Cara Cek iPhone Bekas

Cara Cek iPhone Bekas yang Penting Agar Tidak Salah Beli

Harga iPhone yang mahal membuat banyak orang lebih memilih untuk beli bekas. Tapi mencari iPhone second cukup sulit, karena kalau salah pilih bisa saja malah dapat HP yang performanya buruk. Berikut ini ada cara cek iPhone bekas yang harus Kamu ketahui. 

Mengecek HP iPhone bekas harus jeli. Cek secara menyeluruh mulai dari kondisi fisik dan fitur yang ada dalam ponsel. Terlebih lagi kalau Kamu tidak membelinya di gerai resmi, melainkan dari pihak pribadi. Biasanya orang tersebut tidak jujur tentang kondisi HP sebenarnya. 

Karena itulah, lakukan pengecekan secara menyeluruh. Kalau bisa, Kamu ajak orang yang memang paham tentang HP iPhone agar tidak tertipu dengan penampilan luarnya. Lihat beberapa cara mengeceknya di bawah ini:

Cara Cek iPhone Bekas

Cara Cek iPhone Bekas
Cara Cek iPhone Bekas

1. Cek Kondisi Fisik iPhone

Cara yang pertama yaitu dengan melihat kondisi fisik iPhone secara detail. Lihat apakah bodi ponsel bekas tersebut masih bagus. Beli iPhone yang bodinya tidak ada lecet atau warna yang pudar. Karena bodi yang cacat bisa membuat harga turun jauh. 

Kondisi fisik inilah yang dapat dilihat pertama kali. Meski begitu, tetap harus jeli agar tidak tertipu dengan penampilan luar saja. Jika perlu, tanyakan pula kepada penjual apakah ponselnya pernah terjatuh atau tidak. Walaupun tidak parah, HP yang jatuh berkali-kali bisa membuat komponen tertentu rusak. 

2. Cek Mikrofon dan Speaker

Cara cek iPhone bekas yang kedua dengan melihat bagian mikrofon dan speaker-nya. Kedua komponen ini sangat penting bagi ponsel. Karena bagian tersebut suara dari konten bisa didengar dan direkam. Jika keduanya rusak, sebaiknya batalkan untuk beli iPhone second

Terkait:  Cara Membuka Kunci iPhone Tanpa Komputer

Untuk mengecek kondisi speaker, coba putar file audio dari musik atau video. Dengarkan suara yang dikeluarkan dari lubang speaker. Biasanya letaknya ada di bagian atas layar dan kanan bawah. HP iPhone masih bagus jika suara yang keluar jernih dan tidak pecah. 

Sedangkan untuk cek mikrofon, coba dengan melakukan perekaman suara dan video. Biasanya, HP normal saat digunakan untuk rekam suara saja, tapi tidak terdengar jelas jika digunakan untuk mengambil video. Jadi, cek kedua komponen ini secara detail. 

3. Cek Fitur dan Kelengkapan

HP iPhone dikenal dengan fiturnya yang banyak dan unggul. Tapi daya tarik tersebut tidak boleh membuatmu terbujuk untuk langsung membelinya. Terlebih lagi HP bekas, yang mana penjual tidak menjelaskan kondisinya secara spesifik. 

Sebelum membelinya, pastikan kalau ponsel ini memiliki fitur yang lengkap dan sesuai dengan serinya. Kamu bisa cari tahu dulu apa saja yang akan didapatkan dari seri iPhone tersebut. Kemudian cek dan buka satu per satu fiturnya untuk lihat apakah berjalan normal.

Salah satu fitur penting yang harus dicek adalah ambient light sensor. Fitur tersebut bertugas untuk meredupkan layar ketika dalam suasana terang. Cara mengeceknya sebagai berikut:

  • Coba tutup 1/3 layar atas dengan tangan atau penutup lain. 
  • Kemudian tekan tombol sleep untuk mematikannya. 
  • Hidupkan dengan tombol yang sama dan masih dalam kondisi layar ditutup. 
  • Jika layar redup, berarti fitur ambient light sensor masih berfungsi. 

4. Cek Kesehatan Baterai

Tidak kalah penting dari lainnya, Kamu harus melakukan cara cek iPhone bekas yang satu ini. Lihat apakah baterai yang digunakan pada ponsel tersebut masih normal atau sudah bocor. Jika baterainya bocor, digunakan sebentar saja akan cepat habis. Kamu bisa lihat dari menu berikut ini:

  • Buka menu Setting di HP iPhone bekas. 
  • Kemudian ketuk menu General
  • Masuk ke opsi Usage
  • Selanjutnya cek di bagian Battery Usage. 
Terkait:  Kelebihan dan Kekurangan iPhone 7

Selain mengeceknya dari Pengaturan, Kamu dapat memperhatikan presentasi baterai saat digunakan. Misalkan pakai untuk streaming film atau aktivitas berat lainnya. Jika bocor, bisa dipastikan cepat habis meskipun streaming-nya tidak lama. 

5. Cek Kondisi Layar

Cara cek iPhone bekas yang selanjutnya adalah melihat kondisi layar. Ini merupakan komponen yang penting pada HP. Semua perintah yang Kamu masukkan akan ditampilkan pada layar. Kalau rusak, sudah pasti tidak bisa menggunakan iPhone secara optimal. 

Coba cek dengan mengusap semua sisi layar. Jika ada yang tidak merespon, maka bisa disimpulkan kalau bagian tersebut mengalami gangguan. Kamu juga dapat mengeceknya dengan melihat apakah ada bercak, seperti noda putih, hitam, dan bayangan kontras lainnya. Kalau menemukan hal tersebut, kemungkinan layar rusak. 

6. Cek Konektivitas

Tidak cukup sampai di situ, kalau Kamu mau beli iPhone bekas, lihat pula fitur konektivitas. Pertama kali, cek HP dengan memasukkan kartu SIM. Pastikan ponsel mampu membaca kartu tersebut. Kemudian nyalakan data seluler dan lihat apakah bisa tersambung ke internet dengan baik. 

Lalu yang kedua, cek pula menu WiFi. Kamu mungkin bisa mengakses internet dengan data seluler. Tapi di kondisi tertentu, seperti di tempat umum yang menyediakan akses free WiFi, perlu mengaktifkannya. Jadi, lihat bisa tersambung atau tidak. 

Fitur konektivitas lainnya yang juga penting untuk dicek adalah bluetooth dan GPS. Bluetooth diperlukan untuk mengirim file antar perangkat, baik sesama iPhone atau lainnya. Sedangkan GPS dibutuhkan ketika Kamu mencari dan berbagi alamat orang lain. 

7. Pastikan Apple ID Kosong

Paling penting lagi yaitu memastikan tidak ada Apple ID yang masih tertaut di HP tersebut. Apple ID merupakan akun di iPhone yang digunakan untuk mengakses berbagai layanan. Dalam satu HP hanya ada satu akun saja. 

Terkait:  Cara Mengecek Iuran BPJS

Sebelum membelinya dari penjual, tanyakan apakah Apple ID sudah di-logout. Karena jika ada akun yang tertaut, Kamu tidak bisa mengoperasikan ponsel secara bebas. Kamu tidak dapat mengunduh aplikasi dan melakukan reset. Berikut cara cek iPhone bekas dengan memastikan Apple ID sudah dikeluarkan:

  • Buka menu Pengaturan
  • Lalu cek kolom informasi Apple ID yang biasanya berisi nama akun. 
  • Jika tidak ada, berarti akun sudah dikeluarkan. 

8. Pastikan Fitur iCloud Activation Lock Tidak Aktif

Apple memberikan keamanan pada semua perangkat dengan fitur iCloud Activation Lock. Kunci aktivasi ini akan menjaga iPhone dari penggunaan yang tidak berhak. Contohnya ketika iPhone hilang atau dicuri. 

Jika Activation Lock aktif, pengguna harus memasukkan akun iCloud untuk membuka iPhone. Itulah kenapa, Kamu perlu menanyakan kepada penjual tentang status keamanan tersebut. Minta untuk menonaktifkannya dulu agar Kamu bisa menggunakan iPhone dengan leluasa. 

9. Cek Nomor IMEI

Apa pentingnya melihat nomor IMEI di iPhone bekas? Seperti yang Kamu ketahui, kalau iPhone itu merek ternama dan mungkin saja ada yang jual HP black market dengan harga murah. Padahal setiap nomor IMEI harus didaftarkan ke Kemenperin. 

Lihat nomor IMEI iPhone dengan memasukkan kode *#06# dari keypad. Kemudian cocokkan nomor IMEI situs resmi Kemenperin. Jika terdaftar, itu artinya ponsel aman digunakan dan asli. 

10. Cek Fungsi iPhone yang Lain

Sebenarnya masih banyak cara cek iPhone bekas yang utama. Tapi yang paling vital, pastikan HP menyala dengan benar. Lihat pula fungsi kamera, berbagai tombol, charger, kabel, dan lubang headset

Itulah beberapa cara cek iPhone bekas. Kamu harus lihat semua bagian secara detail. Jangan tertipu dengan harga murah, tapi nyatanya HP palsu atau banyak komponen yang rusak. 

Similar Posts