Cara Reset HP Vivo

Cara Reset HP Vivo
Cara Reset HP Vivo

Bagaimana cara reset hp vivo? Apa saja cara yang bisa dilakukan untuk mereset hp vivo? Mengapa pengguna harus mereset hp mereka?

Bicara tentang smartphone, tentu saja hal ini sudah bukan lagi hal yang asing di telinga masyarakat. Mengingat saat ini juga sudah serba digital dan siapa saja bisa tak bisa lepas dengan peran smartphone dalam kehidupan mereka.

Read More

Dengan adanya smartphone, orang orang saat ini bisa dengan mudah mengakses internet, berkomunikasi lewat aplikasi chat, atau  bahkan menggunakan smartphone sebagai media komunikasi yang mudah dan ringkas.

Namun terlepas daripada kelebihannya, smartphone sendiri juga memiliki kekurangan, salah satunya adalah usia smartphone yang mungkin sudah terlalu tua, dan juga penurunan fitur yang dipengaruhi oleh penggunaan yang berlebihan.

Tentunya, hal seperti ini juga pasti dialami oleh semua jenis smartphone, mulai dari Oppo, Xiaomi, Apple, atau bahkan Vivo. Karena memang ponsel dengan merk Vivo ini memiliki harga yang cukup terjangkau dan bisa menjadi alternatif atau pilihan orang orang untuk bisa memiliki smartphone untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Tapi sayangnya, karena beberapa hal tadi kadang menyebabkan banyak pengguna ponsel Vivo terutama yang mengeluhkan jika perangkat mereka kerap kali mengalami kondisi lemot, lag, atau bahkan memori yang penuh.

Tentu saja ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal ini. Mulai dari memindahkan data ke penyimpanan eksternal atau penyimpanan awan, atau bahkan melakukan reset pada perangkat.

Walaupun demikian, terkadang masalah seperti ini mungkin bisa selesai dalam waktu yang singkat, namun seiring dengan berjalannya waktu kadang kala error yang terjadi justru kembali lagi.

Cara Reset HP Vivo

Cara Reset HP Vivo
Cara Reset HP Vivo

Dan biasanya juga, cara reset hp vivo ini acap kali menjadi pilihan terakhir para pengguna yang mungkin mengalmi lag yang cukup parah, atau memang mereka ingin merestart ulang perangkat mereka agar terlihat seperti baru, dan hanya di install beberapa aplikasi saja.

Terkait:  Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android

Untuk itulah, di sini kita akan mengulas sedikit beberapa cara mudah yang bisa kamu gunakan untuk melakukan reset pada ponsel Vivo, seperti

Cara Reset HP Vivo lewat Pengaturan

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk mereset hp vivo adalah dengan menggunakan fitur pengaturan yang tentu saja ada di setiap smartphone. Cara ini terbilang mudah karena kamu tidak memerlukan aplikasi tambahan ataupun metode yang rumit. Caranya

  1. Masuk ke pengaturan ponsel kalian
  2. Setelah itu kamu bisa mencari atau masuk ke pengaturan lain atau more settings
  3. Jika sudah masuk kedalam pengaturan lainnya, kamu bisa mencari menu backup and reset atau cadangkan dan reset
  4. Klik pada menu tersebut, lalu kamu bisa memilih menu erase all data atau hapus semua data
  5. Nantinya kamu akan menemukan pop up yang berisi pertanyaan apakah kamu ingin menghapus semua data?
  6. Selain itu kamu juga bisa menghapus semua data internal kamu dengan memilih opsi format phone storage atau format penyimpanan handphone
  7. Terakhir, kamu tinggal klik pada opsi clear now atau hapus sekarang

Dan secara otomatis, ponselmu akan di arahkan untuk reboot atau restart untuk melakukan pe-resetan pada ponsel Vivo kamu.

Perlu untuk diperhatikan, kalau kamu hanya ingin menghapus sebagian data seperti aplikasi yang terinstall saja, kamu tidak perlu mencentang opsi format phone storage. Karena hal ini akan menghapus keseluruhan data yang ada di internal memori kamu.

Jadi, pastikan kamu memilih langkah yang benar ya.

Cara Reset HP Vivo lewat Recovery Bawaan

Kemudian untuk cara yang kedua, kamu juga bisa kok melakukan reset pada ponsel Vivo melalui recovery bawaan dari ponsel vivo itu sendiri. Buat yang belum tau, Recovery bawaan ini sebenarnya merupakan salah satu tools atau fitur yang ada di semua smartphone untuk membantu pengguna yang ingin melakukan tweaking ataupun root pada ponsel mereka, dan juga melakukan penghapusan data ponsel seperti baru.

Terkait:  Cara Menghilangkan Tanda Headset di HP Xiaomi

Cara ini terbilang agak sulit, karena kamu harus masuk ke menu recovery. Caranya

  1. Backup seluruh data yang ada di internal memori kamu atau yang sekiranya penting
  2. Jika sudah, pastikan daya baterai kamu berada di minimal 50%
  3. Kemudian matikan ponsel kamu atau shut down sampai benar benar mati
  4. Lalu, nyalakan ponsel dengan menekan tombol kombinasi Power + Volume Up dan tunggu sampai kamu masuk ke recovery bawaan
  5. Setelah masuk di menu recovery, kamu bisa langsung klik pada wipe all data dan melakukan swipe to wipe
  6. Tunggu beberapa saat, dan jika sudah selesai kamu akan langsung di arahkan ke home screen Vivo kalian yang tampilannya seperti baru.

Hampir mirip dengan cara yang pertama tadi, namun cara ini bisa menjadi solusi atau alternatif ketika mungkin kamu lupa atau tidak mengetahui kata sandi untuk masuk ke dalam perangkat Vivo yang kamu miliki atau gunakan. Selain itu, cara ini juga bisa membantu kamu me-refresh perangkat apabila ponsel Vivo milikmu sudah terlalu lemot atau berat.

Cara Reset HP Vivo lewat Custom Recovery/TWRP

Kemudian untuk langkah yang terakhir, kamu bisa memanfaatkan fitur Custom Recovery atau TWRP yang mana biasanya hal ini kerap digunakan para pengguna ponsel untuk menginstall Custom ROM pada ponsel mereka.

Selain melakukan reset pada ponsel, kamu juga bisa kok menginstall custom kernel, ataupun Custom ROM yang memang akan menjadi pengganti dari OS bawaan Vivo yang biasanya akan lebih banyak customisasi dan juga menu di dalamnya daripada OS bawaan.

Langkahnya adalah sebagai berikut

  1. Pastikan kamu sudah melakukan backup data penting yang kamu butuhkan
  2. Pastikan juga baterai kamu berada di tingkat paling minim yakni 50%
  3. Jika sudah silakan matikan ponsel kamu dengan menekan tombol power agak lama, atau bisa juga melalui shortcut
  4. Pastikan kamu sudah menginstall TWRP pada ponsel Vivo kamu
  5. Setelah ponsel benar benar mati, silakan masuk ke TWRP mode dengan menekan tombol Power + Volume Up secara bersamaan, lalu lepas ketika muncul logo Vivo pada layar
  6. Nantinya kamu akan masuk pada TWRP mode
  7. Pada TWRP Mode, kamu akan menemukan banyak pilihan menu
  8. Pada tahap ini, kamu bisa mengklik pada opsi Wipe lalu langsung saja lakukan Swipe to Wipe
  9. Tunggu beberapa saat sampai proses Wipe selesai, dan kamu bisa pilih menu reboot to system
Terkait:  Cara Menyembunyikan File di Hp Samsung

Proses ini biasanya akan memakan waktu sekitar 1 – 3 menit pada proses booting pertama kalinya. Selain itu, jika kamu memiliki file custom ROM Vivo dengan format .zip, kamu bisa juga kok menginstallnya melalui menu Install, atau juga menginstall file root dengan format yang sama, yakni .zip.

Dan itulah tadi beberapa cara reset hp vivo yang bisa kamu coba, silakan sesuaikan dengan cara yang menurutmu paling mudah. Selamat mencoba, dan semoga bermanfaat. Jangan lupa, Do with your own risk ya.

Related posts