Home » Biaya » Biaya Bikin Rumah Sederhana

Biaya Bikin Rumah Sederhana

Siapapun pasti ingin mempunyai rumah, bukan? Kamu bisa saja sedang berencana membuat sebuah rumah, namun bermasalah dari segi finansial. Meski begitu, biaya bikin rumah sederhana bisa dimanfaatkan sebagai tolok ukur tanpa berekspektasi tinggi merancang sebuah hunian pribadi yang besar nan megah.

Hal ini dikarenakan rumah sederhana nan minimalis bisa kalian pilih karena tampilannya lebih mungil, serta tidak memakan banyak ruang. Seiring berjalan waktu mempunyai sebuah rumah bisa didapatkan lewat Kredit Pemilikan Rumah (KPR) atau membelinya secara tunai.

Kendati demikian, segalanya bergantung pada kemampuan finansial setiap orang. Apabila kamu ingin merancangnya sesuai desain yang diinginkan, maka kamu bisa mencari tanah kosong yang harus dibeli terlebih dahulu. Tak hanya itu, setiap tanah memiliki banderol harga berbeda sesuai domisili dari diri kalian masing-masing.

Untuk membangun rumah sederhana, maka kamu bisa melakukan perhitungan Rincian Anggaran Biaya (RAB) terlebih dahulu. Siapa saja yang punya rencana bikin rumah sederhana tanpa perhitungan anggaran secara matang, dipastikan bakal timbul pengeluaran tak terduga yang sebenarnya kurang dibutuhkan.

Oleh karena itu, kamu bisa menganalisa setiap alat dan bahan yang akan digunakan dalam pembangunannya dengan hasil perhitungan secara kompleks.

Biaya Bikin Rumah Sederhana

Biaya Bikin Rumah Sederhana

Biaya Bikin Rumah Sederhana

Secara umum rumah sederhana mempunyai luas lahan dan bangunan sekitar 20/20 seperti rumah minimalis. Bagaimana tidak, konsepnya terlihat sempit namun sebenarnya kamu bisa memanfaatkan indoor dengan menciptakan dua ruang utama untuk kamar tidur serta ruang tamu sebagai tempat berkumpul seluruh anggota keluarga.

Di samping itu rumah sederhana tidak akan meninggalkan sisa ruang sehingga kamu dapat memanfaatkan semua titik secara maksimal. Walaupun kamu belum mampu membangun rumah mewah, tetapi rumah sederhana bisa dimodifikasi layaknya rumah megah.

Pasalnya, kalian harus cerdas dan berani menuangkan konsep sampai warna agar dapat menciptakan keserasian terhadap lingkungan sekitar. Tak hanya itu, pastikan tema rumah yang diterapkan sesuai dengan luas lahan dan bangunan supaya membuat siapapun bahkan pemilik rumah bisa merasa nyaman selama berada di dalamnya.

Biaya Bikin Rumah Sederhana, Hunian Indah dengan Budget Minim

Jangan pernah mengira pembangunan rumah sederhana butuh budget hingga ratusan juta bahkan miliar rupiah. Siapa saja punya kesempatan membangun dan memilikinya hanya dengan melakukan perhitungan akurat dan benar.

Di sisi lain perhatikan bahan material dan pekerja yang digunakan sejak perancangan perdana sampai akhir. Kamu juga bisa memangkas biaya tertentu selama proses pembangunannya, rincian informasinya adalah :

Catat Tujuan Utama

Catat semua tujuan penting dalam pembangunan rumah sederhana. Kamu harus memiliki perencanaan matang demi mengontrol uang secara efektif dan signifikan. Apabila kamu ingin melakukannya secara mandiri, silakan atur prediksi biaya yang bakal dikeluarkan.

Kalian juga bisa berkonsultasi dengan pekerja atau kontraktor bila ingin menganalisa jumlah dana yang harus dikeluarkan. Tujuan pencatatan ini pun berguna dalam memantau harga bahan baku yang terkadang naik atau turun.

Pahami Tujuan Pembuatan Anggaran

Tak bisa dipungkiri bahwa anggaran biaya pembangunan rumah sederhana bakal menolong kalian dalam menentukan acuan perhitungan yang benar. Jangan lupa memasukkan informasi anggaran sejelas dan selengkap mungkin, termasuk upah pekerja harian maupun borongan.

Di sisi lain biaya tak terduga pun harus dimasukkan lantaran hal-hal sepele justru mengakibatkan pengeluaran membludak. Pastikan setiap perhitungan dilakukan dengan benar dan cermat.

Buat Simulasi Rumah Sederhana

Langkah awal yang bisa dilakukan adalah menghitung ukuran rumah terlebih dahulu. Kami tegaskan ukuran rumah pasti berbeda dengan luas tanah yang bakal digunakan. Maka dari itu, ukuran rumah secara menyeluruh harus punya perhitungan sesuai agar kamu dapat menghitung anggaran dengan benar.

Kedua, hitung berdasarkan per meter persegi dan kalian bisa mengambil contoh sesuai ulasan sebelumnya, yakni 21/40, contoh perhitungannya adalah :

Panjang x Lebar x Total Anggaran Bikin Rumah per Meter Persegi

(20 x 20) x Rp.3,000,000

400 x Rp.3,000,000

Rp.1,2 miliar.

Hitung Anggaran Bangun Rumah pada Luas Pembangunan

Pastikan kamu memprediksi jumlah anggaran yang dipakai untuk peralatan maupun dekorasi rumah. Untuk mencegah kerugian secara mendadak, maka kamu bisa melakukan perhitungan terhadap beberapa biaya lainnya seperti administrasi, pajak rumah sampai pengurusan IMB dan lainnya.

Pasalnya, semuanya punya peran penting terhadap keberadaan calon rumah sederhana yang bakal ditempati bersama seluruh anggota keluarga.

Catat Perhitungan Kasar Biaya Bangun Rumah

Kamu perlu menghitung anggaran kasar terhadap rumah sederhana yang akan ditempati. Biasanya rumah sederhana membutuhkan budget sekitar Rp.2,000,000 s/d Rp.3,000,000 (termasuk bahan bangunan dan upah pekerja).

Perkiraan akumulasi biaya bangun rumahnya meliputi persiapan awal, pondasi dan struktur beton (atap, kerangka, plafon hingga finishing). Apabila kamu berencana membangun rumah sederhana dua tingkat, maka dananya bisa dikalikan.

Berapa Upah untuk Jasa Tukang Bangunan?

Seperti kalian ketahui jasa tukang bangunan mempunyai dua sistem pekerjaan, yakni harian dan borongan. Apabila kamu memilih pekerja harian, siapkan anggaran mulai dari Rp.80,000 s/d Rp.100,000 per hari (sesuai kinerja masing-masing).

Akan tetapi, nominal tersebut berbeda dengan jasa tukang borongan. Hal ini dikarenakan mereka memasang tarif per meter persegi, yakni mulai dari Rp.500,000 s/d Rp.700,000 atau borongan penuh sebesar Rp.3,000,000 per meter persegi.

Perhitungan Luas Tanag dan Bangunan

Walaupun kamu sudah mengetahui hasil perhitungannya di atas, namun kamu bisa memangkasnya demi mengurangi pengeluaran besar. Kamu berencana membangun rumah sederhana dengan luas bangunan dan tanahnya sekitar 20/20.

Apabila harga tanah di tempat kalian sebesar Rp.2,000,000 per meter persegi, maka budget yang dibutuhkan adalah senilai Rp.40,000,000. Di sisi lain biaya bangunannya adalah Rp.3,000,000 x 20 = Rp.60,000,000. Apabila kamu mengandalkan sistem borongan penuh, maka hasil perhitungannya adalah :

Total Biaya Tanah + Total Biaya Bangunan

Rp.40,000,000 + Rp.60,000,000

Rp.100,000,000

Berapa Anggaran untuk Hal Tak Terduga?

Kamu bisa saja berniat menambah aksen tertentu untuk memberi kesan cantik dan menarik bagi calon rumah sederhana yang bakal dihuni nanti. Oleh karena itu, pisahkan budget dari total pembangunan rumahnya sebesar 10% yang harus kontan alias tidak boleh lebih dari anggaran yang telah disisihkan.

Jika akumulasinya sebesar Rp.100,000,000 (seratus juta rupiah), maka kamu bisa memanfaatkan Rp.10 juta untuk digunakan dalam membuat taman dan lainnya.

Bagaimana Menghemat Biaya Bangun Rumah Sederhana?

Semua orang pasti tahu membangun sebuah rumah tidak mungkin menghabiskan budget minim, namun kamu bisa meminimalisir atau memangkas anggaran tidak penting dengan melakukan pencatatan sejak awal. Kamu bisa fokus terhadap beberapa aspek yang butuh biaya besar seperti upah pekerja sampai pembelian bahan material.

Pastikan kamu selalu berkonsultasi dengan jasa tukang bangunan yang bisa dipercaya untuk menemanimu dalam membeli bahan baku di toko terpercaya.

Demikian pembahasan seputar biaya bikin rumah minimalis yang biasanya menghabiskan waktu pembangunan selama satu atau dua bulan. Kendati demikian, estimasi waktu yang dibutuhkan bergantung pada jumlah jasa tukang bangunan yang bekerja.

Kalian bisa menyuruh tiga atau empat orang saja. Kami tegaskan estimasi anggaran pembuatan rumah sederhana di atas akan selalu berbeda sesuai konsep dan rencana perancangan yang dimiliki setiap orang.