Home » Cara Cek » Cara Cek Saldo Tokopedia

Cara Cek Saldo Tokopedia

Bagaimana cara cek saldo Tokopedia? Tokopedia kini sudah menjadi pilihan bagi masyarakat Indonesia untuk bertransaksi jual beli secara online. Hal ini tentu saja tak terlepas dari banyaknya kemudahan dan fitur-fitur yang tersedia di Tokopedia.

Salah satunya ialah fitur saldo, hadir memberikan kemudahan bertransaksi online. Dimana, fitur ini sama halnya dengan dompet digital dari Tokopedia, sehingga dapat dipakai untuk pembelian produk sekaligus pencairan dana ke rekening penggunanya.

Sama halnya dengan kegunaan dompet pada umumnya, para pengguna Tokopedia pun bisa menambah dana di saldo Tokopedia lewat akunnya. Adapun salah satunya ialah dengan menjadi seller untuk Jualan di Tokopedia.

Dengan adanya Saldo Tokopedia, tentunya ini menjadi sarana yang mempermudah seller dalam berjualan di Tokopedia, ataupun pembeli yang ingin Berbelanja di Tokopedia.

Saldo Bagi Penjual dan Pembeli di Tokopedia

Bagi penjual biasanya diterimanya pembayaran dari Tokopedia bisa memastikan bahwa produk penjual benar-benar sudah dibayarkan pembeli barang, sehingga penjual bisa mengirimkan produk yang dijualnya tanpa keraguan.

Sesudah barang atau produk yang dikirim telah sampai di tangan pembeli, selanjutnya uang pembayaran produk akan masuk ke saldo akun pengguna sekaligus penjual di Tokopedia. Dengan begitu, saldo Tokopedia milik penjual tentu semakin bertambah dengan bertambahnya atau meningkatnya penjualan.

Sementara bagi pembeli sendiri, Saldo Tokopedia bisa bertambah ketika penjual tidak melakukan pengiriman produk menolak pesanan pembeli, atau terjadi Pembatalan Pesanan di Tokopedia. Dengan demikian pihak Tokopedia sendiri akan mengembalikan dana pembayaran produk tanpa mengirimkan langsung ke akun rekening bank pembeli, melainkan dana tersebut akan masuk ke saldo Tokopedia.

Selain memakai cara ini, sebenarnya pengguna Tokopedia juga bisa melakukan pengisian saldo sebelumnya dengan cara melakukan top up langsung ke dalam saldo di akun Tokopedia. Hal ini dapat dilakukan lewat berbagai macam metode transfer uang yang dapat dipilih.

Jadi, Saldo Tokopedia sendiri dibagi ke dalam 2 bagian yaitu saldo penghasilan bagi penjual dan saldo refund bagi pembeli.

Jika akun Tokopedia Kalian tidak mempunyai Toko, maka Saldo Tokopedia tersebut akan termigrasi ke dalam Saldo refund.

Akan tetapi, jika akun Tokopedia mempunyai Toko, dengan begitu saldo Tokopedia Kalian akan termigrasi ke dalam Saldo Penghasilan.

Entah itu Saldo Penghasilan ataupun Saldo refund dapat ditarik langsung ke rekening bank pribadi Kalian.

Penarikan saldo ke rekening Mandiri, BCA, BNI, BRI, CIMB, dan BNI Syariah maksimal 1 x 24 jam. Sementara penarikan dana tunai selain rekening yang telah disebutkan di atas maksimal selama 2 x 24 jam pada hari kerja.

Cara Cek Saldo Tokopedia

Cara Cek Saldo Tokopedia

Cek Saldo Tokopedia

Untuk melakukan penarikan dana tunai dari saldo di Tokopedia menuju rekening pribadi Kalian, dapat dilakukan dengan memakai iOS, perangkat android, maupun laptop.

Dalam contoh di bawah ini, Kita melakukan penarikan memakai smartphone Android. Apabila Kalian pengguna desktop atau iOS, Kalian cukup menyesuaikan langkah-langkah serupa.

Cara Cek Saldo Tokopedia dan Tarik Dana ke Rekening Pribadi

Untuk cara cek saldo Tokopedia sekaligus melakukan penarikan dana ke rekening pribadi, Kalian bisa mengikuti tutorial di bawah ini :

  1. Pertama-tama masuk atau login menuju akun Tokopedia di perangkat ponsel pintar Kalian.
  2. Jika sudah Kalian bisa klik menu Akun yang ada di bagian pojok kanan bawah.
  3. Sesudah menu tersebut terbuka, lihat bagian Dana di Tokopedia. Klik Atur.
  4. Setelahnya tekan menu Saldo.
  5. Di bagian ini, Kalian akan melihat jumlah sisa saldo Tokopedia yang dimiliki. Selain itu, kalian juga dapatĀ  melakukan pengecekan saldo yang sudah masuk dengan rentang bulan dan tanggal sesuai keinginan. Untuk menarik saldo Tokopedia ke rekening pribadi Kalian, bisa langsung saja klik atau pilih “Tarik Saldo”.
  6. Sesudah itu, Kalian bisa tulis jumlah nominal saldo yang ingin dialihkan menuju rekening bank Kalian. Setelah itu, pilih nomor akun rekening yang sudah Kalian daftarkan sebelumnya, dilanjutkan dengan memasukkan password sesuai dengan akun Tokopedia Kalian. Sesudah semuanya dimasukkan dengan tepat, akhiri proses dengan cara mengklik “centang” pada kanan atas yang nantinya akan dilanjutkan dengan proses penarikan saldo Tokopedia Kalian.
  7. Guna menghindari penyalahgunaan dan demi keamanan akun Tokopedia Kalian, sebelum diproses penarikan, Tokopedia biasanya akan langsung mengirimkan pesan SMS beruupa kode verifikasi di ponsel Kalian. Selanjutnya, Kalian bisa inputkan kode verifikasi tersebut kemudian tekan “Lanjutkan” atau “Submit”.
  8. Apabila kode verifikasi dari SMS sebelumnya, yang Kalian masukkan sudah benar, dengan begitu proses penarikan dana saldo Tokopedia Klaian pun akan dilakukan dengan segera. Adapun tanda permintaan penarikan dana saldo sudah diproses, biasanya dapat dilihat dari berkurangnya jumlah saldo Kalian.
  9. Diamkan sampai beberapa waktu, hingga Kalian menerima email notifikasi bahwa penarikan saldo atau dana Tokopedia tersebut akan diproses paling lama 2 x 24 jam sesuai hari kerja di bank.
  10. Biasanya dalam selang waktu 1 jam atau kurang saldo Tokopedia Kalian yang sudah ditarik akan masuk ke akun rekening pribadi Kalian. Ini artinya, proses penarikan dana tunai di saldo Tokopedia lebih cepat dibandingkan estimasi atau perkiraan waktu yang telah diberikan Tokopedia.
  11. Sesudah Kalian menerima email di atas, Kalian bisa cek mutasi akun rekening bank, pastikan bahwa saldo Tokopedia yang Kalian tarik tadi benar-benar masuk ke rekening bank Kalian.

Itulah langkah-langkah cara cek saldo Tokopedia dan penarikan saldo yang bisa Kalian lakukan di akun Tokopedia secara langsung. Dan untuk pembeli atau pengguna Tokopedia, Berhati-hatilah saat melakukan Login ataupun menggunakan Saldo Tokopedia. Mungkin saja ada orang yang ingin mencuri akunmu. Jika hal ini terjadi, kalian bisa segera melakukan penggantian password secara berkala, atau jika dirasa sudah tidak aman lagi, kalian bisa Menghapus Akun Tokopedia (sendiri atau dengan bantuan customer services), setelah melakukan penarikan saldo ke rekening.

Adapun pembagian saldo penghasilan dan saldo refund untuk penjual dan pembeli bertujuan agar saldo seller atau pemilik toko hanya dapat ditarik langsung ke rekening bank yang sudah terdaftar pada akkun tersebut, jadi tidak bisa dibelanjakan secara langsung.

Selain itu juga bisa digunakan untuk dibelikan produk Tokopedia internal, seperti power merchant ataupun Topads.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *