Cara Agar TV Jernih dengan Antena Luar

Cara Agar TV Jernih dengan Antena Luar: 6 Tips Anti Gagal

Saat ini penggunaan antena luar masih kerap ditemukan di banyak daerah, terutama pedesaan karena kemampuannya menangkap sinyal lebih kuat. Tapi sayangnya, instalasi yang kurang tepat bisa membuat gambar televisi banyak semutnya. Karena itulah, berikut dijelaskan cara agar TV jernih dengan antena luar. 

Kamu bisa cari tahu dulu apa yang membuat suara dan gambar di televisi tidak jernih. Karena permasalahan pada antena luar di masing-masing tempat tidak sama. Kemungkinan disebabkan salah atur posisi atau ada komponen yang rusak. Lihat saja penjelasan lengkapnya di bawah. 

Penyebab TV Tidak Jernih dengan Antena Luar

Sebelum menerangkan caranya, pahami dulu beberapa penyebab berikut. Biasanya untuk mengatasi TV tidak jernih dengan memasang booster. Meskipun tidak sepenuhnya salah, tapi ada faktor lain yang dapat diatasi dengan tanpa booster. 

Kesalahan pada antena menjadi pemicu utama kenapa Kamu tidak mendapat tayangan yang jernih. Bahkan sinyal putus nyambung yang membuat kegiatan menonton tidak nyaman. Karenanya, pahami beberapa penyebab televisi bersemut saat menggunakan antena outdoor:

  • Model antena salah. Kamu harus tahu bawa model antena luar itu banyak. Percuma saja jika disambung dengan booster, tapi antena yang digunakan tidak sesuai. Mungkin bisa cek milik tetangga untuk dijadikan rekomendasi mencari model yang tepat. 
  • Arah antena salah. Selain model yang salah, arah antena juga menjadi faktor lain TV di rumah bersemut. Hal ini biasanya terjadi kalau arahnya malah berkebalikan dengan pemancar di dekat lokasi TV. Terlebih lagi letak pemancar di setiap daerah tidak sama. 
  • Posisi antena terlalu rendah. Yang membuat antena kesulitan menerima sinyal hingga buat televisi tidak jernih adalah posisinya terlalu rendah. Seperti yang diketahui, semakin tinggi antena, maka tambah bagus pula kualitas sinyal. 
  • Umur antena sudah lama. Penyebab lain kenapa televisi tidak bisa jernih saat menggunakan antena luar adalah usianya sudah lama. Faktor ini menjadi sebab ketidakmampuannya dalam menangkap sinyal yang berkualitas. Akibatnya, tidak bisa mendapatkan siaran digital. 
  • Kabel coaxial sudah rusak. Kabel coaxial yang digunakan pada antena luar sering terpengaruh oleh kondisi lingkungan. Contohnya terkena panas, hujan, mengalami pemuaian, dan kemasukan air. Hal ini yang juga membuat suara dan gambar bersemut. 
  • Pemasangan kabel buruk. Sebab berikutnya yang perlu Kamu perhatikan adalah pemasangan kabel. Kamu bisa cek apakah ada sentuhan antara jalur tembaga dan serabut. Jika keduanya bersentuhan, akan berdampak pada transmisi sinyal dari antena outdoor ke TV. 
Terkait:  Cara Buat Antena TV Digital dengan 3 Bahan Utama Berikut!

Cara Agar TV Jernih dengan Antena Luar

Cara Agar TV Jernih dengan Antena Luar
Cara Agar TV Jernih dengan Antena Luar

Selanjutnya akan dijelaskan cara-cara untuk mengatasi permasalahan TV yang tidak jernih ini. Ada beberapa bagian yang perlu Kamu cek, seperti antena dan bagian kabel. Termasuk juga mengatur antena pada posisi yang benar. Lihat panduan di bawah ini. 

1. Melihat Kondisi Antena

Cara agar TV jernih dengan antena luar yang pertama adalah mengecek kondisinya. Biasanya jenis outdoor ini dipasangkan di halaman, atap, atau samping rumah. Karena posisinya di luar, akan bersinggungan langsung dengan berbagai kondisi lingkungan. 

Antena yang terkena panas, hujan, lembap, serta oksidasi udara bisa mengalami karat. Contohnya seperti di bagian batang elemen dan terminal konektor. Elemen logam lain yang kotor karena debu juga menjadi penyebab televisi banyak semutnya. 

Agar tidak menghalangi penerimaan sinyal, kamu harus menurunkan antena untuk dibersihkan. Lihat titik mana saja yang kotor dan berkarat. Kemudian gunakan amplas yang halus untuk membersihkannya. 

Selain itu, lihat pula apakah ada struktur antena yang bergeser dari pertama kali beli. Jika itu terjadi, kencangkan bautnya. Kalau perlu, ikat elemen tersebut supaya tidak goyang walaupun terkena angin dan hujan. 

2. Menyambungkan dengan Booster

Cara agar TV jernih dengan antena luar lainnya yang dapat Kamu terapkan adalah menyambungkannya ke booster. Walaupun dapat diatasi dengan cara lain, tapi booster bisa menjadi solusi. Karena perangkat ini akan memperkuat penerimaan sinyal oleh antena. 

Instalasi booster pada televisi juga mudah. Kamu tinggal mencolokkan kabel yang ada di perangkat ini ke soket TV. Jangan lupa untuk  memastikan kalau saklarnya sudah berada dalam posisi ON. 

Kamu tidak perlu bingung di mana beli booster, karena ada di toko elektronik dengan merek yang beragam. Bahkan ada juga yang dijual satu paket bersamaan antena. Kalau begitu Kamu tidak usah membeli secara terpisah. 

Terkait:  Cara Jumper Aki

3. Mengubah Arah Antena

Seperti yang disebutkan di atas, bahwa salah satu sebab kenapa suara dan gambar televisi bersemut adalah arah antena salah. Untuk permasalahan ini, solusi yang paling tepat yaitu memutar antena secara perlahan. Pastikan mengarah ke pemancar terdekat yang ingin dituju. 

Kebanyakan jenis antena outdoor itu directional atau satu arah. Faktor ini yang membuatmu harus pintar-pintar memutar antena. Cari di mana posisi pemancar supaya antena dapat menerima sinyal dari satu arah secara maksimal. 

4. Melapisi Antena dengan Aluminium Foil

Cara agar TV jernih dengan antena luar yang mungkin belum banyak diketahui adalah melapisinya menggunakan aluminium foil. Walaupun sering dianggap tidak masuk akal, ternyata cara ini cukup jitu untuk menghilangkan semut pada televisi. Sebab aluminium foil memiliki fungsi meningkatkan daya terima sinyal. 

Aluminium foil atau timah adalah lembaran yang termasuk logam. Melapisi antena dengan lembaran tersebut akan menambah lebar penampang logam. Itulah kenapa jumlah sinyal yang diterima juga lebih besar. 

Selain itu, aluminium foil juga berfungsi untuk meningkatkan lebar pita frekuensi menjadi lebih baik. Area resonansi sinyal pun lebih sempit saat dilapisi dengan lembaran ini. Kegunaannya menghalangi sinyal yang tidak diinginkan. 

5. Menambah Tiang yang Tinggi

Channel TV tidak dapat ditayangkan dengan baik ketika posisi antena outdoor terlalu rendah. Kamu bisa meninggikannya dengan menambah besi atau bambu di bawah. Dengan begitu penerimaan sinyal dari pemancar juga lebih baik. 

Salah satu karakteristik sinyal televisi terestrial yaitu merambat langsung ke antena penerima. Rambatan tersebut bergerak mengikuti kelengkungan bumi. Sebab itulah harus dibuat tinggi. Tapi berhati-hatilah dengan risiko tertiup angin hingga sambaran petir saat hujan. 

Terkait:  Cara Cas Aki Mobil

6. Mengecek Kabel Coaxial

Cara agar TV jernih dengan antena luar keenam yaitu dengan memperbaiki kabel coaxial. Seperti yang diketahui, kabel berfungsi untuk mentransmisikan sinyal dari antena ke televisi. Apabila bermasalah, sudah pasti tidak mendapat siaran terbaik. 

Kamu bisa cek sambungan kabel yang ada di terminal konektor antena. Jika ada yang longgar, bisa mengencangkannya. Tapi kalau putus, lebih baik diganti dengan yang baru. Karena berdasarkan pengalaman, menyambung kabel akan meningkatkan nilai hambatan yang membuat kurang bagus menerima sinyal. 

Ganti pula dengan yang baru jika usia kabel coaxial sudah lama. Apalagi kalau serabut dalam kabel sudah rapuh. Beli produk yang berkualitas, seperti serabut kabel yang terbuat dari tembaga dan diameternya lebih besar. 

Itulah beberapa cara agar TV jernih dengan antena luar. Kamu harus cek dulu apa yang membuat penerimaan sinyal tidak maksimal dan televisi menjadi bersemut. Permasalahan biasanya ada pada kabel coaxial atau antena itu sendiri. 

Similar Posts