Cara Menonaktifkan Talkback Samsung

Cara Menonaktifkan Talkback Samsung yang Terkunci, Mudah!

PindahLubang.com | Bagi kamu yang menggunakan smartphone Samsung semua tipe, alangkah baiknya mengetahui cara menonaktifkan talkback Samsung yang terkunci dengan benar. Kamu dapat mematikan fitur tersebut melalui aplikasi setelan sampai Google Assistant lho.

Fitur ini perlu kamu matikan supaya bisa menghilangkan getaran maupun suara ketika layar ponsel disentuh. Sayangnya, banyak orang masih belum tahu soal ini, padahal prosesnya justru sangat cepat dan mudah karena memakan waktu kurang dari 10 menit saja.

Talkback memang tidak selalu dibutuhkan setiap hari, kecuali kalau kamu belum pernah menggunakannya. Jika kamu ingin mematikannya, cara matikan talkback Samsung yang terkunci dengan mudah. Informasinya akan kami bahas secara lengkap dan ringkas melalui artikel ini.

Sekilas Tentang Talkback Samsung

Fitur Talkback adalah software besutan Google Inc. yang berguna untuk membaca layar pada semua smartphone Android. Cara kerjanya adalah mengubah perintah tulisan menjadi suara (lisan) yang dikonversikan ke dalam teks audio.

Fitur ini sangat bermanfaat untuk para pengidap masalah penglihatan yang menggunakan HP Samsung dan Android lainnya. Alhasil, mereka dapat mengoperasikan gadget lebih mudah dan praktis, meski setiap logo aplikasi tidak disentuh secara langsung.

Cara Menonaktifkan Talkback Samsung

Cara Menonaktifkan Talkback Samsung
Cara Menonaktifkan Talkback Samsung

Barangkali kamu sedang mencari cara matikan talkback Samsung yang terkunci dengan cepat dan mudah, maka bisa mengikuti sekaligus menyimak pembahasan artikel kami sampai selesai. Kami sudah menyiapkan panduannya agar kamu dapat mematikan fitur tersebut.

Seperti kami sampaikan sebelumnya kalau fitur talkback hanya berguna untuk mereka yang mengalami gangguan penglihatan. Bagi kamu yang punya penglihatan normal, dipastikan fitur ini tidak akan digunakan dan bisa dinonaktifkan.

Terkait:  Cara Mengunci Aplikasi di HP Samsung, Mudah dan Praktis!

Cara Menonaktifkan Talkback Samsung yang Terkunci

Jika kamu sudah tahu pengertian fitur talkback, maka bisa mematikan layanannya dengan cara matikan talkback Samsung yang terkunci lewat tutorial di bawah ini:

Langkah 1: Buka Aplikasi Pengaturan

Cara matikan talkback Samsung yang terkunci adalah membuka aplikasi Pengaturan atau Setting dari ponselmu. Kamu dapat menemukannya dengan logo roda gerigi pada halaman utama atau home screen.

Langkah 2: Pilih Menu Aksesibilitas

Pada halaman Pengaturan, cara matikan talkback Samsung yang terkunci adalah memilih menu Aksesibilitas atau Accessibility di bagian bawah. Jika opsinya sudah terbuka, tekan tombol Vision pada laman tersebut.

Langkah 3: Klik Talkback

Jika halaman Vision sudah terbuka, maka kamu bisa mengetuk opsi Talkback. Menu ini biasanya terdapat pada bagian Voice Assistant, di mana fiturnya mempermudah perintah tulisan menjadi suara secara otomatis.

Langkah 4: Matikan Talkback

Cara matikan talkback Samsung yang terkunci adalah matikan fitur tersebut. Caranya dengan menggeser toogle ke samping kiri. Jika slider atau toogle nya berubah warna menjadi abu-abu, talkback sudah berhasil dimatikan.

Cara Menonaktifkan Talkback Samsung Lewat Tombol Fisik

Kamu bisa menggunakan kombinasi tombol fisik untuk mematikan fitur talkback pada HP Samsung semua tipe lho. Cara matikan talkback Samsung dengan tombol adalah sebagai berikut:

  • Pertama, tekan tombol Volume Atas dan Bawah secara bersamaan.
  • Jika tombolnya sudah ditekan, lepaskan perlahan untuk mendapatkan notifikasi.
  • Tekan kembali kedua tombol tersebut sampai fitur talkback sudah dinonaktifkan.

Cara Menonaktifkan Talkback Samsung Lewat Google Assistant

Penggunaan Google Assistant pun dapat kamu manfaatkan untuk mematikan fitur talkback pada HP Samsung. Simak langkah-langkahnya yang cepat dan mudah di bawah ini:

  • Buka HP Samsung kamu terlebih dulu.
  • Katakan OK, Google! sampai Google Assistant aktif dan merespon perintah suaramu.
  • Ucapkan Matikan Talkback atau Turn Off Talkback.
  • Terakhir, fitur talkback sudah berhasil dimatikan.
Terkait:  Cara Menonaktifkan Shopeepaylater

Demikian pembahasan lengkap tentang cara menonaktifkan talkback Samsung yang terkunci melalui pengaturan, tombol dan Google Assistant. Semoga membantu!

Similar Posts