Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A51

By On Friday, January 10th, 2020 Categories : Review Kelebihan dan Kekurangan, Samsung
Bagikan Ke:

Apakah kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A51 menjadi incaranmu saat ini? Sebagaimana diketahui bahwa ponsel terbaru muncul dari vendor ternama Samsung dengan nama Galaxy A51. Ponsel ini juga merupakan Galaxy A50S dalam versi lain.

Mengingat kelebihannya yang memang lebih banyak dibanding kelemahannya, Galaxy A50s tetap jadi primadona saat ini. Terlepas dari semua itu, kamu wajib coba dan upgrade ke Galaxy A51 yang baru muncul di tahun ini.

Memang, tahun 2019 lalu jadi tahun dimana Samsung rilis banyak produk smartphone terbaru. Dan saat ini, 2020 akan tetap selalu ada produk baru dari Samsung yang tengah dimulai dari Galaxy A51 juga menjadi bahasan kami kali ini.

Berapa harga Samsung Galaxy A51?

Menjawab pertanyaan mengenai harga taksiran dari Samsung Galaxy A51 adalah persoalan yang masih sedikit rumit. Karena memang untuk harganya sendiri masih update dan terbilang berubah-ubah dari mulai perilisannya. Dan saat ini, harga Samsung Galaxy A51 tengan mencapai sekitar 4,2 jutaan. Harga tersebut masih menjadi harga kisaran dan tetap akan mengalami perubahan sewaktu-waktu.

Sudah penasaran dengan apa yang menjadi keunggulan dan kelemahan Galaxy A51 ini lur? Sebelum mengulas kelebihan kekurangannya, ada baiknya yuk cek terlebih dahulu spesifikasi singkat dari Samsung A51 berikut ini.

Spesifikasi Samsung Galaxy A51

Samsung Galaxy A51

Samsung Galaxy A51

Rilis : Desember 2019
Ukuran Layar: 6.5 inci
Tipe Layar: Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors
Chipset: Exynos 9611 (10nm)
CPU: Octa-core (4×2.3 GHz Cortex-A73 & 4×1.7 GHz Cortex-A53)
GPU: Mali-G72 MP3
OS: Android 10.0; One UI 2
Internal:

  • 64GB 4GB RAM
  • 128GB 4GB RAM
  • 128GB 6GB RAM

Eksternal: microSD, up to 1 TB (dedicated slot)
Kamera Utama: (Quad)

  • 48 MP, f/2.0, 26mm (wide), 1/2.0″, 0.8µm, PDAF
  • 12 MP, f/2.2, 13mm (ultrawide), 1.12µm
  • 5 MP, f/2.4, 40mm (telephoto), dedicated macro camera
  • 5 MP, f/2.2, (wide), 1/5.0″, 1.12µm, depth sensor

Kamera Depan: 32 MP, f/2.2, 26mm (wide), 1/2.8″, 0.8µm

Terkait:  Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A50S

Baterai: Li-Po 4000 mAh (Baterai Tanam) Fast battery charging 15W

Dari spesifikasi diatas terlihat bahwa ponsel pintar berbasis android satu ini memang sangat mumpuni di beragam sektor ya lur. Apa saja sih kecanggihannya?

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A51

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A51

Samsung Galaxy A51

Untuk mengetahui secara lengkap dan mendetail, Galaxy A51 memiliki beragam fitur canggih yang mana membawa kelebihan dan kekurangan sebagai berikut ini.

Kelebihan Samsung Galaxy A51

Dimulai dari kecanggihan yang menjadi nilai plusnya, berikut berbagai kelebihan Samsung Galaxy A51 yang harus kamu tau.

1. Varian Warna yang Begitu Epic

Menjadi kelebihan paling utama dari Samsung Galaxy A51 adalah tersedianya pilihan warna yang sangat beragam berjumlah lima warna. Varian warna Samsung Galaxy A51 diantaranya yakni Prism, Crush Black, White, Blue, dan Pink.

Varian Warna Samsung Galaxy A51

Mau pilih warna apa nih lur? Oya, sebagai informasi tambahan bahwa pilihan warna Galaxy A51 ini sangat berbeda dari yang lain. Dalam artian, semua pilihan warnanya tersedia dengan desain perpaduan gradasi yang sangat menarik.

2. Kapasitas Baterai Besar

Sama dengan kepunyaan Galaxy A50S, ponsel baru milik Samsung yang satu ini memiliki baterai dengan kapasitas yang besar yakni 4000 mAh. Dan secara langsung ini menjadi kelebihan Galaxy A51. Karena, dengan kapasitas baterai yang besar tersebut akan mampu membuat daya tahan ponsel semakin lama entah itu dari talktime maupun standby. Bahkan menurut prediksinya, waktu penggunaan talktime di jaringan 3G dapat tahan hingga 32 jam serta 87 jam untuk standby.

3. Pengisian Baterai Ngebut Tanpa Benjut

Kelebihan Samsung A51 selanjutnya masih terletak pada penggunaan baterainya, Jika baterainya berkapasitas besar maka akan lebih sempurna lagi dengan dukungan fitur fast charging. Dan benar saja, Samsung telah memberikan fitur fast battery charging hingga 15W untuk Galaxy A51 miliknya ini. Dengan fitur tersebut tentunya akan semakin membuatmu merasa senang, karena kamu tak perlu menunggu lama saat pengisian ulang baterai.

4. Fingerprint Ready

Menjadi keunggulan bagi ponsel baru milik Samsung, yaitu Galaxy A51 adalah terletak pada sektor keamanannya. Setiap ponsel pintar berbasis android pastinya memiliki fitur keamanan tersendiri, kunci pola misalnya. Sama halnya dengan Samsung A51 yang telah memiliki kunci pola tersebut. Akan tetapi, menariknya adalah Galaxy A51 ini telah dibawai dengan sensor sidik jari (fingerprint) yang dapat dipakai untuk mengunci ponsel.

5. Terdapat FM Radio

Tak dapat dipungkiri lagi, adanya fitur radio FM memang selalu menjadi teman asyik pengguna saat dilanda kejenuhan. Itulah mengapa Samsung telah membenamkan fitur radio FM pada Galaxy A51 miliknya yang sekaligus menjadi kelebihan bagi ponsel ini.

Terkait:  Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A10S

6. Memakai USB Type-C

Apa itu USB Type-C? USB C yaitu spesifikasi USB untuk sebuah konektor 24-pin yang bisa dibolak-balik untuk keperluan transfer data dan tenaga listrik. Jadi kamu tak perlu lagi repot untuk mencolokkannya dengan benar karena penggunaannya bisa dibolak balik sesuka hati.

Kelebihan Samsung Galaxy A51 adalah telah dibawai dengan lubang USB Type-C. Penggunaan ini juga sekaligus berpengaruh pada kecepatan pengisian baterai dan transfer data.

7. Tersedia Fitur NFC

Nah, ini yang juga menarik untuk menyandingi era teknologi masa kini. Menjadi kelebihan bagi Samsung Galaxy A51 adalah adanya pembawaan fitur NFC yang dapat dipakai sewaktu-waktu.

8. Primary Quad Kamera

Mungkin ini yang paling ditunggu dari semua fitur yang ada, yaitu penggunaan kamera primer yang berjumlah 4 buah pada Galaxy A51. Kelebihan dari Samsung A51 adalah pembawaan 4 buah kamera utama atau istilah kerennya quad camera. Untuk resolusi kamera ini masing-masing adalah 48 MP (wide), 12 MP (ultrawide), 5 MP (telephoto), dan 5 MP (wide).

Keempat kamera primer Galaxy A51 tersebut masing-masing sudah berlensa wide, jadi tak perlu lagi repot memikirkan angle foto saat ingin groufie dengan temanmu. Selanjutnya, kamu juga didukung dengan fitur kamera LED flash, panorama, dan HDR yang akan melengkapi kebutuhan fotomu.

Sementara untuk perekaman video, dapat kamu atur kualitas dan ukurannya 2160p@30fps atau 1080p@30/60/120fps. Tinggal sesuaikan saja dengan kebutuhanmu saat ingin merekam video.

9. Kamera Selfie Resolusi Tinggi

Keunggulan Samsung A51 masih pada bagian kamera, namun kali ini pada bagian kamera depannya. Jika kamu pecinta selfie, maka sangat cocok untuk menggunakan kamera selfie beresolusi tinggi milik Samsung A51 ini lur. Kenapa? Dengan kamera selfie/kamera depan beresolusi tinggi tentu saja akan mendapatkan hasil tangkapan gambar yang berkualitas dan jernih.

Berapa resolusi kamera depan Galaxy A51? Samsung Galaxy A51 memiliki kamera depan dengan resolusi mencapai 32 MP. Kamera tersebut juga sudah berlensa wide dengan dukungan fitur HDR yang dapat melengkapi kebutuhan selfie kamu.

Bagaimana video yang dihasilkan dari kamera depan milik Galaxy A51? Tentu saja sangat baik kualitasnya, karena ukuran dan atau kualitasnya mencapai 1080p@30fps.

10. Kapasitas Penyimpanan Sangat Lega

Kelebihan Samsung A51 selanjutnya terletak pada penggunaan memori penyimpanan internal dan eksternalnya. Galaxy A51 dibawai dengan dua pilihan memori internal yakni minimal 64 GB dan maksimal hingga 128 GB. Sementara untuk RAM nya berkapasitas minimal 4 GB dan maksimal hingga 6 GB.

Terkait:  Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A20S

Jika masih kurang, kamu masih didukung dengan pembawaan slot memori eksternal yang dapat menampung microSD hingga kapasitas 1 TB.

11. Penggunaan OS Update Terbaru

Jika sebelum ini Samsung A20S dan Samsung A30S membawa OS Android 9.0 (Pie), maka untuk Samsung A51 kali ini lebih baru satu tingkat diatasnya.

Menjadi kelebihan Samsung Galaxy A51 karena telah didukung dengan sistem operasi (OS) terbaru masa kini yaitu Android 10.0; One UI 2. Untuk tampilannya, kami sendiri belum pernah memakainya. Namun, kami yakin dengan OS Android 10.0 ini tentunya memiliki nilai plus diatas Android 9.0 (Pie).

12. Layar Dilindungi Corning Gorilla Glass 3

Masih menjadi keunggulan Samsung A51 adalah terletak dibagian layar yang dipakainya. Selain pakai panel Super AMOLED, layar dari Samsung Galaxy A51 juga telah dilindungi dan diproteksi dengan adanya Corning Gorilla Glass 3. Dimana hal ini tentu saja akan menjadi peran aktif dalam melindungi layar dari berbagai goresan.

Kelebihan Galaxy A51 Lainnya:

  • Layar Super AMOLED
  • Dual SIM
  • Bodi Plastik dengan Balutan Kaca Bagian Depan Bodi
  • Fitur ANT+

Kekurangan Samsung Galaxy A51

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A51

Sekarang mari kita ulas apa saja yang menjadi kekurangan bagi Samsung Galaxy A51 ini, dan berikut ini adalah daftar kelemahan yang dimiliki Galaxy A51.

1. Baterai Tanam

Lagi dan lagi penggunaan baterai tanam di smartphone baru. Menjadi satu kekurangan Samsung Galaxy A51 adalah pemakaian baterai tanam Li-Po yang tidak dapat dilepas begitu saja. Sering kami jelaskan bahwa sebuah baterai tanam akan merepotkan pengguna saat terjadi kerusakan pada lubang charger.

2. Ukuran Layar Terlalu Besar

Menjadi kelemahan Samsung Galaxy 51 selanjutnya adalah adanya penggunaan layar yang memiliki ukuran yang cukup besar dan lebar. Layar Galaxy A51 berukuran 6,5 inci yang secara otomatis hal ini akan merepotkan pengguna saat hendak dibawa kemanapun. Serta, dalam pengoperasiannya tentu saja merepotkan karena harus dengan dua tangan.

Itu saja ulasan mengenai beragam kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A51 lengkap dengan spesifikasi dan harga. Kamu dapat menyimpulkan sendiri seberapa canggih ponsel ini, dan tentu saja harus mempertimbangkan dengan kebutuhan dan budget kamu sebelum membeli. Terakhir, jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada teman-temanmu ya! 😉 Bantu web Pindah Lubang untuk dapat terus memberikan ulasan review ponsel terbaru setiap hari.

Topik Terkait:

  • kelebihan dan kekurangan samsung a51
  • Samsung a51 kelebihan dan
Bagikan Ke:
Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A51 | Bidan Review | 4.5
Tulung ojo di copy ya lur...