Biaya Buat Rumah Ukuran 6×9

Biaya Buat Rumah Ukuran 6x9
Biaya Buat Rumah Ukuran 6x9

Umumnya biaya buat rumah ukuran 6×9 tidak pernah menghabiskan anggaran terlalu besar. Akan tetapi, segalanya bergantung pada renovasi seperti apa yang kalian lakukan. Di sisi lain bentuk dan ukuran rumah bertipe 6×9 tergolong sederhana dan minimalis.

Meski begitu, siapa saja pasti menyukai konsepnya lantaran dianggap mampu memenuhi kebutuhan masyarakat kelas menengah sampai kelas bawah yang ingin mempunyai hunian pribadi dengan budget minim.

Read More

Biasanya rumah ukuran 6×9 mampu menampung seluruh anggota keluarga kecil dari satu hingga tiga orang anak. Pasalnya, hunian tersebut mampu menghasilkan dua sampai tiga kamar tidur yang bisa ditempati semua orang.

Di samping itu, kamu juga bisa membangun dapur sampai kamar mandi. Rumah ini pun dapat ditambahkan halaman depan yang berkonsep minimalis sehingga tidak menghabiskan sisa lahan untuk digunakan kebutuhan lain.

Walaupun konsepnya tergolong minimalis bahkan sederhana, tetapi kalian bisa membuat ruang tamu sampai ruang makan sederhana untuk semua anggota keluarga. Kalian boleh menambahkan perabotan seperti meja makan minimalis berkapasitas 4 sampai 6 orang.

Jangan lupa catat seluruh perlengkapan yang dibutuhkan agar kamu dapat memastikan anggaran pembangunan rumah ukuran 6×9 sesuai rencana, serta budget yang telah disiapkan dari sekarang.

Biaya Buat Rumah Ukuran 6×9

Biaya Buat Rumah Ukuran 6x9
Biaya Buat Rumah Ukuran 6×9

Dalam pembangunan rumah ukuran 6×9 kalian harus memperhatikan beragam aspek. Hal ini dikarenakan banyak orang selalu mengalami penundaan rancangan bangunan lantaran mereka tidak punya susunan rencana pembuatan rumah sejak awal.

Terkait:  Biaya Administrasi Pegadaian

Oleh karena itu, kalian bisa mencatat beberapa hal untuk memastikan semuanya sesuai dengan perhitungan anggaran yang sudah disiapkan. Pastikan kamu juga bertanya kepada tukang bangunan soal bahan material yang digunakan.

Perhitungan anggaran membuat rumah ukuran 6×9 bukan hanya soal bahan material, tetapi upah pekerja sampai biaya tak terduga perlu kalian perhatikan. Pasalnya, seseorang agak acuh bahkan tidak pernah memperhatikan dua hal tersebut dalam merancang sebuah rumah impian.

Seandainya kamu bakal menambahkan objek tertentu, silakan gabungkan ke dalam biaya tak terduga yang hanya memakan beberapa persen dari jumlah perhitungan biaya bangun rumah keseluruhan.

Biaya Buat Rumah Ukuran 6×9, Berikut RAB dan Estimasi Waktunya

Beberapa orang masih menganggap pembangunan rumah ukuran 6×9 bakal menghabiskan waktu selama tiga bulan bahkan lebih. Namun, kami pastikan asumsi tersebut salah besar dan kalian cukup menunggu selama beberapa minggu saja.

Kami juga akan memberikan ulasan soal perhitungan setiap anggaran terhadap pembuatan rumah yang bakal kalian huni bersama seluruh anggota. Berikut merupakan informasi soal buat rumah ukuran 6×9, yaitu :

Biaya Persiapan dan Pondasi Rumah

Langkah awal dalam mengetahui perhitungan anggaran buat rumah ukuran 6×9 adalah menelusuri biaya persiapan dan pondasi. Persiapannya terdiri dari pengukuran sampai pemasangan plank kayu maupun bongkar bangunan.

Di sisi lain pondasi meliputi pengerjaan galian sampai pemasangan pondasi batu kayu. Secara umum kalian cukup menghabiskan budget mencapai Rp.4 juta untuk persiapan, sedangkan biaya pondasi tidak pernah lebih dari Rp.3 juta.

Biaya Pengerjaan Struktur Beton

Untuk rumah ukuran 6×9 pasti membutuhkan struktur beton yang meliputi beton plat lantai 2,5 m3, beton sloof 0,88 m3, beton kolom praktis 0,5 m3, beton kolom struktur utama 1,3 m3, ring balok 0,60 m3, balok utama 0,8 m3 sampai pengerjaan cor dak beton 3,25 m3.

Terkait:  Biaya Kirim JNE

Biasanya kalian tidak pernah menghabiskan anggaran mencapai Rp.30 juta. Jumlah tersebut sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan tukang bangunan dalam mengerjakan struktur beton rumah impian kalian.

Biaya Pemasangan Plafon dan Batu Bata

Apabila struktur beton sudah dikerjakan, maka kamu bisa menghitung biaya pemasangan batu bata dan plafon. Biasanya tukang bangunan bakal membutuhkan acian sekitar 165 m2, plesteran 165 m2 sampai pasangan batu hebel sebesar 87 m2.

Kalian cukup menyiapkan budget senilai Rp.30 juta. Di sisi lain pemasangan plafon butuh anggaran sekitar Rp.3,5 yang terdiri dari gypsum berukuran 10 mm dan rangka hollow galvanis sebanyak 28 m2.

Biaya Pengerjaan Keramik

Biasanya rumah berukuran 6×9 membutuhkan keramik dengan luas sekitar 22 m2 dan ukurannya mencapai 60×60 cm. Di samping itu, harganya mencapai Rp.200 ribu per meter persegi. Apabila dikalikan dengan luasnya, maka kamu bisa menyiapkan anggaran mencapai Rp.4,4 juta.

Tak hanya itu, kamu juga membutuhkan keramik lantai maipun dinding kamar mandi. Untuk keramik lantai kami bakal mengambil contoh harga sebesar Rp.200 ribu, sedangkan keramik dinding senilai Rp.2,2 juta.

Biaya Jendela dan Kusen Pintu

Jangan lupa menyiapkan budget untuk pengerjaan dan pemasangan jendela sampai kusen pintu. Perhitungannya bergantung pada total ruangan yang bakal dipasang kedua bagian tersebut.

Untuk harga pintu kamar tidur dengan kusen aluminium dibanderol seharga Rp.1,7 juta dan satu unit pintu jendela utama seharga Rp.2,8 juta. Harga pintu kamar mandi cenderung lebih murah dimana kalian cukup merogoh kocek sebesar Rp.500 ribu per unitnya.

Biaya Pengecetan Dinding

Siapkan anggaran dalam pengecetan plafon, dinding eksterior sampai interior. Untuk akumulasi budgetnya terbilang ekonomis lantaran rumah ukuran 6×9 tidak memiliki ruangan luas seperti rumah mewah.

Kalian bisa memaksimalkan penggunaan anggaran sebesar Rp.2 juta untuk esterior, Rp.600 ribu untuk plafon dan Rp.2,5 juta untuk interior. Perhitungan luasnya terdiri dari 103 m2 (interior), 24 m2 (plafon) dan 66 m2 (eksterior).

Terkait:  Cara Membuat 2 Layar di Hp Samsung

Biaya Instalasi

Rumah impianmu pasti membutuhkan pemasangan air dan listrik, bukan? Maka dari itu, pastikan kamu sudah menyiapkan anggaran instalasi yang meliputi listrik, air sampai septic tank beserta sumur resapannya. Di samping itu, kalian cukup menyiapkan budget sebesar Rp.15 juta saja.

Untuk menekan pengeluaran, maka kamu bisa memasang listrik dengan kapasitas rendah sesuai perabotan elektronik yang dimiliki, serta pembuatan sumur resapan yang tidak terlalu dalam.

Biaya Tukang Bangunan

Aspek terakhir yang harus diperhatikan adalah biaya tukang bangunan. Secara umum pembuatan rumah ukuran 6×9 tidak perlu mengandalkan pekerja terlalu banyak. Kalian cukup melibatkan tiga orang saja dengan upah sebesar Rp.100,000 per hari untuk setiap orangnya.

Apabila dikalikan sebulan, maka kamu bisa menghabiskan budget hingga Rp.9 juta. Akan tetapi, kamu bisa mengandalkan jasa pekerja borongan yang harus menyiapkan dana sebesar Rp.600 ribu per meter persegi.

Contoh RAB Rumah Ukuran 6×9

  • Persiapan dan Pondasi : Rp.7,000,000.
  • Struktur Beton : Rp.30,000,000.
  • Pemasangan Plafon dan Batu Bata : Rp.30,000,000.
  • Keramik : Rp.6,200,000.
  • Jendela dan Kusen Pintu : Rp.5,000,000.
  • Pengecetan : Rp.5,100,000.
  • Upah Pekerja : Rp.9,000,000.

Jumlah Keseluruhan : Rp.92,300,000.

Estimasi Waktu Buat Rumah Ukuran 6×9

Pembangunan rumah berukuran 6×9 sebenarnya tidak memakan waktu lama, lantaran kalian cukup bersabar menunggu selama sebulan sejak perancangan awal hingga akhir. Kamu harus memastikan semua bahan material sesuai kebutuhan tukang bangunan agar mereka dapat mengerjakannya sampai selesai.

Kamu bisa mencatat setiap pengeluaran maupun pemasukan dari pembuatan rumah sehingga dapat menekan anggaran yang sebenarnya tidak perlu.

Demikian informasi mengenai biaya buat rumah ukuran 6×9 beserta contoh RAB dan estimasi waktu pengerjaannya. Pastikan kalian sudah tahu bahan material apa saja yang bakal dipakai dengan membelinya di toko bangunan terbaik.

Kamu bisa membelinya bersama salah satu pekerja untuk mendapatkan harga kompetitif. Jangan lupa pisahkan setiap anggaran supaya kamu bisa mengatur pengeluaran selama pembuatan rumah berlangsung.

Cek Juga dong:

Related posts

Leave a Reply