Cara Mengembalikan Video yang Terhapus Permanen di HP Xiaomi

Cara Mengembalikan Video yang Terhapus Permanen di HP Xiaomi
Cara Mengembalikan Video yang Terhapus Permanen di HP Xiaomi

Ngomongin tentang cara mengembalikan video yang terhapus permanen di hp xiaomi, mungkin cara ini memang cukup banyak dicari oleh para pengguna yang tak sengaja menghapus file ataupun folder video yang ada di ponsel mereka. Karena seperti yang kita ketahui, ponsel sendiri tidak memiliki system recycle bin seperti yang ada di komputer ataupun laptop, sehingga ketika mereka menghapus folder, file ataupun video yang ada di smartphone, maka secara otomatis juga penghapusan yang dilakukan di sini adalah permanen dan sulit untuk dikembalikan ataupun di restore lewat recycle bin.

Dan tentu saja jika hal ini terjadi, mau tidak mau para pengguna harus melakukan take video lagi dari nol yang mana akan memakan waktu lebih banyak dan membutuhkan effort yang lebih untuk bisa mendapatkan video yang sama dengan sebelumnya. Apalagi, jika kamu bekerja di sektor kreatif dan mengharuskan kamu untuk mengambil banyak footage video di dalam sebuah acara baik untuk kebutuhan konten, ataupun dokumentasi pribadi.

Read More

Cara Mengembalikan Video yang Terhapus Permanen di HP Xiaomi

Cara Mengembalikan Video yang Terhapus Permanen di HP Xiaomi
Cara Mengembalikan Video yang Terhapus Permanen di HP Xiaomi

Kendati demikian, walaupun penghapusan yang dilakukan di sini memang permanen, saat ini smartphone sudah dilengkapi dengan system backup dan restore yang tentunya memudahkan para pengguna untuk mendapati kembali file ataupun video yang mana terhapus baik sengaja ataupun tak sengaja. Terlebih untuk pengguna xiaomi yang ingin mengetahui cara mengembalikan video yang terhapus permanen di hp xiaomi, kamu bisa ikuti cara berikut ini.

Terkait:  Cara Scan Barcode di Realme

Langkah 1: Download Aplikasi Google Photos

Langkah pertama adalah, kamu bisa mendownload aplikasi Google Photos. Di mana, aplikasi ini memang menjadi sebuah galeri yang disediakan oleh google dengan beragam fasilitas dan juga fitur yang cukup lengkap, di mana kamu bisa melakukan backup atau sync secara otomatis, menyeleksi atau mengelompokkan foto ataupun video sesuai dengan kategorinya, dan masih banyak lagi.

Untuk mendapatkan aplikasi ini sendiri, kamu bisa menemukannya di Google Play Store dengan menuliskan kata kunci Google Photos yang mana nantinya akan kita guankan untuk mengembalikan foto ataupun video yang terhapus di hp xiaomi kalian.

Langkah 2: Login dengan Akun Google

Setelah proses download dari aplikasi Google Photos, silakan login dengan menggunakan akun google yang sebelumnya memang sudah ter-login ke dalam ponsel xiaomi kalian. Di sini, kamu bisa mengguakan auto login dengan menambahkan akun Google lewat pengaturan, atau kamu juga bisa mengganti akun dari Email A menjadi Email B sebagai user ketika sudah membuka aplikasi Google Photos.

Langkah 3: Mulai Sinkronisasi

Setelah proses login berhasil dilakukan, kamu tinggal mulai melakukan sinkronisasi akun dan juga files, dari menu pengaturan Google Photos. Di sini, kamu bisa masuk ke bagian pengaturan dari Google Photos, lalu kamu bisa klik pada opsi start sync atau pilih pada opsi resotore backup yang mana biasanya langkah ini akan memakan waktu sekitar 5 – 10 menit atau lebih, tergantung dari banyaknya foto, video, dan juga koneksi internet kalian.

Langkah 4: Cari Video yang Ingin di Restore

Setelah proses sinkronisasi selesai dilakukan, biasanya kamu akan mendapatkan notifikasi di status bar yang mana menampilkan jika proses sinkronisasi sudah selesai dilakukan dan google photos berhasil me-restore sebanyak jumlah foto ataupun video yang tersinkron dengan akun google tersebut.

Terkait:  Harga Xiaomi Redmi 5 Terbaru

Kamu bisa langsung masuk ke aplikasi Google Photos tadi, dan memilah foto ataupun video mana yang ingin kamu resore. Sama halnya seperti proses sinkronisasi tadi, di sini juga kamu harus menggunakan koneksi internet yang bagus untuk melihat preview ataupun video yang sudah di restore tadi.

Langkah 5: Download Video

Langkah terakhir yang bisa kamu lakukan ialah mendownload video yang sudah berhasil tersinkron tadi. Untuk cara downloadnya sendiri, kamu bisa mengklik pada video tersebut, lalu geser dari bagian bawah video ke atas sampai muncul opsi atau pilihan download this video yang mana nantinya kamu juga akan menemukan opsi untuk resolusi video yang ingin kamu unduh.

Silakan sesuaikan dengan kebutuhanmu, karena proses pengunduhan ini akan memakan banyak waktu dan juga quota internet karena semua tergantung dari kualitas atau resolusi video yang kamu pilih tadi.

Jika sudah selesai, kamu bisa membuka aplikasi galeri bawaan ponsel xaomi ataupun aplikasi galeri lain seperti quickpic, dan hasil restore dari video tadi akan masuk ke dalam folder bernama restored.

Selesai. Kamu sudah berhasil melakukan restore ataupun mengembalikan video yang sebelumnya terhapus secara permanen dengan mudah.

Saya Sudah Login dengan Akun Google, Tapi Videonya Kok Tidak Muncul?

Dalam hal ini, kamu harus memastikan dulu jika sebelumnya kamu sudah melakukan sinkronisasi dari akun Google dan melakukan backup otomatis untuk tiap foto atau video di Google Photos. Di sini, kamu bisa melakukan backup otomatis dengan cara mensinkronkan akun kamu di dlaam Google Photos dan kemudian membuka video yang kamu miliki dari aplikasi tersebut.

Apakah Cara Ini Berlaku untuk Selain Pengguna Xiaomi dan juga iPhone?

Terkait:  Cara Menjernihkan Video yang Pecah di Android

Untuk sementara ini, cara ini masih bisa digunakan untuk hampir semua pengguna ponsel Android. Namun untuk pengguna iPhone, aplikasi google photos hanya bisa digunakan untuk melihat foto saja, sedangkan untuk melakukan backup dan restore, para pengguna iPhone bisa menggunakan iCloud untuk memudahkan mereka dalam mendapatkan penyimpanan awan untuk foto ataupun video.

Apakah Ada Batasan Waktu untuk Pemilihan Video di Google Photos?

Sampai saat ini, saya sendiri masih belum bisa menjawab dengan yakin perihal batas waktu untuk restore dari aplikasi Google Photos. Namun yang saya ketahui adalah aplikasi Google Photos akan melakukan backup dan juga sync secara otomatis semenjak aplikasinya pertama di install oleh pengguna, dan proses sync atau backup ini akan dilakukan di belakang layar (background) tanpa diketahui pengguna.

Apakah Proses Backup di Google Photos akan Mempengaruhi Penyimpanan Saya?

Tentu saja tidak. Karena fundamental funtion dari google photos ini ialah menyimpan ataupun mencadangkan foto atau video ke dalam penyimpanan awan atau cloud dari Google itu sendiri. Jadi, sekalipun kamu memiliki ribuan foto yang dibackup dan ingin kembali di restore, hal ini tidak akan mempengaruhi penyimpanan kalian, terkecuali jika kamu mengunduhnya ke dalam memori internal kamu.

Apakah Proses Backup dan Sync bisa Dibatalkan?

Tentu saja bisa. Jika kamu tak ingin melakukan backup di Google Photos, kamu bisa me-nonaktifkan layanan backup dan sync di Google Photos ataupun dari pengaturan. Namun, hal ini akan menyulitkanmu ketika ingin melihat video lama yang sudah terhapus. Jadi, semua kembali ke keputusan kalian.

Dan itulah tadi sekiranya 5 langkah atau cara megembalikan video yang terhapus permanen di hp xiaomi yang bisa kamu coba. Gimana, gampang banget bukan? Selamat mencoba, dan semoga bermanfaat.

Related posts