Cara Bagi Link Grup WhatsApp

Cara Bagi Link Grup WhatsApp Terbaru 2023 yang Benar dan Tepat!

Cara bagi link grup WhatsApp sangat mudah lho. Saat ini, WhatsApp sudah banyak mengalami pembaruan fitur-fiturnya. Maka wajar saja jika ada yang ketinggalan terkait pembaruan seputar grup WhatsApp. Ya, memang WhatsApp selain bisa berbagi foto, video, suara, dokumen, dll tapi juga bisa memiliki fitur grup. Jadi, grup ini berisi beberapa kontak WhatsApp yang telah bergabung.

Grup ini biasanya digunakan untuk berbagai keperluan dan tentunya dengan adanya fitur ini sangat memudahkan penggunanya. Misalnya grup ini untuk keluarga, untuk urusan pekerjaan, sekolah, atau aktivitas lainnya yang membutuhkan wadah yang bisa memudahkan berdiskusi bersama. Setelah banyak mengalami pembaruan, saat ini link grup WhatsApp bisa dibagikan ke orang lain dan orang lain bisa masuk ke grup dengan hanya klik link tersebut.

Tentunya sekarang sudah sangat mudah masuk grup hanya lewat link. Lalu, bagaimana cara membuat dan membagikan link grup WhatsApp ke orang lain? Silakan simak artikel ini untuk mengetahui info lengkapnya.

Cara Bagi Link Grup WhatsApp

Cara Bagi Link Grup WhatsApp
Cara Bagi Link Grup WhatsApp

Cara bagi link grup WhatsApp bisa kamu lakukan dengan cepat. Yang terpenting kamu adalah anggota dari grup tersebut dan juga sebagai admin, sehingga kamu bisa membuat dan membagikan link ke orang lain. Namun, sebelum masuk ke pembahasan inti dari artikel ini, mimin akan membagikan terlebih dahulu cara membuat grup WhatsApp. Nah, untuk mengetahui caranya, kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

Terkait:  Cara Melihat Pesan WhatsApp yang Dihapus

Cara Membuat Grup di Aplikasi WhatsApp

Sebelum mimin membagikan cara membagikan link grup, mimin akan memaparkan terlebih dahulu cara membuat grup WhatsApp.Setelah mengalami berbagai macam perubahan, di bawah ini mimin sudah merangkum cara membuat grup WhatsApp terbaru 2023. Yuk simak sampai tuntas.

Langkah 1: Buka Aplikasi WhatsApp

Langkah pertama, silakan buka aplikasi WhatsApp di daftar aplikasi ponsel kamu.

Langkah 2: Klik “New Chat” > Lalu Pilih “New Group”

Setelah itu, pada halaman utama akun WhatsApp kamu, silakan klik opsi New Chat atau yang memiliki ikon pesan yang berada di pojok kanan bawah. Setelah kamu klik akan muncul beberapa opsi yaitu New Group, New Contact, dan New Community. Nah, kamu bisa pilih opsi New Group.

Langkah 3: Pilih Peserta atau Anggota Grup

Lalu, langkah ketiga adalah kamu bisa pilih peserta atau anggota grup lewat halaman kontak yang ditampilkan. Kamu bisa pilih siapa saja peserta yang dimasukkan ke dalam grup. Kamu bisa memasukkan anggota atau peserta grup hingga 256 kontak. Apabila sudah, klik Next yang memiliki ikon tanda panah hijau yang berada di pojok kanan bawah.

Langkah 4: Buat Nama Grup

Langkah selanjutnya, kamu bisa membuat nama grup sesuai yang kamu inginkan. Apabila sudah, kamu bisa lanjut mengganti foto profil grup tersebut dan kamu juga bisa mengunduh foto profil dari galeri kamu.

Langkah 5: Klik “Create”

Apabila semua tahapan sudah kamu ikuti dan sudah selesai, kamu bisa klik tombol Create. Nah, secara otomatis grup yang telah kamu buat tersebut muncul di daftar chat WhatsApp kamu.

Selanjutnya, mimin akan membagikan cara membuat dan membagikan link grup WhatsApp di bawah ini. Link ini sangat berguna bagi kamu yang sudah membuat grup tapi tidak memiliki semua kontak orang yang ingin kamu masukkan. Jadi, kamu bisa meminta tolong orang lain untuk mengirimkan link tersebut.

Terkait:  Cara Kirim Video Full di WhatsApp Update Januari 2024

Selain itu, membagikan link grup ini juga sangat memudahkan kamu karena kamu tidak perlu repot menambahkan satu per satu kontak di ponsel kamu, kamu hanya perlu membagikannya ke grup lain yang anggotanya harus masuk ke grup baru tersebut dan biarkan mereka yang masuk sendiri ke grup lewat link yang kamu bagikan. Untuk cara membuat dan membagikan link grup WhatsApp, kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

Cara Membuat dan Membagikan Link Grup WhatsApp

Mungkin ini adalah poin yang sedang kamu cari yaitu cara membagikan link grup WhatsApp ke orang lain. Di bawah ini mimin sudah merangkum dengan lengkap dan runtut mengenai cara yang kamu butuhkan. Silakan diikuti step by step-nya agar berhasil. Kamu juga bisa membacanya sambil mempraktekkannya di ponsel kamu.

Langkah 1: Buka Aplikasi WhatsApp

Langkah pertama, tentunya kamu bisa langsung buka aplikasi WhatsApp di ponsel kamu.

Langkah 2: Pilih Grup yang Ingin Dibuat Link-nya

Kemudian, karena kamu akan membagikan link sebuah grup, pastikan kamu juga bergabung ke grup tersebut. Selain itu, untuk bisa membagikan link ini, kamu juga harus menjadi admin di grup tersebut. Silakan cari dan pilih grup yang ingin kamu buat dan bagikan link-nya.

Langkah 3: Klik Grup Info

Setelah itu, kamu bisa pilih opsi Grup Info pada grup yang sudah kamu tentukan. Setelah kamu klik, maka akan muncul info atau keterangan berupa rincian informasi dari grup tersebut, seperti deskripsi grup, dibuat oleh siapa dan tanggal berapa, anggota grup, dan informasi lainnya. Sekali lagi, untuk membuat link pastikan kamu adalah admin di grup tersebut ya.

Terkait:  Cara Menyimpan Status WhatsApp

Langkah 4: Klik “Invite Via Link”

Lalu, masih pada menu Grup Info dari grup yang sudah kamu pilih, kamu bisa gulir ke bawah hingga kamu menemukan opsi Invite via Link. Jika sudah kamu klik, kamu akan masuk ke halaman menu Invite Link di mana tertera link atau tautan yang berada di paling atas.

Langkah 5: Bagikan Link dengan Cara yang Kamu Mau

Selanjutnya, untuk membagikan link atau mengundang orang lain masuk ke grup tersebut adalah kamu bisa memilih beberapa opsi yang tersedia, seperti Send Link via WhatsApp, Copy Link, Share Link, QR Code, dan Reset Link. Silakan pilih opsi yang sesuai dengan keinginan kamu dan bisa langsung kamu bagikan ke orang yang akan kamu undang ke grup tersebut.

Setelah link tersebut kamu bagikan, nanti orang yang kamu kirimkan link bisa langsung masuk ke grup tersebut secara otomatis dan akan menjadi anggota grup. Kamu bisa melakukan Reset Link untuk berjaga-jaga karena dikhawatirkan link tersebut disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Karena memang semudah itu masuk ke grup hanya dari sebuah link. Cara ini juga berlaku untuk menghindari orang sembarangan masuk ke grup kamu.

Kesimpulan

Demikian, cara bagi link grup WhatsApp yang telah mimin rangkum dengan lengkap dan jelas. Tentunya dengan adanya fitur ini, sangat memudahkan bagi siapa saja karena tidak perlu repot menyimpan nomor telepon satu-satu di ponsel kamu. Silakan ikuti langkah-langkah di atas secara runut agar memudahkan kamu. Perlu diingat bahwasanya agar kamu bisa meng-copy dan membagikan link grup WhatsApp, kamu harus menjadi admin dari grup tersebut. Semoga artikel ini bermanfaat. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Similar Posts