Cara Mengubah Video YouTube Menjadi Teks di Laptop dan HP

Cara Mengubah Video YouTube Menjadi Teks
Cara Mengubah Video YouTube Menjadi Teks

PindahLubang.com | YouTube merupakan platform media sosial berbagi video terbesar di dunia. Kamu bisa menonton dan mendengarkan video apa saja yang diinginkan di sana. Jika kamu bosan mendengarkannya, maka bisa coba cara mengubah video YouTube menjadi teks di HP atau laptop dengan mudah.

Kamu sekarang tidak wajib menonton semua konten YouTube, di mana semuanya dapat diubah menjadi tulisan biasa. Kondisi ini diperuntukan untuk kamu yang malas mendengarkan, apalagi menonton tayangan dalam jangka waktu cukup lama.

Seperti kamu tahu kalau semua konten YouTube memang wajib didengar sekaligus ditonton sesuai dengan durasi videonya masing-masing. Namun, kamu sekarang bisa membacanya berupa tulisan dengan cara ubah video YouTube menjadi teks. Informasinya akan kami bahas melalui artikel ini.

Daftar Isi

Penyebab Gagal Mengubah Video YouTube Menjadi Teks

Kamu pasti ingin tahu penyebab konten YouTube gagal diubah menjadi teks, bukan? Kondisi tersebut biasanya diakibatkan oleh hal-hal di bawah ini:

  • Jaringan Internet Buruk
    Konten YouTube yang tidak dapat diubah menjadi teks atau tulisan biasanya sudah pasti diakibatkan oleh koneksi internet bermasalah. Tak menutup kemungkinan kalau server nya bermasalah, sedangkan kamu dapat memeriksa jaringan internet sebelum videonya diubah menjadi teks.
  • Aplikasi Browser Terkena Crash
    Penyebab selanjutnya yang mengakibatkan video YouTube tidak bisa diubah menjadi tulisan adalah aplikasi browser sudah terkena crash. Kalau Google Chrome bermasalah, maka bisa menggunakan peramban browser lain seperti Mozilla Firefox, Opera dan sejenisnya yang kualitasnya sama.
  • Tautan Video Salah
    Jangan sampai kamu menyalin tautan atau URL video YouTube yang salah. Kondisi tersebut akan menyebabkan proses perubahan dan konversi konten ke teks tidak berjalan lancar. Cari salah satu video yang diinginkan, lalu salin linknya dengan benar lewat sistem copy paste otomatis.
  • Server Dalam Perbaikan
    Tak menutup kemungkinan kalau server aplikasi YouTube maupun peramban browser yang kamu gunakan sedang dalam perbaikan (under maintenance). Kamu tidak dapat mengatasi masalah ini dengan hal-hal apa pun, di mana servernya hanya bisa ditunggu sampai normal kembali.
  • Data Cache Menumpuk
    Kamu harus rajin membersihkan data dan file cache yang menumpuk pada aplikasi browser yang akan digunakan. Jika kamu membiarkannya setiap hari, performa browser tidak akan berjalan lancar, justru semakin lemot. Kamu bisa menghapusnya dengan aplikasi pembersih bawaan perangkat masing-masing.
Terkait:  Cara Melihat Penghasilan Youtuber

Cara Mengubah Video YouTube Menjadi Teks

Cara Mengubah Video YouTube Menjadi Teks
Cara Mengubah Video YouTube Menjadi Teks

Jika kamu masih belum tahu cara ubah video YouTube menjadi teks di HP atau laptop dengan benar, maka bisa mengikuti pembahasan artikel kami sampai akhir. Kami sudah menyiapkan beberapa panduan, sehingga kamu dapat mengubah kontennya menjadi tulisan, baik dengan atau tanpa aplikasi.

Video YouTube yang berdurasi singkat, bahkan panjang sekali pun sekarang dapat diubah menjadi tulisan biasa. Cocok untuk kamu yang sangat malas menyimak setiap cuplikan yang ditayangkan, bahkan mampu menghemat kuota internet juga lho.

Langkah 1: Buka Aplikasi Browser

Cara mengubah video YouTube menjadi teks yang pertama adalah membuka aplikasi browser seperti Google Chrome, Mozilla Firefox dan lainnya. Jika sudah dibuka, ketik API Pidato Web ke peramban yang tersedia, lalu masuk ke laman tersedia.

Langkah 2: Klik Tautan

Pada halaman selanjutnya, cara mengubah video YouTube menjadi teks berikutnya adalah menekan tautan atau link berikut, yakni www.google.com/intl/en/chrome/demos/speech.html melalui peramban browser yang sedang kamu gunakan.

Langkah 3: Ubah Bahasa

Jika tautannya sudah kamu klik sekali, maka sekarang bisa mengubah bahasa nya sesuai dengan kebutuhanmu. Kamu dapat mengubahnya menjadi Bahasa Indonesia atau bahasa lain yang terdapat pada konten video tersebut.

Langkah 4: Cari Video YouTube

Cara mengubah video YouTube menjadi teks selanjutnya adalah membuka tab baru, kemudian cari salah satu konten video favoritmu untuk diubah ke tulisan biasa. Kamu dapat mencari video berbahasa asing atau Indonesia pada platform tersebut.

Langkah 5: Buka Browser Lain

Jika videonya sudah berhasil ditemukan, kamu dapat membuka browser lain melalui satu layar yang sama. Selanjutnya, tekan tombol berlogo microphone pada situs API Pidato untuk mengubah konten YouTube menjadi teks biasa.

Langkah 6: Mulai Proses Merekam Suara

Cara mengubah video YouTube menjadi teks yang terakhir adalah segera mulai proses merekam suara pada konten tersebut. Kamu bisa mengikuti petunjuk yang ada, sehingga videonya dapat langsung diubah menjadi tulisan biasa.

Cara Mengubah Video YouTube Menjadi Teks Lewat Aplikasi GBoard

GBoard merupakan salah satu aplikasi yang dapat kamu manfaatkan untuk mengetik di HP. Kamu pun mampu menggunakannya untuk mengubah konten YouTube menjadi tulisan biasa lho. Jika kamu masih belum tahu prosedurnya, cara mengubah video YouTube menjadi teks lewat aplikasi GBoard bisa disimak sebagai berikut:

Langkah 1: Download Aplikasi GBoard

Kamu dapat mengunduh aplikasi GBoard melalui Google Play Store (Android) atau App Store (iPhone) terlebih dulu. Kamu dapat mengetik nama aplikasinya ke kolom pencarian, lalu tekan tombol Install dan tunggu beberapa saat sampai proses pemasangannya selesai.

Langkah 2: Buka Aplikasi Google Docs

Jika aplikasi GBoard sudah selesai diunduh, maka kamu bisa membuka aplikasi mengetik seperti Google Docs dan sejenisnya. Kemudian, buka kembali GBoard untuk memulai proses konversi video YouTube menjadi teks biasa.

Terkait:  Cara Download Video Youtube Jadi Mp3

Langkah 3: Cari Video YouTube

Langkah berikutnya yang harus kamu lakukan adalah mencari konten video YouTube, di mana tautannya wajib kamu salin terlebih dulu. Proses ini memudahkanmu dalam proses konversi file nya dengan sistem multitasking yang mudah dan praktis.

Langkah 4: Tekan Tombol Mikrofon

Kalau URL videonya sudah disalin, tekan tombol mikrofon yang berada di aplikasi GBoard. Kamu pun dapat langsung menyalin tautan video tersebut menjadi tulisan biasa, sehingga kontennya dapat disimak lebih mudah.

Cara Mengubah Video YouTube Menjadi Teks Lewat Aplikasi Live Transcribe

Aplikasi Live Transcribe and Sound menjadi tool selanjutnya yang direkomendasikan jika kamu ingin mengubah tampilan video YouTube menjadi tulisan biasa. Cara penggunaannya sangat mudah, supaya kamu bisa langsung mengkonversikan link video menjadi teks sesuai dengan kebutuhanmu.

Langkah 1: Download Aplikasi Live Transcribe and Sound

Kamu bisa download aplikasi Live Transcribe and Sound melalui perangkat yang digunakan terlebih dulu. Aplikasinya dapat kamu miliki secara gratis, bahkan sangat aman tanpa malware dan virus di dalamnya.

Langkah 2: Cari Video YouTube

Jika aplikasinya sudah dibuka, maka kamu bisa mengatur setelan bahasanya. Kemudian, cari salah satu video YouTube favoritmu yang tautannya akan disalin untuk diubah menjadi tulisan biasa. Kamu bisa memilih lewat beranda atau opsi pencarian.

Langkah 3: Tekan Tombol Mikrofon

Kalau videonya sudah ketemu, jangan lupa menekan tombol mikrofon pada aplikasi Live Transcribe and Sound. Kemudian, tunggu beberapa saat sampai muncul suara videonya yang siap diubah menjadi tulisan biasa.

Langkah 4: Simpan File

Kamu dapat menyimpan data rekamannya dengan menekan tombol Select All, lalu dilanjutkan dengan mengetuk opsi Copy untuk menyalin semuanya. Lalu, file tersebut akan tersimpan ke perangkat secara otomatis.

Cara Mengubah Video YouTube Menjadi Teks Lewat Aplikasi Speechnotes

Aplikasi Speechnotes bakal memudahkanmu untuk mengubah konten YouTube menjadi tulisan biasanya dengan cepat. Tools ini bahkan mampu mencatat semua ucapan yang berasal dari video lebih mudah dan praktis. Penggunaannya aman, ringan dan simpel yang sangat dianjurkan bagi pemula.

Langkah 1: Download Aplikasi Speechnotes

Unduh aplikasi Speechnotes melalui smartphone kamu terlebih dulu. Aplikasinya dapat diunduh dan digunakan secara gratis, lalu jalankan programnya dengan mudah seperti kamu membuka tools serupa lainnya.

Langkah 2: Cari Video YouTube

Kamu bisa langsung mencari konten video YouTube yang akan diubah menjad tulisan biasa, kemudian salin link nya dengan benar. Lalu, masukkan tautan tersebut ke aplikasi tersebut untuk memulai proses konversinya.

Langkah 3: Video Sudah Diubah Menjadi Teks

Kamu bisa mengikuti petunjuk berikutnya sampai muncul notifikasi bahwa kontennya sudah diubah menjadi tulisan biasa. Selain itu, kamu bisa menyimpan datanya untuk dibaca saat mengisi waktu kosong di rumah.

Cara Mengubah Video YouTube Menjadi Teks Lewat Aplikasi Google Docs

Google Docs sudah menjadi aplikasi utama untuk para penulis atau siapa saja yang hampir tidak bisa lepas dari kegiatan tulis menulis. Siapa sangka kalau kamu dapat menggunakannya dalam mengubah semua konten YouTube menjadi teks lho. Prosesnya cepat, mudah dan praktis tanpa habiskan kuota.

Langkah 1: Atur Setelan Rekaman di Laptop

Kamu harus mengatur setelan rekaman di laptop atau PC terlebih dulu. Caranya dengan membuka Control Panel, kemudian tekan tombol Perangkat Keras dan Suara atau Hardware and Sound untuk mengelola pengaturannya.

Langkah 2: Tekan Tombol Suara

Pada halaman selanjutnya, kamu dapat mengetuk opsi Suara atau Sound dan tunggu beberapa saat sampai muncul tab baru. Kemudian, lanjutkan dengan memilih menu Perekaman untuk memulai proses rekamannya.

Terkait:  Cara Iklan di Youtube

Langkah 3: Pilih Menu Siapkan sebagai Perangkat Default

Jika tombolnya sudah ditekan, maka kamu bisa membuka tab Stereo Mix, lalu tekan tombol Siapkan sebagai Perangkat Default. Opsi tersebut biasanya akan langsung aktif dan sudah siap untuk digunakan.

Langkah 4: Buka Google Docs

Kamu bisa langsung membuka Google Docs melalui laptop, lalu buka tab Tools yang berada di bagian atas layar. Kalau tab nya sudah terbuka, maka kamu bisa menekan tombol Voice Typing untuk memulai perekamannya.

Langkah 5: Cari Video YouTube

Langkah selanjutnya adalah mencari salah satu video YouTube yang suaranya akan diubah menjadi tulisan biasa. Selain itu, aktifkan fitur rekaman pada Google Docs dengan menekan tombol microphone, lalu ubah bahasa sesuai dengan videonya.

Langkah 6: Suara Akan Diubah Menjadi Teks

Langkah terakhir yang dapat dilakukan adalah fitur Voice Typing akan bekerja untuk mengubah suara video menjadi tulisan secara otomatis. Fiturnya akan berhenti berdasarkan durasi video yang sedang diputar.

Cara Mengubah Video YouTube Menjadi Teks Lewat Situs Anthiago

Situs Anthiago merupakan salah satu website yang berguna untuk mengubah suara konten YouTube menjadi teks biasa. Penggunaannya sangat mudah dan praktis, sedangkan kamu tidak perlu login dengan akun apa pun untuk mengakses situsnya. File nya pun bisa disimpan pada perangkat yang kamu gunakan.

Langkah 1: Cari Video YouTube

Langkah awal yang harus kamu lakukan adalah mencari salah satu konten video YouTube terlebih dulu. Jika videonya sudah ketemu, maka bisa menyalin tautannya dengan menekan tombol titik tiga di samping atas, lalu tekan tombol Salin Tautan Video atau Copy URL Video.

Langkah 2: Akses Website Anthiago

Kalau URL videonya sudah disalin, kamu dapat membuka website www.anthiago.com melalui peramban browser favoritmu. Jika sudah terbuka, geser layar ke bawah dan temukan desgrabador dan pilih Bahasa Indonesia.

Langkah 3: Masukkan Link Video YouTube

Jika setelan bahasa sudah diatur, masukkan link atau tautan video yang sudah disalin ke kolom di bagian atas. Kamu bisa tekan dan tahan kolomnya, lalu klik Paste atau Tempel dan linknya akan langsung muncul untuk segera diproses.

Langkah 4: Cek Hasil Video

Layar akan menampilkan hasil video yang sudah diubah menjadi tulisan sesuai dengan keinginanmu, kamu pun dapat memeriksanya terlebih dulu. Jika ingin menambahkan video lain, lakukan hal yang sama.

Langkah 5: Salin Teks

Langkah terakhir yang dapat kamu lakukan adalah menyalin teks yang sudah kamu terima, kemudian simpan ke aplikasi bantuan pada perangkat. Kamu bisa membaca dan menggunakannya lagi untuk dibaca lagi nanti.

Cara Mengubah Video YouTube Menjadi Teks Tanpa Subtitle

Jika kamu hampir sering menonton video YouTube yang tanpa subtitle, konten tersebut dapat diubah menjadi tulisan biasa dengan tidak menambahkan subjudul lho. Kamu dapat mengubahnya lebih cepat dan mudah, bahkan hasilnya sama seperti informasi yang berada pada video favoritmu tersebut.

Langkah 1: Pilih Video yang Ingin Dirangkum dari YouTube

Kamu bisa memilih dan mencari salah satu video yang akan dirangkum menjadi tulisan, kemudian salin tautannya dengan mengetuk opsi Salin Tautan Video atau Copy Link Video yang berada di samping kanan atas.

Langkah 2: Kunjungi Situs Anthiago

Kalau URL video nya sudah kamu salin, akses situs Anthiago melalui www.anthiago.com, kemudian tentukan bahasa sesuai dengan informasi video yang diinginkan. Kamu dapat memilih dan menggunakan Bahasa Indonesia.

Langkah 3: Masukkan Link Video

Jangan lupa masukkan link video yang sudah kamu salin ke kolom tersedia. Jika link nya sudah dimasukkan, tekan tombol Transcript di samping kolomnya. Tunggu beberapa saat sampai teks muncul secara otomatis.

Langkah 4: Tekan Tombol Copy Transcript

Cara terakhir yang dapat kamu lakukan adalah menyalin teks tersebut dengan mengetuk opsi Copy Transcript. Kalau tombolnya sudah ditekan, semua tulisannya sudah disalin dan dapat kamu paste kembali ke aplikasi memo dan sejenisnya pada laptopmu.

Cara Mengubah Video YouTube Menjadi Teks Online

Metode terakhir yang dapat kamu lakukan adalah mengubah konten video YouTube menjadi teks secara online. Kamu bukan sekadar menggunakan situs Anthiago saja, melainkan beberapa website serupa yang berada di internet. Ikuti panduan lengkapnya melalui panduan di bawah ini.

  • Buka aplikasi YouTube terlebih dulu.
  • Cari salah satu konten video yang akan diubah menjadi teks.
  • Salin URL atau tautan videonya.
  • Akses website converter video seperti Anthiago, Veed.io dan sejenisnya di internet.
  • Pada halaman utama situsnya, tekan tombol Bahasa Indonesia.
  • Masukkan URL video ke kolom yang tersedia.
  • Klik OK.
  • Terakhir, salin teks atau transkrip untuk ditempel (paste) ke aplikasi note dan lainnya.

Demikian informasi lengkap tentang cara mengubah video YouTube menjadi teks online, baik dengan aplikasi atau website yang dapat kamu lakukan di HP dan PC. Kamu bisa ubah kontennya dengan atau tanpa subjudul sesuai dengan kebutuhan. Selamat mencoba!

Related posts