Cara Bikin Bitly WhatsApp

Cara Bikin Bitly WhatsApp: Hanya dengan 2 Langkah Mudah!

Kalau Kamu saat ini sedang menjalankan bisnis, harus tahu cara bikin Bitly WhatsApp. Sebab dengan tautan yang lebih ringkas dan saat diklik langsung membuka room chat, bisa meningkatkan penjual. Calon pelanggan yang ingin melakukan pesanan lewat WA tidak perlu menyimpan nomor terlebih dulu. 

Link WA yang sudah dibuat di Bitly juga bisa dicantumkan sebagai tautan kontak pada media sosial. Kamu bisa menambahkannya di bagian bio dalam profil Instagram, Facebook, Tiktok, maupun online shop. Jadi, dengan satu klik langsung mengarah ke ruang chat

Tapi untuk membuat link WhatsApp lewat Bitly ada tahapan yang harus Kamu lakukan. Tenang saja, caranya tidak rumit dan dalam hitungan menit saja sudah mendapatkan link profesional. Untuk lebih jelasnya, lihat penjelasan berikut ini. 

Cara Bikin Bitly WhatsApp

Cara Bikin Bitly WhatsApp
Cara Bikin Bitly WhatsApp

WA merupakan aplikasi chatting yang populer dan sangat tepat kalau menjadikannya sebagai media promosi. Caranya dengan menggunakan fitur Click to Chat, yaitu membuat link yang diarahkan langsung ke ruang perpesanan. Kamu bisa meng-create di Bitly dengan langkah-langkah seperti di bawah ini:

1. Membuat Link WhatsApp Biasa

Cara bikin Bitly WhatsApp pertama kali adalah membuat linknya dulu seperti biasa. Apakah Kamu sudah pernah melakukannya? Jika belum, di sini akan dijelaskan bagaimanakah rumus untuk membuat tautan yang mengarah langsung ke chat saat diklik oleh pengguna lain. 

Di sini Kamu dapat membuatnya secara manual dengan menggunakan rumus tertentu. Pertama yang harus disiapkan adalah nomor WA yang Kamu gunakan untuk bisnis. Jangan lupa menambahkan kode negara di depannya dan menghilangkan angka 0 di awal nomor. 

Terkait:  Cara Membuat WA di Laptop

Setelah itu, Kamu bisa memilih salah satu dari dua rumus yang akan diberikan. Gantilah bagian XXXXX dengan nomor WhatsApp milikmu. Rumus Click to Chat untuk aplikasi WhatsApp yaitu:

Kalau masih bingung, Kamu bisa lihat contohnya berikut ini. Untuk kedua rumus tersebut, hasilnya kurang lebih seperti ini:

Selain dengan cara manual, Kamu juga bisa membuatnya dengan WA link generator. Ada banyak situs online yang menyediakan fitur tersebut. Beberapa di antaranya adalah Postcron, WASAP, wa.link, dan wa.wizard.id. Cara bikin link dengan generator tersebut lebih mudah, langkah-langkahnya hampir sama, yaitu:

  • Buka salah satu situs WA link generator. Kamu bisa memasukkan kata kuncinya di mesin pencari. 
  • Kemudian masukkan nomor telepon dan kode negara pada kolom yang disediakan. 
  • Kamu juga bisa menambahkan pesan otomatis kepada customer yang mengklik tautan tersebut. 
  • Kemudian tekan tombol Get Link atau Generate Link. 
  • Tinggal pilih Copy dan simpan tautannya terlebih dahulu. 

Jika sudah mendapatkan link, baru Kamu bisa melanjutkan ke langkah kedua dari cara bikin Bitly WhatsApp. Pastikan bahwa tautan dapat diakses dan langsung mengarah ke chat. Kamu dapat uji coba dengan mengklik tautan tersebut. Setelah itu, salin linknya untuk dibuat di Bitly. 

2. Membuat Custom Link di Bitly

Cara bikin Bitly WhatsApp berikutnya adalah melakukan kustomisasi pada link yang sudah dibuat. Kelebihan dari Bitly bukan hanya membuat tautan lebih pendek. Tapi Kamu bisa menamai tautan sendiri, sehingga terlihat lebih profesional. 

Untuk keperluan sederhana, bisa menggunakan Bitly versi gratis. Meski begitu, ini sudah lengkap untuk mendapatkan tautan yang diharapkan. Berikut adalah cara bikin Bitly WhatsApp yang harus Kamu perhatikan:

  • Buka browser yang ada di perangkat. 
  • Kemudian akses situs Bitly di alamat https://bitly.com/.
  • Setelah itu Kamu harus login dulu dengan email dan password agar bisa menggunakan fitur yang disediakan. Kalau belum pernah membuat akun, bisa login dengan Google account. 
  • Setelah berada di halaman awal Bitly, tekan ikon plus yang ada di menu bagian kiri layar. 
  • Kemudian pilih opsi Link
  • Kamu dapat memasukkan tautan WhatsApp yang sudah disalin pada kolom Destination
  • Berikan judul jika diperlukan. Tapi ini sifatnya opsional. 
  • Kamu juga dapat melakukan kustom pada kolom custom back-half dengan memasukkan nama bisnis di akhir tautan, contohnya RAYASHOP.
  • Untuk membuat link, tekan tombol Create yang ada di kanan bawah. 
Terkait:  Cara Melihat Status WA Tanpa Berteman

Hasilnya akan ditampilkan. Seperti yang disebutkan, link dari Bitly itu lebih pendek dan simpel. Karena Kamu sudah mengkustomisasi dengan nama bisnis, tautan akan menjadi https://bitly/RAYASHOP. Berbeda dengan yang tidak dikustom, akhirannya berupa huruf-huruf random. 

Di Bitly tidak hanya bisa membuat tautan pendek saja. Tapi juga mengubah link tersebut menjadi kode QR. Jadi, kalau ada yang ingin membuka nomor WhatsApp milikimu, cukup scan kode QR dan akan langsung tersambung ke room chat tanpa simpan kontak. 

Kode Tambahan Bikin Link WhatsApp

Kamu merasa kalau link yang dibuat masih biasa saja? Buat lebih interaktif saat diklik pengguna dengan menambahkan pesan otomatis. Misalkan, saat ada yang mengakses tautan, langsung muncul pesan “Halo Admin. Apakah produk ini masih ada?”

Menambahkan teks seperti itu memudahkan calon pelanggan yang akan menanyakan ketersediaan produk. Karena bisa langsung mengirimkan pesan tanpa harus menuliskannya secara manual. Jika ingin membuatnya, simak kode berikut:

  • &text untuk menambahkan teks. 
  • ℅20 untuk membuat spasi antar teks. 
  • %0A untuk menambahkan enter dalam teks. 

Misalkan Kamu ingin menambahkan teks seperti yang dicontohkan di atas. Maka gunakan rumus tersebut untuk menyisipkannya ke dalam link. Contohnya seperti di bawah ini:

Setelah link dibuat, coba lakukan pengujian apakah tautan sudah benar dan langsung mengarah ke chat. Jika benar, Kamu bisa menyalin dan membuat custom lagi di Bitly. Buat terlihat profesional agar menarik pengguna untuk melakukan klik. 

Kelebihan Bikin Bitly WhatsApp

Bitly merupakan platform manajemen tautan yang sangat populer. Berbagai fitur yang disediakan sangat membantu dalam proses pemasaran online. Termasuk membuat link WhatsApp yang sudah dijelaskan. Lantas, apa saja kelebihan membuat link di sini? Beberapa di antaranya yaitu:

  • Gratis. Bitly memang memiliki versi gratis dan premium. Tapi dengan akun yang gratis, Kamu sudah bisa menggunakan banyak fitur. Apalagi cara bikin Bitly WhatsApp juga mudah dan bisa login dengan akun Google. 
  • Kustom URL. Bukan hanya hasilnya yang pendek, tapi bisa melakukan kustomisasi dengan cara yang sudah dijelaskan. Kamu dapat membuat tautan sendiri yang tidak lebih dari 14 karakter. Alamat tersebut akan lebih menarik, terlihat profesional, dan menggambarkan bisnis. 
  • Alat analisis bisnis. Kelebihan selanjutnya adalah Bitly menyediakan alat untuk menganalisis bisnis. Kamu dapat memantau kapan dan dimana saja link yang sudah dibuat diklik oleh pengguna. Karenanya bisa menganalisis pelanggan potensial. 
  • Menyajikan statistik link. Kalau Kamu upgrade ke premium, bisa melihat statistik link WhatsApp yang dibuat di Bitly. Dari sini dapat mengukur efektivitas dengan melihat jumlah kunjungan atau klik ke tautan. 
  • Keperluan universal. Link WhatsApp yang sudah dibuat dapat digunakan untuk semua keperluan. Kamu bisa membagikannya ke media sosial, promo di marketplace, dan lainnya. 
Terkait:  Cara Menyimpan Status WhatsApp

Itulah cara bikin Bitly WhatsApp yang mudah dan terlihat profesional. Platform ini dipilih karena memberikan hasil kustom yang pendek. Jadi pengguna mudah mengingatnya untuk melakukan klik pada link. 

Similar Posts