Home » Mengatasi » Penyebab Rem Mobil Tidak Pakem

Penyebab Rem Mobil Tidak Pakem

Penyebab rem mobil tidak pakem cenderung dikarenakan beberapa komponen yang kurang diperhatikan kualitasnya. Walaupun posisinya tidak terlihat namun sebagian besar dari bagian tersebut jangan pernah dianggap sepele keberadaannya.

Hal ini dikarenakan satu sama lain berperan sebagai dasar dari kinerja rem yang sama seperti komponen mobil lainnya untuk bekerja sesuai fungsinya masing-masing selama anda berkendara demi menjamin keselamatan diri maupun orang lain saat di jalan raya.

Rem mempunyai peran besar bagi sebuah kendaraan, terutama mobil lantaran risiko fatal yang terjadi bila anda tidak memperhatikan kinerjanya adalah kecelakaan yang mampu merenggut nyawa.

Siapa saja harus rutin membawa mobilnya ke bengkel resmi untuk memeriksa kualitas remnya karena penyebab rem mobil tidak pakem dan kuat cukup sulit diperiksa sendiri, sehingga anda membutuhkan bantuan dari ahlinya supaya bisa mencegah hal yang tidak diinginkan saat berkendara.

Penyebab Rem Mobil Tidak Pakem

Penyebab Rem Mobil Tidak Pakem

Rem Mobil Tidak Pakem | Vatire.com

Mengapa Rem Mobil Kurang Pakem dan Kuat Saat Diinjak?

Berikut ini adalah beberapa hal yang menyebabkan rem mobil kurang pakem dan kuat saat diinjak sehingga anda dapat memeriksanya ke bengkel untuk segera memperbaikinya, yaitu :

  1. Booster Rem yang Bermasalah

Penyebab rem mobil tidak pakem yang perlu anda ketahui adalah munculnya kendala pada booster rem. Umumnya anda bakal mengalami kesulitan saat menginjak rem lantaran pedalnya akan terasa lebih keras bila diinjak.

Hal ini disebabkan kebocoran pada bagian komponennya, namun anda bisa mengatasi hal tersebut dengan memeriksa booster nya terlebih dahulu dan membersihkan permukaan remnya supaya pedalnya bisa diinjak saat berkendara.

  1. Kanvas Rem Semakin Menipis

Rem akan sulit bekerja secara sempurna bila kanvasnya semakin menipis bahkan habis. Tak bisa dipungkiri bahwa tipisnya kampas rem bakal berdampak terhadap kinerja pedal rem yang tidak pakem saat diinjak.

Langkah efektif untuk mengatasinya adalah mengganti kanvasnya dengan yang baru, lantaran menipisnya bagian tersebut bukan hanya berisiko kurang pakemnya rem saat diinjak melainkan anda tidak bisa menghentikan mobil saat dikendarai dalam kecepatan cukup tinggi.

  1. Minyak Rem Penuh dengan Kotoran

Hal terpenting yang menyebabkan rem mobil tidak pakem adalah kurang perhatian terhadap kualitas minyak rem.

Anda perlu mengetahui bahwa penyebab utama rem mobil kurang pakem dan kuat adalah menumpuknya kotoran pada bagian tersebut dan mengalir dari permukaan mesin sampai rem sehingga minyak yang berasal dari bagian nipple bakal menyumbat rem mobil anda. Hal itu berdampak terhadap rem sangat keras bahkan tidak bisa diinjak ketika berkendara.

Solusi tepat dalam mengatasi hal tersebut adalah melakukan perawatan mesin secara berkala supaya tidak ada kotoran apapun yang menyumpan permukaan mesin bahkan rem yang membuatnya kurang pakem bahkan tidak bisa diinjak sama sekali.

Anda bisa memeriksa bagian nipple rem dan bersihkan semua kotoran yang menempel sampai keluar, sehingga minyaknya bakal keluar dengan sendirinya.

Cara Mengatasi Rem Mobil Tidak Pakem dan Kuat

Bagaimana Menangani Rem Mobil Tidak Pakem dengan Baik?

Penyebab rem mobil tidak pakem sebenarnya hanya perlu memperhatikan tiga komponen penting sesuai uraian di atas. Kendati demikian, anda perlu memperhatikan apa saja yang harus dilakukan supaya kekuatan rem bisa terjaga dan anda bisa berkendara dengan aman setiap hari.

Pertama adalah menguasai beberapa kerusakan dari booster rem dan langkah sederhana untuk mengatasi masalah pada bagian tersebut adalah memeriksa stasioner mesin. Hal ini terjadi lantaran terjadi kenaikan disebabkan karet membrannya bermasalah bahkan rusak.

Anda juga bisa memeriksa vakum manifold booster dimana bila tidak terjadi kevakuman, maka selangnya tengah mengalami kerusakan atau buntu.

Anda pun perlu memperhatikan solusi pada booster rem seperti pemeriksaan karet booster yang mendadak berisik, lantaran sobek atau rusak. Apabila anda sudah melakukan semua prosedurnya, maka perlu memeriksa karet booster dan melepas master rem sampai tabung booster.

Periksa membran yang sobek lalu tambal dengan benar, pasang lagi semua bagian yang dilepas lalu uji kembali kendaraan dengan hati-hati.

Kendala yang menyebabkan rem mobil tidak pakem bukan hanya disebabkan boosternya saja, namun kampasnya juga. Anda bisa memeriksanya dengan menyiapkan beberapa peralatan seperti kunci roda, kunci pas dan kampas rem terbaru dan longgarkan mur yang bakal dilepas.

Bukalah kampasnya pada bagian belakang roda dengan memakai kunci 12 maupun 14 untuk membuka pen callpernya, lalu keluarkan kampas rem dari samping.

Anda harus memindahkan kampas rem yang sudah aus dengan kampas baru dengan menyesuaikan tingkat ketebalannya dengan mendorong piston ke arah belakang.

Langkah terakhir adalah memasang bagian brake pad yang baru dan kembalikan semua bagian rem mobil yang sudah dibongkar, anda pun bisa menguji coba kendaraan kesayangan anda sebelum dikendarai dalam jarak cukup jauh.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *