Cara Mengembalikan IMEI Null

Bagaimana cara mengembalikan IMEI null? Bagi seseorang yang pernah kehilangan IMEI, kondisi ini biasanya disebabkan saat kamu sudah melakukan Hard Reset, Flash maupun Root pada HP Android. Masalah utamanya adalah ponsel tidak akan menangkap sinyal atau koneksi jaringan.

Jika dibiarkan, kamu akan sulit berkomunikasi bahkan mengakses internet setiap hari. Kondisi ini sangat mengganggu, bukan? Oleh karena itu, kamu harus mengembalikannya agar jaringan dapat terdeteksi dan berfungsi secara normal.

IMEI biasanya terdiri dari gabungan angka unik, sedangkan setiap smartphone akan mempunyai nomor IMEI yang berbeda. IMEI yang tidak valid merupakan masalah biasa yang hampir sering dialami para gawai MediaTek seperti Oppo, Xiaomi, Samsung, Vivo, Sony, dsb.

Kalau IMEI smartphone kamu hilang, ketahui cara mengembalikan IMEI null dengan benar. Tujuannya bukan hanya memperoleh koneksi jaringan saja, melainkan mencegah masalah lebih serius yang berdampak buruk pada performa gadget kamu.

Cara Mengembalikan IMEI Null
Cara Mengembalikan IMEI Null

Pengertian IMEI

IMEI (International Mobile Equipment Identity) adalah nomor unik yang diberikan bagi setiap perangkat telepon seluler, sedangkan keberadaannya berada di bagian belakang ponselnya. Sejak tahun 2004 silam, IMEI sudah hadir dengan format AA-BBBBBB-CCCCCC-D di mana A dan B merupakan Kode Alokasi Jenis (Type Allocation Code/TAC).

TAC pada IMEI adalah produsen dari model ponselnya, contohnya iPhone 7 adalah 34-324507. Beberapa perangkat punya TAC tergantung pada lokasi manufaktur, revisi dan lainnya.

Terkait:  Cara Mengembalikan Jaringan 4G Vivo

Sementara itu, bagian C merupakan nomor unik perangkatnya yang ditentukan oleh produsen handset. Bagian D pada IMEI adalah nomor untuk memastikan bahwa kombinasi angka unik tersebut memenuhi Alokasi sekaligus Panduan Persetujuan.

Penyebab IMEI Hilang

Kalau IMEI pada smartphone kamu hilang, jangan panik dan ketahui penyebabnya terlebih dulu. Secara umum beberapa faktor yang mengakibatkan nomor IMEI hilang adalah sebagai berikut:

  • OS (sistem operasi) pada smartphone tersebut mengalami bug atau error.
  • Kesalahan saat melakukan flashing.
  • HP melakukan proses root.
  • Install ulang sistem operasi gagal.
  • Kegagalan saat melakukan update sistem operasi.

Cara Mengembalikan IMEI Null

Barangkali kamu masih belum tahu cara mengembalikan IMEI null dengan benar, sebaiknya ikuti dan simak pembahasan artikel ini sampai akhir. Kami sudah merangkum panduannya agar kamu dapat mengembalikan nomor IMEI, serta sinyal ponselnya dapat muncul kembali.

Kalau IMEI tetap hilang dalam waktu yang lama, koneksi jaringan akan selalu SOS. Kondisi ini sangat mengganggu karena kamu akan sulit berkomunikasi dan akses internet. Bahkan, menerima panggilan atau pesan masuk pun tidak dapat dilakukan sama sekali.

Langkah 1: Catat dan Salin Nomor IMEI

Cara Mengembalikan IMEI Null
Cara Mengembalikan IMEI Null

Cara mengembalikan IMEI null yang pertama adalah mencatat atau menyalin nomor IMEI terlebih dulu. Kamu bisa menemukannya di bagian belakang body perangkat. Jika ponselmu menggunakan baterai tanam, IMEI terletak pada bagian stiker di belakang badan ponselnya. Namun, jika HP kamu masih pakai baterai biasa, lepaskan body belakangnya terlebih dulu.

Langkah 2: Download Aplikasi KingRoot

Cara Mengembalikan IMEI Null
Cara Mengembalikan IMEI Null

Kalau IMEI sudah dicatat atau disalin, cara mengembalikan IMEI null berikutnya adalah mengunduh aplikasi KingRoot melalui Google Play Store. Jika aplikasinya sudah terpasang, buka dan tekan tombol I Know. Lakukan root sampai selesai, kemudian tutup programnya.

Langkah 3: Download Aplikasi Chamelephon

Cara Mengembalikan IMEI Null
Cara Mengembalikan IMEI Null

Cara mengembalikan IMEI null selanjutnya adalah mengunduh aplikasi Chamelephon pada Google Play Store. Lakukan instalasi seperti biasa dan buka aplikasinya. Jika muncul notifikasi pop-up, tunggu beberapa saat sampai angka hitungan mundur pada opsi Deny berhenti, lalu klik Allow.

Terkait:  Cara Refund Tiket Kereta Api

Langkah 4: Masukkan Nomor IMEI

Cara Mengembalikan IMEI Null
Cara Mengembalikan IMEI Null

Langkah selanjutnya adalah masukkan dua nomor IMEI ke dalam kolom yang tersedia. Kamu harus input nomornya sesuai dengan keterangannya masing-masing. Jangan sampai satu angka pun terlewatkan.

Langkah 5: Pilih Menu Apply New IMEI

Cara Mengembalikan IMEI Null
Cara Mengembalikan IMEI Null

Kalau IMEI sudah dimasukkan ke setiap kolomnya, cek kembali nomornya dan pastikan sudah benar. Jika kamu benar-benar yakin, maka bisa memilih menu Apply New IMEI untuk menuju cara mengembalikan IMEI null berikutnya.

Langkah 6: Klik Change

Cara Mengembalikan IMEI Null
Cara Mengembalikan IMEI Null

Kamu bisa menunggu beberapa saat sampai muncul notifikasi pop up pada halaman berikutnya, di mana tugasmu berikutnya adalah menekan tombol Change dan muncul instruksi berupa matikan atau turn off ponselmu.

Langkah 7: Matikan Perangkat

Cara Mengembalikan IMEI Null
Cara Mengembalikan IMEI Null

Cara mengembalikan IMEI null berikutnya adalah mematikan perangkat smartphone. Kamu bisa menekan tombol Power selama beberapa saat atau sentuh opsi Power Off pada layar. Namun, setiap smartphone punya instruksi berbeda. Kemudian, hidupkan kembali ponselnya.

Langkah 8: Buka Menu Telepon

Cara Mengembalikan IMEI Null
Cara Mengembalikan IMEI Null

Jika smartphone sudah dihidupkan kembali, cara mengembalikan IMEI null yang harus kamu lakukan adalah membuka menu Telepon atau Phone pada halaman utamanya. Lalu, ketik *#06# tanpa menekan tombol Call.

Langkah 9: Nomor IMEI Sudah Muncul

Cara Mengembalikan IMEI Null
Cara Mengembalikan IMEI Null

Kalau USSD *06# sudah ditekan, tunggu beberapa saat sampai muncul menu pop-up yang menampilkan nomor IMEI smartphone kamu. Jika kartu SIM yang digunakan ada dua, IMEI yang ditampilkan pun juga dua dan cara mengembalikan IMEI null sudah selesai.

Cara Mengembalikan IMEI Null Lewat Aplikasi MTX Engineering Mode

Kamu bisa mencoba cara mengembalikan IMEI null menggunakan aplikasi MTX Engineering Mode yang dapat diunduh secara gratis. Bagaimana panduannya? Simak tutorialnya sebagai berikut:

  • Download aplikasi MTX Engineering Mode melalui Google Play Store.
  • Klik Install.
  • Jalankan dan buka aplikasinya.
  • Pilih menu Telepon atau Phone.
  • Ketik *#*#3646633#*#*.
  • Kemudian, tunggu beberapa saat sampai muncul menu pop-up pada laman selanjutnya.
  • Pilih menu Konektivitas atau Connectivity.
  • Klik CDS Information.
  • Pilih menu Radio Information.
  • Klik SIM 1 atau Phone 1 hingga muncul AT+.
  • Masukkan IMEI ke dalam kolom AT+EMGR=1,7.
  • Cek IMEI dengan benar dan teliti.
  • Jika sudah benar dan yakin, tekan Send a Command.
  • Terakhir, jika kamu menggunakan dua kartu SIM maka bisa mengulangi langkah di atas.
Terkait:  Cara Pengembalian Barang di Shopee

Cara Mengembalikan IMEI Null Lewat Aplikasi Terminal Emulator

Aplikasi Terminal Emulator bisa digunakan untuk menampilkan nomor IMEI yang hilang, lho. Seperti apa kinerjanya? Berikut cara mengembalikan IMEI null dengan aplikasi Terminal Emulator, yakni:

  • Download aplikasi Terminal Emulator via Google Play Store.
  • Klik Install.
  • Jalankan dan buka aplikasinya.
  • Ketik su ke dalam kolom yang tersedia.
  • Klik Enter.
  • Ketik echo‘AT+EGMR=1,7,“IMEI HP kamu”’>/dev/radio/pttycmd1/”. (contoh: echo‘AT+EGMR=1,7, “786574”’>/dev/radio/pttycmd1/”).
  • Jika sudah diketik, restart HP kamu dan IMEI akan muncul kembali.

Cara Mengembalikan IMEI Null Lewat Factory Reset

Cara mengembalikan IMEI null yang terakhir adalah dengan factory reset alias setelan pabrik. Langkah ini dilakukan kalau semua prosedur di atas tidak membuahkan hasil yang diinginkan. Berikut langkah-langkahnya yang wajib kamu tahu, di antaranya:

  • Buka menu Pengaturan atau Setting dari HP kamu.
  • Pilih menu Manajemen Umum atau General Management.
  • Klik Reset Data Pabrik.
  • Cek terlebih dulu semua data yang tersimpan, pastikan sudah dicadangkan.
  • Tekan Reset.
  • Terakhir, ikuti instruksi selanjutnya sampai prosesnya berhasil.

Demikian pembahasan seputar cara mengembalikan IMEI null dengan atau tanpa root yang mudah dilakukan. Jika IMEI HP kamu menghilang, gunakan panduan kami di atas agar muncul dan dapat membuat sinyalnya pun kembali seperti biasa. Selamat mencoba!

4.9/5 - (7 votes)

Related posts