Cara Refund Tiket Kereta Api Traveloka

Cara Refund Tiket Kereta Api Traveloka

Siapa sih yang tidak tahu Traveloka sebagai salah satu perusahaan penyedia layanan pemesanan tiket pesawat dan hotel secara online terbesar di Indonesia. Memesan tiket transportasi mulai dari pesawat hingga kereta api bisa dilakukan dengan mudah. Lalu, apakah cara refund tiket kereta api Traveloka juga mudah dilakukan? Yuk, temukan jawabannya di sini.

Cara Refund Tiket Kereta Api Traveloka

Cara Refund Tiket Kereta Api Traveloka
Cara Refund Tiket Kereta Api Traveloka

Selain bus, transportasi darat yang jadi favorit sebagian besar masyarakat Indonesia adalah kereta api. Pembelian tiket kereta api juga bisa dilakukan secara offline maupun online. Selain itu, PT KAI juga menjalin kerjasama dengan berbagai platform untuk menyediakan pemesanan atau booking tiket kereta online.

Meskipun sudah ada KAI Access yang bisa digunakan untuk memesan tiket kereta dari mana saja, PT KAI tetap menyediakan kemudahan agar berbagai penumpang bisa memesan tiket di beberapa platform. Salah satu platform terpercaya untuk pemesanan tiket kereta api secara online adalah Traveloka.

Cara Pesan Tiket Kereta Api Traveloka

Untuk pemesanan tiket kereta api online lewat aplikasi atau website Traveloka adalah sebagai berikut.

  • Pertama, buka aplikasi atau website Traveloka, lalu pilih menu Tiket Kereta Api.
  • Selanjutnya, isi rute, jadwal keberangkatan, jumlah penumpang yang ingin dipesan, dan klik Cari Tiket.
  • Pada layar akan muncul nama kereta, kelas, lengkap dengan jadwal keberangkatan.
  • Pilihlah mana yang kamu inginkan.
  • Selanjutnya, masukkan detail informasi lain yang dibutuhkan, seperti Data Pemesan dan Data Penumpang.
  • Untuk memilih kuris, kamu bisa klik opsi Pilih Kursi.
  • Periksa kembali apakah semua informasi data telah benar atau belum.
  • Perlu diketahui bahwa nominal tagihan yang harus dibayar adalah sesuai dengan yang tertera pada invoice sampai dengan tiga angka terakhir.
Terkait:  Cara Mengetahui Nomor Token Listrik yang Hilang

Cara Refund Tiket Kereta Api di Traveloka

Di antara kamu mungkin ada yang lebih memilih untuk tidak mau ribet mengurus pengajuan pembatalan tiket kereta api dan membiarkannya hangus begitu saja. Padahal, cara memohon pengajuan pengembalian dana atau refund tiket kereta api sangatlah mudah.

Peraturan refund di Indonesia telah diatur dalam UU Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dimana disebutkan bahwa refund adalah hak konsumen untuk mendapatkan ganti rugi atau kompensasi apabila barang dan/ atau jasa yang diperoleh tidak sebagaimana mestinya.

Untuk cara refund tiket kereta api Traveloka sendiri hanya memerlukan beberapa langkah saja. Berikut informasi lengkapnya!

  1. Berdasarkan kebijakan PT KAI, refund hanya dapat diajukan di stasiun tapi penumpang tidak perlu harus datang ke stasiun keberangkatan. Kamu dapat datang ke stasiun mana saja yang ditunjuk untuk bisa melayani proses pengajuan refund.
  2. Proses pembatalan tiket kereta api dilakukan maksimal atau paling lambat adalah 60 menit sebelum waktu keberangkatan yang tercantum pada tiket milikmu. Selain itu, para penumpang harus tahu bahwa ada biaya untuk mengajukan pembatalan, yakni sebesar 25% dari harga tiket dan tidak termasuk potongan diskon maupun biaya layanan.
  3. Bawa serta e-tiket dan kartu identitas asli, seperti KTP, SIM, atau paspor atau Kartu Pelajar/ Mahasiswa bagi calon penumpang dibawah usia 17 tahun.
  4. Selanjutnya, isi formulir pada konter dan bisa minta bantuan petugas KAI apabila ada yang tidak dimengerti.
  5. Untuk pengembalian dana bisa ditransfer ke rekening milikmu atau secara tunai. Apabila refund lewat transfer bank, pihak KAI akan mengirimkan SMS yang menginformasikan bahwa refund akan segera dikirim. Sedangkan refund secara tunai bisa diambil di stasiun dimana kamu mengajukan dana refund.
  6. Waktu pengembalian dana refund membutuhkan proses 30 hari setelah mengajukan permohonan pembatalan tiket.
  7. Jika kamu adalah wali dari calon penumpang yang membatalkan tiket, maka diperlukan surat kuasa bermaterai Rp10.000 yang telah ditandatangani oleh penumpang. Selain itu, kamu juga harus membawa kartu identitas asli penumpang, kartu identitas asli milikmu, lengkap dengan fotokopiannya untuk masing-masing.
  8. Untuk mengetahui informasi selengkapnya, silakan menghubungi Call Center PT KAI 021-121 (24 jam).
Terkait:  Cara Mengembalikan Akun Facebook

Cara Reschedule Tiket Kereta Api Traveloka

Jika kamu tidak ingin membatalkan tapi mengubah jadwal keberangkatan atau reschedule tiket kereta api di Traveloka, maka tidak perlu datang ke stasiun keberangkatan. Namun, reschedule ini tetap harus dilakukan di stasiun. Hal tersebut telah menjadi kebijakan PT KAI apabila penumpang ingin mengubah jadwal keberangkatan. Adapun kebijakan dan tata cara reschedule tiket kereta api di Traveloka adalah sebagai berikut:

  1. Untuk melakukan reschedule dapat dilakukan maksimal 60 menit sebelum jadwal keberangkatan. Untuk biaya pembatalan, calon penumpang akan dikenai 25% dari harga tiket dan belum termasuk biaya layanan ataupun diskon.
  2. Syarat mengubah jadwal keberangkatan adalah jika kereta api memiliki kondisi:
  • Kereta Api yang sama dengan jadwal keberangkatan yang berbeda,
  • Kereta Api berbeda dengan jadwal hari keberangkatan yang sama,
  • Kereta Api yang berbeda pada jadwal keberangkatan yang tidak sama.
  1. Untuk perubahan jadwal disesuaikan dengan ketersediaan kursi dan akan dikenai biaya administrasi.
  2. Apabila harga tiket baru lebih mahal dibandingkan dengan tiket yang lama, maka penumpang yang akan menanggung harga selisihnya.
  3. Namun, jika harga tiket baru lebih murah, penumpang tidak akan mendapatkan pengembalian dana untuk selisih harga.
  4. PT KAI hanya menerima pembayaran uang tunai, sehingga kamu harus menyiapkannya sebelum berangkat ke stasiun pilihan kamu.
  5. Saat mengajukan reschedule, dimohon untuk membawa e-tiket beserta kartu identitas asli (KTP, SIM, paspor atau Kartu Pelajar/ Mahasiswa bagi penumpang yang berusia di bawah 17 tahun).
  6. Selanjutnya, isi formulir di loket yang tersedia. Pihak PT KAI siap membantu kamu jika ada yang tidak dimengerti.

Cara Refund Tiket Kereta Api Tiket.com

Selain Traveloka, Tiket.com juga menjadi salah satu platform booking tiket transportasi secara online yang banyak digunakan oleh konsumen. Untuk kamu yang ingin mengajukan refund tiket kereta api via Tiket.com, begini langkah-langkahnya:

  • Pertama, login akun Tiket.com seperti biasa.
  • Selanjutnya, akses menu My Order
  • Cari pesanan tiket kamu yang mana yang ingin di-refund,
  • Setelah itu, klik ikon tiga titik dan klik Refund atau kamu bisa klik Detail dan pilih Refund apabila telah menemukan pesanan tiket yang ingin di-refund.
  • Lalu, pilih alasan mengapa ingin mengajukan refund tiket kereta api.
  • Baca Syarat & Ketentuan Refund yang berlaku pada platform Tiket.com, apabila sudah mengerti dan ingin tetap melanjutkan refund, lalu klik Setuju.
  • Kemudian, periksa kembali detail pembayaran dan perkiraan nominal saldo refund. Jika menggunakan metode pembayaran selain kartu kredit, maka harus menambahkan detail bank yang dimiliki.
  • Lalu, cek kembali apakah semua informasi yang dimasukkan sudah benar dan detail refund.
  • Jika sudah clear, klik tombol Submit Refund.
  • Tunggu beberapa hari hingga pengajuan refund diterima, dan kamu bisa melihat status refund pada bagian menu detail tiket.
Terkait:  5+ Cara Mengembalikan Kontak HP yang Terhapus (Mudah) βœ…

Demikian informasi mengenai bagaimana cara refund tiket kereta api Traveloka lengkap dengan syarat dan cara reschedule. Semoga membantu!

Similar Posts