Cara Mengirim Aplikasi dari Bluetooth

Cara mengirim aplikasi dari bluetooth masih menjadi salah satu opsi yang banyak digunakan pengguna smartphone ketika mereka hendak mengirimkan ataupun menerima apkikasi berbasis apk yang mana nantinya aplikasi ini bisa dijadikan salah satu opsi untuk diinstall ketika mereka tidak mendapatkan atau tidak memiliki aplikasi yang ada pada ponsel pengguna lain.

Selain itu, mengirm aplikasi dari bluetooh juga terilang masih jadi cara atau alternatif yang baik ketika para pengguna mungkin tidak mendapatkan jaringan internet atau wifi untuk mengirim file atau aplikasi dari perangkat satu ke perangkat lainnya. Terlebih lagi, saat ini tentu kita tak asing dengan layanan bluetooh yang mana bisa kita temukan di hampir seluruh smartphone ataupun perangkat lain seperti laptop.

Cara Mengirim Aplikasi dari Bluetooth

Cara Mengirim Aplikasi dari Bluetooth
Cara Mengirim Aplikasi dari Bluetooth

Namun untuk beberapa pengguna smartphone yang masih awam ataupun baru, mungkin cara mengirim aplikasi dari bluetooth masih agak sulit untuk dilakukan, terlebih lagi jika mereka belum mengerti tentang langkah-langkah yang harus dilakukan ketika hendak menggunakan bluetooth pada perangkat mereka, padahal caranya mudah banget loh.

Langkah 1 – Siapkan Aplikasi yang Hendak di Kirim

Langkah pertama adalah jelas, di sini kamu harus menyiapkan terlebih dahulu aplikasi apa yang akan kamu kirim atau bagikan ke pengguna lain lewat bluetooth. Untuk aplikasinya sendiri, kamu bisa mendapatkannya melalui Google ataupun kamu bisa menginstallnya terlebih dahulu lewat Play Store, kemudian kamu bisa menginstall aplikasi APK Extractor untuk mengubah aplikasi yang terinstall tadi, dengan format apk.

Terkait: Cara Ekspor Kontak ke Gmail

Tapi gak cuma file atau aplikasi saja kok, di sini kamu juga bisa menyiapkan file lain yang hendak dikirim seperti file zip, dokumen, dan lain sebagainya. Jadi, sesuaikan saja dengan kebutuhanmu, ya.

Langkah 2- Hidupkan Bluetooh dan Lakukan Pairing

Kemudian jika sudah, kamu bisa melakukan pairing bluetooth dari perangkat utama yang kamu gunakan, dengan perangkat lain yang akan berperan sebagai penerima aplikasi. Di sini, ada cara yang harus kamu lakukan, seperti

  1. Hidupkan fitur bluetooth dari status bar pada ponsel pertama dan ponsel kedua
  2. Pada ponsel pertama (pengirim) kamu bisa tap agak lama diicon bluetoothsampai masuk ke pengaturan bluetooh
  3. Pada ponsel kedua, kamu bisa melakukan pengaturan bluetooth juga, dan aturvisibilitasnyamenjaditerlihat untuk semua
  4. Kembali ke ponsel pertama, kamu bisa klik padapair new devicesatautambah perangkat baru
  5. Kemudian jika sudah, tunggu sampai proses scanning di perangkat pertama selesai, dan kamu bisa klik padanama bluetoothdi ponsel kedua untuk melakukan sinkronisasi
  6. Setelah perangkat berhasil di pairing atau disesuaikan, kamu bisa lanjut ke tahap selanjutnya.

Nah, dalam hal ini apabila kamu mengalami masalah dengan perangkat tidak ditemukan, kamu bisa melakukan pairing ulang dengan mematikan bluetooth terlebih dahulu dan kemudian menghidupkannya lagi sebelum melakukan pairing ulang.

Langkah 3 – Pilih Pengguna Bluetooth sebagai Penerima

Setelah proses pairing selesai, maka kamu sudah berhasil menambahkan perangkat kedua sebagi penerima, nah di sini kamu bisa langsung klik pada tombol back, atau home untuk lanjut ke tahapan selanjutnya.

Atau kamu juga bisa melakukan pairing antar perangkat bluetooth ketika kamu sudah masuk ke tahap ke emapat, di mana kamu harus memilih aplikasi mana yang hendak dikirim lewat bluetooth.

Terkait: Cara Menyembunyikan File di Hp Vivo

Langkah 4 – Pilih Aplikasi yang Hendak di Kirim

Kembali ke ponsel pertama yang menjadi pengirim aplikasi, kamu bisa cari pada file aplikasi mana yang ingin kamu kirimkan melalui bluetooth, nah di sini kamu bisa mencari file aplikasinya melalui file manager di ponsel kamu ataupun menggunakan file explorer lain yang memang sesuai dengan kebutuhanmu.

Jika sudah ketemu dengan aplikasi yang ingin kamu kirim,tap agak lamapada aplikasi tersebut, lalu pilihsend toataushare

Selanjutnya kamu bisa klik pada opsi pengiriman file, karena di sini kita akan menggunakan bluetooth, maka kamu bisa pilih iconbluetoothuntuk melakukan pengiriman

Tunggu beberapa saat, sampai kamu diarahkan ke laman pengaturan bluetooth untuk pengiriman aplikasi lewat bluetooth, sampai muncul nama penerimaataubluetooth ponsel keduayang memang menjadi penerima aplikasi.

Klik pada nama bluetooth tersebut, dan kemudian nantinya di ponsel kedua akan muncul konfirmasi jika ada pengguna yang hendak mengirimkan file ke ponsel melalui bluetooth.

Klik saja pada opsiizinkanatauokuntuk kemudian kamu bisa menerima file yang dikirim.

Langkah 5 – Tunggu Hingga Proses Pengiriman Selesai

Langkah terakhir dari semua step yang sudah dilakukan adalah kamu tinggal menunggu proses pengiriman aplikasinya selesai. Nah, di sini kamu bisa memantau atau melihat proses pengiriman file lewat bluetooth dari status bar yang mana akan menampilkan progress bar dari aplikasi yang dikirim.

Pada tahap ini, mimin sangat menyarankan kamu untuktidak memainkan ponsel sampai file yang dikirim berhasil masukagar tidak tejradi error pada saat pengiriman aplikasi lewat bluetooth ini.

Apakah Cara ini Bisa dilakukan Pada Smartphone dan Ponsel Biasa?

Tentu bisa, selama ponsel biasa atau yang belum masuk dalam kategori smartphone ini masih memiliki fitur bluetooth, kamu masih tetap bisa berkirim file dengan mudah melalui layanan bluetooth. Namun pastikan dulu, kamu sudah mengetahui soal cara menghidupkan atau mengaktifkan layanan bluetooth pada kedua jenis ponsel yang digunakan.

Terkait: Cara Menampilkan Layar HP ke Laptop dengan USB

FIle Apa Saja yang Bisa di Kirim lewat Bluetooth?

Ada beragam jenis file yang bisa kamu kirim lewat bluetooth ini, baik dari aplikasi berupa file .apk, file .zip, .docx, dan lain sebagainya. Selama ukuran file yang ada masih tidak melebihi batas, maka kamu bisa mengirimnya lewat bluetooh.

Berapa Besaran File Maksimal yang Bisa dikirim lewat Bluetooth?

Tentunya tak begitu besar, karena bluetooth masih memiliki batasan ukuran, mungkin untuk beberapa file yang memang memiliki ukuran lebih dari 50MB, akan memakan waktu yang cukup lama untuk dikirim atau di transfer melalui bluetooth.

Apakah Pengiriman File dari Bluetooth ini Bisa dilakukan pada Mode Pesawat?

Jawabannya tentu bisa. Pada beberapa smartphone yang saat ini banyak digunakan mode bluetooth sendiri masih tetap bisa aktif walaupun kamu menggunakan mode pesawat pada ponselmu, nah tentunya cara ini juga bisa menjadi alternatif dari bagaimana kamu tidak memainkan ponsel pada saat pengiriman file bluetooth.

Kesimpulan

Adapun beberapa cara mengirim aplikasi dari bluetooth yang mimin bagikan di atas tadi, tentu bisa kamu sesuaikan dengan perangkat yang kamu gunakan. Pastikan juga kamu memang mengirimkan file aplikasi yang ukurannya tidak terlalu besar, atau kamu juga bisa menggunakan layanan dan bantuan dari aplikasi pengiriman file yang menggunakan sistem bluetooth atau jaringan wifi seperti ShareMe, dan juga ShareIt.

Demikianlah pembahasan singkat mimin mengenai cara mengirim aplikasi dari bluetooth yang bisa kamu coba, silakan sesuaikan dengan langkah-langkah yang sudah mimin tuliskan di atas tadi, selamat mencoba, dan semoga bermanfaat.

Related posts