Tulung ojo di copy ya lur...

Oppo F7 vs Oppo F9

By On Thursday, October 3rd, 2019 Categories : Oppo, Perbedaan Smartphone

Perbedaan Oppo F7 dan F9 masih menjadi topik bahasan penting yang banyak dicari akhir-akhir ini. Topik ini membicarakan tentang kedua produk dari vendor Oppo yang paling hits dimasanya. Apalagi kalo bukan Oppo F7 dan Oppo F9.

Jika kami bertanya padamu, Oppo F7 vs Oppo F9 bagus mana? Apakah yang ada dipikiranmu lur? Apakah kamu tahu perbedaan hp oppo f7 dan f9?

Sehubungan dengan topik bahasan kami tentang dua produk Oppo F7 dan Oppo F9, kami sengaja mengulas dan mencari apa saja perbandingan oppo f7 dan f9 yang ada. Mulai dari tahun rilis, jaringan, bodi, kamera, display, dapur pacu, memori, berbagai fitur, hingga perbandingan harga akan kami ulas untuk kamu sedulur semua.

Dimulai dari tahun rilisnya, kedua produk F7 dan F9 ini memiliki persamaan. Keduanya secara bersamaan launching pada tahun 2018 lalu. Akan tetapi, yang membedakan adalah bulan rilisnya. Oppo F7 dirilis pada bulan April, sedangkan Oppo F9 rilis pada bulan Agustus tahun lalu.

Oppo F7 vs Oppo F9 – Bagus Mana ?

Apakah kamu sudah penasaran dengan hasil perbandingan F7 dan F9? Sebelum kami ulas lebih mendetail perihal perbedaan apa saja yang ada pada Oppo F7 dan F9, kamu bisa pilih mana yang terbaik dari luarnya pada gambar berikut.

perbedaan oppo f7 dan f9

Oppo F7 vs Oppo F9

Perlu diketahui, kedua produk ini antara Oppo F7 dan Oppo F9 masing-masing mempunyai keunggulan dan kelemahan tersendiri yang menjadi pembanding diantara keduanya. Hanya terdapat beberapa perbedaan saja diantara keduanya, selanjutnya tinggal kamu yang menentukan mau pilih mana. Cek review perbandingan oppo f7 dan f9 berikut.

Perbedaan Oppo F7 dan F9

Perbedaan Oppo F7 dan Oppo F9

Kami telah menemukan beberapa spesifikasi dan fitur yang menjadi pembeda diantara keduanya Oppo F7 dan Oppo F9. Perbedaan hp oppo f7 dan f9 yang paling terlihat terletak pada bagian bodi dan harga saja. Tapi, kamu bisa cek tabel dan ulasannya berikut ini lur.

Terkait:  Realme C2 vs Realme 3

1. Perbedaan Harga

Perbandingan Harga
Oppo F7Oppo F9
Rp. 3.499.000Rp. 3.699.000

Dari segi harga, hanya terdapat sedikit saja selisihnya. Lebih murah F7 dibanding F9, akan tetapi semua ini juga mengacu pada spesifikasi dan fitur yang dibawainya. Jadi, kamu lebih milih mana diantara F7 dan F9 lur?

Cek Perbandingan Smartphone Lainnya : 

2. Perbedaan Varian Warna

Perbandingan Warna
Oppo F7Oppo F9
Solar Red, Diamond Black, Moonlight Silver (64GB only)Sunrise Red, Twilight Blue, Starry Purple

Warna utama yang ditawarkan oleh Oppo terhadap kedua produk ini pun hampir sama, namun masih memiliki pembeda yang menjadi ciri khas ponsel tersebut. Untuk semua versi, Oppo F9 lebih unggul soal warna. Hal ini dikarenakan Oppo F7 ada opsi warna tersendiri yang hanya tersedia untuk varian memori internal 64GB saja.

Moonlight Silver bisa menjadi warna yang sangat langka memang, karena cuma tersedia pada Oppo F7 dengan ROM 64GB saja. Ini menjadi daya tarik tersendiri untuk F7, namun juga malah bisa jadi daya kelemahan karna pilihan warnanya terbatas.

3. Perbedaan Bodi

Perbedaan Bodi Oppo F7 dan F9

Perbedaan Bodi Oppo F7 dan F9 | Youtube.com

Perbandingan Desain Bodi
Oppo F7Oppo F9
Uk Dimensi: 156 x 75.3 x 7.8 mm (6.14 x 2.96 x 0.31 in)Uk Dimensi: 156.7 x 74 x 8 mm (6.17 x 2.91 x 0.31 in)
Berat: 158 g (5.57 oz)169 g (5.96 oz)
Material: –Material: Front glass, plastic frame
Terkait:  Kelebihan dan Kekurangan Oppo F7

Jika ditimbang, Oppo F9 memiliki bawaan bodi yang begitu berat dibanding Oppo F7. Ini dikarenakan material tambahan yang dilapiskan pada bodi F9 yakni seperti gelas kaca dibagian depan/layarnya dan bagian pinggirannya dilapisi frame dengan plastik yang menjadikan kesan mewah tersendiri untuknya. Dari segi dimensinya, ukuran bodi keduanya hampir sama.

4. Perbedaan Display

Perbandingan Display
Oppo F7Oppo F9
Uk Layar: 6.23 inches, 96.9 cm2 (~82.5% screen-to-body ratio)Uk Layar: 6.3 inches, 97.4 cm2 (~84.0% screen-to-body ratio)
Resolusi: 1080 x 2280 pixels, 19:9 ratio (~405 ppi density)Resolusi: 1080 x 2340 pixels, 19.5:9 ratio (~409 ppi density)
Proteksi: Corning Gorilla Glass 5Proteksi: Corning Gorilla Glass 6

Masih berkaitan dengan ukuran bodi, sekarang kita bicarakan tentang ukuran layarnya. Untuk ukuran layarnya hanya terdapat sedikit saja selisih diantara keduanya. Oppo F9 memiliki ukuran layar yang sedikit agak besar dibanding dengan Oppo F7. Jelas, dari segi resolusi layarnya pun tetap Oppo F9 menjadi lebih unggul daripada Oppo F7. Terlebih lagi, F9 sudah diproteksi dengan Corning Gorilla Glass 6 yang lebih powerful untuk menahan dari segala maca goresan. Jika dibanding dengan Oppo F7, tentu Oppo F9 menjadi pemenangnya.

5. Perbedaan Memori

Perbandingan Memory
Oppo F7Oppo F9
Internal:
64GB 4GB RAM
128GB 6GB RAM
Internal:
64GB 4GB RAM
64GB 6GB RAM

Dapat terlihat, keduanya pun memiliki memori internal dengan sedikit selisih saja. Memori internal minimalnya masih sama, Namun ada sedikit perbedaan yang terletak pada internal maksimalnya.

Oppo F7 memiliki internal memori terbesar 128GB dengan bawaan RAM 6GB, sedangkan Oppo F9 hanya mempunyai kapasitas memori internal terbesar 64GB dengan 6GB RAM saja. Sehingga, dari segi internal kami lebih memilih Oppo F7 menjadi pemenangnya.

6. Perbedaan Kamera

Perbandingan Kamera
Oppo F7Oppo F9
Kamera:
16 MP, f/1.8, PDAF
Kamera:
16 MP, f/1.8, 1/3.1, 1.0µm, PDAF
2 MP, f/2.4, depth sensor

Dari segi kamera, kami melihat bahwa Oppo F9 sangat unggul. Ini dikarenakan Oppo F7 masih memakai single camera beresolusi 16MP, sedangkan Oppo F9 sudah menggunakan dual camera dengan masing-masing resolusinya 16MP dan 2MP. Memang, kamera sekunder pada F9 sangat kecil resolusinya. Namun ini menjadikan kelebihan tersendiri untuk menghasilkan gambar yang sangat detail dan tajam.

Terkait:  Vivo V7 vs Vivo V9

Kami pun memilih Oppo F9 menjadi pemenangnya, hal ini karena dual camera miliknya yang sangat istimewa dibanding F7.

7. Perbedaan Baterai

Perbandingan Baterai
Oppo F7Oppo F9
Jenis Baterai: Li-IonJenis Baterai: Li-Po
Kapasitas: 3400 mAhKapasitas: 3500 mAh
Fitur: –Fitur: Fast battery charging 20W (VOOC Flash Charge)

Dari segi baterai, bisa terlihat bahwa Oppo F7 masih lemah dikarenakan masih memakai baterai Li-Ion dengan kapasitas 3400 mAh dan belum didukung fitur fast charge. Sedangkan, Oppo F9 lebih unggul karena memakai baterai Li-PO dengan kapasitas sedikit lebih besar yakni 3500 mAh serta sudah didukung dengan fitur Fast battery charging 20W. Dilihat dari segi baterai, kami lebih memilih Oppo F9 menjadi pemenangnya.

Pilih Oppo F7 atau Oppo F9?

Dilihat dari harganya, kedua produk Oppo ini memang sangat sengit persaingannya. Kami pun sampai bingung memilih yang mana. Namun, jika kami lihat dari sisi spesifikasi dan fitur yang dibawainya kami lebih merekomendasikan untuk memilih Oppo F9.

Baca Juga :

Hal ini dikarenakan Oppo F9 lebih unggul dalam hampir segala fitur, akan tetapi dari segi kapasitas memori internalnya Oppo F7 jauh lebih unggul.

Jadi, semua pilihan kami kembalikan padamu lur. Jika kamu tak mempermasalahkan harga, dan ingin punya spek dan fitur unggulan kami hanya bisa menyarankan untuk memilih Oppo F9.

Sekian saja untuk ulasan mengenai beberapa perbedaan oppo f7 dan f9 yang bisa dijadikan referensi dan acuan kamu sebelum membelinya. Jangan lupa untuk di share ke teman-teman kamu ya! 🙂

Bagikan ke:
Oppo F7 vs Oppo F9 | Bidan Review | 4.5