Cara Melamar Kerja Lewat WA

Cara Melamar Kerja Lewat WA: 4 Langkah Mudah & Tepat!

Saat ini media untuk melamar pekerjaan sangat beragam dan mudah, seperti chat via WhatsApp. Jika Kamu menemukan perusahaan dengan proses rekrutmen tersebut, tentunya harus tahu cara melamar kerja lewat WA yang tepat. Terkesan simpel, tapi ternyata ada ketentuannya. 

Sebenarnya mengajukan lamaran melalui WA itu sama seperti yang dilakukan via email. Hanya saja prosesnya di sini lebih santai, meski tetap harus pakai bahasa formal. Agar diterima oleh tim HR, bisa lihat caranya berikut. 

Cara Melamar Kerja Lewat WA

Cara Melamar Kerja Lewat WA
Cara Melamar Kerja Lewat WA

Banyak lamaran yang masuk ke perusahaan dan berujung ditolak oleh HR. Alasannya karena dalam menuliskan pesan lamaran di kolom chat WhatsApp itu kurang sopan ataupun tidak menarik. Agar tidak mengalami hal serupa, ikuti cara-cara di bawah:

1. Mulai Chat dengan Sopan

Langkah awal sama seperti ketika Kamu ingin berkirim pesan dengan teman lewat WhatsApp. Jadi, buka aplikasinya dan cari nomor HR yang didapatkan dari job posting. Selanjutnya bisa mulai percakapan yang mengawali pengajuan lamaran. 

Jika perusahaan yang Kamu lamar bergerak dalam bidang keagamaan, dapat mulai dengan “Assalamu’alaikum.” Tapi jika ingin yang umum, bisa pakai salam berdasarkan waktu. Contohnya seperti “Selamat pagi, Bapak HRD yang terhormat.”

2. Kenalkan Diri dan Sampaikan Tujuan

Cara melamar kerja lewat WA yang tepat selanjutnya adalah mengenalkan diri. Banyak yang melupakan sesi ini dan malah langsung ke maksud inti. Padahal pada bagian ini bisa memperkenalkan diri secara singkat dan informasi lain, seperti latar belakang pendidikan. 

Terkait:  Cara Cairin Bpjs Online

Kamu juga dapat menyebutkan dari mana informasi lowongan didapatkan, apakah dari teman, internet, atau sosial media. Selanjutnya jelaskan tujuan mengirim WhatsApp untuk melamar pekerjaan. Memberikan alasan gabung juga menjadi nilai tambahan. 

Untuk bagian ini dapat dibuat dengan mudah. Contohnya menggunakan format pesan seperti berikut:

Perkenalkan, nama Saya [… ]. Saya mendengar dari […] bahwa perusahaan Bapak sedang membuka lowongan pekerjaan sebagai […]. Karenanya, saya ingin melamar posisi tersebut. Kebetulan, saya mendapatkan nomor WhatsApp Bapak dari […].

3. Tanyakan Syarat Membuat Lamaran

Jangan mengirim pesan beruntun karena dapat dianggap spam. Sebaiknya lanjutkan lamaran ketika sudah dapat balasan dari tim HR. Kalau sudah dibalas, bisa menanyakan persyaratan untuk posisi yang dilamar. 

Tanyakan pula kemana dokumen harus dikirim. Karena biasanya ada yang mengarahkan ke email atau form pendaftaran secara online. Sesuaikan format berkas dengan permintaan perusahaan, biasanya berupa PDF, DOC, dan DOCX. Penamaannya pun harus jelas. 

Format pesan untuk bagian ini fleksibel, disesuaikan dengan keadaan. Salah satu contohnya yaitu:

Bila Bapak berkenan, saya hendak mengirim dokumen persyaratan. Bolehkah saya tahu kemana berkas dikirim

4. Akhiri Chat Lamaran

Cara melamar kerja lewat WA tidak butuh waktu lama. Setelah semua syarat dipenuhi, bisa mengkonfirmasi ulang bahwa Kamu sudah kirim persyaratan. Dari sini pun dapat bertanya mengenai status lamaran. 

Kalau diyakini sudah benar, Kamu bisa menutup chat dengan ucapan terima kasih. Nyatakan pula kesiapanmu menunggu keputusan dan tim HR. Sebagai bentuk profesionalitas, ungkapan bahwa Kamu siap melanjutkan proses apabila ada informasi tambahan yang diperlukan. 

Tips Melamar Kerja Lewat WA

Melamar pekerjaan melalui WhatsApp memang terkesan mudah. Cara lamaran seperti ini lebih santai dibanding mengajukannya via email. Tapi supaya besar peluang diterima oleh tim HR, ikuti tips berikut:

  • Pasang foto profil secara profesional. Jangan menggunakan foto yang aneh atau latar belakang terlalu ramai. 
  • Pakai bahasa komunikasi yang jelas. 
  • Gunakan bahasa formal. 
  • Kirim lamaran pada jam kerja. 
  • Jangan spam chat. 
  • Siapkan semua berkas yang diminta. 
Terkait:  Cara Bom WhatsApp Hingga Ratusan dengan Satu Kali Klik

Itulah cara melamar kerja lewat WA yang ternyata mudah. Mengirim lamaran pun lebih cepat, karena bisa ditanggapi langsung oleh tim HR. Meski begitu tetap gunakan bahasa formal dan ikuti semua panduan.

Similar Posts