Cara Cek Penghasilan Youtuber: Channel Sendiri dan Orang Lain

Cara Cek Penghasilan Youtuber
Cara Cek Penghasilan Youtuber

Saat ini menjadi content creator dirasa sebagai profesi yang menjanjikan. Contohnya saja jadi youtuber yang kabarnya bisa menghasilkan pendapatan hingga puluhan juta setiap bulan. Penasaran berapa gajinya? Berikut dijelaskan cara cek penghasilan youtuber, baik orang lain maupun channel sendiri. 

Sebenarnya menjadi youtuber itu pendapatannya bervariasi dan tidak tetap setiap bulannya. Berbeda dengan kerja kantoran yang memang sudah ditentukan sejak awal. Gaji seorang content creator berasal dari berbagai sumber, sehingga bervariasi. Jika ingin tahu berapa penghasilannya, lihat cara berikut. 

Read More

Cara Cek Penghasilan Youtuber

Cara Cek Penghasilan Youtuber
Cara Cek Penghasilan Youtuber

Di sini akan dijelaskan cara untuk melihat berapa sebenarnya gaji para youtuber terkenal itu? Selain itu ada juga cara untuk cek penghasilan dari channel-mu sendiri. Inilah penjelasan dan panduannya masing-masing. 

Cek Penghasilan Youtuber Lewat Social Blade

Cara yang pertama ini bisa Kamu gunakan untuk mengetahui besar penghasilan para youtuber terkenal. Contohnya saja Atta Halilintar, Fiersa Besari, atau channel milik Raffi Ahmad. Situs yang menyediakan fitur tersebut adalah Social Blade. 

Tapi hasil yang ditampilkan oleh Social Blade sifatnya perkiraan saja. Sebab masih ada sumber pendapatan lain yang mungkin tidak dapat dideteksi oleh situs. Meski begitu, Kamu bisa tahu gambaran gaji content creator setiap bulannya. Inilah cara cek penghasilan youtuber lewat Social Blade:

  • Buka browser apa saja dan masuk ke alamat www.socialblade.com.
  • Setelah itu, di kolom bagian atas, masukkan nama channel YouTube yang ingin Kamu cek penghasilannya. 
  • Klik ikon kaca pembesar atau menekan Enter
  • Tunggu sistem memuat data dari channel yang Kamu maksud. Dari sana bisa lihat gajinya setiap bulan hingga hitungan per tahun. 
Terkait:  Cara Menghapus History YouTube: Manual dan Otomatis

Selain pendapatan, di Social Blade juga ada data lain yang ditampilkan. Kamu bisa tahu jumlah konten yang pernah diunggah ke channel tersebut. Selain itu, dapat melihat jumlah subscribers, viewers, hingga grafik hariannya. 

Cek Penghasilan Channel YouTube Sendiri

Selain cara cek penghasilan youtuber terkenal seperti di atas, Kamu juga bisa melihat pendapatanmu sendiri. Hasil yang ditampilkan dari cara ini juga lebih pasti karena melihat semua faktor dan sumber penghasilan. Selain di HP, bisa cek lewat komputer juga. 

Cara mengecek penghasilan channel YouTube sendiri bisa dilakukan langsung di aplikasinya. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Buka aplikasi YouTube. 
  • Kemudian ketuk foto profil yang ada di kanan atas. 
  • Pilih menu Channel Anda. 
  • Setelanya, pada bagian menu tengah, pilih opsi Analytics. Kamu akan mendapatkan ringkasan performa dari channel

Selain itu, bisa juga mengecek langsung pada aplikasi YouTube Studio. Kamu bisa mengunduh aplikasinya dulu. Jika sudah terpasang, ikuti cara berikut:

  • Buka aplikasi YouTube Studio. 
  • Lalu pada bagian bawah, pilih menu Analytics
  • Selanjutnya klik menu Pendapatan

Nantinya akan ada laporan penghasilanmu selama enam bulan terakhir. Gaji tersebut dirinci berdasarkan tiap bulannya. Jadi, Kamu mendapatkan rincian lebih lengkap. 

Laporan lain yang diberikan dengan mengecek lewat YouTube Studio adalah konten dengan penghasilan tertinggi. Performa masing-masing konten juga ditampilkan dengan jelas. Termasuk rincian pendapatan dari live streaming, video, maupun short video. 

Sumber Penghasilan Youtuber

Kamu pasti penasaran kenapa pendapatan tokoh terkenal dari YouTube saja bisa sangat tinggi? Karena memang tidak hanya berasal dari satu sumber saja. Inilah beberapa sumber uang yang dihasilkan oleh youtuber:

  • YouTube AdSense yang merupakan sumber utama. Komisi didapatkan berdasarkan jumlah penonton iklan. 
  • Affiliate marketing. Mendapat komisi jika ada orang lain yang memakai produk yang ditawarkan. 
  • Endorsement dari produk tertentu. 
  • Penjualan produk atau jasa bagi yang memiliki bisnis digital. 
Terkait:  Cara Cek Kartu 4G Telkomsel dengan 5 Metode Berikut Ini!

Demikian penjelasan cara cek penghasilan youtuber. Kamu bisa lihat pendapatan dari channel orang lain atau milik sendiri. Gaji youtuber itu tidak sama dan tergantung seberapa banyak sumber yang dimasukkan dalam konten. 

Related posts