Home » Gmail » Cara Kirim Lamaran Lewat Email

Cara Kirim Lamaran Lewat Email

Cara kirim lamaran lewat email sebenarnya sangat mudah, asalkan kamu membuat lamaran dengan baik dan benar agar cepat mendapat panggilan di perusahaan yang dilamar.

Perkembangan teknologi digital yang semakin pesat membawa kita pada kemudahan dengan melakukan segala aktivitas di internet.

Tidak terkecuali, bagi pencari kerja yang membutuhkan pekerjaan ataupun bagi perusahaan itu sendiri yang sedang memerlukan karyawan.

Sebelum jaringan online dan internet ada, setiap pencari kerja mesti mencari satu per satu lokasi perusahaan dengan pergi langsung ke kantor atau perusahaan yang dituju.

Belum lagi proses perekrutan yang memakan banyak waktu, mengingat terhalang oleh jarak maupun waktu. Jadi wajar jika banyak orang di zaman dulu yang harus rela berkelolong kota sampai keluar daerah hanya untuk mendapatkan pekerjaan.

Tapi kini kamu tidak perlu khawatir,  karena semuanya bisa diakses dengan mudah di internet. Selain memudahkan pencari kerja, juga memudahkan akses bagi perusahaan untuk mencari karyawannya.

Berapa ukuran file untuk lamaran kerja via email?

Dalam mengirimkan lamaran via email, memang ada batasan ukuran file yang harus dikirimkan. Kamu harus pastikan ukuran file lamaran yang dikirim via email kurang dari 300 KB sudah termasuk foto.

Jadi, sebaiknya periksa kembali ukuran file lamaran kerja kamu sebelum dikirimkan ke alamat email perusahaan tujuan.

Bagaimana cara kirim lamaran via email?

Cara kirim lamaran lewat email sekarang ini menjadi lebih efisien karena kecanggihan teknologi digital menjadi sangat pesat, jadi sayang jika kamu tidak memanfaatkannya dengan baik.

Tidak hanya menghemat waktu saja, tetapi juga lebih menghemat biaya untuk pembuatan surat. Karena kamu harus mengeprint dan membeli amplop untuk surat lamaran dengan biaya yang tidak sedikit.

Bagaimana cara melamar pekerjaan secara online?

Melamar pekerjaan secara online merupakan cara paling efektif. Namun sebelumnya, pastikan kamu mempersiapkan surat lamaran pekerjaan terlebih dahulu dan kumpulkan semua informasi yang dibutuhkan.

Supaya bisa melamar pekerjaan dengan cara online ini, kamu memerlukan akun Email, CV terbaru, akses internet,  dan lain sebagainya. Berikut langkah-langkah melamar pekerjaan secara online!

Cara Kirim Lamaran Lewat Email

Cara Kirim Lamaran Lewat Email

Tata Cara Kirim Lamaran Lewat Email

Terdapat berbagai langkah dalam melakukan pengiriman lamaran kerja melalui email, kami telah merangkumnya dalam panduan cara kirim lamaran lewat email dengan langkah mudah yang baik dan benar.

Namun sebelum itu, kita harus tau apa saja berkas persyaratan wajib yang harus dipersiapkan sebelum kirim lamaran via email berikut ini.

Berkas Persyaratan Kirim Lamaran Lewat Email

Ada beberapa berkas persyaratan kirim lamaran lewat email, beberapa diantaranya meliputi:

  • Surat Lamaran Kerja (Berbentuk Microsoft Word, Note, atau PDF)
  • Daftar Riwayat Hidup (Curiculum Vitae)
  • Scan KTP
  • Scan Ijazah
  • Scan Sertifikat (Jika Ada)
  • Pas Photo
  • Surat Lain (permintaan perusahaan yang dituju)

Setelah mengetahui syarat umum kirim lamaran via email, sekarang tiba saatnya kamu bisa mulai mencoba panduan lengkap cara mengirim loker online lewat email dibawah ini.

Panduan Lengkap Cara Mengirim Lamaran Lewat Email

Sebenarnya, cara kirim lamaran lewat email sangat mudah untuk dilakukan siapa saja tak terkecuali olehmu. Simak dan ikuti langkah-langkah dalam mengirim lamaran via email berikut ini untuk lebih jelasnya.

1. Buka Gmail atau Ymail atau Outlook.

Langkah pertama kali yang harus dilakukan, jelas kita harus membuka layanan penyedia email. Kamu bisa pakai layanan Gmail, Ymail, atau Outlook untuk menggunakan email.

Berhubung kami suka pakai Gmail, maka kami rekomendasikan buka aplikasi Gmail di smartphone atau kunjungi mail.google.com melalui PC/Laptop kamu.

2. Login akun Email

Setelah layanan email terbuka, kamu bisa langsung klik Login dan Masuk menggunakan akun email yang kamu punya. Masukkan alamat email kamu beserta password untuk login ke email.

3. Tulis Email Baru

Setelah berhasil masuk ke email, kamu bisa langsung menuliskan email baru. Caranya, klik tombol Tulis. Selang beberapa saat akan langsung muncul form email yang harus diisi sesuai kebutuhan. Simak langkah selanjutnya!

4. Isikan Alamat Email Perusahaan

Pengisian pertama, kamu bisa masukkan alamat email perusahaan. Input email perusahaan di bagian kolom Kepada atau dalam bhs inggris berarti To.

Untuk mengisikannya kamu bisa pakai cara copy paste email perusahaan yang telah disediakan, atau ketik manual alamat email perusahaan tersebut secara teliti dan saksama. Perlu diingat bahwa, jangan sampai salah menuliskan email tujuan ya.

5. Isikan Subject/Judul Email

Berikutnya, kamu bisa isikan Subject atau Judul email. Biasanya, subject email sangat berpengaruh besar atas lamaran pekerjaan seseorang. Jadi, jangan sampai subject email kamu tidak terisi ya.

Sebagai contoh, format subject yang bisa dipakai seperti berikut ini:

Posisi Pekerjaan – Nama Kamu

Contoh: Lamaran Penulis – Ananda Putri

Kenapa kita harus mengisi subject email untuk kirim lamaran pekerjaan online? Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan perusahaan tersebut menemukan email masuk dari kita.

6. Isikan Body/Badan Email (Inti Email)

Setelah keduanya terisi, tibalah saatnya kita masuk ke bagian inti dari email yaitu body atau badan email. Tak sedikit perusahaan yang berikan ketentuan untuk kirim surat lamaran di badan email saja. Tak lepas dari itu, ada juga yang tidak.

Isikan saja body email dengan salam pembuka serta perkenalkan diri kamu. Kemudian tambahkan informasi penting seperti mengetahui informasi lowongan pekerjaan dari mana, juga ajukan lamaran pekerjaan untuk posisi apa.

Hal paling penting pada body atau badan email yaitu jangan terlalu panjang dalam mengisinya. Mengingat hal tersebut tentu akan sedikit membosankan dan menjadikan email kamu terabaikan oleh pihak perusahaan.

7. Lampirkan File Berkas Persyaratan

Apa yang harus dilakukan selanjutnya? Tiba pada poin penting dalam kirim lamaran lewat email, yaitu lampirkan berkas persyaratan wajib lowker.

Bagaimana cara lampirkan file? Kamu bisa klik icon paperclip (Lampirkan File), kemudian cari lokasi folder berkas persyaratan yang telah kamu simpan.

Tunggu beberapa saat hingga berkas berhasil terupload. Satu lagi, ukuran file lampiran yang bisa dikirim biasanya hanya terbatas pada 25 MB saja. Tidak boleh lebih dari itu.

8. Kirim Lamaran

Setelah semuanya terisi mulai dari subject email, alamat email penerima (email perusahaan), body email, dan lampiran file berkas persyaratan. Langkah selanjutnya, kamu bisa langsung klik tombol Kirim atau Send untuk mengirimkan lamaran melalui email.

Kesalahan Umum Saat Kirim Lamaran Lewat Email

Untuk informasi tambahan, terdapat beberapa kesalahan umum yang sering dilakukan pada saat mengirim lamaran lewat email. Apa saja? Diantaranya berikut ini:

  • Alamat Email Belum Profesional
  • Salah Menuliskan Alamat Email Perusahaan
  • Subject Email Belum Terisi atau Masih Kosong
  • Mengabaikan Body Email
  • Melewatkan Lampiran yang Sangat Penting
  • Format Tulisan Kurang Rapi

Alasan HRD Mengabaikan Lamaran

Mungkinkah kamu sering diabaikan atas lamaran pekerjaanmu saat kirim via email? Perlu diketahui bahwa, biasanya hal tersebut terjadi dikarenakan kamu belum memperhatikan persyaratan perusahaan yang dituju.

Jika tak ingin kejadian tersebut terulang kembali, pastikan kamu benar-benar mengikuti semua persyaratan wajib yang diperlukan perusahaan tersebut.

Etika beserta cara mengirim juga harus diperhatikan. Dilain sisi, kesalahan penulisan juga sering kali jadi salah satu penyebabnya. Juga, kamu harus mencantumkan posisi pekerjaan yang akan kamu lamar ya.

Perhatikan segala aspek dalam kirim surat lamaran kerja lewat email supaya kamu cepat mendapatkan panggilan oleh HRD dan lamaran pekerjaanmu tak akan berakhir dengan percuma.

Mungkin hanya itu saja panduan lengkap cara kirim lamaran lewat email dengan langkah yang baik dan benar yang bisa kami ulas. Jika masih bingung, tanyakan pada form komentar dibawah ya bangs. Jangan lupa juga share/bagikan artikel ini ke teman-teman kamu yang membutuhkannya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *