Cara Buat Link Grup WhatsApp

Cara Buat Link Grup WhatsApp Untuk Mengundang Peserta

Grup WhatsApp merupakan tempat yang tepat untuk melakukan komunikasi dengan rekan kerja, komunitas, maupun perkumpulan bersama-sama teman. Untuk menambahkan anggota biasanya secara manual. Tapi ada yang lebih mudah dengan cara buat link grup WhatsApp, lalu membagikannya. 

Dengan membuat tautan, Kamu tidak perlu lagi memasukkan anggota baru satu per satu. Cukup sebar link, lalu menunggu orang yang diberi ikut bergabung dalam grup. Selain itu, Kamu juga dapat menggunakan kode QR untuk mengundangnya. 

Cara Buat Link Grup WhatsApp

Cara Buat Link Grup WhatsApp
Cara Buat Link Grup WhatsApp

Membuat tautan undangan untuk bergabung ke sebuah grup WA memang mudah. Tapi untuk yang baru pertama kali memakainya, mungkin merasa kesulitan menemukan fitur tersebut. Agar tahu caranya secara lengkap, maka akan dijelaskan dari awal sejak mulai membuat grup. 

1. Buat Grup WhatsApp

Kenapa dalam cara buat link grup WhatsApp yang pertama kali harus membuat grupnya? Karena syarat utamanya harus menjadi admin grup terlebih dahulu. Jika di sini Kamu berperan sebagai pembuat grup, otomatis akan jadi admin juga. 

Membuat grup baru di WhatsApp sangatlah mudah. Kamu harus tahu cara ini agar dapat berkomunikasi dengan rekan kerja dan mengefisiensikan koordinasi soal pekerjaan. Cara membuat grup WA seperti di bawahnya ini:

  • Buka aplikasi WhatsApp yang Kamu gunakan. 
  • Pada halaman Chat, tekan tanda titik tiga di pojok kanan atas. 
  • Selanjutnya pilih menu Grup Baru. 
  • Kamu juga bisa langsung menekan ikon pesan yang ada di sisi bawah dengan latar belakang hijau. Lalu, pilih menu Grup Baru. 
  • Setelah itu, Kamu harus mencari kontak yang akan dimasukkan ke grup dan menekan ikon plus (tambah). Sebaiknya masukkan beberapa nama saja, kemudian yang lain bisa bergabung dengan link yang akan dibuat. 
  • Tekan tanda panah berwarna hijau. 
  • Langkah berikutnya yaitu memasukkan subjek grup, yang mana nanti menjadi nama grup dan dapat dilihat oleh peserta. Panjang subjek maksimal 100 karakter. Kamu juga bisa menambahkan emoji dan ikon lain.
  • Setelah itu, tambahkan foto grup agar lebih menarik. Bisa pula menggunakan foto dari Galeri dengan mengetuk ikon kamera. 
  • Ketuk tanda centang hijau dan grup sudah selesai dibuat. 
Terkait:  Cara Install WhatsApp di Laptop Update Januari 2024

Tapi, bagaimana jika sebelumnya sudah ada grup yang dibuat oleh orang lain? Maka mintalah temanmu itu untuk menjadikanmu sebagai admin. Baru Kamu dapat menggunakan fitur link invite atau tautan undangan. 

Hanya saja, tidak semua orang bisa diajak kerja sama. Akan lebih sulit jika admin grup yang awal tidak mau menuruti permintaanmu. Jadi, yang paling mudah kalau Kamu menjadi pembuat grup.

2. Buat Link Grup WhatsApp

Berikut ini cara buat link grup WhatsApp yang paling utama. Karena Kamu sudah menjadi admin, maka bisa membuat tautan untuk dibagikan secara luas. Cara ini sangat efektif dan efisien dibandingkan mengundang kontak secara manual. 

Kamu tidak perlu aplikasi tambahan, sebab tautan bisa dibuat langsung dalam grup WhatsApp. Jika belum tahu, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Buka grup yang sudah Kamu buat dan masuk ke chat room. 
  • Setelah itu, ketuk nama grup yang ada di atas untuk masuk ke halaman info. 
  • Gulir layar dan temukan menu peserta. 
  • Ketuk opsi Undang Via Tautan yang ada di bawah informasi jumlah peserta grup. 
  • Selanjutnya akan dibawa ke halaman, yang mana di situ ada link dari grup tersebut. 
  • Pilih opsi Salin Tautan yang ada di bawah link agar Kamu dapat menggunakannya untuk mengundang teman. 

3. Bagikan Link Grup WhatsApp

Kalau Kamu sudah mendapatkan tautan grup, bisa menggunakannya untuk mengundang orang-orang untuk bergabung. Jadi, Kamu tidak perlu menyimpan kontak peserta dan memasukkannya secara manual. Karena hal tersebut malah menyita waktu jika jumlah pesertanya banyak. 

Karena itulah, setelah cara buat link grup WhatsApp yang dijelaskan di atas, Kamu harus membagikannya. Share tautan di aplikasi ini sangat mudah. Pertama dengan salin link dan menempelkannya pada kolom pesan seperti yang disebutkan di atas. Tambah beberapa kalimat yang menginformasikan tautan tersebut agar calon peserta mengklik dan bergabung. 

Terkait:  Cara Buat Sticker WhatsApp di Android dan iPhone, Mudah!

Ada pula cara lain untuk membagikan link yang lebih simpel. Kamu bisa lihat pada panduan berikut ini:

  • Pada halaman yang menunjukkan link grup WhatsApp, ketuk langsung tautannya. 
  • Setelah itu akan muncul opsi untuk membagikan link. Di sini Kamu dapat membagikan ke kontak WA maupun aplikasi lain, seperti Facebook dan Instagram. 
  • Selain itu, bisa menggunakan menu yang ada di bawah link. Kamu bisa memilih opsi Kirim Tautan Via WhatsApp atau Bagikan Tautan. 
  • Pastikan Kamu membagikannya ke orang yang dapat dipercaya supaya tidak disalahgunakan. 

Selain bagi tautan, ternyata Kamu juga dapat share kode QR. Lain hal dengan link yang harus diklik oleh calon peserta jika ingin bergabung. Kalau kode QR, digunakan dengan cara memindainya, kemudian langsung diarahkan ke dalam grup. 

Menu kode QR ada di bagian bawah opsi bagi tautan grup. Kamu dapat screenshot kode tersebut atau mengetuk ikon share dan membagikannya secara langsung. Adanya kode QR memberikan variasi dalam mengundang calon peserta ke dalam grup dengan cara lebih profesional. 

Bagaimana Jika Link Grup WhatsApp Tersebar Luas? 

Setelah melihat cara buat link grup WhatsApp di atas, pasti menggunakannya untuk mengundang orang lain. Tapi permasalahan muncul ketika tautan tersebar luas dan ada orang tidak dikenal yang ikut bergabung. Untuk permasalahan tersebut, bagaimana solusinya? 

Sebagai admin grup, ternyata Kamu juga memiliki wewenang untuk mengubah link yang sudah tersebar. Dengan begitu tidak akan ada lagi yang bisa bergabung dengan tautan lama. Cara mengatur ulang link grup WhatsApp seperti di bawah ini:

  • Pada halaman dimunculkannya link, ketuk opsi Setel Ulang. 
  • Akan ada pop-up yang bertanya apa Kamu yakin untuk mengubah tautan, karena setelah itu tidak ada yang bisa memakai link lama untuk bergabung. Tekan saja Setel Ulang Tautan. 
  • Jika berhasil, akan muncul notifikasi. Ketuk saja tombol OKE
  • Berikutnya Kamu dapat memakai tautan yang baru untuk dibagikan ke calon peserta. 
Terkait:  Cara Ganti Nomor WhatsApp Tanpa Menghilangkan Kontak dan Chat 🧶

Kelebihan dan Kekurangan Link Grup WhatsApp

Adanya link grup WhatsApp ternyata memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya yaitu Kamu tidak perlu menyimpan nomor calon peserta untuk ditambahkan ke dalam grup. Jadi, lebih efisien dan hemat waktu. 

Apalagi kalau orang yang diberi link belum tentu mau bergabung. Daripada memaksanya dan nanti malah logout dari grup, lebih baik diberi undangan lewat tautan dan biarkan untuk bergabung atau menolaknya. Selain itu, sekarang juga ada fitur untuk meninjau orang yang akan bergabung. 

Sedangkan kekurangannya yaitu hanya bisa memasukkan 1.024 orang ke dalam grup. Jika untuk komunitas besar atau grup seminar, WhatsApp kurang efektif karena terbatas. Kekurangan lainnya adalah rawan disalahgunakan jika link dibagikan ke sembarang orang. 

Demikian penjelasan cara buat link grup WhatsApp dari awal sampai membagikannya. Selain tautan, ada opsi lain untuk mengundang lewat kode QR. Cara seperti ini lebih hemat waktu dan tidak perlu menambahkan peserta secara manual. 

Similar Posts