksi dari handphone ke Smart TV, mengatur volume, dan lain sebagainya.

Pastikan setelah melakukan perubahan, kamu menyimpan konfigurasi tadi agar tersimpan di Smart TV kalian masing-masing.

5. Install Aplikasi di Smart TV Samsung

Barulah setelah semuanya siap, kamu sudah berhasil untuk melakukan konfigurasi atau setting dari Smart TV Samsung kalian. Di sini, kamu sudah bisa menikmati layanan dan juga beragam fitur serta fasilitas yang ada di Smart TV Samsung kalian.

Namun sebagai opsional, kamu juga bisa kok menginstall beragam aplikasi di Smart TV Samsung dari Google Play Store, kamu bisa menambahkan beberapa aplikasi streaming Film seperti Netflix, iFlix, Vidio.com, Browser, atau bahkan Youtube.

Terkait:  Cara Setting Xiaomi WiFi Extender Pro

Dan setelah itu, kamu bisa langsung menggunakan layanan Smart TV seperti biasa dengan mengaksessnya melalui remote Smart TV yang berguna sebagai kursor atau Mouse.

Masalah yang Sering Terjadi pada Smart TV

Dalam beberapa kasus, mungkin ada pengguna Smart TV yang mengalami masalah ketika melakukan setting atau konfigurasi pada Smart TV mereka, seperti

  • WiFi Tidak Terhubung – Jika hal ini terjadi, silakan periksa kembali Router atau kabel LAN kamu, untuk memastikan jika jaringanmu tidak bermasalah dan bisa digunakan
  • Channel Tidak Terdeteksi – Untuk yang mengalami masalah pada Channel Smart TV yang  tidak muncul, kamu bisa kembali mengecek konfigurasi layanan Smart TV kalian, dengan melakukan Scanning Ulang, untuk mendapatkan Channel baru
  • Aplikasi Tidak Terinstall – Selain login dengan menggunakan akun Samsung, pastikan juga kamu sudah login kedalam akun Google play Store dengan menggunakan akun Google kalian masing-masing. Pastikan juga jraingan internetmu stabil, agar tidak terjadi masalah saat mendownload aplikasi.
  • Smart TV tidak Menampilkan Tampilan Apapun (Blank) – Jika hal ini terjadi, kamu bisa mengecek pada kabel HDMI, biasanya hal ini sering dialami para pengguna Smart TV yang terhubung dengan TV Box ataupun TV Streaming lain. Kamu bisa mengganti kabel HDMI dan mengecek kembali apakah terjadi kerusakan atau tidak.

Dengan memahami beberapa cara setting smart tv samsung di atas tadi, tentu saja kamu bisa melakukan konfigurasi ataupun setting untuk Smart TV secara mandiri. Namun jika kamu mengalami kesulitan, kamu bisa melihat instruksi dari buku panduan, ataupun meminta bantuan pada staff yang mengantar Smart TV yang kamu beli.

Semoga bermanfaat.

Similar Posts