Cara Mengatasi HP Oppo Ngehang

Bagaimana cara mengatasi HP Oppo ngehang? Seperti kamu tahu kalau mayoritas smartphone hampir sering mengalami berbagai macam masalah seperti lemot, lag dan hang. Oleh karena itu, kondisi tersebut tidak boleh dibiarkan karena berdampak buruk pada kinerja smartphone kamu.

Oppo sudah menjadi salah satu vendor smartphone Android terbaik dan terkemuka di Indonesia. Meski begitu, penggunanya sering mengklaim bahwa ponsel mereka terkadang kerap ngehang, di mana beberapa aplikasi agak susah diakses.

Read More

Setiap pengguna HP Oppo punya kebutuhan sesuai dengan aktivitasnya masing-masing. Jika kamu hanya sekadar menggunakan media untuk komunikasi, masalah lemot dan ngehang mungkin tidak akan terjadi.

Bagi kamu yang justru hampir sering menggunakan HP Oppo untuk main game online seperti Mobile Legend, Free Fire, PUBG, dsb bisa dipastikan akan cepat ngelag, apalagi kalau RAM nya kecil. Kamu hanya dapat menanganinya dengan cara mengatasi HP Oppo ngehang supaya ponselmu bisa bekerja lebih cepat dan responsif.

Cara Mengatasi HP Oppo Ngehang
Cara Mengatasi HP Oppo Ngehang

Penyebab HP Oppo Ngehang

Jika kamu berpikir penyebab HP Oppo ngehang disebabkan oleh kebiasaanmu terlalu sering main game online, jawabannya salah. Pasalnya, banyak sekali alasan yang mengakibatkan ponselmu sering ngelag dan ngehang. Beberapa penyebab HP Oppo cepat ngehang adalah sebagai berikut:

  • Banyak Membuka Aplikasi
    Jika kamu sering membuka aplikasi terlalu banyak, jangan kaget kalau HP Oppo akan cepat ngehang. Bagi kamu yang menggunakan HP Oppo dengan RAM di bawah 4 GB, sebaiknya kurangi kebiasaan ini demi menjaga performa ponsel tetap stabil.
  • Sistem Android Tidak Berjalan Stabil
    OS Android yang tidak berjalan stabil bisa mengakibatkan dan aplikasi terpasang pun dapat bermasalah. Maka dari itu, jika muncul pemberitahuan update sistem dari aplikasi, sebaiknya dilakukan pembaruan agar kamu dapat meningkatkan performa ponselnya.
  • Malware dan Virus
    Penyebab selanjutnya yang mengakibatkan HP Oppo cepat ngehang adalah terdapat malware dan virus pada sistem internalnya. Malware bisa menyerang perangkat bila kamu memasang aplikasi dari pihak ketiga atau MOD, apalagi kalau belum terjamin keamanan dan privasinya.
  • Bugs pada Aplikasi
    Jika kamu merasa HP Oppo selalu ngehang saat digunakan, kemungkinan besar ada bugs pada aplikasi yang terpasang. Kamu tidak bisa mengatasinya secara mandiri, sedangkan masalah ini hanya dapat dilakukan kalau pihak developer sudah melakukan perbaikan.
  • Memori Internal Penuh
    RAM alias memori internal yang sudah penuh menjadi salah satu penyebab HP Oppo cepat ngehang. Kondisi ini biasanya diakibatkan oleh cache alias file sampah yang menumpuk dan lainnya. Kamu bisa membersihkan semua datanya setiap hari agar performanya kencang.
  • Spesifikasi Tidak Mumpuni
    Jangan pernah memaksakan diri untuk mengunduh aplikasi berkapasitas besar pada HP Oppo dengan RAM kecil. Sebab, kamu tidak mungkin mampu memainkan game PUBG atau Mobile Legend pada smartphone yang berkapasitas RAM 2 GB, akibatnya ponsel akan cepat ngehang.
Terkait: Kelebihan dan Kekurangan Oppo Reno Ace

Cara Mengatasi HP Oppo Ngehang

Barangkali kamu masih belum tahu cara mengatasi HP Oppo ngehang dan ngelag, kami akan bantu menangani masalah tersebut melalui pembahasan artikel ini. Kamu sudah menyiapkan tutorialnya supaya kamu bisa meningkatkan performa smartphone semakin cepat dan stabil.

Hang sudah menjadi masalah umum yang dialami semua pengguna gawai modern. Kamu tidak perlu khawatir, di mana problematika tersebut sudah menjadi pemandangan lazim yang dapat ditangani tanpa aplikasi apapun.

Langkah 1: Buka Menu Pengaturan

Cara Mengatasi HP Oppo Ngehang
Cara Mengatasi HP Oppo Ngehang

Cara mengatasi HP Oppo ngehang yang pertama adalah membuka menu Pengaturan atau Setting terlebih dulu. Geser ke bawah secara perlahan hingga menemukan opsi Tentang Ponsel atau About Phone, ketuk opsi tersebut.

Langkah 2: Tekan Nomor Kompilasi

Cara Mengatasi HP Oppo Ngehang
Cara Mengatasi HP Oppo Ngehang

Pada bagian Tentang Ponsel, tekan tombol Nomor Kompilasi sebanyak 7 kali. Tujuannya supaya kamu bisa masuk ke mode pengembang. Jika sudah selesai, klik Back untuk kembali ke halaman depan setelannya.

Langkah 3: Pilih Menu Pengaturan Tambahan

Cara Mengatasi HP Oppo Ngehang
Cara Mengatasi HP Oppo Ngehang

Cara mengatasi HP Oppo ngehang selanjutnya adalah memilih menu Pengaturan Tambahan atau Additional Setting. Menu ini biasanya terdapat di bagian bawah opsi Bahasa dan Masukan atau tergantung pada tipe HP Oppo kamu.

Langkah 4: Klik Opsi Pengembang

Cara Mengatasi HP Oppo Ngehang
Cara Mengatasi HP Oppo Ngehang

Jika kamu sudah masuk ke menu Pengaturan Tambahan, maka bisa menekan tombol Opsi Tambahan untuk menyelesaikan cara mengatasi HP Oppo ngehang dengan menggunakan menu lain di dalamnya.

Langkah 5: Aktifkan Opsi Pengembang

Cara Mengatasi HP Oppo Ngehang
Cara Mengatasi HP Oppo Ngehang

Aktifkan Opsi Pengembang untuk masuk ke tahap selanjutnya. Caranya adalah dengan menggeser toogle ke samping kanan sampai warnanya berubah menjadi hijau atau biru. Jika sudah diaktifkan, biasanya muncul beberapa menu di bawahnya.

Langkah 6: Pilih Menu Zoom Animasi Jendela

Cara Mengatasi HP Oppo Ngehang
Cara Mengatasi HP Oppo Ngehang

Cara mengatasi HP Oppo ngehang berikutnya adalah memilih menu Zoom Animasi Jendela. Namun, perlu diperhatikan bahwa opsi ini akan memudahkanmu untuk memperbesar jendela animasi, sedangkan rasionya perlu diperkecil, yakni kurang dari 1x.

Terkait: Cara Mengetahui Password IG yang Lupa

Langkah 7: Klik Skala Animasi 0.5x

Cara Mengatasi HP Oppo Ngehang
Cara Mengatasi HP Oppo Ngehang

Kamu akan dihadapkan dengan beberapa pilihan skala animasi mulai dari nonaktifkan sampai 10x. Akan tetapi, bukan berarti semakin besar angkanya justru lebih kencang, melainkan sebaliknya. Jadi, tekan tombol Skala Animasi 0.5x.

Langkah 8: Cek Performa HP Oppo

Cara Mengatasi HP Oppo Ngehang
Cara Mengatasi HP Oppo Ngehang

Cara mengatasi HP Oppo ngehang terakhir adalah melakukan hal yang sama untuk menu Skala Animasi Transisi dan Skala Durasi Animator. Kamu harus mengubah skalanya menjadi 0.5x sesuai dengan instruksi pada opsi Zoom Animasi Jendela. Jika sudah diubah, cek halaman utama HP Oppo dan performanya akan lebih kencang.

Cara Mengatasi HP Oppo Ngehang dengan Hapus Data Aplikasi

Kamu bisa membersihkan semua data aplikasi yang tersimpan, sehingga kinerja ponsel semakin ngebut dan stabil. Cara mengatasi HP Oppo ngehang dengan hapus data aplikasi adalah sebagai berikut:

  • Buka menu Pengaturan atau Setting dari HP Oppo kamu.
  • Pilih menu Manajemen Aplikasi atau Application Management.
  • Cari aplikasi yang datanya akan dihapus.
  • Klik Hapus Data atau Erase Data.
  • Tekan Hapus atau Delete untuk konfirmasi.
  • Terakhir, tunggu beberapa saat sampai semua data aplikasinya sudah terhapus.

Cara Mengatasi HP Oppo Ngehang dengan Uninstall Aplikasi

Jika kamu mengunduh aplikasi terlalu banyak, sebaiknya hapus salah satu atau beberapa aplikasi yang benar-benar tidak digunakan. Tujuannya agar kinerja ponsel dapat ngebut saat digunakan. Cara mengatasi HP Oppo ngehang dengan uninstall aplikasi adalah sebagai berikut:

  • Buka menu Pengaturan atau Setting dari HP Oppo kamu.
  • Pilih menu Manajemen Aplikasi atau Application Management.
  • Cari aplikasi yang datanya akan dihapus.
  • Jika aplikasinya sudah dipilih, klik Copot Pemasangan atau Uninstall.
  • Klik Hapus atau Delete untuk konfirmasi.
  • Terakhir, tunggu beberapa saat sampai proses uninstall berhasil dan memori internal ponselnya akan bertambah secara otomatis.
Terkait: Cara Membuat Catatan di HP Oppo

Demikian tutorial tentang cara mengatasi HP Oppo ngehang dan ngelag yang wajib kamu tahu. Bagi kamu yang menggunakan smartphone Oppo dan sering mengeluh karena cepat lemot, ikuti panduan kami di atas untuk menangani masalah tersebut dengan mudah. Semoga bermanfaat!

Related posts