Cara Cek Memori Hp Samsung

Bagaimana cara cek memori hp Samsung? Kamu bisa melakukannya dengan beberapa cara yang mudah dan bisa membantu kamu mengetahui memori kamu sudah terpakai dan tersisa berapa. Jadi, apabila menurutmu sudah penuh, kamu bisa menghapus beberapa data yang menurutmu tidak terlalu penting atau kamu bisa menghapus data yang sudah memiliki salinan di perangkat lain.

Di hp Samsung kamu, kamu bisa melihat sudah berapa memori penyimpananmu dipakai dan berapa sisa dari memori yang telah digunakan. Besarnya memori juga menjadi salah satu nilai jual sebuah hp. Apabila besar kapasitas ruang penyimpanan atau memori sebuah hp, maka harganya pun semakin tinggi. Dengan kapasitas memori hp Samsung yang besar, pastinya akan diimbangi dengan performa atau kemampuan dari hp tersebut, untuk menjalankan berbagai aplikasi Android.

Read More

Namun, mungkin bagi kamu pengguna baru hp merek Samsung belum mengetahui cara cek memori hp Samsung. Maka dari itu sangat penting mengetahui cara cek spesifikasi RAM hp Samsung agar kamu bisa mengetahui batas penggunaan memori Samsung kamu. Nah, mimin akan menjelaskan cara-caranya di bawah ini.

Cara Cek Memori Hp Samsung

Cara Cek Memori Hp Samsung
Cara Cek Memori Hp Samsung

Bagi kamu yang ingin mengetahui cara cek memori di hp Samsung, silakan untuk membaca cara-caranya di bawah ini. Dengan kamu mengecek memori di hp kamu, kamu bisa melihat memori di hp kamu digunakan untuk aplikasi saja. Jadi, kamu bisa menghapus data-data di aplikasi yang banyak menggunakan memori.

Terkait:  Cara Scan Barcode di Hp Samsung

Cara Cek Memori Hp Samsung Melalui Fitur Bawaan Samsung

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk cek memori hp Samsung adalah melalui fitur bawaan Samsung. Biasanya setiap hp memang sudah dilengkapi dengan fitur bawaan, salah satunya fitur bawaan untuk melihat memori. Di mana pada fitur bawaan tersebut kamu bisa mengecek sisa memori dan total memori yang telah digunakna. Biasanya juga terlihat tiap aplikasi menggunakan berapa penyimpanan. Cara mengecek menggunakan fitur bawaan ini cukuplah mudah, kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Langkah pertama, silakan kamu buka aplikasi Pengaturan atau Settings di hp Samsung kamu
  • Kemudian, gulir ke bawah dan klik menu Device Maintenance atau Device Care atau Perawatan Perangkat
  • Lalu, silakan klik pada Memory dan tunggu sampai datanya keluar
  • Selanjutnya akan muncul sisa dari RAM yang tersedia dan kapasitas total RAM yang dimiliki oleh Samsung
  • Apabila, RAM kamu sudah penuh dan kamu ingin menguranginya, kamu bisa klik Clean Now atau Hapus Sekarang
  • Silakan menunggu hingga berhasil dihapus

Nah, itulah cara mengecek memori Samsung. Mudah, bukan? Namun, cara di atas hanya berlaku pada semua tipe hp Samsung yang telah menggunakan antarmuka One UI. Jika kamu masih memakai hp Samsung yang belum menggunakan One UI, mungkin kamu bisa mengikuti cara lain di bawah ini.

Cara Cek Memori Hp Samsung Melalui Aplikasi CPU-Z

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk mengecek memori di hp Samsung kamu adalah melalui aplikasi tambahan, yaitu aplikasi CPU-Z. Nah, kamu bisa mengunduhnya terlebih dahulu apabila kamu ingin menggunakan cara ini. Aplikasi ini memiliki kemampuan untuk melihat spesifikasi sebuah ponsel dengan detail dan lengkap. Jika kamu ingin menggunakan cara ini, silakan untuk mengikuti langakh-langkah di bawah ini.

  • Langkah pertama, silakan unduh aplikasi CPU-Z di Google Play Store
  • Kemudian, silakan instal dan buka aplikasi tersebut
  • Apabila sudah kamu buka, klik pada Device
  • Lalu, akan muncul informasi spesifikasi hp Samsung kamu, seperti model atau tipe, kapasitas memori internal, total RAM, dan sisa RAM
Terkait:  Cara Menyembunyikan File di Hp Samsung

Aplikasi CPU-Z ini juga memiliki fungsi lain, seperti mengetahui sistem Android pada hp yang digunakan, Chipset, GBU yang dipakai, Battery Health, dan masih banyak lagi.

Cara Cek Memori Hp Samsung Melalui Aplikasi AIDA 64

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk mengecek memori hp Samsung adalah melalui Aplikasi AIDA 64. Aplikasi AIDA 64 ini salah satu aplikasi terbaik untuk mengecek spesifikasi lengkap hp Samsung. Cara menggunakannya cukup mudah, berikut langkah-langkahnya.

  • Langkah pertama, kamu bisa mengunduh aplikasi AIDA64 di Google Play Store pada hp Samsung kamu
  • Kemudian, silakan instal dan buka aplikasi tersebut
  • Lalu, pada halaman aplikasi silakan klik System
  • Selanjutnya, akan muncul informasi yang lengkap mengenai hp Samsung milikmu, seperti kapasitas memori internal, kapasitas RAM, dan juga jenis RAM

Sama dengan aplikasi CPU-Z, kamu juga bisa mengetahui sistem Androis yang digunakan, CPU, GBU, Chipset yang dipakai, Battery Health, dan lain sebagainya. Jika kamu tertarik menggunakan cara ini, silakan mengikuti langkah-langkah di atas.

Cara Cek Memori Hp Samsung Melalui Kardus Hp

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk mengecek memori hp Samsung kamu adalah melalui kardus hp Samsung. Nah, ketika kamu pertama kali membeli hp Samsung, tentu hp kamu disimpan di dalam kardus. Kamu bisa melihat jumlah memori hp kamu dari kardus atau kotak hp kamu. Berikut langkah-langkahnya.

  • Silakan ambil kardus atau kotak hp Samsung kamu
  • Kemudian, pada kotak hp tersebut, kamu bisa melihat jumlah memori hp kamu, biasanya berupa stiker yang ditempel di luar kardus
  • Lalu, kamu bisa menemukan informasi seputar spesifikasi hp kamu dari kotak hp

Nah, kamu berhasil melihat informasi seputar hp kamu, khususnya memori hp Samsung kamu. Namun, jika kamu menggunakan cara ini kamu tidak bisa melihat sisa memori dan total memori yang digunakan.

Terkait:  Cara Menghilangkan Tanda Headset di HP Xiaomi

Cara Cek Memori Hp Samsung Melalui Situs Resmi Samsung

Cara yang terakhir yang bisa kamu lakukan untuk cek memori hp Samsung kamu adalah melalui situs resmi Samsung. Pada situs resmi ini kamu bisa melihat spesifikasi hp Samsung tipe apa pun. Kamu juga bisa melihat spesifikasi yang lain, selain memori. Cara menggunakanya cukup mudah, kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Langkah pertama, silakan buka aplikasi Browser di hp kamu
  • Kemudian, sialkan ketik www.samsung.com di kolom pencarian
  • Lalu, kamu akan masuk ke halaman awal situs Samsung
  • Selanjutnya, di atas sebelah kiri, terdapat beberapa pilihan
  • Silakan untuk memilih Mobile > Smartphone > Pilih Tipe Samsung kamu
  • Setelah itu, kamu akan masuk ke halaman selanjutnya dan silakan gulir ke bawah dan cari tipe ponsel Samsung kamu
  • Apabila sudah menemukan tipe ponsel kamu sampai menemukan gambar ponsel kamu
  • Silakan klik Lebih Detail yang berada di bawah gambar tipe hp kamu
  • Kemudian kamu akan masuk ke halaman selanjutnya dan silakan gulir ke bawah sampai kamu menemukan informasi memori kamu

Nah, kamu bisa memanfaatkan situs resmi Samsung untuk melihat informasi memori di hp Samsung kamu. Sama dengan cara mellihatnya di kotak hp, kamu hanya bisa melihat informasi kapasitas memori. Kamu tidak bisa melihat sisa memori dan total memori yang telah digunakan.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara cek memori hp Samsung yang telah mimin jelaskan. Silakan untuk memilih cara yang sesuai dengan kebutuhanmu. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Rate this post

Related posts