Cara Membuat Soal di Google Classroom

Cara Membuat Soal di Google Classroom (7 Langkah), Terupdate!

PindahLubang.com | Apakah kamu sedang mencari cara membuat soal di Google Classroom? Aplikasi ini sudah menjadi pilihan banyak orang, khususnya para guru untuk menunjang kegiatan belajar mengajar secara virtual. Selain itu, kamu dapat mengundang semua murid dengan kode khusus supaya bisa gabung otomatis.

Google Classroom merupakan salah satu dari beberapa aplikasi pendidikan yang dapat dimanfaatkan untuk membuat kelas sampai soal secara online. Penggunaannya aman, cepat dan mudah yang bisa diakses melalui semua perangkat digital.

Google Classroom memberikan kemudahan dan kenyamanan untuk semua guru dalam berinteraksi dengan muridnya dari jarak jauh. Kamu bisa memberikan pertanyaan lewat cara buat soal di Google Classroom seperti keinginanmu. Semua murid pasti dapat mengikutinya sesuai kelasnya masing-masing.

Cara Membuat Soal di Google Classroom

Cara Membuat Soal di Google Classroom
Cara Membuat Soal di Google Classroom

Jika kamu belum tahu cara buat soal di Google Classroom sebagai guru yang benar, maka bisa mengikuti pembahasan artikel kami sampai selesai. Semua guru yang sedang menerapkan sistem pembelajaran jarak jauh memang sering menggunakan platform ini.

Tak dapat dimungkiri bahwa kamu dituntut untuk mahir dalam membuat soal semua mata pelajaran lho. Meski begitu, prosesnya tidak sulit seperti yang dibayangkan. Kamu cukup menyiapkan rangkuman materi yang layak dijadikan ujian bagi semua murid di sekolah.

Cara Membuat Soal di Google Classroom sebagai Guru

Kamu pasti penasaran tentang cara buat soal di Google Classroom sebagai guru, kan? Jika ingin tahu lebih lanjut, sebaiknya coba panduannya yang sudah kami rangkum lewat poin-poin di bawah ini:

Langkah 1: Buka Aplikasi Google Classroom

Cara buat soal di Google Classroom sebagai guru yang pertama adalah membuka aplikasinya melalui gadgetmu. Jika kamu mengaksesnya lewat browser, akses laman www.classroom.google.com dan login dengan akun yang aktif.

Terkait:  Cara Membuat Folder di Google Drive (App & Web)

Langkah 2: Pilih Menu Kelas

Jika sudah masuk ke akun pribadimu, cara buat soal di Google Classroom sebagai guru berikutnya adalah memilih menu Kelas. Kemudian, layar akan menampilkan daftar kelas yang kamu kelola, lalu tekan tombol Tugas Kelas.

Langkah 3: Klik Buat Pertanyaan

Pada halaman selanjutnya, kamu harus menekan tombol (+) untuk menampilkan daftar perintah lain pada akun Google Classroom. Jika tombolnya sudah ditekan, ketuk opsi Buat Pertanyaan untuk segera menciptakan soal-soal online yang diinginkan.

Langkah 4: Tulis Deskripsi dan Pertanyaan

Cara buat soal di Google Classroom sebagai guru selanjutnya adalah tuliskan deskripsi, serta pertanyaan online yang akan dibuat. Pastikan semua informasi sesuai dengan materi dan jenjang yang sedang kamu ajarkan saat ini.

Langkah 5: Atur Batas Waktu Pengerjaan

Kalau deskripsi dan pertanyaan sudah ditulis, kamu sekarang dapat mengatur batas waktu pengerjaan soal online untuk semua muridmu, entah hitungan menit atau jam. Jika waktunya sudah diatur, tekan tombol Tetapkan.

Langkah 6: Aktifkan Opsi Siswa Dapat Saling Membalas

Jangan lupa untuk mengaktifkan opsi Siswa Dapat Saling Membalas supaya mereka bisa memberi pertanyaan padamu, seandainya ada salah satu pertanyaan yang kurang dimengerti. Tak hanya itu, aktifkan pula opsi Siswa Dapat Mengedit kalau ingin mengubah jawabannya.

Langkah 7: Klik Simpan

Cara buat soal di Google Classroom sebagai guru yang terakhir adalah tekan tombol Simpan di bagian bawah. Tunggu beberapa saat sampai muncul notifikasi bahwa pertanyaannya sudah dibuat, lalu dapat dibagikan ke semua muridmu.

Demikian informasi lengkap tentang cara membuat soal di Google Classroom sebagai guru yang benar dan mudah. Kamu dapat mengikuti panduan kami di atas, supaya semua pertanyaan bisa segera dibuat dan dibagikan untuk diisi oleh setiap murid. Semoga membantu!

Terkait:  Cara Buat TV Tuner Android Sendiri untuk Pemula, 4 Langkah Mudah!

Similar Posts