Cara Cek Keaslian HP Samsung

Cara Cek Keaslian HP Samsung: Jangan Tertipu dengan Produk KW

Samsung adalah salah satu merek ponsel ternama yang banyak digunakan di Indonesia. Karena hal itulah, ada produsen yang membuat replika dan sangat mirip dengan HP aslinya. Jika Kamu ingin beli HP baru, pastikan tahu cara cek keaslian HP Samsung. Jangan sampai tertipu oleh barang-barang KW.

Kalau melihat secara sekilas saja mungkin sulit membedakan antara Samsung yang asli dan palsu. Tapi jika Kamu mau teliti, tentu ada bagian dari HP KW yang tidak sama dengan aslinya. Mulai dari tampilan fisik hingga beberapa fitur pendukung. 

Kamu bisa lihat penjelasan ini secara seksama. Cari tahu bagaimana tips untuk mengecek HP Samsung yang asli. Pahami pula beberapa bagian dari produk asli yang tidak dapat ditiru oleh replika. 

Cara Cek Keaslian HP Samsung

Cara Cek Keaslian HP Samsung
Cara Cek Keaslian HP Samsung

1. Memperhatikan Tampilan Fisik

Cara pertama kali yang wajib Kamu lakukan ketika membeli HP Samsung yaitu meneliti dengan benar tampilan luarnya. Meskipun perlu kejelian, tapi dari sanalah Kamu bisa cek apakah produk tersebut asli atau palsu. Jangan terbujuk dengan fisik yang bagus dan mirip dengan aslinya. 

HP Samsung yang asli mempunyai bentuk proporsional dan tampilan fisik sempurna. Model yang Kamu lihat di counter itu sama dengan yang dipromosikan oleh Samsung sebelum tanggal rilis. Jadi, sebelum beli bisa cari info dulu tentang ponsel tersebut secara mendetail.

Melihat tampilan fisik ini harus Kamu lakukan di semua seri Samsung, terutama yang terbaru. Produk yang asli, umumnya memiliki layar dengan bezel tipis. Beda dengan replika atau supercopy yang layarnya tidak penuh dan bezel lebih lebar. 

Terkait:  Harga Samsung Galaxy A10S Terbaru

Kemudian lihat pula material yang digunakan. Samsung asli memiliki bodi yang tebal, kuat, serta tidak murahan seperti plastik. Materialnya cenderung kuat dan saat diketuk menghasilkan suara lebih dalam. Sedangkan kalau buatan Cina atau HDC, terbuat dari material semi-plastik yang tipis dan ringan. 

2. Mengecek dengan Kode Rahasia

Sudahkah Kamu tahu cara cek keaslian HP Samsung yang satu ini? Baik mau beli produk baru atau bekas, pastikan mengeceknya secara menyeluruh. Jangan buru-buru hanya karena suka tampilannya saja. Sebab banyak sekali produk supercopy yang sangat mirip dengan aslinya. 

Kamu bisa menggunakan beberapa kode rahasia untuk mengeceknya. Ada kode yang saat diakses akan menampilkan informasi mengenai spesifikasi ponsel. Berikut cara memasukkan kodenya:

  • Buka aplikasi Telepon.
  • Lalu ketik kode *#1234# untuk mengecek versi firmware
  • Jika ponsel dapat melaksanakan perintah tersebut, itu berarti asli. 

Kode lain yang dapat dicoba adalah *#*#4636#*#*. Itu kode yang digunakan untuk melihat informasi spesifikasi HP secara lengkap. Apabila sesuai dengan spesifikasi resmi dari pabrik, bisa dipastikan kalau itu asli. 

3. Mencocokkan Nomor IMEI

Hal yang wajib dicek ketika beli HP adalah nomor IMEI. Nomor identifikasi tersebut dimiliki setiap ponsel dengan angka yang berbeda. Kalau Kamu mau tahu HP tersebut asli atau palsu, coba untuk mencocokkan nomor IMEI-nya. 

Ada beberapa cara untuk melihat nomor IMEI Samsung. Kamu bisa memasukkan kode dengan cara berikut ini:

  • Masukkan kode *#06# pada aplikasi telepon. 
  • Setelah men-dial-nya, akan ditampilkan nomor IMEI. 
  • Cocokkan nomor tersebut dengan yang ada di kardus pembungkus maupun bodi belakang HP. 
  • Bisa juga dengan mengakses www.imei.info.
  • Pada situs tersebut, masukkan nomor IMEI dan sesuaikan informasinya. 
Terkait:  Cara Cek LCD Samsung dengan 6 Metode Mudah dan Akurat

Tips penting lainnya yaitu memastikan nomor tersebut terdaftar di Kemenperin. Seperti yang diketahui, kalau setiap ponsel harus didaftarkan ke Pusat Data Kemendag serta Kemenperin. Buka https://imei.kemenperin.go.id/,  lalu masukkan IMEI dan cek terdaftar atau tidak

4. Melihat Spesifikasi HP

Berikutnya adalah cara cek keaslian HP Samsung dengan meneliti spesifikasinya. Sebelum beli, coba untuk membuka situs resmi Samsung dan cek spesifikasi yang dibawa. Kemudian dari data yang didapatkan, sesuaikan dengan HP yang akan Kamu beli. 

Bandingkan semua spesifikasi yang dibawa. Lihat berapa penyimpanan internal, RAM, kapasitas baterai, resolusi kamera, dan lain-lain. Kalau semua spesifikasi cocok, maka bisa diyakini bahwa produk tersebut merupakan HP Samsung asli. 

5. Melakukan LCD Test

Untuk memastikan keaslian HP Samsung, Kamu dapat melakukan cara LCD test. Pengetesan ini digunakan untuk melihat beberapa respons yang diberikan oleh ponsel. Kalau semuanya normal, maka dapat dikatakan sebagai ponsel yang asli. 

LCD test dapat dilakukan dengan mengakses kode tertentu. Coba lihat langkah-langkahnya di bawah ini:

  • Dial kode *#0*# melalui menu Panggilan.
  • Selanjutnya tunggu LCD Test berjalan. 
  • Lihat informasi yang muncul, mula dari suara, layar sentuh, keterangan getaran, serta spesifikasi lainnya. Kalai ponselnya palsu, tidak akan menampilkan informasi tersebut.

6. Menggunakan SAMSUNG KIES

Cara cek keaslian HP Samsung selanjutnya yang harus Kamu lakukan yaitu memakai SAMSUNG KIES. Aplikasi tersebut memang digunakan secara khusus untuk membuktikan asli tidaknya ponsel yang Kamu gunakan. Tenang saja, SAMSUNG KIES merupakan aplikasi resmi, jadi aman. 

Tapi untuk melakukan cara ini, hanya bisa dengan menjalankan SAMSUNG KIES di komputer. Untuk lebih jelasnya, lihat panduan berikut ini:

  • Lebih dulu install Samsung KIES di komputer. 
  • Selanjutnya sambungkan HP Samsung ke komputer menggunakan kabel data. 
  • Biarkan Samsung KIES mendeteksi ponsel tersebut. Apabila terkoneksi, berarti memang asli. 
Terkait:  3+ Cara Hapus Akun Samsung Account (Yang Benar) 🦔Mudah!

7. Membandingkan Spesifikasi dan Harga

Membandingkan harga merupakan cara yang paling mudah untuk mendeteksi HP Samsung asli ataukah replika. Cek dulu harga asli Samsung sesuai dengan spesifikasinya. Biasanya tiap seri memiliki harga yang berbeda, tergantung besar kapasitas penyimpanan. 

Contohnya Samsung Galaxy seri S23. Untuk kapasitas penyimpanan 128 GB/8 GB dijual seharga Rp12.999.000 di situs resminya. Sedangkan yang penyimpanannya 256/8 GB harganya Rp13.999.000. Kalau ternyata ada HP dengan seri sama, tapi harganya selisih jauh, Kamu patut untuk curiga kalau itu bukan produk asli. 

8. Memastikan Kualitas Layar

Cara cek keaslian HP Samsung kedelapan yaitu dengan memastikan kualitas layar. Seperti yang diketahui, kalau Samsung itu produk ternama yang menghadirkan setiap komponen dengan berkualitas. Layar HP yang asli termasuk jenis super amoled yang jernih dan tampilan tajam. 

Kalau Kamu menemukan layar yang tidak sesuai, maka waspadalah. Samsung palsu itu tidak menggunakan LCD yang sama dengan spesifikasi aslinya. Kualitas layarnya berbeda jauh dari HP asli dengan tipe yang sama. Layar terbuat dari IPS LCD atau TFT dengan kualitas buruk, sehingga gambar buram dan gerakan tidak mulus. 

9. Mengecek Kualitas Kamera

Selain layar, HP Samsung juga memiliki kualitas kamera yang bagus. Coba cek spesifikasi kamera dari ponsel tersebut. Kemudian buka dan cek apakah hasilnya tidak buram. Coba juga melakukan zoom hingga paling besar. Jika hasilnya bagus, maka HP tersebut asli. 

Itulah beberapa cara cek keaslian HP Samsung yang harus Kamu ketahui. Pastikan mengecek spesifikasinya secara menyeluruh agar tidak tertipu dengan produk-produk replika atau supercopy. Jangan pula mudah terbujuk dengan tampilan yang bagus dan terlihat mirip. Terlebih lagi jika dijual dengan harga selisih jauh. 

Similar Posts