Cara Cek Kartu Telkomsel Sudah 4G atau Belum? Inilah Penjelasannya

Cara Cek Kartu Telkomsel Sudah 4G atau Belum
Cara Cek Kartu Telkomsel Sudah 4G atau Belum

Jaringan 4G adalah teknologi telepon seluler generasi keempat yang merupakan pengembangan dari teknologi 2G dan 3G. Kamu bisa melihat apakah kartu Telkomsel yang digunakan sudah menggunakan jaringan tersebut. Ada beberapa cara cek kartu Telkomsel sudah 4G atau belum yang dapat dicoba. 

Saat ini memang hampir semua SIM card sudah mendukung jaringan 4G. Begitu pula dengan smartphone keluaran baru. Bahkan sebagian besar wilayah di Indonesia sudah ter-cover jaringan tersebut. Jadi, Kamu pun bisa akses internet dengan sinyal 4G yang lebih cepat. 

Read More

Tapi untuk memastikannya, bisa cek dulu apakah kartumu benar-benar support sinyal 4G. Di sini akan dijelaskan berbagai caranya. Selain itu, akan diterangkan pula apa saja kelebihan dan kekurangan jaringan 4G, serta cara mengaktifkannya di HP. 

Kelebihan dan Kekurangan Kartu 4G Telkomsel

Sebelum menerangkan lebih lanjut tentang cara cek kartu Telkomsel sudah 4G atau belum, Kamu perlu menyimak penjelasan ini. Teknologi generasi keempat tersebut memiliki banyak keunggulan dibandingkan 2G dan 3G. Beberapa kelebihannya antara lain sebagai berikut:

  • Jaringan lebih cepat. Kelebihan pertama yaitu memiliki kecepatan yang jauh lebih besar daripada 2G dan 3G. Untuk upload, kecepatannya mencapai 75 Mbps, sedangkan kecepatan download hingga 300 Mbps.
  • Video call lebih lancar. Jika Kamu Work From Home dan sering rapat online, memang paling tepat memakai jaringan 4G. Di jaringan tersebut, Kamu bisa video call dengan lancar tanpa terganggu sinyal macet-macet. 
  • Streaming tanpa macet-macet. Kelebihan selanjutnya dirasakan ketika menonton tayangan live atau film di platform streaming online. Dengan sinyal 4G, tidak perlu menunggu waktu pemuatan yang lama. Saat nonton juga tidak buffering
  • Buka situs web lebih cepat. Jika ingin browsing situs web favorit, tidak akan terganggu oleh proses loading yang lama. Sinyal 4G dapat digunakan untuk internet dengan lancar dan cepat. 
  • Memberikan user experience terbaik. Dengan semua kelebihannya, pasti 4G Telkomsel mampu memberikan pengalaman terbaik. Sebagai pelanggan, Kamu akan lebih nyaman memakai kartu tersebut. 
Terkait:  Cara Buat Gmail Baru

Namun tidak hanya kelebihan, ternyata kartu ini juga punya kekurangan. Berikut ini beberapa kekurangan apabila menggunakan 4G sebagai jaringan utama:

  • Kuota cepat habis. Jika menggunakan jaringan 4G, Kamu harus siap-siap kuota cepat habis. Kecepatan yang ditawarkan membuatmu tidak terasa kalau sebenarnya sudah menghabiskan data seluler besar. 
  • Jangkauan lokasi belum luas. Kekurangan lainnya yaitu masalah jangkauan. Memang hampir sebagian besar wilayah sudah ter-cover jaringan 4G. Namun ada beberapa daerah yang belum terjangkau, seperti daerah terpencil. 
  • Sinyal belum stabil. Kekurangan lainnya sinyal sering timbul hilang. Ini terjadi ketika Kamu keluar kota dan masuk ke wilayah yang belum terjangkau jaringan 4G Telkomsel. 

Cara Cek Kartu Telkomsel Sudah 4G atau Belum

Cara Cek Kartu Telkomsel Sudah 4G atau Belum
Cara Cek Kartu Telkomsel Sudah 4G atau Belum

Untuk melihat apakah kartu yang Kamu gunakan suda 4G atau belum, ada beberapa cara untuk dicoba. Kamu bisa cek dengan kode tertentu, lewat aplikasi, atau ikon di layar HP. Berikut dijelaskan masing-masing caranya. 

1. Cek Kartu Telkomsel di Pengaturan

Cara cek kartu Telkomsel sudah 4G atau belum yang pertama kali bisa lewat menu Pengaturan. Kesiapan kartu dan HP dalam menggunakan teknologi 4G akan diinformasikan secara jelas. Kamu bisa segera upgrade kalau ternyata masih menggunakan sinyal 3G saja. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Buka menu Pengaturan yang ditandai roda gerigi. 
  • Kemudian pilih menu Kartu SIM dan Jaringan Seluler. 

 

 

Terkait:  Cara Cek Password WiFi IndiHome di HP dan PC, Mudah!

 

 

  • Setelah itu, klik kartu Telkomsel
  • Selanjutnya ketuk bagian Mode Jaringan SIM. 

  • Kalau di sana ada pilihan 4G atau LTE, berarti sudah mendukung jaringan 4G.

2. Cek Kartu dengan Kode *888*47#

Kamu juga bisa cek dengan mudah dan cepat menggunakan kode USSD *888*47#. Jika Kamu mengakses kode tersebut, akan diberikan informasi terkait kesiapan menggunakan jaringan 4G. Buka hanya dari sisi kartu, tapi juga HP. Caranya sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Telepon dan tulis kode *888*47# pada keypad

  • Selanjutnya akan muncul pop-up yang menanyakan apakah Kamu akan cek status 4G.
  • Masukkan balasan berupa angka 1 untuk memilih menu Lanjutkan
  • Kemudian cek SMS masuk dari Telkomsel. Dari pesan tersebut, akan diberikan informasi status 4G dari segi kartu, ponsel, dan wilayah jaringan. Jika semua statusnya Y, berarti sudah support teknologi 4G.

 

3. Cek Kartu Lewat Aplikasi MyTelkomsel

Cara selanjutnya yaitu dengan menggunakan aplikasi MyTelkomsel. Aplikasi ini disediakan secara resmi oleh operator untuk memudahkan pelanggan dan mengakses berbagai layanan Telkomsel. Selain untuk beli paket data internet, kamu dapat cek kesiapan jaringan 4G dengan langkah-langkah seperti di bawah:

  • Buka aplikasi MyTelkomsel dan masukkan nomor HP untuk login
  • Jangan lupa centang Syarat dan Ketentuan. 
  • Kamu akan mendapatkan kode OTP lewat SMS. 
  • Cek pesan masuk dan tulis kodenya di kolom. 
  • Setelah berhasil login, lihat simbol 4G Ready pada halaman utama. 
  • Kamu dapat melihat kesiapan dalam menggunakan jaringan 4G LTE dari sisi kartu SIM dan HP. 
  • Kalau belum ada menu tersebut, berarti yang Kamu pakai SIM card biasa dan bukan USIM. 

4. Cek Kartu dengan Ikon di Layar

Kalau cara cek kartu Telkomsel sudah 4G atau belum yang kelima ini sangat sederhana. Kamu tidak perlu membuka aplikasi maupun layanan dengan kode tertentu. Tapi cukup lihat ikon yang muncul di layar. 

Terkait:  Cara Cek Kuota WiFi IndiHome dan Batas Pemakaian (4 Metode Mudah)

Pertama, aktifkan dulu data internet. Setelah itu, lihat ikon yang ada di sebelah kiri signal bar. Kalau sudah mendukung sinyal 4G, maka akan terlihat ikonnya. 

Cara Aktifkan 4G Telkomsel

Bagaimana kalau setelah mengecek kartu ternyata masih 3G? Tenang saja, Kamu disarankan untuk segera upgrade kartu dan mengaktifkannya di HP. Upgrade SIM card dengan datang ke GraPARI atau lewat situs online https://tsel.me/gantikartu. Jika kartu, HP, dan wilayah support 4G, aktifkan dengan langkah-langkah berikut:

  • Buka Setting dan pilih menu Mobile Networks. 
  • Selanjutnya tap Preferred Network Type. 
  • Pilih Preferred LTE.

Ini Keuntungan Menggunakan Layanan 4G LTE

Ada banyak keuntungan kenapa harus menggunakan kartu atau layanan 4G LTE. Keuntungan pertama dengan adanya layanan 4G ini tentu saja bisa membantu memaksimalkan gaya hidup berbasis digital. Seperti, bisa menyaksikan video streaming tanpa hambatan atau bermain game dnegan lancar.

Adanya layanan atau kartu 4G LTE dapat membantu proses pembelajaran atau bekerja dalam jarak jauh tidak harus selalu pergi ke kantor maupun ke sekolah. Dengannya proses pembelajaran atau melakukan pekerjaan bisa efektif dan berlangsung dimana saja.

Kartu 4G LTE juga membuat generasi milenial masa kini memiliki tingkat produktivitas tinggi. Mengingat kecepatan internet dari layanan 4G LTE ini membuat aktivitas upload dan download video menjadi lebih cepat. Sehingga aktivitas online jadi lebih lancar tanpa hambatan.

Demikian penjelasan cara cek kartu Telkomsel sudah 4G atau belum. Menggunakan jaringan tersebut mendapatkan pengalaman akses internet yang lebih cepat. Kalau kartumu masih 3G, sebaiknya segera upgrade dan mengaktifkannya lewat Pengaturan di HP. 

Related posts