Cara Melihat Penggunaan Data di HP Oppo (Semua Tipe)

Cara Melihat Penggunaan Data di HP Oppo
Cara Melihat Penggunaan Data di HP Oppo

PindahLubang.com | Semua orang yang menggunakan smartphone Opo patut mengetahui cara melihat penggunaan data di HP Oppo dengan benar. HP Oppo sama seperti vendor gawai lainnya yang sudah dilengkapi fitur Data Usage. Kamu bisa tahu jumlah pemakaian kuota internet melalui opsi tersebut.

Fitur tersebut dapat dimanfaatkan agar kamu tahu aplikasi mana saja yang menghabiskan kuota ekstra setiap harinya, lho. Oleh karena itu, pengguna HP Oppo bisa meminimalisir pemakaian aplikasi tersebut demi menghemat paket internet harian atau bulanan.

Cara melihat penggunaan data di HP Oppo semua tipe pun dapat dilakukan tanpa menggunakan aplikasi ketiga, lho. Maka dari itu, kamu bisa mengetahui jumlah pemakaian kuota sekaligus menghematnya juga. Jika kamu penasaran, jawabannya akan kami bahas melalui artikel ini.

Cara Melihat Penggunaan Data di HP Oppo

Cara Melihat Penggunaan Data di HP Oppo
Cara Melihat Penggunaan Data di HP Oppo

Barangkali kamu masih penasaran tentang cara melhat penggunaan data di HP Oppo semua tipe, maka bisa menemukan jawabannya melalui artikel ini. Kami sudah menyiapkan panduannya agar kamu dan pemilik smartphone Oppo lain dapat membatasi pemakaian kuota internet.

Seperti kamu tahu bahwa seseorang yang terlalu asyik berselancar di dunia maya, bahkan media sosial bisa menghabiskan waktu berjam-jam. Jangan heran kuota internet akan ‘jebol’ dan membuatmu harus mengeluarkan budget paket internet lebih banyak.

Terkait:  Cara Melihat Last Seen Telegram yang Disembunyikan

Melihat Penggunaan Data di HP Oppo Lewat Status Bar

Pengguna HP Oppo A5 bisa tahu batas penggunaan kuota internet melalui status bar, lho. Langkah ini terbilang efektif karena kamu tidak perlu menggunakan aplikasi ketiga, bahkan setelan ponsel sekalipun. Cara melihat penggunaan data di HP Oppo A5 melalui status bar adalah sebagai berikut:

  • Buka Pengaturan atau Setting terlebih dulu.
  • Pilih menu Pemberitahuan dan Bilah Status.
  • Aktifkan menu Tunjukkan Pemakaian Data di Bagian Bawah Pemberitahuan.
  • Lihat bilah pemberitahuan di bawah bawah. Jika terdapat pemberitahuan pemakaian kuota internet, berarti prosesnya sudah selesai.

Melihat Penggunaan Data di HP Oppo Lewat Setelan

Siapapun yang menggunakan HP Oppo bisa mengetahui jumlah kuota yang sudah terpakai melalui fitur bawaan. Bagaimana caranya? Simak cara melihat penggunaan data di HP Oppo melalui setelan di bawah ini:

  • Pertama, buka aplikasi Pengaturan atau Setting dari HP Oppo kamu.
  • Pilih menu SIM Ganda dan Jaringan Seluler atau Dual SIM and Mobile Network di bagian atas.
  • Klik Data yang Digunakan Bulan Ini.
  • Kemudian, sistem akan menunjukkan penggunaan kuota internet per bulannya secara otomatis.
  • Jika perlu, atur setelan penggunaan data internet hariannya.
  • Informasi jumlah penggunaan kuota internet sudah berhasil diketahui.

Melihat Penggunaan Data di HP Oppo Lewat Aplikasi Data Monitor

Aplikasi Data Monitor dapat digunakan untuk memerika penggunaan kuota internet harian, serta bulanan sesuai dengan SIM card masing-masing. Aplikasi ini memberikan data dan informasi yang sangat akurat dan realtime, lho.

Sementara itu, Data Monitor tidak berbeda dengan aplikasi serupa lainnya di mana penggunanya bisa memanfaatka fitur data usage. Jika kamu sudah mengetahui informasi pemakaian paket data secara rinci, atur aplikasi mana saja yang penggunaan kuotanya perlu diminimalisir.

Terkait:  Oppo F3 vs Oppo F3 Plus

Melihat Penggunaan Data di HP Oppo Lewat Aplikasi Data Usage Monitor

Aplikasi berikutnya yang direkomendasikan untuk memeriksa pemakaian kuota adalah Data Usage Monitor. Seperti namanya bahwa aplikasi ini dapat membantumu untuk melakukan monitoring penggunaan paket internet secara efektif.

Kamu bisa mengetahui jumlah kuota yang sudah terpakai dalam jangka waktu tertentu agar tidak melampaui batas maksimum. Meski begitu, aplikasi ini hanya menyediakan beberapa fitur tertentu yang bersifat gratis, tapi kamu bisa tahu rincian datanya tanpa memanfaatkan layanan berbayar.

Disarankan Editor:

Melihat Penggunaan Data di HP Oppo Lewat Aplikasi Data Usage

Kamu dapat mencoba cara melihat penggunaan data di HP Oppo melalui aplikasi Data Usage. Kamu bisa mengunduh dan menggunakannya secara gratis, lho. Fitur utama yang dimilikinya adalah menampilkan notifikasi tentang penggunaan WiFi sekaligus data internet.

Aplikasi ini bahkan mampu bekerja sebagai data tracker juga. Data Usage pun sudah dibekali dengan fitur data warning, sehingga kamu dapat mendapatkan pemberitahuan jika suatu waktu pemakaian paket internet sudah melampaui batas maksimum yang sudah ditetapkan.

Melihat Penggunaan Data di HP Oppo Lewat Aplikasi My Data Manager

Pengguna HP Oppo semua tipe perlu mengunduh aplikasi My Data Manager jika ingin tahu batas pemakaian kuota internet pada ponsel masing-masing. Aplikasinya dapat diunduh via Google Play Store secara gratis, lho. Simak cara melihat penggunaan data di HP Oppo dengan aplikasi My Data Manager di bawah ini:

  • Download aplikasi My Data Manager melalui Google Play Store.
  • Klik Install.
  • Jalankan dan buka aplikasinya.
  • Pada halaman utama, terdapat tiga tab berbeda yang terdiri dari Mobile, WiFi serta Roaming.
  • Lihat setiap tab untuk mengetahui batas pemakaian kuota internet yang sudah terpakai pada HP Oppo kamu.
Terkait:  Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Oppo Semua Tipe

Menampilkan Kecepatan Internet di HP Oppo

Jika kamu sudah mengetahui cara melihat penggunaan data di HP Oppo, alangkah baiknya kamu pun memahami cara menampilkan kecepatan internet di HP Oppo. Berikut langkah-langkahnya yang wajib diketahui, yakni:

  • Buka aplikasi Pengaturan atau Setting dari HP Oppo kamu.
  • Pilih menu Pemberitahuan dan Bilah Status.
  • Pada halaman tersebut, klik Tampilkan Kecepatan Jaringan.
  • Informasi tentang kecepatan jaringan internet provider kamu akan ditampilkan secara otomatis.

Membatasi Penggunaan Data Internet di HP Oppo

Tak ada salahnya kamu mengelola sekaligus mengatur batasan pemakaian data internet pada smartphone masing-masing. Tujuannya agar kamu dapat meminimalisir pengeluaran budget yang sudah ditekankan untuk kuota akibat terlalu asyik browsing setiap hari. Cara membatasi penggunaan data internet di HP Oppo adalah sebagai berikut:

  • Pertama, buka aplikasi Pengaturan atau Setting dari HP Oppo kamu.
  • Pilih menu SIM Ganda dan Jaringan Seluler atau Dual SIM and Mobile Network.
  • Klik Pengingat Data Harian atau Daily Data Reminder.
  • Atur pemakaian kuota internet harian sesuai dengan kebutuhanmu.

Mengetahui Penggunaan Data pada Aplikasi di HP Oppo

Kamu pasti tidak tahu aplikasi apa saja yang menghabiskan kuota internet cukup banyak, kan? Daripada penasaran, ikuti cara mengetahui penggunaan data pada aplikasi di HP Oppo semua tipe di bawah ini:

  • Buka aplikasi Pengaturan atau Setting pada HP Oppo kamu.
  • Pilih menu Aplikasi atau Applications.
  • Pada halaman aplikasi, klik Kelola Aplikasi atau Manage Apps.
  • Kemudian, muncul daftar aplikasi sistem dan unduhan yang sudah terpasang pada HP Oppo kamu.
  • Cari aplikasi mana saja yang ingin dilihat penggunaan data internetnya.
  • Jika sudah dipilih, detail pemakaian kuota pada aplikasi akan terlihat secara otomatis.

Cara melihat penggunaan data di HP Oppo sangat mudah dan praktis, kan? Kamu bisa menggunakan fitur bawaan sampai aplikasi ketiga untuk melakukannya. Selain itu, kamu pun dapat membatasi pemakaian kuota internet harian dengan mengikuti panduan kami di atas. Semoga membantu!

Related posts