Cara Melihat Baterai Health iPhone

iPhone merupakan smartphone premium yang diklaim punya kualitas lebih bagus daripada Android. Meski begitu, semuanya akan sia-sia jika kamu menggunakannya sembarangan, termasuk baterai. Kamu perlu tahu cara melihat baterai health iPhone agar perangkat dapat tahan lebih lama.

Seperti kamu tahu bahwa smartphone yang baterainya sering diisi ulang justru rentan mengalami kerusakan, lho. Jika iPhone kamu sering di charge berulang kali dalam sehari, kemungkinan besar kesehatan dan kualitas baterainya sudah menurun.

Read More

Cara melihat baterai health iPhone pun dapat dilakukan tanpa aplikasi. Pengguna iPhone seri apapun sebaiknya perlu memeriksa kesehatan baterainya secara berkala. Jika kamu sering memakai ponsel saat charging, jangan heran kualitasnya akan menurun dan smartphone perlu diisi ulang berulang kali dalam sehari.

Cara Melihat Baterai Health iPhone
Cara Melihat Baterai Health iPhone

Penyebab Baterai Health iPhone Menurun

Baterai iPhone yang kualitasnya semakin menurun ternyata tidak terjadi begitu saja, lho. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh hal-hal yang jarang kamu sadari sebagai berikut:

  • Main Game Saat Charging
    Pemandangan umum yang mengakibatkan kesehatan baterai iPhone menurun adalah kamu sering main game online saat charging. Tak bisa dimungkiri kebiasaan buruk ini justru semakin memperburuk kualitas baterai. Bahkan, risiko kerusakan sangat rentan terjadi, lho.
  • Terkena Suhu Ekstrem
    Tak bisa dimungkiri suhu ekstrem yang mengenai smartphone juga mengakibatkan baterainya cepat rusak, lho. Kalau iPhone kamu sering disimpan di tempat cukup panas, apalagi di bawah sinar matahari langsung biasanya kesehatan baterainya akan menurun secara drastis.
  • Charging Sampai Full
    Setiap orang pasti ingin baterai ponselnya awet, tak jarang mereka bahkan kamu sering charge sampai 100%. Namun, kebiasaan tersebut justru membuat kesehatan baterai menurun. Kamu tidak boleh isi ulang daya hingga penuh, sebaliknya jangan biarkan dayanya habis alias 0%.
  • Penggunaan Charger KW
    iPhone memang terkenal dengan aksesorisnya yang mahal. Tak ayal, banyak orang enggan mengeluarkan uang banyak dan memutuskan beli perangkat batangan, termasuk charger. Jika kamu pakai charger kw, baterainya akan cepat rusak dan iPhone tidak bisa berfungsi kembali.
Terkait: Cara Menghapus Kontak di iPhone

Cara Meningkatkan Battery Health iPhone

Pengguna iPhone tidak perlu cemas jika tingkat kesehatan baterainya menurun. Pasalnya, kamu bisa melakukan beberapa langkah sederhana untuk menjaga kualitas baterai ponsel seperti hal-hal di bawah ini:

  • Gunakan Mode Daya Rendah
    Fitur ini memberikan informasi tentang tingkatan baterai. Jika mode daya rendah diaktifkan, maka bisa mengurangi kecerahan layar, animasi sistem sampai mengoptimalkan perangkat saat digunakan.
  • Hindari Suhu Panas
    Jangan pernah meletakkan iPhone di suhu ruangan terlalu panas, apalagi di bawah sinar matahari langsung. Kamu harus menyimpannya di tempat-tempat teduh dengan temperatur sedang bahkan kurang dari 30 derajat celcius, sehingga kesehatan baterai dapat terjaga.
  • Update Perangkat Lunak
    Versi iOS yang belum diperbarui ternyata dapat mempengaruhi kualitas baterai, lho. Kamu harus memperbarui perangkat lunak pada iPhone yang digunakan. Kamu bisa memperbaruinya dengan cara update iOS terbaru di bawah ini:
    • Buka Pengaturan atau Setting dari iPhone kamu.
    • Pilih menu Umum atau General.
    • Klik Pembaruan Perangkat Lunak atau Update Software.
    • Terakhir, ikuti instruksi selanjutnya sampai proses update software
  • Lepas Case Saat Isi Daya
    Langkah sederhana supaya kesehatan baterai iPhone lebih awet dan tahan lama adalah melepas case saat isi daya. Sebab, alat tersebut dapat menghantarkan suhu cukup panas dan cukup berbahaya terhadap iPhone, sehingga kamu perlu lepas case nya saat sedang charging.
  • Matikan Fitur Auto Download
    Usia baterai smartphone akan berkurang jika kamu sering mengunduh aplikasi, apalagi kalau kapasitasnya cukup besar. Oleh karena itu, solusinya adalah menonaktifkan fitur auto download pada iPhone. Jika fiturnya dimatikan, aplikasinya tidak akan terunduh otomatis.
  • Kurangi Intensitas Cahaya
    Layar iPhone terlalu terang pun dapat mengakibatkan tingkat kesehatan baterai menurun. Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah mengurangi intensitas layarnya. Kamu bisa turunkan persentase kecerahannya, sehingga tidak dapat merusak mata saat melihat layar dalam waktu cukup lama.
Terkait: Cara Merubah Tampilan Android Menjadi iPhone

Cara Melihat Baterai Health iPhone

Cara melihat baterai health iPhone bisa dilakukan dengan cepat dan mudah. Kamu bahkan tidak perlu mengunduh dan menggunakan aplikasi apapun untuk melakukannya. Pengguna iPhone perlu tahu hal ini, sehingga dapat meminimalisir sesuatu yang membuat baterai ponselnya cepat rusak.

Kami sudah menyiapkan panduannya supaya kamu bisa tahu, apakah baterai iPhone kamu benar-benar masih terbilang sehat atau sebaliknya. Kamu akan menentukan sendiri dan memutuskan apakah perangkat berisiko cepat drop maupun tidak.

Langkah 1: Buka Pengaturan

Cara melihat baterai health iPhone yang pertama adalah membuka aplikasi Pengaturan atau Setting. Kamu bisa menemukannya berupa logo roda gerigi yang berada pada home screen alias halaman utama iPhone masing-masing.

Langkah 2: Pilih Menu Baterai

Pada halaman Pengaturan, cara melihat baterai health iPhone selanjutnya adalah mengetuk opsi Baterai atau Battery. Menu ini biasanya berada pada bagian bawah dalam setelan iPhone, tergantung model dan seri iPhone yang digunakan.

Langkah 3: Klik Kesehatan Baterai

Cara melihat baterai health iPhone berikutnya adalah menekan tombol Kesehatan Baterai atau Battery Health pada bagian Battery. Menu ini berfungsi supaya kamu bisa tahu persentase kesehatan baterai ponsel, apakah masih bagus atau tidak.

Langkah 4: Cek Menu Kapasitas Maksimum

Cara melihat baterai health iPhone yang terakhir adalah menekan tombol Kapasitas Maksimum atau Maximum Capacity. Jika tombolnya sudah ditekan, tunggu beberapa saat sampai informasi tentang persentase kesehatan baterai iPhone muncul secara otomatis.

Cara Melihat Baterai Health iPhone Lewat Apple Support

Apple Support merupakan layanan utama untuk setiap pelanggan atau pengguna perangkat iOS. Kamu bisa bertanya kepada pusat bantuan Apple tentang persentase baterai iPhone yang sedang digunakan. Mereka biasanya akan bertanya tentang model atau seri perangkat, sedangkan datanya akan diberikan secara detail.

Terkait: Cara Melihat Kunjungan Profil Instagram Tanpa Aplikasi

Cara Melihat Baterai Health iPhone Lewat Aplikasi Battery Life Doctor

Aplikasi ini sudah menjadi pilihan untuk mengetahui kesehatan dan kualitas baterai ponsel. Kamu bisa mengunduhnya via App Store, sedangkan pemakaiannya pun sangat mudah. Selain itu, aplikasi Battery Life Doctor akan menampilkan data lengkap mulai dari isi ulang baterai, kapasitas sampai tegangannya.

Cara Melihat Baterai Health iPhone Lewat Aplikasi Battery HD+

Kamu dapat menggunakan aplikasi Battery HD+ untuk mengetahui kesehatan baterai, melakukan kalibrasi dengan mudah. Aplikasinya memiliki fitur monitoring, serta layanan Full Callibration agar kualitas dan performa baterai dapat kembali seperti semula. Jadi, iPhone kamu tidak akan cepat lowbat dan rusak.

Cara Melihat Baterai Health iPhone Lewat Aplikasi Battery Testing

Aplikasi Battery Testing sudah dirancang khusus untuk para pengguna iPhone. Kamu dapat mencobanya untuk mengetahui sumber masalah baterai ponsel cepat habis. Selain itu, aplikasinya pun bekerja efektif dengan melakukan identifikasi dalam menemukan penyebab kesehatan baterai ponsel menurun.

Demikian informasi tentang cara melihat baterai health iPhone semua seri yang cepat dan mudah. Jika kamu merasa baterainya cepat habis, ketahui semua penyebabnya dan solusinya lewat pembahasan yang sudah kami bahas di atas. Semoga membantu!

Related posts