Cara Menghapus Cache di HP Xiaomi

Cara Menghapus Cache di HP Xiaomi Lewat 5 Metode Mudah

PindahLubang.com | Jika membahas tentang cara menghapus cache di HP Xiaomi, biasanya orang-orang akan mengira kalau file sampah tersebut tidak perlu dibersihkan setiap hari. Padahal, kalau datanya dibiarkan justru mengakibatkan smartphone semakin lemot dan cepat rusak.

Masalah ini tidak boleh terjadi karena HP Xiaomi tidak berbeda dengan smartphone Android lainnya, di mana file cache tetap wajib dibersihkan setidaknya sehari sekali. Selain itu, kamu bisa menggunakan aplikasi sampai fitur bawaan untuk menghapus data sampah yang benar-benar tidak dibutuhkan oleh sistem ponselnya.

Cara menghapus cache di HP Xiaomi bisa dibilang cepat dan mudah, sedangkan semua file sampah yang sudah terhapus akan membuat performa ponselmu semakin kencang. Xiaomi tidak berbeda dengan HP Android mana pun seperti Samsung, Oppo, Vivo, dsb karena cachenya harus dihapus.

Jika kamu bersikeras untuk membiarkannya tersimpan pada memori internal, dikhawatirkan HP Xiaomi kamu akan cepat lemot. Tak hanya itu, perangkat akan kurang responsif dalam menanggapi permintaan kamu untuk membuka aplikasi sampai game berat sekalipun.

Apa itu Cache?

Cache merupakan data yang berguna untuk mempercepat proses booting ketika membuka aplikasi maupun website melalui smartphone. Cache akan bekerja supaya bisa menerima permintaanmu untuk mengakses data apapun lebih cepat, tapi lama kelamaan membuat memori RAM penuh.

Jika cache tidak pernah dibersihkan secara berkala, dampak buruk yang paling sering terjadi adalah kinerja ponsel semakin menurun. Selain itu, smartphone akan sulit menanggapi permintaanmu untuk membuka aplikasi apapun karena terlalu lemot akibat file cache yang menumpuk.

Terkait:  Cara Menghapus Riwayat Video di Facebook (2 Metode) Terupdate!

Manfaat Menghapus Cache

Jika kamu berpikir kalau file cache yang tidak pernah dihapus akan membuat proses booting semakin cepat, tapi sebenarnya data tersebut perlu dibersihkan karena memberikan manfaat penting sebagai berikut:

  • Meningkatkan Kinerja dan Performa Ponsel
    Cache yang biasa dihapus setiap hari ternyata bisa meningkatkan kinerja dan performa ponselmu, lho. Pasalnya, semua data sampah yang menumpuk langsung terbuang dan HP Xiaomi kamu tidak akan lemot, bahkan lag lagi ketika membuka aplikasi atau game berat.
  • Menyegarkan Aplikasi yang Sering Macet
    Jika kamu selalu menghapus file cache yang terdapat pada smartphone, manfaat selanjutnya yang bisa dirasakan adalah aplikasi tertentu akan langsung disegarkan. Kalau aplikasinya sering gagal akses bahkan macet, sebaiknya bersihkan data sampah paling tidak sehari sekali.
  • Memori Internal Semakin Lega
    File cache yang menumpuk memang membuat memori RAM semakin terkuras. Oleh karena itu, solusi jitu untuk mengatasi masalah ini adalah dengan membersihkan kapasitas penyimpanan internal setiap hari, agar memori internalnya dapat bertambah dan lebih lega.

Cara Menghapus Cache di HP Xiaomi

Cara Menghapus Cache di HP Xiaomi
Cara Menghapus Cache di HP Xiaomi

Cara menghapus cache di HP Xiaomi bukan sesuatu yang sulit dilakukan, sedangkan kamu dapat membersihkan data tersebut dengan aplikasi sampai fitur bawaan secara gratis. Kami sudah menyiapkan panduan lengkapnya sehingga kamu dapat menghapus semua file nya dengan cepat.

Tak bisa dimungkiri kalau cache yang biasa dibersihkan setiap hari membuat kinerja HP semakin kencang. Kamu pun dapat membuka aplikasi sampai game berat tanpa lag, serta ponselmu lebih responsif untuk mengakses apa saja dengan mudah.

Langkah 1: Buka Menu Pengaturan

Cara Menghapus Cache di HP Xiaomi
Cara Menghapus Cache di HP Xiaomi

Cara menghapus cache di HP Xiaomi pertama adalah membuka menu Pengaturan atau Setting terlebih dulu. Langkah ini harus dilakukan kalau kamu ingin membersihkan semua data sampah yang menumpuk pada ponselmu. Kemudian, tekan tombol Kelola Aplikasi atau Manage Application untuk melihat daftar aplikasi yang terpasang pada HP Xiaomi kamu.

Terkait:  Cara Hapus Akun Telegram Permanen di Android, iPhone dan Laptop

Langkah 2: Pilih Aplikasi

Cara Menghapus Cache di HP Xiaomi
Cara Menghapus Cache di HP Xiaomi

Kamu bisa langsung memilih aplikasi mana saja yang file cache nya akan dihapus, seperti Facebook, WhatsApp, Telegram, dsb. Jika aplikasinya sudah dipilih, cara menghapus cache di HP Xiaomi berikutnya adalah menekan tombol Hapus Data atau Clear Data. Kamu hanya perlu menunggu untuk diarahkan ke laman konfirmasi pembersihannya.

Langkah 3: Bersihkan Cache

Cara Menghapus Cache di HP Xiaomi
Cara Menghapus Cache di HP Xiaomi

Cara menghapus cache di HP Xiaomi terakhir adalah memilih menu Bersihkan Cache atau Clear Cache untuk konfirmasi. Kemudian, tunggu beberapa saat sampai muncul notifikasi kalau proses pembersihan file sampahnya sudah selesai. Kamu bisa cek memori internal HP Xiaomi dan pastikan kalau jumlahnya sudah bertambah secara otomatis.

Cara Hapus Cache di HP Xiaomi Lewat Fitur MIUI

HP Xiaomi mempunyai salah satu aplikasi untuk membersihkan semua data cache yang menumpuk dengan cepat. Fitur MIUI tersebut tidak perlu diunduh lagi karena sudah menjadi aplikasi bawaan yang tidak bisa di uninstall, lho. Jika kamu belum pernah menggunakannya, simak cara hapus cache di HP Xiaomi melalui fitur MIUI sebagai berikut:

  • Pertama, buka aplikasi Keamanan atau Security yang berada pada home screen HP Xiaomi kamu.
  • Pilih menu Sampah atau Cache.
  • Aplikasinya akan langsung melakukan proses pemindaian atau scanning pada file cache yang menumpuk pada perangkatnya.
  • Kemudian, tunggu beberapa saat sampai muncul informasi mengenai jumlah file cache yang bisa dihapus.
  • Jika perlu, cari dan pilih file cache yang memungkinkan untuk dibersihkan, Packages biasanya berisi aplikasi unduhan dari Google Play Store.
  • Kalau terdapat beberapa aplikasi yang tidak ingin dihapus, lakukan uncheck.
  • Klik Bersihkan atau Clean untuk konfirmasi.
  • Terakhir, ikuti langkah selanjutnya sampai semua file cache berhasil terhapus dari HP Xiaomi kamu.
Terkait:  Cara Menghapus Foto di Instagram

Cara Hapus Cache di HP Xiaomi Lewat Home Screen

Langkah selanjutnya yang menjadi cara hapus cache di HP Xiaomi paling mudah yakni melalui home screen. Kamu cukup menekan dan menahan logo aplikasi yang data cache nya akan dibersihkan. Berikut langkah-langkahnya yang bisa dicoba, di antaranya:

  • Buka HP Xiaomi kamu terlebih dulu.
  • Cari dan pilih salah satu aplikasi yang file cache nya akan dihapus.
  • Kemudian, tekan dan tahan logo aplikasinya selama beberapa saat sampai muncul menu pop-up otomatis.
  • Pilih menu Informasi Aplikasi atau App Info.
  • Geser ke bawah sampai menemukan menu Bersihkan Data atau Clear Data, klik opsi tersebut.
  • Pilih menu Bersihkan Cache atau Clear Cache.
  • Klik OK untuk konfirmasi.
  • Terakhir, tunggu beberapa saat sampai muncul notifikasi kalau file cache sudah terhapus.

Cara Hapus Cache di HP Xiaomi Lewat Aplikasi

Kamu bisa mencoba cara hapus cache di HP Xiaomi melalui aplikasi pembersih yang bisa diunduh melalui Google Play Store secara gratis. Kami rekomendasikan beberapa app cleaner yang wajib dicoba seperti CCleaner, Phone Cleaner, Clean Master, dsb. Semuanya aman dan bisa membersihkan file cache pada HP Xiaomi kamu dengan sempurna.

Cara Hapus Cache di HP Xiaomi Lewat Menu Recovery

Metode berikutnya yang menjadi cara hapus cache di HP Xiaomi terakhir adalah dengan menggunakan menu Recovery. Walaupun jarang digunakan, tapi sebaiknya kamu mencobanya sambil mengikuti panduan lengkapnya di bawah ini:

  • Matikan HP Xiaomi kamu terlebih dulu.
  • Kemudian, tekan dan tahan tombol Power dan Volume Up dalam waktu yang sama sekitar tiga sampai lima detik saja.
  • Jika sudah masuk ke menu Recovery, klik Bersihkan Cache atau Delete Cache.
  • Terakhir, semua file cache yang tersimpan pada aplikasi akan terhapus secara menyeluruh.

Demikian tutorial seputar cara menghapus cache di HP Xiaomi semua tipe untuk meningkatkan kinerja perangkat, serta mencegah ponsela agar tidak lemot dan cepat hang saat digunakan. Selamat mencoba!

Similar Posts