Cara Menyimpan Status WhatsApp

Cara Menyimpan Status WhatsApp

Bagaimana cara menyimpan status WhatsApp? Mungkin kontak kamu membuat status berupa informasi yang menurutmu bermanfaat, lucu, atau yang lainnya, baik status yang berupa foto atau status yang berupa video. Nah, tenang saja, karena mimin akan memberikan informasi mengenai menyimpan status WhatsApp pada artikel ini.

WhatsApp merupakan salah satu media sosial di mana penggunanya bisa melakukan percakapan atau chatting dengan orang lain berdasarkan nomor telepon. Aplikasi ini cukup populer digunakan di seluruh dunia. WhattsApp sendiri melengkapi aplikasinya dengan berbagai fitur yang memudahkan penggunya.

Pada tahun 2017, WhatsApp meluncurkan fitur status di mana penggunanya bisa berbagi status atau cerita ke kontak lainnya. Fitur ini kurang lebih mirip dengan fitur story yang dimiliki oleh Instagram dan Snapchat. Dengan adanya fitur ini, para pengguna bisa berbagi status atau story dengan lebih privat, karena biasanya kontak yang disimpan adalah kontak orang-orang yang dekat.

Nah, karena di WhatsApp tidak memiliki fitur mengunduh story, jadi mungkin kamu masih bingung apakah status WhatsApp tersebut bisa diunduh. Kamu bisa kok mengunduh status temanmu yang mungkin menurutmu informasi yang dibagikan bermanfaat dan ingin kamu simpan ke galeri kamu.

Cara Menyimpan Status WhatsApp

Cara Menyimpan Status WhatsApp
Cara Menyimpan Status WhatsApp

Cara menyimpan status WhatsApp bisa kamu lakukan dengan beberapa cara yang mudah. Kamu bisa memanfaatkan fitur yang terdapat di ponsel kamu dan juga menggunakan aplikasi tambahan. Nah, untuk mengetahui cara-caranya silakan untuk membaca cara di bawah ini dan kamu bisa memilih cara yang menurutmu paling mudah.

Cara Menyimpan Status WhatsApp Melalui File Manager

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk menyimpan status WhatsApp adalah melalui aplikasi File Manager bawaan dari ponsel kamu. Cara ini bisa kamu lakukan tanpa harus mengunduh aplikasi tambahan lagi. Namun, kamu juga bisa menggunakan file manager unduhan dari Play Store atau App Store.

Terkait:  Cara Agar Tidak Terlihat Centang Biru di WhatsApp Untuk Jaga Privasi

File manager sendiri merupakan aplikasi yang di dalamanya berisi file atau dokumen dari ponsel kamu. Jadi, jika kamu ingin melihat file yang tersimpan, kamu bisa melihatnya di aplikasi ini. Nah, apabila kamu melihat status kontak WhatsApp kamu, secara otomatis status tersebut otomatis tersimpan di file manager ini. Untuk mengeceknya kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Buka aplikasi File Manager di ponsel kamu
  • Kemudian, kamu bisa klik titik tiga di pojok kanan atas dan pilih Pengaturan
  • Lalu, pilih Tampilkan File yang Tersembunyi
  • Selanjutnya, pilih Penyimpanan Internal
  • Setelah itu, pilih folder WhatsApp
  • Kemudian, kamu bisa pilih Media dan pilih Statuses
  • Untuk menyimpan status kontak kamu, bisa bisa tekan dan tahan file yang ingin kamu simpan, lalu pilih menu Pindahkan atau Salin
  • Selanjutnya silakan pilih lokasi untuk menyimpan status tersebut

Nah, kamu berhasil menyimpan status kontak WhatsApp kamu, baik file tersebut berupa foto atau berupa video. Syarat agar kamu bisa menyimpan status WhatsApp kontak kamu adalah, kamu diharuskan untuk melihat status tersebut terlebih dahulu. Biasanya status yang tersimpan ke File yang Tersembunyi tersimpan selama 24 jam. Semua status yang tersimpan ke File yang tersebut tidak menambah jumlah penyimpanan di memori kamu.

Cara Menyimpan Status WhatsApp Melalui Aplikasi Status Saver

Cara kedua yang bisa kamu lakukan untuk menyimpan status WhatsApp ke galeri kamu adalah menggunakan aplikasi tambahan, yaitu aplikasi Status Saver. Aplikasi ini bisa menyimpan status WhatsApp baik berupa foto ataupun video. Untuk menggunakannya pun cukup mudah, kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Langkah pertama, silakan unduh aplikasi Status Saver di Google Play Store
  • Kemudian, kamu bisa menginstal dan apabila sudah, silakan untuk membuka aplikasi tersebut
  • Pada beranda bagian atas muncul tiga menu, yaitu Images, Video, dan WhatsApp
  • Lalu, pada menu Video, klik permission untuk mendapat akses
  • Selanjutnya, pilih salah satu kontak WhatsApp yang statusnya ingin kamu simpan
  • Setelah itu, klik ikon tanda panah ke bawah yang merupakan ikon Download di setiap bagian video
  • Silakan tunggu beberapa saat sampai proses download selesai
Terkait:  Bagaimana Cara Membuka Blokiran di WhatsApp, Mudah Lho! Ini Triknya

Foto atau video yang merupakan status dari kontak kamu secara otomatis tersimpan ke galeri. Selain menggunakan aplikasi ini, kamu bisa menggunakan aplikasi lain yang memiliki fungsi yang sama untuk mengunduh status WhatsApp orang lain. Untuk caranya, kurang lebih sama dengan cara di atas.

Cara Menyimpan Status WhatsApp Melalui Fitur Screenshot

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk mengunduh status WhatsApp ke galeri kamu adalah melalui Screenshot. Screenshot sendiri merupakan fitur yang digunakan untuk memfoto layar dan nantinya hasil foto tersebut akan otomatis tersimpan ke galeri. Karena hasil screenshot ini berupa gambar, maka dari itu kamu bisa menyimpan status WhatsApp yang berupa foto. Namun, kamu juga bisa kok screenshot video, tapi untuk hasilnya berupa foto dan yang tersimpan adalah video pada bagian yang kamu screenshot. Biasanya screenshot video digunakan untuk video yang berupa kata-kata. Untuk menyimpan status WhatsApp menggunakan screenshot, kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Silakan buka aplikasi WhatsApp yang terdapat di daftar menu aplikasi
  • Kemudian, kamu bisa langsung menuju menu Status
  • Pilih kontak yang statusnya ingin kamu simpan
  • Lalu, kamu bisa langsung screenshot, baik menggunakan tombol power + volume, menu asisten, atau gesture

Secara otomatis status yang telah kamu screenshot akan tersimpan ke galeri. Kamu bisa mencarinya pada folder Screenshot atau Tangkapan Layar. Jika ponsel kamu belum memiliki screenshot bawaan, kamu bisa mengunduh aplikasi screenshot di Google Play Store terlebih dahulu.

Cara Menyimpan Status WhatsApp Melalui Fitur Screen Recorder

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk menyimpan status WhatsApp adalah menggunakan Screen Recorder. Cara ini kurang lebih sama dengan kamu menggunakan Screenshot, bedanya yaitu hasil dari screen redorder berupa video. Screen Recorder adalah fitur merekam layar, biasanya seseorang mengguankan screen recorder ini adalah untuk merekam kegiatan yang dilakukan di ponselnya, baik untuk pribadi atau untuk dibagikan ke orang lain. Kamu bisa menggunakan screen recorder pada status WhatsApp yang berupa video. Berikut langkah-langkah screen recorder status WhatsApp. Jika kamu belum memiliki aplikasi Screen Recorder bawaan, kamu bisa mengunduhnya di Google Play Store terlebih dahulu.

  • Buka aplikasi Screen Recorder di ponsel kamu, kemudian klik pada Rekam Layar atau Start Recording
  • Jika kamu ingin merekam suara dari status WhatsApp yang ingin kamu rekam, silakan atur sumber suara di perekam layar untuk merekam internl audio
  • Kemudian, buka aplikasi WhatsApp yang terdapat di daftar menu aplikasi
  • Lalu, kamu bisa langsung menuju menu Status
  • Pilih kontak yang statusnya ingin kamu rekam
  • Silakan buka status tersebut dan kamu sudah mulai merekam layar
  • Hentikan perekaman dengan mengklik ikon Stop Recording pada tampilan perekam layar kamu
Terkait:  Cara WhatsApp Centang Satu Tapi Online Tanpa Aplikasi

Hasil rekaman layar status WhatsApp kamu secara otomatis tersimpan ke galeri ponsel kamu. Untuk melihatnya, kamu bisa memilih folder Screen Recorder. Bila dibutuhkan, bisa langsung mengedit video tersebut di galeri kamu apabila ponsel kamu sudah memiliki editor video bawaan. Jika belum terdapat edit video bawaan, kamu bisa mengunduh aplikasi edit video terlebih dahulu.

Kesimpulan

Nah itulah beberapa cara menyimpan status WhatsApp ke galeri hp kamu. Silakan sesuaikan cara yang menurutmu paling mudah. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba.

Similar Posts