Cara Cek BI Checking di HP Android

Bagaimana cara cek BI checking di HP Android dengan benar dan mudah? Langkah ini biasanya dilakukan oleh mereka yang akan melakukan pemeriksaan BI checking secara mandiri. Maka dari itu, cara cek BI checking perlu kamu ketahui.

BI checking sebelumnya merupakan layanan informasi riwayat kredit dengan menerapkan Sistem Informasi Debitur (SID). Informasinya sering dikeluarkan antar bank maupun layanan keuangan terpercaya. Informasinya sangat akurat dan efektif untuk melihat siapa saja yang berhak mengajukan kredit di kemudian hari.

Informasi umum yang biasanya dipertukarkan dalam SID antara lain agunan, identitas debitur, pemilik dan pengurus (perusahaan) yang menjadi debitur, jumlah pembayaran yang didapatkan serta riwayat pembayaran kredit, hingga kredit macet. Kami akan menjelaskan cara cek BI checking di HP Android serta pengertian dan cara kerjanya lewat artikel ini.

Cara Cek BI Checking di HP Android
Cara Cek BI Checking di HP Android

Pengertian BI Checking

BI checking merupakan layanan informasi terpercaya yang melampirkan riwayat kredit debitur dalam Sistem Informasi Debitur (SID). Informasinya dibutuhkan untuk mengajukan cicilan kredit dalam jumlah yang besar, misalnya KKB (Kredit Kendaraan Bermotor), KPR (Kredit Pemilikan Rumah), KTA (Kredit Tanpa Agunan) hingga kartu kredit.

Bank biasanya akan mengakses SID untuk melihat dan menganalisa riwayat IDI. Jika pihak bank sudah mendapat laporan secara lengkap, informasi tersebut akan digunakan sebagai bahan pertimbangan, apakah debitur berhak ajukan kredit lagi atau tidak.

Penyebab Tidak Lolos BI Checking

Bank akan menolak pengajuan kredit yang diajukan debitur karena hasil penilaian BI checking sangat jauh di bawah rata-rata. Di samping itu, penyebab tidak lolog BI checking biasanya diakibatkan oleh debitur tidak disiplin dalam melunasi cicilan kreditnya.

Terkait: Cara Mengganti Latar Belakang Foto

Pihak terkait memberlakukan sistem blacklist supaya para debitur bisa menyelesaikan semua cicilan sebelumnya. Jika kreditnya sudah lunas, maka mereka dapat mengajukan cicilannya kembali. Jika debitur tidak bisa menunggak sama sekali, potensi pengajuan kredit diterima pun semakin besar.

Daftar Nilai BI Checking

Bank akan selalu menghindari kredit macet atau Non Performing Loan (NPL). Angka NPL yang semakin meroket menandakan para debitur kurang disiplin dan tidak bertanggung jawab terhadap cicilan kreditnya.

Bank pun bakal mengakses SID untuk memeriksa IDI, kemudian pihak bank akan mengetahui nilai BI checking untuk menentukan apakah calon debitur berisiko atau tidak. Jika kamu ingin tahu daftar skor BI checking, informasinya bisa kamu simak lewat poin-poin di bawah ini:

  • Skor 1: cicilan kredit lancar, debitur sudah memenuhi kewajiban membayar angsuran tanpa tunggakan sampai lunas.
  • Nilai 2: dalam pengawasan khusus, debitur mengalami tunggakan dalam jangka waktu 1-90 hari.
  • Skor 3: kredit tidak lancar, debitur mengalami tunggakan dalam jangka waktu 91 sampai 120 hari.
  • Nilai 4: cicilan kredit diragukan, debitur tercatat mengalami tunggakan dalam kurun waktu 121 hingga 180 hari.
  • Skor 5: cicilan kredit macet, debitur tercatat menunggak cicilannya dalam jangka waktu lebih dari 180 hari.

Cara Membersihkan BI Checking Supaya Lolos Kredit

Jika kamu ingin lolos kredit pinjaman dengan penilaian memuaskan, maka bisa mengikuti cara membersihkan BI checking yang benar di bawah ini:

  • Melunasi cicilan dan pinjaman dengan keringanan bunga maupun denda.
  • Membayar tunggakan pinjaman hingga mencapai kategori aman.
  • Menjual hasil pinjaman lewat sukarela atau lelang.
  • Memberikan restrukturisasi pinjaman, yaitu solusi yang disediakan bank untuk debitur yang terkena musibah hingga penipuan.

Cara Cek BI Checking di HP Android

Barangkali kamu masih belum tahu cara cek BI checking di HP Android sama sekali, jawabannya hanya dapat ditemukan lewat pembahasan artikel ini. Kami sudah merangkum tutorialnya supaya kamu bisa memeriksa dan mengetahui, apakah kamu punya riwayat cicilan lancar atau tidak.

Terkait: Cara Hapus Akun Gmail

Beberapa orang terkadang enggan bahkan tidak peduli dengan hal ini, asalkan mereka bisa mengajukan kredit untuk kebutuhan lainnya. Padahal, kalau skor BI checking kamu menembus angka 3 bahkan 5 kemungkinan besar pengajuan cicilanmu akan langsung ditolak.

Langkah 1: Siapkan Berkas

Cara cek BI checking di HP Android yang pertama adalah siapkan semua berkas terlebih dulu. Selain itu, debitur mempunyai dua golongan berbeda yakni debitur perorangan dan debitur badan usaha, di mana keduanya punya persiapan dokumen berbeda. Berikut dokumen-dokumen yang perlu disiapkan, yakni:

  • Debitur Badan Usaha
    • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).
    • Akta Pendirian.
    • Surat Kuasa (asli/fotokopi) dan identitas asli badan usaha. Jika diberi kuasa, bawa surat kuasa.
    • Identitas asli pengurus sekaligus badan usaha, bisa juga dengan fotokopi legalisir.
    • Perubahan anggaran dasar yang melampirkan struktur pengurus serta yurisdiksi.
  • Debitur Perorangan
    • Fotokopi KTP (WNI).
    • Fotokopi data diri atau paspor (WNA).
    • Jika diberi kuasa, lampirkan surat kuasa dan salinan identitas pihak terkait.

Langkah 2: Akses Website OJK

Jika kamu sudah menyiapkan semua berkas yang dibutuhkan, cara cek BI checking di HP Android berikutnya adalah mengakses situs resmi OJK via www.konsumen.ojk.go.id/MinisiteDPLK/Registrasi melalui browser. Laman ini merupakan tautan form antrian online yang ditujukan untuk pemeriksaan BI checking.

Langkah 3: Isi Formulir

Pada halaman utama website tersebut, kamu harus mengisi formulir permohonan IDEB. Jika semua data sudah dilampirkan, maka bisa memilih jadwal dan waktu pemeriksaan, pastikan sesuai dengan slot antrian yang tersedia. Jam antrian online nya dapat menyesuaikan kegiatanmu mulai dari Senin s/d Jumat sebagai berikut:

  • 08:00 s/d 09:00 WIB.
  • 09:00 s/d 10:00 WIB.
  • 10:00 s/d 11:00 WIB.
  • 11:00 s/d 12:00 WIB.
  • 13:00 s/d 14:00 WIB.
  • 14:00 s/d 15:00 WIB.
Terkait: Cara Cadangkan WA

Langkah 4: Cek Email

Cara cek BI checking di HP Android selanjutnya adalah memeriksa email masuk ke surel (surat elektronik) yang dilampirkan. Jika kamu sudah mengisi formulir IDEB sebelumnya, pihak terkait akan mengonfirmasinya ke email kamu.

Langkah 5: Verifikasi Data

Langkah selanjutnya adalah tunggu beberapa saat sampai pihak OJK berhasil memverifikasi semua data yang sudah kamu lampirkan. Tujuannya agar kamu dapat menjadi salah satu bagian yang berhak diperiksa riwayat cicilan kreditnya.

Langkah 6: Baca Data IDEB via Email

Cara cek BI checking di HP Android yang terakhir jika verifikasi data sudah selesai, maka data IDEB kamu akan langsung dikirim via email terdaftar. Kamu bisa memeriksanya untuk tahu jadwal pemeriksaan, serta keterangan lainnya yang dilampirkan di sana.

Cara Cek BI Checking di HP Android Lewat WhatsApp

Jika kamu ingin memeriksa BI checking melalui WhatsApp, pihak OJK biasanya akan memeriksa semua data yang sudah dilampirkan oleh Pemohon SLIK. Jika datanya benar, kamu bakal mendapatkan email validasi dari OJK setidaknya H-3 sejak tanggal antrian yang sudah dipilih.

Kamu bisa melakukan verifikasi WhatsApp ke nomor ponsel yang tercantum pada email validasi dengan batas waktu paling lambat H-3 hingga H+1 dengan melampirkan berkas tertentu, yakni foto atau scan formulir yang disertai nama ibu kandung tanda tangan tiga bagian di kolom terlampir, serta foto selfie sambil memegang berkas identitas.

Demikian informasi lengkap tentang cara cek BI checking di HP Android yang wajib kamu tahu. Jika kamu ingin mengajukan cicilan kredit ke pihak tertentu, pastikan skor BI checking kamu bagus dan ikuti prosedur di atas untuk pemeriksaan dan pengajuannya. Semoga bermanfaat!

Related posts