Cara Cek Mbps Indihome

6 Cara Cek Mbps Indihome: Mudah, Cepat, dan Akurat

IndiHome adalah salah satu layanan internet berkecepatan tinggi yang disediakan oleh PT Telkom Indonesia. Bagi pelanggan IndiHome, mengetahui kecepatan internet yang sebenarnya sangat penting untuk memastikan kualitas koneksi yang diterima. Jika ingin mengecek kecepatan IndiHome, simak ulasan lengkap beberapa cara cek Mbps Indihome di bawah ini.

Cara Cek Mbps Indihome

Cara Cek Mbps Indihome
Cara Cek Mbps Indihome

Mbps adalah singkatan dari Megabit per second atau detik. Mbps adalah satuan pengukuran kecepatan transfer data dalam jaringan komputer, terutama untuk mengukur kecepatan koneksi internet.

Satu megabyte setara dengan 1 juta bit. Kecepatan transfer data yang diukur dalam Mbps mengindikasikan berapa banyak bit data yang dapat dikirim atau diterima setiap detik. Semakin tinggi angka Mbps, semakin cepat pula kecepatan transfer data.

Kecepatan internet yang sering disebutkan dalam Mbps melibatkan dua aspek utama, yaitu kecepatan unduh (download) dan kecepatan unggah (upload). Kecepatan unduh mengacu pada kecepatan di mana data dari internet diunduh ke perangkat, misalnya saat kamu mendownload file atau menonton video online. Kecepatan unggah mengacu pada kecepatan di mana data dari perangkat kamu diunggah ke internet, seperti saat mengunggah file atau mengirim email dengan lampiran.

Kecepatan Mbps adalah faktor penting dalam menentukan seberapa cepat koneksi internet. Semakin tinggi kecepatan Mbps, semakin cepat juga kamu dapat mengakses dan mentransfer data lewat koneksi internet. Namun, perlu diingat bahwa kecepatan yang sebenarnya dapat bervariasi tergantung pada berbagai faktor, termasuk jenis layanan internet yang digunakan, jaringan lokal, kondisi jaringan saat itu, dan faktor teknis lainnya.

Terkait:  Cara Daftar Vospay Blibli

Pemahaman tentang Mbps membantu pengguna untuk memahami dan mengukur kecepatan koneksi internet mereka. Dengan mengetahui kecepatan Mbps, pengguna dapat memilih paket internet yang sesuai dengan kebutuhan mereka dan mengoptimalkan penggunaan internet dengan memperhatikan batasan kecepatan yang tersedia.

Lalu, bagaimana cara cek Mbps Indihome? Berikut beberapa metode mudah yang bisa dilakukan.

1. Lewat Aplikasi MyIndiHome

MyIndiHome adalah aplikasi cek kecepatan WiFi indihome resmi yang disediakan oleh Telkom Indonesia untuk pelanggan IndiHome. Selain cek kecepatan, aplikasi ini memungkinkan pelanggan IndiHome untuk mengakses berbagai informasi dan layanan terkait akun mereka dengan mudah melalui perangkat seluler. Aplikasi satu ini dapat diunduh secara gratis di Play Store maupun App Store.

Berikut panduan lengkap bagaimana mengecek kecepatan internet IndiHome, antara lain:

  • Jika belum memiliki aplikasinya, silakan instal terlebih dahulu. Kemudian, lakukan pendaftaran akun hingga selesai.
  • Setelah itu, buka aplikasi MyIndiHome.
  • Login dengan menggunakan nomor telepon atau email yang didaftarkan saat mendaftar IndiHome.
  • Pada halaman utama, pilih menu Lainnya yang terletak di bagian kanan bawah.
  • Tekan tombol Informasi Layanan, lalu akan ditampilkan informasi paket apa yang digunakan termasuk kecepatan Mbps nya.

2. Menggunakan Website IndiHome

Jika tidak memiliki aplikasi MyIndiHome karena memori penyimpanan HP tidak cukup atau alasan lainnya, kamu bisa menggunakan website resmi IndiHome. Pengguna layanan IndiHome dapat mengecek Mbps dari paket WiFi yang digunakan lewat website ini dengan mudah.

Selain informasi paket WiFi yang digunakan, pengguna juga dapat mengakses fitur lain, seperti cek id pelanggan, jumlah tagihan, dan banyak lainnya. Adapun langkah-langkah cara cek Mbps Indihome selengkapnya adalah sebagai berikut:

  • Buka browser di perangkat yang kamu gunakan, lalu kunjungi laman indihome.co.id
  • Tekan tombol masuk ke myIndiHome.
  • Lalu, akan diarahkan ke halaman login akun IndiHome.
  • Masukkan nomor ponsel atau email (yang terdaftar pada layanan IndiHome). Jika belum memiliki akun, silakan daftar terlebih dahulu.
  • Setelah berhasil login, klik  tombol Informasi Layanan pada beranda utama.
  • Nantinya, semua informasi paket IndiHome kamu akan ditampilkan secara rinci termasuk kecepatan berapa Mbps.
Terkait:  Cara Cek Transaksi Terakhir Telkomsel (2 Metode), Terupdate!

3. Melalui Call Center IndiHome

IndiHome juga menyediakan layanan call center yang siap melayani keluhan dan mengatasi berbagai permasalahan para pelanggan. Kamu bisa menghubungi call center IndiHome untuk mengetahui berapa kecepatan Mbps dari paket yang sedang digunakan.

IndiHome juga hadir di berbagai platform media sosial. Pelanggan dapat menghubungi akun resmi call center mereka di Twitter dan Instagram, @indihomecare.

Cara mengirimkan pertanyaan untuk mengecek kecepatan Mbps atau keluhan lainnya sangat mudah, yaitu cukup kirim Direct Message ke akun resmi IndiHome, @indihomecare. Call center IndiHome di akun media sosial tersebut akan membantu kamu menyelesaikan kendala yang sedang dialami.

4. Cara Cek Mbps Indihome dengan SpeedTest

Speedtest adalah sebuah platform yang digunakan untuk menguji kecepatan koneksi internet. Platform yang dikembangkan oleh Ookla ini memungkinkan pengguna untuk mengukur kecepatan unduh (download) maupun unggah (upload) koneksi internet mereka.

Kamu dapat mengakses Speedtest melalui situs web resminya di www.speedtest.net atau lewat aplikasi Speedtest yang tersedia untuk perangkat Android dan iOS. Dengan menggunakan Speedtest, kamu dapat memeriksa seberapa cepat atau lambat kecepatan WiFi IndiHome dalam hitungan Mbps.

Untuk lebih jelasnya, berikut langkah-langkah cara cek kecepatan koneksi Indihome dengan SpeedTest, yaitu:

  • Kunjungi situs web resmi SpeedTest di alamat https://www.speedtest.net/id lewat browser HP. Atau kamu bsia mencarinya lewat Google.
  • Pada beranda website SpeedTest, tekan tombol Mulai.
  • Tunggu beberapa saat hingga proses pengecekan kecepatan internet Indihome kamu selesai.
  • Nantinya, pada layar akan ditampilkan hasil kecepatan wifi Indihome yang digunakan baik kecepatan unduh (download) dan kecepatan unggah (upload) dalam Mbps.

Selain informasi kecepatan WiFi IndiHome, website ini juga menyertakan informasi operator (ISP) yaitu PT Telekomunikasi Indonesia, lengkap dengan berapa PING serta IP Address nya.

Terkait:  Cara Cek Saldo Tokopedia

Misalkan saja, kamu menggunakan layanan paket WiFi Indihome 30 Mbps, kecepatan download berkisar antara 29 hingga 30 Mbps. Sedangkan kecepatan upload dengan paket Indihome tersebut sekitar 10 Mbps.

5. Cara Cek Mbps WiFi Indihome Melalui Fast

Fast.com adalah sebuah platform untuk mengukur kecepatan internet yang dikembangkan oleh Netflix. Platform ini dirancang untuk memudahkan pengguna dalam mengukur kecepatan koneksi internet dengan cepat dan mudah.

Pengguna dapat mengakses Fast.com melalui situs web resminya dan cek kecepatan internet akan dilakukan secara otomatis begitu membuka situs tersebut. Berikut panduang lebih detailnya:

  • Kunjungi website Fast atau langsung klik alamat ini https://fast.com/id/ lewat browser laptop atau HP.
  • Tunggu proses pengecekan kecepatan internet WiFi IndiHome lewat Fast.
  • Nantinya akan ditampilkan hasil kecepatan wifi Indihome yang digunakan dalam Mbps.
  • Terakhir, klik tombol Informasi selengkapnya untuk melihat informasi lebih detail lainnya terkait kecepatan paket WiFi IndiHome kamu.

6. Cara Cek Mbps WiFi Rumah Indihome Lewat Speedcheck

Sama seperti kedua website sebelumnya, Speedcheck juga dapat digunakan untuk mengecek Mbps WiFi rumah atau kecepatan koneksi internet yang sedang digunakan. Berikut langkah-langkah menggunakannya:

  • Kunjungi website Speedcheck atau langsung klik alamat ini https://www.speedcheck.org/ lewat browser laptop atau HP.
  • Klik tombol Start Test untuk memulai pengukuran kecepatan koneksi.
  • Tunggu proses pengecekan kecepatan internet WiFi IndiHome hingga selesai.
  • Nantinya akan ditampilkan hasil kecepatan internet paket Indihome yang digunakan dalam Mbps, seperti Upload, Download, Latency, dan lainnya.

Demikian beberapa cara cek Mbps Indihome dengan mudah. Sudahkah kamu mencobanya?

Similar Posts