Cara Buat TV Tuner Android Sendiri

Cara Buat TV Tuner Android Sendiri untuk Pemula, 4 Langkah Mudah!

PindahLubang.com – Bagaimana cara buat TV tuner Android sendiri dengan mudah? Beberapa orang selama ini lebih sering streaming untuk menonton tayangan favoritnya. Padahal, kamu tidak perlu menghabiskan kuota banyak guna menyaksikan acara terbaik setiap hari.

Pengguna HP Android sekarang bisa menciptakan inovasi baru, yakni TV tuner untuk menayangkan acara kesukaanmu. Tak hanya itu, kamu bebas menentukan saluran mana yang akan disiarkan dan ditonton untuk mengusir rasa bosan di mana pun.

TV tuner memang cukup familiar bagian segelintir orang di Indonesia. Pasalnya, beberapa pengguna gadget mulai beralih menggunakannya, meskipun belum seeksis layanan streaming online. Kamu pun dapat membuatnya dengan cepat, mudah dan praktis tanpa membuang banyak waktu lho.

Sekilas Tentang TV Tuner

Secara umum TV tuner merupakan salah satu layanan yang sekarang dapat dinikmati oleh mayoritas pengguna HP Android. Sayangnya, banyak orang mengklaim kalau keberadaannya justru memberikan rasa tidak nyaman, lantaran proses pembuatannya yang kerap kali dianggap rumit.

Tak dapat dimungkiri bahwa penggunaan TV tuner justru mampu menghemat kuota internet cukup besar. Kamu bebas menonton acara kesayangan, tanpa khawatir paket data menipis dan bisa digunakan untuk komunikasi lainnya.

Apakah TV Tuner Bisa Digunakan di Semua Jenis HP Android?

Kamu harus tahu kalau pembuatan TV tuner bisa dilakukan sendiri, bahkan mendukung semua perangkat Android yang dilengkapi port  USB OTG. Meski begitu, pastikan pula HP Android kamu bisa dijadikan lokasi pemasangan aplikasi TV tuner.

Terkait:  5 Cara Mengirim Aplikasi dari Bluetooth dengan Benar

Jangan lupa memahami dan memeriksa spesifikasi dari aplikasi yang akan digunakan. Pasalnya, tidak semua merk dan tipe perangkat Android mendukung penggunaannya. Jika kamu memaksakannya, biasanya aplikasi tidak akan terdeteksi atau kurang bekerja secara maksimal.

Bisakah Menambahkan TV Lokal di TV Tuner?

Beberapa developer aplikasi TV tuner biasanya menyediakan fitur khusus untuk menambahkan saluran televisi secara manual. Di samping itu, kamu dapat mencari informasi seputar frekuensi maupun parameter dari saluran TV yang ingin ditambahkan.

Jangan lupa memasukkan data tersebut ke dalam televisi, agar acaranya dapat ditonton dengan jelas. Jika kamu ragu atau tidak yakin, baca kembali panduan penggunaan aplikasi TV tuner yang sudah diunduh, supaya salurannya bisa ditangkap sinyal TV di ponselmu.

Apa Perlu Izin Khusus untuk Menggunakan TV Tuner di HP Android?

Tak sedikit orang masih memperdebatkan tentang hal ini, di mana mayoritas saluran TV punya izin yang harus disetujui terlebih dulu. Meski begitu, kamu tidak perlu mengantongi hak siar dan izin dari setiap stasiun televisi di Indonesia.

Kamu bebas menonton acara favorit, asalkan bertujuan untuk kebutuhan pribadi dan tidak melanggar kebijakan maupun peraturan yang berlaku. Jangan lupa untuk tetap menghormati hak cipta dari setiap acara milik stasiun TV terkait, sehingga tayangannya tidak dapat disalahgunakan.

Apakah Penggunaan TV Tuner Butuh Daya Baterai Besar?

TV tuner yang sudah dapat digunakan di ponselmu, ternyata membutuhkan daya baterai supaya bisa bekerja dengan baik. Namun, banyak orang berpikir kalau konsumsi daya yang dibutuhkan sangat besar. Alhasil, HP Android cepat drop dan kehabisan baterai karena sering memakai TV tuner.

Kami pastikan bahwa persentase atau rasio kebutuhan dayanya bersifat signifikan, asalkan tetap dalam batas wajar. Untuk menghemat baterai, pastikan aplikasi TV tuner selalu ditutup jika kamu sudah selesai menggunakannya.

Terkait:  Cara Mengatasi HP Bootloop

Bisakan TV Tuner Buatan Sendiri Dipakai Nonton TV Kabel dan Satelit?

Kamu harus tahu kalau TV tuner yang dibuat sendiri hanya dapat digunakan untuk nonton acara TV terrestrial digital (DVB-T) saja. Bagi kamu yang bersikeras untuk menonton siaran TV kabel dan satelit, biasanya diperlukan perangkatan tambahan lebih bagus dan spesifik lho.

Kamu harus menggunakan modul tuner yang sudah mendukung sistem DVB-C (khusus kabel), serta DVB-S (khusus satelit). Jika sudah memilikinya, segera operasikan agar siaran TV kabel maupun satelit dapat ditonton setiap hari.

Cara Buat TV Tuner Android Sendiri

Cara Buat TV Tuner Android Sendiri
Cara Buat TV Tuner Android Sendiri

Barangkali kamu masih bingung atau tidak tahu cara membuat TV tuner Android sendiri, kami akan membantumu untuk melakukannya dengan mudah. Jawabannya hanya bisa ditemukan lewat artikel ini, di mana kami sudah merangkum pembahasannya secara jelas dan lengkap.

Kamu tidak perlu buang waktu untuk nonton acara TV tanpa kuota dan pulsa. Pasalnya, pembuatan TV tuner adalah solusi untuk kamu yang gemar menyaksikan siaran televisi secara fleksibel. Kamu sekarang bebas melakukannya tanpa batas setiap hari.

Cara Buat TV Tuner Android Sendiri

Jika kamu sudah memahami dan mengetahui hal-hal tentang TV tuner di atas, maka bisa memulai proses pembuatannya di HP Android sendiri dengan mengikuti panduan berikut:

Langkah 1: Siapkan Alat dan Bahan

Kamu wajib menyiapkan alat dan bahan untuk membuat TV tuner di HP Android, yakni:

  • Alat
    • Gunting: memotong kabel dan bahan lain.
    • Obeng: membuka dan memasang komponen pada perangkat yang dirakit.
    • Multimeter: mengukur arus listrik dan tegangan pada rangkaian TV tuner.
    • Solder: menyambungkan komponen secara permanen.
    • Tang: memegang komponen ketika proses pemasangan dan pembuatan perangkat.
  • Bahan
    • Kabel jumper.
    • Kotak pensil atau casing.
    • Modul tuner TV tuner.
    • Antena TV.
    • Kabel USB OTG.
Terkait:  Cara Membuat eFaktur

Langkah 2: Memulai Proses Instalasi Perangkat Lunak

Jika kamu sudah menyiapkan alat dan bahan, maka bisa memulai proses instalasi perangkat lunak. Selain itu, perangkat lunak tersebut akan membantumu dalam menikmati, sekaligus mengontrol siaran TV pada HP Android. Simak langkah-langkahnya yang benar di bawah ini:

  • Pertama, cari aplikasi TV tuner berdasarkan modul TV tuner yang digunakan. Kamu dapat menemukannya melalui Google Play Store, maupun toko aplikasi resmi lainnya.
  • Baca peringkat dan ulasan aplikasi sebelum diunduh, supaya kamu bisa memastikan bahwa aplikasi tersebut benar-benar aman dan memberikan hasil maksimal saat digunakan.
  • Download dan pasang aplikasi tersebut pada perangkat Android yang digunakan.

Langkah 3: Rakit Perangkat TV Tuner

Kamu bisa memulai proses merakit perangkat dan rangkaian TV tuner lewat panduan berikut:

  • Pertama, pasang modul tuner TV digital ke kotak plastik yang sudah disiapkan. Pastikan diletakkan dengan aman dan benar.
  • Sambungkan kabel jumper dengan modul tuner TV ke kabel USB OTG. Jangan lupa untuk mengikuti skema sesuai dengan modul tuner TV yang digunakan.
  • Pakai solder untuk menyambungkan kabel jumper ke kabel USB OTG secara permanen. Gunakan solder dengan benar dan hati-hati, agar hasil pengerjaannya bagus dan rapi.
  • Jika sudah, rapatkan kotak plastik untuk melindungi seluruh rangkaian TV tuner.

Langkah 4: Sambungkan ke HP

Kalau semua rangkaian TV tuner sudah dirakit, kamu dapat segera menyambungkannya ke perangkat smartphone dengan mengikuti tutorial berikut:

  • Hubungkan kabel USB OTG yang sudah tersambung dengan TV tuner ke port USB pada perangkat smartphone
  • Buka aplikasi TV tuner yang sudah diunduh, kemudian ikuti petunjuk yang diberikan untuk mengontrol dan menikmati setiap saluran televisi agar bisa ditonton dengan jelas.

Demikian informasi lengkap tentang cara buat TV tuner Android sendiri, sehingga kamu dapat menonton cara televisi kesayangan tanpa kuota dan anti ribet setiap hari. Selamat mencoba!

Similar Posts