Cara Agar WhatsApp Tidak Terblokir

Cara Agar WhatsApp Tidak Terblokir dan Penyebabnya: Harus Tahu!

Tim WhatsApp berhak memblokir akun yang terindikasi melakukan pelanggaran ketentuan maupun aktivitas merugikan lainnya. Sebenarnya ada beberapa cara agar WhatsApp tidak terblokir yang harus diketahui. Dengan begitu Kamu tetap bisa menggunakannya untuk chatting dan telepon. 

Ada banyak sebab kenapa WhatsApp bisa sampai terblokir. Kamu juga harus tahu penyebab ini agar ke depannya tidak sampai diblokir oleh tim WA. Di antaranya mulai dari kesalahan penggunaan maupun memakai aplikasi yang tidak direkomendasikan. 

Karena hal penting tersebut, berikut akan dijelaskan cara-cara untuk menjaga WhatsApp supaya tidak terblokir. Termasuk juga mengaktifkannya lagi kalau sampai diblokir. Selain itu diterangkan apa saja penyebabnya. Simak penjelasan berikut ini. 

Penyebab WhatsApp Terblokir

Salah satu tanda kalau WhatsApp milikmu terblokir adalah tidak mendapatkan akses untuk masuk ke akun. Akibatnya, tidak bisa menggunakannya untuk menghubungi orang lain, baik lewat pesan maupun panggilan. Pastinya ini sangat merugikan, bukan? Apalagi kalau pekerjaan ada di WhatsApp. 

Jika Kamu mengalaminya, mungkin saja tidak sadar sudah melakukan kesalahan. Sebelum membahas cara agar WhatsApp tidak terblokir, lihat sebabnya berikut:

1. Menggunakan WhatsApp Mod

Penyebab pertama dan paling sering terjadi adalah menggunakan WhatsApp Mod. Ini merupakan aplikasi buatan pengembang pihak ketiga yang memodifikasi dan meniru WhatsApp versi asli. Kegunaannya memang sama, tapi ada penambahan fitur yang lebih banyak. 

Karena alasan fitur yang tidak biasa ada di WhatsApp itulah banyak yang menggunakan aplikasi mod. Padahal, jenis aplikasi ilegal seperti ini termasuk melanggar Ketentuan Layanan. Jadi, pihak WA tidak segan-segan memblokir akunmu jika terdeteksi memakainya. 

Terkait:  Cara Agar Orang Tidak Bisa Menghubungi Kita di WhatsApp: Pasti Berhasil

Sanksi yang Kamu dapatkan bukan hanya blokir sementara saja. Jika sudah mendapatkan peringatan, tapi masih saja digunakan, maka selamanya Kamu tidak bisa mengakses WhatsApp. Contoh aplikasinya seperti WhatsApp Plus, GBWhatsApp, YoWhatsApp, dan WA Parallel. 

2. Melakukan Spam

Sebab yang kedua yaitu melakukan spam. Entah itu mengirim pesan berulang kali ke nomor yang tidak disimpan atau tindakan lain secara masif. Biasanya Kamu akan mendapatkan notifikasi berupa “Akun ini tidak diizinkan menggunakan WhatsApp karena spam” saat membukanya. 

Tindakan yang termasuk dalam pelanggaran ini contohnya Kamu membuat grup WA. Kemudian menambahkan kontak ke dalamnya secara massal. Ini juga bisa dikatakan sebagai spam dan mengganggu pengguna lain. 

Tidak jauh beda, WA-mu akan diblokir karena melakukan tindakan yang membahayakan keamanan user lain. Contohnya seperti penipuan, mengirim file yang berisi virus atau malware. Jadi, ingat-ingat apa sebab yang membuat akunmu di-banned

3. Mengakses WhatsApp dari Banyak Device

Mungkin inilah sebab yang membuat akun WhatsApp-mu diblokir. Setiap aktivitas yang tidak biasanya dapat diindikasikan sebagai pelanggaran. Bahkan walaupun itu dilakukan olehmu sendiri. 

Contohnya yaitu login ke akun WhatsApp secara terus-menerus. Selain itu mengaksesnya juga dari beberapa device, seperti lewat HP dan laptop. Hal tersebut disebabkan karena menggunakan alamat IP yang berbeda. 

4. Dilaporkan Oleh Pengguna Lain

Bukan dari pihak WhatsApp sendiri, mungkin saja Kamu diblokir karena dilaporkan oleh orang lain. Alasannya beragam, seperti Kamu mengganggunya dengan terus mengirim pesan dan telepon. Apalagi WA menyediakan fasilitas untuk mencegah spammer, peretas, dan scammer

5. Meretas Server WhatsApp

Sebab WhatsApp terblokir yang terakhir ini memang jarang terjadi. Tapi bisa saja dilakukan oleh orang yang ahli. Jika WhatsApp mendeteksi ada pengguna yang meretas servernya, maka akan langsung diblokir. Karena tindakan tersebut berbahaya dan memungkinkan kebocoran data. 

Terkait:  Cara Blokir STNK Mobil

Cara Agar WhatsApp Tidak Terblokir

Cara Agar WhatsApp Tidak Terblokir
Cara Agar WhatsApp Tidak Terblokir

Ada beberapa cara supaya akun WA milikmu tidak sampai terblokir. Pastikan Kamu untuk tetap berhati-hati agar mendapatkan akses ke WhatsApp lagi. Inilah cara yang harus dicoba:

1. Mematuhi Ketentuan Layanan WhatsApp

Cara agar WhatsApp tidak terblokir pertama adalah mematuhi ketentuan layanan. Ini merupakan hal yang wajib. Sebab semua pelanggaran akan terdeteksi oleh tim WhatsApp, yang mana jika terbukti melakukannya akan langsung di-banned, entah hanya sementara atau permanen. 

Kamu bisa cek ketentuan lengkapnya di situs Ketentuan Layanan WhatsApp. Ada banyak hal yang disebutkan dalam web tersebut. Beberapa di antaranya yaitu:

  • Tidak menggunakan WhatsApp untuk melakukan tindakan melanggar atau membantu orang lain. 
  • Dilarang memakainya untuk melakukan intimidasi, memfitnah, pelecehan, dan lain-lain. 
  • Tidak merugikan WhatsApp maupun pengguna lain. 

2. Menghapus Aplikasi Mod

Cara agar WhatsApp tidak terblokir yang kedua yaitu menghapus aplikasi mod. Sudah disebutkan bahwa pihak WA melarang pembuatan perangkat lunak yang memiliki fungsi sama. Selain melanggar hak cipta, aplikasi tersebut ternyata membahayakan privasi dan mengoleksi data pribadi pengguna. 

Aplikasi Mod sendiri tidak didapatkan dari toko resmi, tapi di situs web pengembang pihak ketiga. Jika Kamu mengunduh dan menggunakannya, sebaiknya segera dihapus. Cara uninstall aplikasi bisa dilihat pada panduan di bawah:

  • Buka menu Pengaturan
  • Lalu masuk ke bagian Aplikasi
  • Cari dan klik WhatsApp Mod yang Kamu gunakan. 
  • Pilih Uninstal agar tidak sampai diblokir. 

3. Menunggu WhatsApp Aktif Kembali

Apa yang harus Kamu lakukan jika akun WhatsApp ditangguhkan oleh pengembang? Tidak ada cara lain selain menunggunya aktif kembali. Jika itu diblokir sementara, maka bisa menantinya dari 24 sampai 48 jam. 

Terkait:  Cara Blast WhatsApp Tanpa Save Nomor: 3 Tahapan

Setelah waktu tersebut, biasanya akun milikmu bisa digunakan kembali. Selama penangguhan, pastikan tidak melakukan pelanggaran apa pun. Begitu pula jika WA sudah diaktifkan lagi. Karena kalau terdeteksi tindakan sama yang berulang, tidak menutup kemungkinan akan diblokir secara permanen. 

4. Meminta Peninjauan

Cara agar WhatsApp tidak terblokir selanjutnya yaitu dengan meminta pengembang untuk melakukan peninjauan permasalahan. Dari permohonan yang Kamu kirimkan, pihak WA akan memeriksa kasus tersebut. Cara ini dapat dicoba baik karena akun diblokir sementara maupun permanen. 

Kamu bisa meminta peninjauan lewat halaman Pusat Bantuan. Meski tidak mudah, tapi tidak ada salahnya untuk mencoba. Selain itu bersabarlah untuk menunggu respon dari tim WA yang butuh waktu beberapa hari. Berikut ini cara untuk mengirimkan permintaan:

  • Login ke akun WhatsApp yang Kamu gunakan. 
  • Saat ada notifikasi pemblokiran, ambil tangkapan layar sebagai bukti dukungan. 
  • Selanjutnya klik tombol DUKUNGAN
  • Berikutnya pilih menu Hubungi Dukungan Untuk Bantuan
  • Kamu akan dibawa ke halaman Pusat Bantuan. 
  • Pada halaman tersebut, klik Contact Us.
  • Kemudian masukkan nomor WA dan alamat email aktif. 
  • Berikan deskripsi permasalahan dan bukti screenshot yang sudah diambil. 
  • Tekan tombol NEXT dan tunggu dihubungi oleh tim WA setelah peninjauan selesai. 

5. Mengirim Email ke WhatsApp

Cara agar WhatsApp tidak terblokir terakhir adalah mengirim email pengaduan. Cara ini juga bisa Kamu lakukan jika akun di-banned permanen. Tulis permohonan agar tim WA memeriksa kasus dan mengaktifkannya lagi. Inilah panduan pengiriman email:

  • Buka aplikasi Email. 
  • Isikan alamat dengan [email protected].
  • Isi subjek dengan Permintaan Peninjauan Akun. 
  • Lalu deskripsikan masalahnya pada badan email. 
  • Jangan lupa beri penjelasan dan bukti yang akurat. 

Itulah beberapa cara agar WhatsApp tidak terblokir. Kamu harus mematuhi ketentuan layanan yang sudah ditetapkan. Jangan sampai menggunakan WA untuk tindakan kejahatan dan merugikan pengguna lain. 

Similar Posts