Cara Cek iPhone Asli

Cara Cek iPhone Asli atau Palsu dengan Benar dan Mudah

PindahLubang.com | iPhone merupakan smartphone yang sedang digemari banyak orang. Tak bisa dimungkiri antusiasme masyarakat membuat pihak tertentu membuat replika iPhone yang tampilannya sama seperti gadget aslinya. Kamu harus tahu cara cek iPhone asli sehingga dapat terhindar dari pemakaian barang palsu dan ilegal.

iPhone sudah menjadi smartphone premium yang semakin digemari kalangan umum, baik anak-anak sampai orang dewasa sekalipun. Ponsel ini bahkan disebut mempunyai berbagai macam keunggulan dibandingkan Android, lho.

Walaupun tampilannya sama seperti iPhone asli, tapi ternyata banyak orang sering terkecoh dengan menggunakan iPhone replika alias KW. Oleh karena itu, kamu harus tahu cara cek iPhone asli sehingga dapat terhindar dari pemakaian barang palsu yang berisiko terhadap data dirimu.

iPhone biasanya selalu menyimpan informasi pribadi ke dalam Apple ID atau akun iCloud. Jika kamu menggunakan perangkat palsu, dikhawatirkan datamu akan disalah gunakan dan mengganggu privasi kamu akibat bukan menggunakan iPhone asli.

Cara Cek iPhone Asli

Cara Cek iPhone Asli
Cara Cek iPhone Asli

Belakangan ini orang-orang sempat dibuat heboh dengan beredarnya beberapa produk iPhone palsu di pasaran. Selain itu, penjualannya pun cukup meroket akibat minimnya pengetahuan masyarakat untuk membedakan antara iPhone asli dan palsu.

Jika kamu ingin tahu identitas dari iPhone resmi, kami akan beritahu cara cek iPhone asli dengan benar dan mudah. Penggunanya jangan salah kaprah dan menganggap semua perangkat yang dijual sama. Hal ini dikarenakan iPhone sesungguhnya punya berbagai macam karakteristik yang perlu diketahui dan diperhatikan dengan seksama.

Terkait:  Cara Cek Resi Standard Express Shopee

Langkah 1: Tidak Punya Slot Memori Eksternal

Pernahkah kamu berpikir, mengapa iPhone selalu dibekali kapasitas memori sangat besar? Tak hanya itu, belakangan ini iPhone seri terbaru resmi dirilis dengan jumlah penyimpanan sampai 256 GB. Tak bisa dimungkiri kalau angka tersebut bisa dibilang sangat besar untuk memori ponsel.

Apple memang sengaja menyediakan sebuah ponsel pintar dengan rasio penyimpanan sangat besar, lho. Oleh karena itu, kamu tidak akan menemukan slot memori eksternal seperti HP Android yang bisa ditambah kartu memori alias MicroSD sampai puluhan GB.

Langkah 2: Harga Lebih Mahal

Kamu pasti tahu kalau Apple merupakan produsen iPhone dan iPad yang meluncurkan berbagai macam seri smartphone dengan harga relatif mahal. Oleh karena itu, kamu harus merogoh kocek agak dalam untuk membawa pulang satu unit iPhone berdasarkan serinya masing-masing.

Di samping itu, cara cek iPhone asli sebetulnya bisa dilakukan dengan membandingkan harga perangkatnya. Jangan heran banyak orang rela habiskan uang sampai 5 juta ke atas untuk miliki ponsel ini. Jika kamu berhasil membeli iPhone dengan harga sangat miring, kamu berhak curiga.

Langkah 3: iPhone Asli Punya App Store

Jika kamu ingin mencoba cara cek iPhone asli, maka bisa memperhatikan berbagai macam aplikasi utama di dalamnya. Namun, salah satu program pokok yang wajib tersedia adalah App Store. Aplikasi ini berguna sebagai toko aplikasi di mana setiap pengguna bisa beli apa saja, bahkan gratis.

Jika iPhone kamu memiliki App Store, kami pastikan perangkatnya asli dan resmi. Akan tetapi, kalau perangkat iPhone yang sedang kamu gunakan sekarang tidak ada App Store, kamu patut waspada apalagi kalau di dalamnya justru terdapat Google Play Store atau Windows Phone Store untuk OS lain.

Terkait:  Cara Anonymous Chat Telegram

Langkah 4: Screenshot melalui Tombol Tertentu

Pengguna iPhone asli biasanya harus melakukan tangkapan layar alias screenshot dengan menggunakan tombol Home dan Lock dalam waktu yang sama. Jika kamu baru saja beli iPhone, maka bisa menguji coba screenshot terlebih dulu.

Jika ternyata pengambilan screenshot bisa dengan gabungan dua tombol tersebut, dipastikan iPhone kamu adalah produk asli. Akan tetapi, kalau sebaliknya tentu saja kamu wajib curiga sehingga kamu dapat mengenali identitas iPhone original dengan cepat dan mudah.

Langkah 5: Material Berbeda dengan Perangkat Lain

iPhone merupakan smartphone premium yang bisa dibilang hanya ditujukan untuk kalangan menengah ke atas saja. Smartphone besutan Apple ini memang didesain menggunakan material elegan dan mewah. Semua iPhone memang dirancang dengan bahan dasar logam dan kaca berkualitas tinggi, lho.

Material ini akan memberikan kesan kokoh  dan kuat saat digenggam, sedangkan iPhone palsu alias KW mungkin menggunakan bahan material lebih ringan. iPhone original sendiri bisa dilihat keasliannya hanya dengan menyentuh body belakangnya saja.

Langkah 6: iPhone Original Menggunakan Retina Display

Retina Display sudah menjadi bagian penting dari semua produk Apple. Vendor lain pasti tidak bisa memakai inovasi ini. Teknologi tersebut adalah perkembangan mutakhir pada tampilan layar iPhone, sedangkan teknologi ini mulai dikenalkan sejak rilisnya iPhone 4.

Sejak saat itu, hampir semua produk iPhone sudah didukung dengan retina display. Tampilannya sangat halus dan jernih, di mana matriks kecil pada layar hanya bisa terlihat dalam jarak dekat maupun bantuan kaca pembesar. Kondisi ini pun membuat iPhone beresolusi lebih tinggi dibandingkan smartphone lain.

Langkah 7: iTunes Hanya Bisa Terdeteksi oleh iPhone Original

Cara cek iPhone asli selanjutnya yang tidak kalah penting untuk diketahui adalah menyambungkan ponsel ke PC yang sudah terpasang iTunes. iTunes adalah aplikasi wajib untuk memasukkan video, lagu maupun file-file lainnya ke dalam iPhone.

Terkait:  Cara Cek IMEI iPhone Untuk Membuktikan Keaslian HP

Kalau iTunes bisa mendeteksi alias membaca iPhone yang sudah disambungkan tadi, dipastikan perangkat tersebut adalah iPhone original. Sebaliknya, kalau iTunes sulit membaca perangkat tentu saja iPhone yang sedangkan kamu gunakan adalah produk palsu.

Langkah 8: Cek Garansi iPhone

Jika kamu membeli iPhone di iBox ata distributor resmi Apple maupun official store Apple, maka bisa dipastikan kalau perangkatnya benar-benar asli. Kamu bisa memeriksa keaslian garansi iPhone dengan mengakses situs resmi Apple via www.apple.com atau informasi yang tercantum pada perangkat.

Sementara itu, kalau kamu meragukan keasliannya alangkah baiknya tanyakan langsung kepada seller tentang garansinya. Pasalnya, iPhone sendiri bukan sekadar mempunyai garansi resmi melainkan juga garansi distributor dan garansi toko.

Langkah 9: Cek IMEI pada Body, Sistem dan Dus

Cara cek iPhone asli selanjutnya adalah dengan memeriksa persamaan IMEI pada body, sistem dan dus. Kamu harus memastikan kalau nomor unik tersebut mempunyai kesamaan dengan semua bagian yang sudah disebutkan tadi.

Kami tegaskan bahwa iPhone original pasti memiliki nomor IMEI pada body, dus dan sistem yang sama. Jika kamu menemukan perbedaan antara ketiga bagian tersebut, dipastikan iPhone kamu palsu dan segera lakukan pembatalan agar kamu tidak dapat menggunakan perangkat ilegal (black market).

Langkah 10: Cek Fitur iPhone

Cara cek iPhone asli terakhir adalah dengan memeriksa semua fitur pada perangkat yang akan kamu beli. Jika kamu membeli iPhone 5s atau seri ke atas, perangkat tersebut biasanya sudah didukung fitur fingerprint.

Akan tetapi, kalau kamu membeli iPhone 8 namun tidak dilengkapi fitur sidik jari tentu saja perangkatnya KW alias iPhone palsu. Jika iPhone yang akan dibeli mempunyai beberapa fitur aneh, salah satunya TV analog sebaiknya jangan dibeli karena iPhone asli tidak pernah disokong layanan tersebut.

Demikian informasi lengkap tentang cara cek iPhone asli dan palsu yang wajib kamu tahu. Jangan sampai kamu tergiur dengan harga murah karena iPhone original selalu dibanderol sesuai kualitasnya.

Similar Posts