Cara Agar Terlihat Offline di WhatsApp WA Padahal Sedang Online

Cara Agar Terlihat Offline di WhatsApp WA Padahal Sedang Online

Banyak cara menjaga privasi di aplikasi WhatsApp, salah satunya dengan menyembunyikan status online. Cara agar terlihat offline di WhatsApp WA padahal sedang online mudah. Kamu dapat melakukan pengaturan langsung di dalam aplikasinya. 

Alasan kenapa kebanyakan pengguna WA tidak menampilkan status online beragam. Ada yang ingin meningkatkan privasi, menghindari seseorang, atau memang ingin istirahat bermain WA. Supaya tidak ada yang mengira Kamu aktif, maka dibuat seolah-olah terus offline

Bagaimana cara mengaturnya akan diterangkan berikut ini. Selain itu Kamu bisa mencari tahu beberapa alasan mengenai disembunyikannya status online. Simak penjelasannya di bawah. 

Alasan Menyembunyikan Status Online WhatsApp

Tapi sebelum menerangkan cara agar terlihat offline di WhatsApp WA padahal sedang online, ketahui dulu alasan menyembunyikannya. Dalam keadaan tertentu, sesekali Kamu memang perlu melakukan cara ini. Karena bisa menjaga privasi maupun menghindari para pengganggu. 

Selain karena alasan privasi, ada banyak faktor lain kenapa status aktif di WA harus dimatikan dan selalu terlihat offline. Beberapa di antaranya yaitu:

1. Menjaga Privasi

Seperti yang disebutkan, alasan utama menyembunyikan status online di WhatsApp adalah menjaga privasi. Kamu pasti memiliki sesuatu yang tidak ingin dibagikan kepada orang lain. Dengan membuat selalu terlihat offline, maka orang lain mengira Kamu tidak aktif lagi di WA. 

Setiap orang juga memiliki privasi yang berbeda-beda. Kamu tidak bisa mengira bahwa orang yang tidak menampilkan status aktif di WA itu negatif. Karena hal tersebut digunakan untuk membatasi diri dari urusan pribadi dan kepentingan umum. 

Terkait:  Cara Menyimpan Status WhatsApp

2. Jadwal Padat dan Tidak Sempat Mengurus Sosmed

Alasan yang kedua yaitu memiliki jadwal yang cukup padat. Karena hal itulah, mungkin saja membuatmu tidak punya waktu lagi untuk mengurus sosial media. Salah satunya tidak sempat membalas pesan di WA, terlebih jika isi chat kurang penting. 

Untuk alasan ini sebenarnya lebih mengutamakan prioritas. Kamu tidak merasa dituntut untuk membalas pesan tersebut dengan segera. Karena jika terlihat offline, maka si pengirim pesan akan mengira Kamu belum membuka pesan tersebut, meskipun ternyata sudah mengetahuinya. 

3. Menghargai Orang Lain

Mengapa membuat WA seolah-olah sedang offline bisa menjadi alasan untuk menghargai orang lain? Karena dengan langkah ini Kamu akan memahami privasinya. Selain itu juga menjadi pilihan bijak saat tidak mampu membalas pesan dengan cepat. 

Ada banyak orang yang merasa sakit hati karena pesan tidak dibalas, padahal dalam posisi online. Sedangkan kenyataannya, memang tidak ada waktu untuk membalasnya. Karena itulah, dari sini Kamu bisa menghargainya dan memiliki jangka lebih lama untuk memikirkan balasan. 

4. Menghindari Banyak Notifikasi

Alasan yang keempat yaitu untuk menghindari banyak notifikasi. Ketika WhatsApp-mu terlihat aktif, pasti orang-orang akan mengirim pesan. Apabila itu terjadi di waktu yang sama, Kamu tidak bisa fokus bekerja atau melakukan aktivitas lainnya.

Karena itulah, mematikan status online jadi pilihan tepat. Kamu bisa mengelabui daftar kontakmu agar mereka mengira Kamu offline. Selanjutnya dapat lebih fokus dan menghindari percakapan yang tidak penting 

Cara Agar Terlihat Offline di WhatsApp WA Padahal Sedang Online

Cara Agar Terlihat Offline di WhatsApp WA Padahal Sedang Online
Cara Agar Terlihat Offline di WhatsApp WA Padahal Sedang Online

Jika Kamu ingin menjaga privasi dan membatasi komunikasi lewat WA, bisa mencoba cara ini. Sembunyikan saja status online dan buat orang lain mengira Kamu sedang offline. Beberapa tips agar terlihat selalu offline di WA yaitu:

Terkait:  Cara Duplikat WA di Hp Samsung

1. Menonaktifkan Status Online

Cara agar terlihat offline di WhatsApp WA padahal sedang online yang pertama yaitu dengan menyembunyikannya. Kamu bisa melakukan pengaturan langsung dalam WhatsApp. Jadi, tidak perlu menggunakan tambahan aplikasi modifikasi atau lainnya. 

Tapi yang perlu Kamu ketahui, menonaktifkan status online juga membuatmu tidak bisa melihat orang lain sedang aktif. Biasanya status tersebut ditampilkan di bawah nama kontak dalam chat room. Saat Kamu matikan, berarti juga tidak dapat melihatnya. 

Itulah kenapa dikatakan bahwa menyembunyikan status aktif di WA dapat menjaga privasi orang lain. Sebab tidak perlu penasaran dengan aktivitasnya. Cara untuk menyembunyikannya sebagai berikut:

  • Buka aplikasi WhatsApp
  • Selanjutnya tekan titik tiga di sudut kanan atas. 
  • Berikutnya masuk ke menu Setelan
  • Ketuk pengaturan Privasi
  • Klik opsi Terakhir dilihat & Online. 
  • Pada opsi online, jika awalnya Semua orang ganti menjadi sama seperti terakhir dilihat. 

2. Mengubah Status Terakhir Dilihat

Inilah cara terlihat offline di WhatsApp yang harus Kamu lakukan. Karena status online itu diatur sesuai dengan settingan terakhir dilihat. Jika ingin membuatnya tampak offline, maka jangan tampilkan status last seen. 

Terakhir dilihat itu menunjukkan kapan waktu Kamu membuka WhatsApp paling baru. Kalau status tersebut ditampilkan, maka otomatis orang lain tahu bahwa Kamu baru saja aktif. Sebab itulah, atur menjadi lebih privasi dengan langkah-langkah berikut:

  • Ketuk titik tiga pada halaman awal WhatsApp. 
  • Kemudian ubah pengaturan di menu Setelan
  • Masuk ke bagian Privasi
  • Lalu klik Terakhir dilihat & online. 
  • Pada bagian terakhir dilihat, ganti menjadi Tidak Ada jika awalnya Semua Orang atau Kontak Saya. 
  • Selesai. Kamu bisa leluasa bermain WhatsApp tanpa diketahui orang lain. 
Terkait:  Cara Merekam Video Call WhatsApp

3. Mematikan Data Seluler

Selain dua pengaturan yang disebutkan, Kamu juga dapat mencoba cara agar terlihat offline di WhatsApp WA padahal sedang online berikut ini. Jadi, Kamu hanya perlu mematikan data seluler. Karena jika tidak ada proses transfer data, otomatis akunmu akan offline

Kamu bisa menghidupkan data seluler untuk menerima notifikasi kalau ada pesan penting. Apabila penasaran ingin mengetahuinya, buka WA dalam kondisi tidak tersambung ke jaringan internet. Kamu dapat mematikannya dari kontrol panel dengan swipe down layar. 

Namun cara ini tidak mematikan centang biru. Apabila Kamu membuka pesan, maka akan berubah centang biru saat data seluler dinyalakan lagi. Kecuali jika fitur laporan pesan dibaca juga dinonaktifkan. 

4. Mematikan Centang Biru

Seperti yang disebutkan sebelumnya, mematikan centang biru juga bisa mengelabui pengguna di daftar kontak bahwa Kamu sedang online. Karena orang tersebut akan mengira Kamu offline dan belum membaca chat-nya. Sebenarnya langkah ini membuatmu memiliki waktu lebih lama untuk membalasnya. 

Saat fitur ini dimatikan, Kamu juga tidak dapat melihat centang biru dari pengguna lain, selain obrolan grup. Saat membuat status pun tidak bisa tahu siapa yang sudah melihatnya. Tapi jika ingin mematikannya, lihat panduan berikut:

  • Pada tab Chat, ketuk ikon titik tiga. 
  • Masuk ke bagian Setelan.
  • Setelah itu cari menu Privasi
  • Pada opsi Laporan dibaca, geser toggle-nya ke arah kiri untuk mematikan centang biru. 

5. Menggunakan WhatsApp Mod

Cara yang terakhir yaitu menggunakan WhatsApp modifikasi. Aplikasi Mod memberikan banyak fitur tambahan yang tidak terdapat pada versi original. Kamu bisa membuat WA terlihat offline dan mengatur preferensi yang lainnya. 

Tapi gunakan ini sebagai opsi terakhir. Sebab WA mod termasuk aplikasi ilegal. Bahayanya yaitu bisa membawa malware dan mungkin saja di-banned permanen oleh pihak WhatsApp. 

Itulah beberapa cara agar terlihat offline di WhatsApp WA padahal sedang online. Dengan tips tersebut dapat menjaga privasi. Selain itu juga menghindari tuntutan untuk segera membalas chat

Similar Posts